Inilah Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Membuat Paspor Umroh Anak

Dewasa ini, banyak orang tua yang turut serta mengajak buah hati mereka untuk mengunjungi Arab Saudi demi melakukan ibadah haji atau umroh. Memang, salah satu syarat bagi kaum muslim untuk bisa menjalankan ibadah tersebut adalah telah mencapai usia balig, tapi bukan berarti kita tidak boleh mengajak anak. Meski anak kecil yang belum balig tidak disyariatkan untuk berumroh, kita bisa memberi wawasan langsung tentang pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, sekaligus mengenalkan kota kelahiran Nabi Muhammad SAW kepada mereka.

Nah, jika ayah dan bunda ingin mengajak si kecil umroh, tentu harus menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dibawa, termasuk paspor. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengurusan paspor umroh anak.

Siapkan Persyaratan Kelengkapan Dokumen

paspor umroh anak - americanindonesian.files.wordpress.com

paspor umroh anak – americanindonesian.files.wordpress.com

Sama seperti pengurusan paspor bagi orang dewasa, Anda juga harus melengkapi persyaratan dokumen untuk pembuatan paspor umroh anak sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir di kantor imigrasi atau secara online.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik orang tua.
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Akta kelahiran anak
  5. Mengisi nama anak dalam formulir dengan 3 suku kata
  6. Surat nikah orang tua
  7. Akta lahir orang tua
  8. Paspor orang tua yang masih berlaku
  9. Melampirkan surat pernyataan anak di bawah 17 tahun, bermeterai yang disediakan pihak imigrasi
  10. Melampirkan surat penetapan ganti nama bagi yang melakukan perubahan nama

Melakukan Pengurusan di Kantor Imigrasi

paspor umrah - jatim2.kemenag.go.id

paspor umrah – jatim2.kemenag.go.id

Jika Anda memutuskan untuk membuat paspor umroh anak langsung di kantor imigrasi, seluruh persyaratan tersebut harus dibawa, baik dokumen aslinya maupun versi fotokopi. Perlu diingat, dokumen yang difotokopi harus dicetak dalam kertas ukuran A4, termasuk dokumen KTP dan paspor tanpa ada bagian kertas yang dipotong.

Mengingat ramainya kantor imigrasi oleh warga yang melakukan pengurusan dokumen, ada baiknya untuk datang di pagi hari, demi menghindari antrean yang mengular. Terlebih, kebijakan terbaru menyatakan bahwa pihak imigrasi hanya melayani 100 nomor antrean setiap harinya.

Di kantor imigrasi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir paspor umroh anak, dan beberapa surat pernyataan. Lebih baik lagi jika segala keperluan terkait dokumen sudah disiapkan di rumah, termasuk materai dan fotokopi. Hal tersebut juga berguna karena bisa jadi pihak koperasi kehabisan materai atau terdapat antrean fotokopi yang cukup panjang.

Begitu semua dokumen telah siap, Anda cukup menunggu nomor antrean untuk dipanggil dan melakukan wawancara. Selain itu, ada juga rekam sidik jari dan pengambilan foto yang harus dilakukan. Jika permohonan paspor umroh anak disetujui, Anda harus melakukan pembayaran untuk biaya pembuatan paspor di BNI. Pengambilan paspor bisa dilakukan setelah 4 hari dengan menyerahkan bukti pembayaran.

Melakukan Pendaftaran Paspor Umroh Anak Melalui Portal Online

paspor umrah anak - hannientour.co.id

paspor umrah anak – hannientour.co.id

Mengurus paspor umroh anak melalui portal online cenderung lebih mudah ketimbang harus datang langsung ke kantor imigrasi. Anda cukup mengakses situs resmi dan mengisi kolom isian untuk permohonan pembuatan paspor seperti data diri secara lengkap. Sebelumnya, pastikan segala persyaratan dokumen sudah dipindai dengan ukuran tak lebih dari 300 KB, dan disimpan di perangkat komputer untuk kemudian diunggah.

Untuk kolom isian kartu identitas, Anda bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ayah atau ibu, mengingat si kecil belum memiliki KTP sendiri. Setelah semua kolom dan dokumen diunggah dengan lengkap, Anda akan memperoleh bukti permohonan pembuatan paspor umroh anak dan permintaan pembayaran di BNI.

Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirimkan ke alamat surel. Paspor umroh anak bisa diambil di kantor imigrasi sesuai jadwal yang ditentukan dengan membawa dokumen persyaratan pengajuan paspor dan bukti pembayaran tersebut.

 

 

 

 

Add Comment

%d bloggers like this: