HajiUmroh

Panduan Lengkap Penambahan Nama di Paspor untuk Haji dan Umrah

Nama adalah doa. Karena itu setiap orang tua tentu ingin memberikan nama yang apik dan memiliki arti yang baik. Dengan demikian, mereka berharap anak-anaknya akan tumbuh menjadi individu sesuai doa yang disematkan di dalam nama.

Namun di Indonesia sendiri, selain nama yang apik, masyarakat (zaman dulu khususnya) cenderung memberikan nama sesimpel mungkin. Karena itu, banyak warga negara bernama hanya dengan dua kata. Bahkan tak jarang, seseorang hanya memiliki nama yang terdiri satu kata saja.

Ini tentu akan menjadi kendala terutama saat mengurus paspor untuk ibadah haji atau umroh. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi menghendaki nama jemaah untuk setidaknya terdiri dari tiga kata.

Mengapa Harus Tiga Kata?

Penambahan Nama Di Paspor - Tribun Medan
Penambahan Nama Di Paspor – Tribun Medan

Bukan tanpa alasan pemerintah Arab Saudi memberlakukan ini. Mengingat jumlah jemaah haji dan umroh yang datang dari berbagai penjuru dunia selalu banyak, mereka tentu ingin meminimalisasi risiko.

Seperti contoh jika nama Anda hanya Siti. Bayangkan, ada berapa banyak nama Siti di dunia ini? Ada berapa puluhan atau ratusan orang bernama sama yang melakukan ibadah di saat bersamaan? Jika ada jemaah haji yang hilang, dengan nama yang lebih panjang tentu akan mempermudah dalam proses pencarian.

Untuk itu, persiapkan dengan baik hal ini sebelum berangkat ke tanah suci. Bagaimana jika nama Anda saat ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja? Jika demikian, tentu Anda harus melakukan penambahan nama di paspor.

Dokumen Syarat untuk Penambahan Nama di Paspor

Penambahan Nama Di Paspor - Megapolitan.kompas.com
Penambahan Nama Di Paspor – Megapolitan.kompas.com

Agar tidak kerja dua kali, pastikan Anda sudah menyiapkan lebih dulu syarat-syarat untuk melakukan penambahan nama di paspor. Sebelum datang ke kantor imigrasi, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti berikut ini.

  • Paspor asli yang masih berlaku.
  • Fotokopi paspor yang masih berlaku.
  • Yang dibutuhkan adalah bagian depan (yang memuat foto) dan bagian belakang yang memuat alamat. Fotokopi dua halaman ini pada satu lembar A4 yang sama dan tidak perlu digunting.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi KK terbaru.
  • Surat rekomendasi dari biro perjalanan umroh atau haji.
  • Surat ini memuat pernyataan bahwa Anda adalah calon jemaah haji pada biro perjalanan tersebut dengan mencantumkan tanggal keberangkatan.
  • Salinan SK Kemenag tentang biro perjalanan haji atau umroh yang Anda gunakan.
  • Materai 6.000.

Langkah-Langkah Penambahan Nama di Paspor

Penambahan Nama Di Paspor - Tumblr.com
Penambahan Nama Di Paspor – Tumblr.com

Bila Anda bisa memperpanjang atau membuat paspor baru di kantor imigrasi mana saja, tidak halnya untuk kasus ini. Untuk melakukan penambahan nama di paspor, Anda perlu datang ke kantor pusat alias kantor imigrasi kelas I.Setelah menyiapkan tujuh berkas di atas, datang ke kantor imigrasi kelas I.

  • Isi formulir yang diberikan dengan lengkap dan data yang sebenar-benarnya.
  • Untuk mengisi nama, tambahkan satu atau dua kata dengan nama ayah atau kakek Anda di belakang nama Anda sendiri.
  • Tempel materai pada bagian yang tersedia di dalam berkas.
  • Kembalikan beras permohonan beserta seluruh dokumen ke petugas. Anda akan menerima tanda untuk pengambilan paspor.
  • Datang kembali pada tanggal yang telah ditentukan untuk mengambil paspor yang sudah jadi. Biasanya, proses penambahan nama di paspor memakan waktu dua sampai tiga hari.

Dalam proses penambahan nama di paspor ini Anda tidak dikenai biaya apa pun. Sebagai tambahan, agar tidak bingung terlalu lama dan membuang banyak waktu di kantor imigrasi yang selalu ramai, segera melapor ke petugas jika Anda ingin melakukan penambahan nama.

Semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close