FikihHajiUmroh

Pentingnya Peran Muthawif dalam Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh

Masih banyak calon jemaah haji dan umroh yang belum begitu paham tentang muthawif. Dari asal katanya, muthawif adalah seseorang yang membimbing tawaf (thawaf) bagi jemaah haji dan umroh. Namun pada perkembangannya, definisi muthawif itu sendiri semakin mengalami pergeseran dan artinya semakin meluas. Dalam ibadah umroh, terutama backpacker, muthawif menempati posisi yang cukup penting mengingat perannya yang diperlukan.

Apa Itu Muthawif?

muthawif - rafiqjauhary.files.wordpress.com
muthawif – rafiqjauhary.files.wordpress.com

Meningkatnya jumlah jemaah haji dan umroh membuat profesi muthawif semakin menjamur. Bisa dibilang, muthawif ini adalah guide atau pemandu Anda selama berada di Tanah Suci. Dulunya, muthawif berasal dari kalangan penduduk asli Makkah yang kemudian mewariskan pekerjaan tersebut ke anak cucu mereka.

Di awal kemunculannya, muthawif lahir dari pengalaman Hakim Ibrahim bin Dhahirah yang membimbing Sultan Qaitabi saat melakukan ibadah haji pada tahun 884 Hijriyah atau 1485 Masehi. Dalam menjalankan tugasnya, Ibrahim pun menyediakan segala keperluan sang sultan, dari mulai pemondokan, katering, sampai sarana transportasi. Dari situ, profesi muthawif muncul sebagai pekerjaan yang menerima upah (masa Dinasti Mamluk).

Dari situlah, para hakim-hakim dan ulama fikih kemudian turut serta membantu dan membimbing jemaah haji yang datang, diikuti oleh para pembesar kota Makkah pada masanya.

Peran Seorang Muthawif

muthawif - s3-ap-southeast - 1.amazonaws.com
muthawif – s3-ap-southeast – 1.amazonaws.com

Berangkat dari seorang pembimbing ibadah, muthawif saat ini juga bisa membantu jemaah haji dan umroh dalam urusan lainnya, termasuk pengurusan check-in penginapan, mengatur transportasi, sampai menyediakan konsumsi/katering bagi jemaah.

Bagi Anda yang mencari seorang muthawif, berikut ini adalah jasa yang biasa ditawarkan oleh mereka.

  • Mengantar Jemaah ke Lokasi Ibadah
 muthawif - i1.wp.com
muthawif – i1.wp.com

Bagi kita yang masih awam dengan negeri Arab Saudi, keberadaan muthawif sangat membantu untuk menunjukkan lokasi atau tempat-tempat yang diijabah oleh Allah SWT. Di Makkah, tempat-tempat tersebut jaraknya cukup jauh dan terpisah antara satu sama lain. Muthawif akan mengantar Anda ke tujuan supaya tidak tersesat.

  • Memberikan Bimbingan Pelaksanaan Ibadah Haji/Umroh
 muthawif - rafiqjauhary.files.wordpress.com
muthawif – rafiqjauhary.files.wordpress.com

Muthawif bisa menjadi pembimbing kita saat melaksanakan ibadah haji dan umroh. Hal itu karena mereka telah mengetahui tata cara pelaksanaan, rukun, dan tempat-tempat yang harus dikunjungi untuk membuat rangkaian ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

  • Membantu Menyelesaikan Permasalahan yang Timbul
Muthawif - kemakkah.com
Muthawif – kemakkah.com

Sebagai manusia, tentu kita tidak luput dari berbuat salah. Meskipun Anda tidak berharap terjadi persoalan selama di tanah Suci, namun jika hal itu terjadi, muthawif berkewajiban membantu untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

  • Memberikan Informasi Tentang Bahasa dan Budaya Arab
Muthawif - www2.kemenag.go.id
Muthawif – www2.kemenag.go.id

Dalam melakukan ibadah haji dan umroh, mau tidak mau kita pasti bersinggungan dengan masyarakat Arab dan budayanya. Seorang muthawif memiliki tugas untuk menjelaskan norma-norma yang berlaku serta budaya mereka supaya kita bisa menghindari perselisihan. Bukan hanya itu, seringkali para muthawif juga memberikan informasi tentang penggunaan bahasa Arab, mengenai petunjuk arah, cara bertanya, dan lain sebagainya.

Dengan keberadaan seorang muthawif, jemaah haji dan umroh bisa terbantu tentang pengurusan hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan ibadah. Namun demikian, untuk menjadi seorang muthawif tidak cukup dengan penguasaan bahasa Arab saja. Mereka juga harus memiliki pengalaman serta pengetahuan tentang hukum-hukum ibadah dalam Islam dengan baik. Hal itu karena jemaah bisa jadi akan bertanya seputar pelaksanaan ibadah kepada mereka.

Bagi Anda yang melakukan umroh backpacker, membawa muthawif dari Indonesia akan memakan biaya yang cukup besar. Ada baiknya untuk mencari jasa mereka saat berada di Makkah saja. Namun bagi jemaah yang berangkat ke Tanah Suci bersama biro perjalanan, mereka biasanya telah menyediakan jasa muthawif ke dalam paketnya.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close