Dunia IslamUmroh

7 Mode Pakaian Muslimah Terbaik untuk Beribadah Umroh

Dalam menjalani umroh, tentunya para umat muslimah ingin tetap tampil modis dan nyaman. Ibadah umroh sendiri biasanya selesai dalam waktu 7 sampai 11 hari. Nah, selama hari-hari tersebut, Anda akan melakukan banyak jalan kaki dan berpindah tempat. Untuk itu, pakaian yang Anda bawa harus enak dipakai dan dipandang. Yang terpenting lagi, pakaian umroh Anda sebaiknya sesuai dengan syariat Islam.

Agar bisa menjalani ibadah umroh dengan baik, ada baiknya Anda mempertimbangkan 7 mode pakaian berikut untuk dipakai selama di tanah suci:

Pakaian dengan Bahan Katun dan Sesuai dengan Musim

Pakaian Muslimah – s0.bukalapak.com

Tidak seperti ibadah haji, umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Untuk itu, ketahui musim apa yang sedang terjadi di negara tujuan pada saat tanggal keberangkatan Anda. Jika sedang terjadi musim panas, pilihlah bahan katun atau linen yang menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Sementara itu, kenakan baju berlapis atau dengan bahan agak tebal jika negara tujuan sedang mengalami musim dingin.

Pasmina Instan dan Bergo untuk Tampilan Ringkas

Pakaian Muslimah - ecs7.tokopedia.net
Pakaian Muslimah – ecs7.tokopedia.net

Pashmina instan atau bergo akan mudah digunakan selama Anda menjalani ibadah umroh. Karena mudah digunakan, Anda tidak perlu sulit melilitkan pashmina dan menggunakan banyak peniti atau bros. Terlebih lagi, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk mengenakan penutup kepala dengan berbagai gaya. Jadi, bergo bisa menjadi penutup kepala yang praktis.

Pakaian dengan Warna Netral dan Sedikit Detail

Pakaian Muslimah - i.pinimg.com
Pakaian Muslimah – i.pinimg.com

Sebaik-baiknya pakaian seorang muslimah adalah pakaian yang tidak mencolok atau memiliki banyak detail. Maka dari itu, hindari warna-warna primer atau terang dengan detail seperti renda dan bebatuan. Sebaiknya, pilih warna netral seperti hitam, putih, coklat, biru tua, atau warna-warna pastel. Selain lebih sejuk untuk dilihat, warna-warna tersebut pun lebih mudah dipadankan dengan warna senada.

Tidak Bermotif Mencolok

Pakaian Muslimah - cdn.sindonews.net
Pakaian Muslimah – cdn.sindonews.net

Rasulullah melarang pakaian atau kain yang memiliki corak makhluk hidup seperti hewan atau bunga. Ini diriwayatkan oleh Hadis Riwayat Muslim dan Bukhari. Oleh karena itu, usahakan pakaian umroh Anda terbuat dari kain polos atau memiliki sedikit corak seperti garis-garis tipis.

Jika Menggunakan Celana, Tutupi dengan Rok

Pakaian Muslimah - i.pinimg.com
Pakaian Muslimah – i.pinimg.com

Aisyah RA pernah berkisah bahwa Rasulullah melaknat orang yang berpakaian mirip dengan lawan jenisnya. Ini termasuk wanita yang berpakaian seperti pria dan pria yang berpakaian seperti wanita. Maka dari itu, jika Anda mengenakan celana panjang longgar dengan tujuan menutup aurat dengan lebih sempurna, maka tutupi celana tersebut dengan rok yang panjang sehingga penampilan tidak terlihat seperti pria.

Tidak Mengenakan Sarung Tangan dan Cadar

Pakaian Muslimah - anizahkhimar.com
Pakaian Muslimah – anizahkhimar.com

Beberapa hadis menyatakan larangan untuk mengenaan sarung tangan dan cadar bagi muslimah yang sedang ihram atau menjalankan umroh dan haji. Karena sesungguhnya aurat seorang muslimah adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya. Tetapi, wajib bagi muslimah tersebut menutup wajahnya atau menundukkan pandangannya jika berdekatan dengan pria di luar mahramnya.

Menghindari Perhiasan dan Wewangian

Pakaian Muslimah - passionjewelry.co.id
Pakaian Muslimah – passionjewelry.co.id

Sebagai seorang wanita, muslimah bisa saja ingin bersolek dengan perhiasan maupun wewangian. Namun hal ini tidak diperbolehkan selama sedang menjalankan ibadah umroh, Bagi muslimah yang sudah menikah, diperbolehkan menggunakan cincin kawin sebagai penanda wanita yang sudah menikah. Selebihnya, perhiasan hanya boleh dipakai di depan pria yang merupakan mahramnya.

Yang terpenting pada saat umroh adalah kenyamanan dalam berpakaian. Anda bisa tetap terlihat modis dengan padu padan warna yang senada dengan pashmina atau bergo. Selain itu, pakaian dengan ketujuh mode di atas sudah pasti akan membuat persiapan Anda setiap keluar hotel lebih ringkas dan praktis.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: