Waspada Penipuan Umroh! Begini Cara Mencegah Kena Tipu

Berita tentang penipuan besar-besaran oleh biro travel ternama pasti membuat banyak orang khawatir. Bagaimana cara menghindari penipuan umroh jika biro yang terlihat bagus saja ternyata melakukannya? Jika kamu berencana melakukan umroh dan tidak ingin rugi banyak, ada beberapa cara untuk mengurangi risiko tertipu.

Cara-cara di bawah mungkin bukan jaminan, tetapi akan membantu menurunkan risiko tersangkut dengan biro yang menipu.

Mengecek Nama Biro di Departemen Agama

penipuan umroh - www2.kemenag.go.id

penipuan umroh – www2.kemenag.go.id

Mendirikan biro umroh dan haji yang terdaftar di Departemen Agama itu sulit. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi, karena wajib sesuai dengan peraturan resmi, seperti PP nomor 79 tahun 2012 dan Keputusan Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji nomor 396 tahun 2003. Biro tersebut juga harus sudah punya rekanan di Arab Saudi untuk menyelenggarakan aspek-aspek perjalanan haji dan umroh.

Kamu bisa mengecek status sebuah biro dengan mengunjungi situs resmi di Departemen Agama, Haji.kemenag.go.id. Di sana, kamu bisa mengecek daftar perusahaan travel haji dan umroh. Jika sudah tercantum, berarti perusahaan tersebut paling tidak sudah memenuhi syarat-syarat mendasar yang ditetapkan Departemen Agama.

Lakukan Pencarian dengan Google Search

penipuan umroh - upload.wikimedia.org

penipuan umroh – upload.wikimedia.org

Masih belum yakin dengan daftar nama di situs Kemenag? Kamu bisa melakukan pencarian lebih teliti dengan Google. Caranya, ketik saja nama biro tersebut di Google, dan tekan tombol Cari. Jika kamu melihat situs resmi yang dikelola dengan baik, besar kemungkinan biro itu aman.

Cara ini juga akan membantumu mengetahui apakah suatu biro travel terjebak masalah atau tidak. Misalnya, ketika kamu menemukan keluhan jemaah atau bahkan tautan ke berita tentang kinerja buruk dari biro tersebut, berarti kamu harus menghindarinya, walau sudah terdaftar.

Cek Halaman-Halaman Situs Resmi Biro Tersebut

penipuan umroh - 3.bp.blogspot.com

penipuan umroh – 3.bp.blogspot.com

Jika suatu biro punya situs resmi, kamu bisa meyakinkan diri dengan mengecek tiap halamannya. Misalnya, apakah situs itu punya desain dan halaman yang dikelola dengan baik? Apakah adminnya aktif menjawab pertanyaan? Bisakah kamu menghubungi nomor telepon atau alamat emailnya?

Situs biro travel yang baik biasanya juga memiliki semacam bukti dokumentasi dari program-program yang sudah mereka lakukan, misalnya berupa foto atau informasi perjalanan umroh bersama kelompok yang bisa dipastikan kebenarannya.

Curigai Biaya yang Terlalu Murah

penipuan umroh - blog-cdn.duitpintar.com

penipuan umroh – blog-cdn.duitpintar.com

Umroh memang lebih murah dari haji, tetapi harga yang terlalu murah harus membuatmu waspada. Tergantung dari paket yang ditawarkan, kamu patut curiga jika paket umroh lengkap hanya dihargai Rp25 juta, kecuali mungkin jika sebuah paket terang-terangan dilabeli “paket promo”, bersanding dengan paket lain yang memiliki harga normal.

Salah satu hal yang bisa membuat banyak calon jemaah terjebak penipuan adalah paket yang terlalu murah. Bahkan jika kamu tetap bisa berangkat, paket yang terlalu murah bisa jadi akan menurunkan kualitas layanan yang kamu dapat, misalnya mutu hotel, makanan, serta jasa antar-jemput selama di Tanah Suci.

Pastikan Hotel yang Ditawarkan

blog-cdn.duitpintar.com

blog-cdn.duitpintar.com

Biro travel resmi yang mengadakan perjalanan haji dan umroh diwajibkan untuk menyediakan layanan penginapan bintang 5 kepada jemaah, dan sebisa mungkin menemukan akomodasi yang dekat dengan tempat ibadah seperti Masjidil Haram. Kamu harus memastikan bahwa akomodasi yang dijanjikan memang akan diberikan. Kecuali dinyatakan secara spesifik, jangan sampai kamu membayar untuk hotel bintang 5 yang dekat Masjidil Haram, tetapi malah diberi hotel bintang 4 atau 3yang lokasinya jauh.

Terkadang, kamu mungkin menemukan biro travel yang baru beroperasi, tetapi bisa mengadakan perjalanan umroh dan haji. Hal itu bagus, tetapi akan lebih baik jika kamu berusaha menghindari penipuan umroh dengan cara menjadi lebih waspada.

 

 

Add Comment

%d bloggers like this: