Pengertian Wukuf dan Hikmahnya

Selain dari segi waktu, perbedaan utama antara ibadah haji dan umrah pada rukun keduanya. Jika haji memiliki rukun sebanyak enam, maka umrah hanya memiliki rukun sebanyak lima. Adapun sesungguhnya lima rukun dalam ibadah umrah juga merupakan rukun yang harus dikerjakan dalam menunaikan ibadah haji.

Satu rukun yang menjadi pembeda antara haji dan umrah adalah wukuf. Wukuf ini dilaksanakan pada waktu tertentu yang sekaligus membuat perbedaan mutlak antara haji dan umrah. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan wukuf?

Pengertian Wukuf

Pengertian Wukuf - Wartabuana.com

Pengertian Wukuf – Wartabuana.com

Istilah wukuf berasal dari bahasa Arab. Adapun pengertian wukuf secara bahasa ialah berhenti atau berdiam diri.

Bila ditinjau lebih lanjut, pengertian wukuf secara istilah ialah kegiatan berhenti di Arafah untuk berdiam diri. Yang dimaksud dengan berdiam diri di sini pun tentu bukan hanya sekadar diam tidak melakukan apa pun. Sejak tanggal 9 Zulhijah hingga 10 Zulhijah, Jemaah haji yang menunaikan wukuf beristirahat sembari terus menyempurnakan syahadatnya, bermunajat, memohon ampunan, dan bertaubat sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Wukuf

Pengertian Wukuf - Dream

Pengertian Wukuf – Dream

Bilamana seorang jemaah haji tidak melaksanakan rukun wukuf dalam rangkaian ibadahnya di tanah suci, maka ibadah hajinya dianggap tidak sah. Pasalnya, inilah inti haji yang sesungguhnya dan merupakan rukun yang paling besar sesuai sabda Rasulullah SAW: “Haji itu Arafah. Barang siapa mendapatkan malam pada hari Arafah sebelum terbit fajar dari malam Muzdalifah, maka sungguh hajinya telah sempurna.” (HR. Tirmizi).

Wukuf dilakukan di Padang Arafah. Padang Arafah merupakan sebuah padang pasir luas dan berbatu yang berada di sekitar 20 km dari Kota Mekkah. Luasnya sendiri berukuran sekitar 3,5 km x 3,5 km. Kini untuk memenuhi fasilitas haji umat muslim dari seluruh dunia, pemerintah Arab Saudi melengkapi Arafah dengan tiang-tiang air yang dibuat tinggi. Tiang-tiang air ini akan menyemburkan uap air halus sebagai penyejuk terik matahari.

Waktu untuk melakukan wukuf cukup singkat. Jemaah wajib melakukan wukuf terhitung sejak tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Zulhijah sampai terbitnya fajar di tanggal 10 Zulhijah dengan menghadap kiblat.

Ibadah Saat Wukuf

Pengertian Wukuf - Harian Terbit

Pengertian Wukuf – Harian Terbit

Baik dalam keadaan sehat maupun sakit, jemaah haji harus hadir melaksanakan wukuf di Arafah jika ingin menyelesaikan hajinya. Sesuai pengertian wukuf berdiam diri rukun haji ini sesungguhnya ‘hanyalah’ mewajibkan jemaah untuk hadir dan berada di sekitar Arafah.

Jemaah dapat melakukan kegiatan seperti biasa tidur, duduk, berjalan, berbaring, makan, pergi ke kamar mandi, dan sebagainya baik dalam keadaan suci maupun tidak. Namun tentu saja, sungguh sia-sia jika hanya sekadar beristirahat ketika wukuf.

Ada banyak amalan yang bisa dikerjakan saat wukuf. Jemaah semestinya melakukan banyak introspeksi diri, memperbanyak zikir, bermunajat dari hati, memohon ampunan, bertaubat, dan tidak membunuh binatang.

Hikmah Wukuf

Pengertian Wukuf - Poskota News

Pengertian Wukuf – Poskota News

Sesungguhnya, Padang Arafah merupakan gambaran keadaan manusia di Padang Mahsyar kelak. Setiap manusia akan berkumpul di Padang Mahsyar, menanti hisab atas segala perbuatan yang dilakukan di dunia. Pada saat ini, semua manusia yang dibangkitkan dari alam barzah tidak memiliki perbedaan kedudukan di mata Allah SWT—tidak peduli kekayaan, popularitas, ras, dan hal-hal duniawi lainnya. Satu-satunya hal yang membedakan kedudukan manusia adalah kualitas keimanan dan ketakwaannya.

Mengingat betapa pentingnya wukuf ini, diharapkan jemaah selalu menjaga kesehatan baik sebelum keberangkatan maupun pada saat melaksanakan haji. Bahkan dalam keadaan sakit sekalipun, selagi masih mampu, jangan sampai melewatkan kesempatan wukuf yang hanya dapat dilakukan sekali dalam setahun.

Add Comment

%d bloggers like this: