Umroh

Menilik Modus Penipuan Tawaran Pengalaman Umroh Murah yang Kerap Terjadi di Indonesia

Ibadah umroh kerap menjadi alternatif bagi umat Islam yang kesulitan saat mendaftar pemberangkatan haji. Berbeda dengan haji, ibadah umroh memang bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada kebijakan pembatasan. Dengan kondisi tersebut, tidak heran kalau banyak perusahaan travel yang menawarkan pengalaman umroh murah kepada masyarakat.

Hanya saja, tak sedikit perusahaan travel memanfaatkan para pemburu pengalaman umroh murah tersebut. Kasus terbaru dan yang banyak memperoleh sorotan publik tentu saja adalah terungkapnya penipuan oleh First Travel. Total, ada sebanyak 58.682 orang yang menjadi korban perusahaan ini. Alih-alih berangkat ke Tanah Suci, uang yang telah mereka berikan pun terancam lenyap tak bersisa.

Modus Penipuan Travel Umroh Murah

pengalaman umroh murah - cdn1-a.production.images.static6.com
pengalaman umroh murah – cdn1-a.production.images.static6.com

Siapa sih yang tidak tergoda dengan tawaran umroh dengan harga yang murah meriah? Bayangkan saja, dengan uang sebesar Rp14,3 juta, seseorang sudah bisa berangkat ke Tanah Suci. Angka tersebut jauh lebih murah dibandingkan standar biaya keberangkatan umroh yang ditatapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) bersama Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri), sebesar Rp22 juta.

Pihak First Travel menyebut tawaran pengalaman umroh murah Rp14,3 juta tersebut sebagai promo. Puluhan ribu orang pun tergoda dengan tawaran tersebut. Apalagi, pihak First Travel menawarkan promosi tersebut dengan istilah “harga kaki lima, fasilitas bintang lima”.

Menggunakan Jasa Endorse Artis Ternama

pengalaman umroh murah - vondanote.com
pengalaman umroh murah – vondanote.com

Tidak cukup dengan menawarkan pengalaman umroh murah meriah. First Travel juga menawarkan layanan tipu-tipunya dengan memanfaatkan jasa endorse lewat Instagram. Terdapat beberapa artis ternama tanah air yang telah menjadi klien First Travel. Termasuk di antaranya adalah mendiang Julia Perez, Ria Irawan, serta Syahrini.

Langkah menggaet para artis tersebut berjalan sangat efektif. Apalagi, Anniesa Hasibuan yang merupakan pemilik First Travel, memiliki reputasi besar di dunia fashion. Reputasinya tersebut pun memberi kemudahan dalam mencari jaringan di dunia artis. Mengingat, namanya telah beberapa kali muncul di media, tak hanya tanah air tapi juga luar negeri.

Ria Irawan seperti dikutip dari Kompas, menceritakan pengalamannya melakukan perjalanan umroh dengan First Travel. Dia mengungkapkan, pihak First Travel memberikan pelayanan VIP kepada dirinya dan Julia Perez. Ria mengaku, saat itu dia dan suami membantu Jupe—ama tenar Julia Perez—yang mendapatkan proyek endorse dari First Travel. Ria pun mengunggah berbagai foto selama perjalanan.

Skema Ponzi

Praktek tawaran pengalaman umroh murah yang dijalankan oleh First Travel ini mirip dengan skema ponzi yang banyak digunakan sebagai sarana penipuan investasi palsu. Dalam skema ini, First Travel memberangkatkan para jemaahnya menggunakan uang yang didapatkan dari calon korban berikutnya.

Skema seperti ini sejatinya bisa berjalan dengan lancar. Hanya saja, proses penjaringan jemaah berlangsung secara terus menerus. Dengan begitu, pihak First Travel akan terus memperoleh suntikan dana baru. Namun, kalau mereka berada di titik jenuh dan tak lagi mendapatkan calon jemaah baru, secara otomatis sistem akan berhenti. Tidak ada uang yang dapat digunakan.

Nasib Korban Penipuan Tawaran Pengalaman Umroh Murah First Travel

pengalaman umroh murah - cdn2.tstatic.net
pengalaman umroh murah – cdn2.tstatic.net

Penipuan tersebut pun berdampak besar. Sebanyak 58.682 korban penipuan First Travel gundah. Demikian pula dengan nasib para karyawan serta agen First Travel di daerah. Ditambah lagi, Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi telah mencabut izin First Travel. Kemungkinan First Travel untuk bisa memberangkatkan para korban pun sangat kecil.

Hanya saja, pihak Ombudsman memberi solusi terkait nasib para korban. Mereka bisa mendapatkan ganti rugi dari hasil penjualan aset perusahaan. Selanjutnya, uang tersebut pun dapat digunakan untuk keperluan lainnya atau mungkin berangkat umroh dengan perusahaan travel yang tepercaya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: