Dunia IslamUmroh

Ini Dia, 8 Oleh-Oleh Umroh yang Paling Sering Dicari 

Ketika pulang dari ibadah umroh, tentunya keluarga dan kerabat sudah menanti kedatangan Anda. Selain menanti Anda datang dengan selamat, keluarga dan kerabat tentunya menanti cerita-cerita tentang perjalanan Anda selama beribadah umroh. Belum lagi oleh-oleh yang dibawa dari tanah suci.

Air zam-zam misalnya, merupakan oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang karena air zam-zam memang terkenal khasiatnya dan hanya terdapat di sana. Kira-kira, apalagi oleh-oleh yang paling sering dicari dan wajib Anda beli? Mari simak beberapa oleh-oleh umroh berikut:

Kurma

Oleh - Oleh Umroh - starberita.com
Oleh – Oleh Umroh – starberita.com

Kurma sendiri memang sudah banyak dijual di Indonesia. Semua kurma yang kita ketahui saat ini adalah kurma yang sudah dikeringkan. Namun, ketika umroh Anda bisa menambah pengalaman untuk memakan buah kurma yang masih segar.

Sebaiknya, pilih buah yang memiiki rasa dan tekstur yang baik. Tekstur kurma kering yang baik adalah lembut dan terasa manis. Favorit Rasulullah sendiri adalah kurma jenis ajwa dan menganjurkan untuk sarapan 7 buah kurma untuk kesehatan. Anjuran ini kini sudah didukung dengan penelitian bahwa kurma memiliki karbohidrat, serat, vitamin, dan protein yang sangat baik untuk tubuh.

Buah Tin

Oleh - Oleh Umroh - panjimas.com
Oleh – Oleh Umroh – panjimas.com

Buah tin termasuk oleh-oleh yang sedikit sulit dicari. Maka dari itu, harga jualnya pun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan oleh-oleh lain. Buah tin sudah terbukti secara ilmiah memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik bagi tubuh manusia. Buah ini juga tidak terdapat di Indonesia. Maka dari itu, buah tin merupakan salah satu oleh-oleh umroh yang paling sering dicari.

Sajadah atau Karpet

Oleh - Oleh Umroh - grosirhaji.com
Oleh – Oleh Umroh – grosirhaji.com

Sajadah yang dijual di Mekkah atau Madinah biasanya menggambarkan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram yang indah. Namun Anda juga harus jeli, sajadah yang dijual di sekitar Mekkah dan Madinah bisa saja diimpor dari Turki, Cina, dan mungkin Indonesia. Kalau mau yang lebih spesial, sajadah atau karpet buatan Turki pada umumnya memiliki kualitas yang lebih baik.

Air Zam-Zam

Oleh - Oleh Umroh - 2.bp.blogspot.com
Oleh – Oleh Umroh – 2.bp.blogspot.com

Air zam-zam adalah oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan dibawa sepulang dari umroh. Air dengan sejuta khasiat ini memang menyehatkan dan menyegarkan. Jadi, tidak heran air zam-zam adalah oleh-oleh yang paling sering dinanti.

Berbeda dengan zaman dahulu, air zam-zam kini hanya boleh dibawa sebanyak 5 liter per orang. Bukan karena jumlahnya yang berkurang, tetapi untuk menghindari kebocoran di dalam pesawat terutama pada penerbangan jarak jauh.

Emas

Oleh - Oleh Umroh - hargatop.id
Oleh – Oleh Umroh – hargatop.id

Emas di tanah Arab Saudi dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik daripada emas di Indonesia. Pusat penjual emasi yang terkenal di sana adalah di Kota Jeddah. Kalau Anda mau memberikan oleh-oleh bagi orang terkasih, emas dari Arab Saudi adalah pilihan yang tepat.

Minyak Zaitun

Oleh - Oleh Umroh - Oleh - Oleh Umroh - hargatop.id
Oleh – Oleh Umroh – Oleh – Oleh Umroh – hargatop.id

Buah zaitun hanya tumbuh di beberapa tempat tertentu. Setelah diolah menjadi minyak, zaitun juga bisa digunakan untuk memasak. Namun karena di Indonesia minyak untuk memasak lebih dikenal dengan menggunakan minyak sayuran, minyak zaitun di Indonesia lebih digunakan untuk kesehatan kulit.

Madu Arab

Oleh - Oleh Umroh - tokozamzami.com
Oleh – Oleh Umroh – tokozamzami.com

Madu dari Arab Saudi terkenal dengan merek Al-Shifa. Madu ini bisa terbilang khas karena madu berasal dari pohon kurma. Jadi, rasanya manis dan hampir mirip dengan buah kurma. Madu Arab juga dipercaya bagus bagi kulit dan kesehatan.

Siwak

Oleh - Oleh Umroh - 1.bp.blogspot.comOleh - Oleh Umroh - 1.bp.blogspot.com
Oleh – Oleh Umroh – 1.bp.blogspot.com

Siwak adalah sebuah potongan ranting kayu yang digunakan sebagai sikat gigi oleh Rasulullah. Di sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, banyak pedagang kaki lima yang menjual siwak dengan harga murah. Selain merasakan bagaimana Rasulullah bersikat gigi, siwak memang terbukti bagus bagi kesehatan gigi.

Oleh-oleh yang paling sering dicari atau diharapkan dari orang yang baru pulang umroh adalah barang-barang atau makanan yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Beberapa makanan seperti kurma sepertinya sudah banyak tersedia di Indonesia tetapi biasanya kualitasnya berbeda dengan yang ada di Arab Saudi. Namun, sebelum membawa oleh-oleh, sebaiknya pertimbangkan berat bagasi yang disediakan oleh maskapai penerbangan Anda, ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: