Tausiyah

Pengertian Taqwa dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Sehari-hari, kita tentu terbiasa dengan istilah taqwa. Namun sebenarnya, apa pengertian taqwa itu sendiri? Bagaimana sesungguhnya menjadi seseorang yang bertaqwa?

Pengertian Taqwa Menurut Bahasa

Pengertian taqwa - nontondunia.net
Pengertian taqwa – nontondunia.net

Sebagaimana istilah-istilah islami lainnya, taqwa juga berasal dari bahasa Arab. Kata taqwa merupakan dasar dari waqa-yaqi-wiqayah yang berarti memelihara. Waqa sendiri juga bermakna melindungi sesuatu. Jadi, kata taqwa secara bahasa dapat didefinisikan sebagai memelihara atau melindungi sesuatu.

Pertanyaannya, apa yang dipelihara? Apa sesuatu yang dilindungi itu? Jawabannya tidak lain adalah diri kita sendiri. Taqwa dimaksudkan untuk menjaga diri sendiri dari segala sesuatu yang merupakan kemungkaran sehingga kita dapat selamat dunia dan akhirat. Adapun cara melindungi dan menjaga diri adalah dengan senantiasa menjalankan perintah dan menjauhi larangan yang telah ditetapkan Allah SWT.

Pengertian Taqwa Menurut Alquran dan Hadis

Pengertian taqwa - iquotepics.com
Pengertian taqwa – iquotepics.com

Sebagai pedoman hidup, Alquran membahas mengenai ketaqwaan melalui lebih dari 200 ayat. Melalui penafsiran dari beberapa ahli, taqwa juga dimaknai dalam bentuk beberapa hal seperti berikut ini.

Taubat

Allah berfirman dalam Alquran dalam surat Al-Hujarah ayat 41 yang berarti, “…dan hanya kepada akulah kamu harus bertaqwa…

Bersih hati dari dosa

Taqwa juga dapat diartikan dalam bentuk hati yang bersih dari buruk sangka, penyakit hati, dan dosa-dosa lainnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang termaktub dalam surat An-Nur ayat 52 yang berbunyi, “…dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya, maka mereka itu adalah orang-orang yang telah mendapatkan kemenangan.”

Ketaatan dan ibadah

Makna ini didapatkan dari penafsiran para ahli terhadap Alquran penggalan surat Ali Imron ayat 3 yang berbunyi, “…hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

Selain 3 ayat ini, masih ada 224 ayat lainnya yang memuat firman Allah SWT mengenai taqwa. Dalam beberapa hadis yang diriwayatkan oleh beberapa tokoh ulama besar pun menyinggung soal taqwa, salah satunya adalah dalam Hadis Qudsi berikut ini.

Hai Anak Adam, luangkan waktu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku menghindarkankami dari kemelaratan. Jika tidak, Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan kerja dan Aku tidak menghindarkan kamu dari kemelaratan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dari sedikit penjabaran mengenai pengertian taqwa di atas, dapat disimpulkan bahwa wujud ketaqwaan bisa dalam banyak hal. Adapun sesungguhnya yang dapat menilai ketaqwaan seseorang adalah semata Allah SWT.

Ketaqwaan adalah Prerogatif Allah SWT

Pengertian taqwa - rebloggy.com
Pengertian taqwa – rebloggy.com

Perlu diketahui, taqwa terbagi ke dalam dua bagian, yakni taqwa lahir dan batin. Untuk mencapai ketaqwaan yang sebenar-benarnya, tentu taqwa lahir harus diimbangi dengan taqwa batin—pun sebaliknya. Taqwa lahir sendiri merupakan perbuatan mengerjakan perintah Allah dan menjauhi apa yang menjadi larangannya secara tampak (fisik), sementara taqwa batin adalah berkaitan dengan niat dan keikhlasan seseorang dalam menjalankan taqwa lahir tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada yang dapat mengetahui kadar ketaqwaan seseorang selain Allah SWT. Seseorang yang rajin ibadah salat wajib dan sunahnya belum tentu dikategorikan bertaqwa. Pun demikian dengan seseorang yang bahkan setiap tahun pergi ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan haji atau umrah. Namun selama niat yang ditanamkan semata untuk ibadah karena Allah SWT dan dikerjakan sesuai syariatnya, Insyaallah Allah akan meridai ibadahnya, menerima ketaqwaannya, dan mengangkat derajatnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: