Dunia Islam

Para Ibu, Jangan Lupa Bacakan Doa Berikut Saat Anak Sakit

Setiap orang tua pasti khawatir jika anaknya sakit. Segala upaya akan dilakukan untuk kesembuhannya. Selain berikhtiar mencari pengobatan yang sesuai dengan penyakitnya, orang tua juga wajib mendoakan sang anak dan meminta kesembuhan dari Allah Subhanahu Wa Taala.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mencontohkan pada keluarganya sendiri untuk membaca doa berikut ketika ada anak atau anggota keluarga yang sakit:

سَقَمًا يُغَادِرُ لاَ شِفَاءً كَ شِفَاؤُ إِلاَّ ءَ شِفَآ لاَ الشَّافِي وأَنْتَ وَاشْفِه  الْبَأْسَ  أَذْهِبِ النَّاسِ رَبَّ اللَّهُمَّ

“Allahumma rabbannaasi, adzhibilba’sa, wasy fihi, wa antasy syaafii, laa syifaa a illa syifaa uka.”

Arti dari doa tersebut adalah, “Ya Allah, Rabb Pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikit pun penyakit.” (HR. Bukhari)

Doa untuk anak sakit tersebut sebaiknya dibacakan kepada anak sambil mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan. Ketika membaca doa tersebut, niatkan untuk meminta kesembuhan pada Allah Subhanahu Wa Taala karena semua penyakit hanya bisa sembuh atas seizin-Nya.

Bantulah Anak Meminum Obat dengan Doa

Bantulah Anak Meminum Obat dengan Doa - blogs-images.forbes.com
Bantulah Anak Meminum Obat dengan Doa – blogs-images.forbes.com

Ketika merasakan sakit, anak cenderung lebih rewel karena tidak bisa menahan rasa sakitnya. Apalagi bagi anak-anak yang sulit minum obat, pastinya mereka akan semakin rewel. Maka dari itu, orang tua perlu bersabar dalam menghadapi sang anak. Tenangkan anak dengan cara dipeluk dan dibacakan surat-surat dari Alquran. Untuk mempermudah anak dalam meminum obat, bacakan doa berikut kepadanya:

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismillaahisy syaafii bismillahil kaafii bismillaahil mu’aafii bismillaahilladzi laa yadluru ma’asmihi syai-un fil ardli waafis samaa-i wa huwas samii’ul aliimu”

Yang artinya, “Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik dibumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kalau sang anak sakit berat, Anda juga bisa melakukan rukyah mandiri di rumah. Jangan berpikiran kalau rukyah hanya boleh dilakukan untuk orang yang kesurupan atau gila. Doa-doa sederhana seperti Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Kafirun, dan Al-Ikhlas bagus untuk dibacakan kepada anak agar tenang hatinya. Sebelum tidur, bacakan doa-doa tersebut masing-masing tiga kali sambil meniatkan kesembuhan dan ketenangan anak dan sebutkan namanya.

Berikan Asupan Gizi yang Cukup

Berikan Asupan Gizi yang Cukup - rspondokindah.co.id
Berikan Asupan Gizi yang Cukup – rspondokindah.co.id

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak akan lebih sulit dirayu pada saat sakit. Selain membacakan doa untuk anak sakit di atas, ada baiknya Anda mencari pengobatan dan memberikan makanan dengan gizi yang memadai.

Dalam ajaran Islam, madu dan susu adalah asupan gizi yang baik bagi tubuh. Jika anak Anda tidak memiliki reaksi alergi apa-apa terhadap makanan dan minuman tersebut, sebaiknya berikan secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Walaupun anak cenderung susah makan pada saat sakit, Anda bisa merayunya dengan makanan kesukaannya. Anda juga dapat mencoba membuat makanan dengan bentuk yang lucu untuk menambah nafsu makannya.

Pengobatan Efektif yang Diiringi dengan Doa

Pengobatan Efektif yang Diiringi dengan Doa - layarberita.com
Pengobatan Efektif yang Diiringi dengan Doa – layarberita.com

Hanya tiga hal yang bisa dilakukan pada saat anak sakit – berdoa, berikhtiar, dan berpasrah kepada Allah Subhanahu Wa Taala. Dengan menjalani hal-hal tersebut secara bersamaan, kesembuhan akan lebih cepat datang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close