Dunia Islam

Adab Pernikahan Dalam Islam, Penting Diketahui Calon Pengantin

Pernikahan adalah impian setiap manusia yang masih melajang. Fitrah manusia untuk berpasangan membuat agama mengatur hal tersebut agar kelangsungan hidup manusia tetap terjaga. Setiap agama mengatur pernikahan. Begitu pula dengan agama Islam. Kemudian, seperti apa adab pernikahan dalam Islam? Mari cari tahu, terutama bagi para calon pengantin.

Pernikahan dalam agama Islam memiliki makna yang sangat indah. Perpaduan antara dua insan yang saling menyayangi dan bertekad untuk memegang komitmen hidup bersama di jalan yang diridai Allah SWT. Begitu banyaknya keutamaan dalam sebuah pernikahan membuatnya mampu menggenapi setengah ‘dien’ atau agama seseorang.

Selain memenuhi seluruh rukunnya, agar sebuah pernikahan mendapatkan keberkahan, alangkah baiknya jika mengikuti adab-adab yang baik sesuai ajaran agama dan tuntunan nabi Muhammad saw. Ini dia beberapa adab pernikahan dalam islam, yaitu:

Adanya khotbah nikah

Pernikahan Dalam Islam - Overstock.com
Pernikahan Dalam Islam – Overstock.com

Menurut sebagian ulama, khotbah nikah sebaiknya dilaksanakan sebelum akad nikah berlangsung. Meski ada yang berpendapat tidak mengapa bila menikah tidak didahului khotbah, tetapi jika mampu, laksanakanlah khotbah nikah agar kedua mempelai diingatkan mengenai tanggung jawab pernikahan dan kebesaran Allah Swt. dalam kehidupan rumah tangganya kelak.

Khotbah nikah di dalamnya berisi tasyahud sebagai bukti ketauhidan dan ketakwaan mempelai kepada Allah Swt. Dalam hadis, At-Tirmidzi, Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasulullah saw mengajarkan kepada kami tasyahud dalam salat dan dalam suatu keperluan—dalam hal ini adalah pernikahan.

Keterangannya berbunyi, “Segala puji bagi Allah, kami memohon pertolongan dan memohon ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk (oleh Allah), maka tidak ada yang dapat menyesatkannya dan barangsiapa yang disesatkan-Nya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.”

Kemudian dilanjutkan dengan 3 surah dari Alquran yaitu Ali Imran ayat 102, An-Nisaa ayat 1, dan Al-Ahzab ayat 70. Ketiga surah tersebut menekankan mengenai ketakwaan kepada Allah SWT.

Mengumumkan pernikahan dengan mengadakan walimah

Pernikahan Dalam Islam - Youtube
Pernikahan Dalam Islam – Youtube

Adab pernikahan dalam Islam lainnya yaitu anjuran untuk membuat pengumuman tentang peristiwa tersebut. Walimah atau resepsi pernikahan sangat dianjurkan untuk dilaksakana. Namun, pelaksanaannya tidak boleh berlebih-lebihan.

Dalam salah satu hadis riwayat Bukhari dikatakan bahwa memeriahkan pernikahan boleh dilakukan dengan memukul rebana dan bernyanyi, tetapi liriknya harus sesuai nilai Islami seperti nyanyian pujian mengenang para pahlawan perang Badar.

Suatu saat Nabi Muhammad saw. berkata kepada Aisyah r.a. ketika membawa mempelai perempuan, “Wahai Aisyah apakah ada nyanyian yang menyertai kalian? Sesungguhnya kaum Anshar menyukai nyanyian.”

Kemudian walimah sebaiknya dilaksanakan dengan memotong kambing dan menyajikannya ke hadapan para tamu. Ketika melaksanakan walimah dianjurkan untuk menyediakan hidangan yang halal dan mengenyangkan. Tentu hidangan tersebut disesuaikan dengan kemampuan keluarga pengantin.

Pada saat walimah, mempelai perempuan boleh merias diri dengan mengenakan pakaian yang berbeda dengan pakaiannya sehari-hari dan berdandan. Bahkan mempelai perempuan boleh meminjam pakaian dan perhiasan.
Hadis riwayat Bukhari menyebutkan, dari Abdul Wahid bin Aiman yang mengatakan ayahnya bercerita, “Aku menemui Aisyah r.a. dan dia memakai pakaian terbuat dari katun tebal seharga lima dirham lalu dia mengatakan ‘angkatlah pandanganmu kepada sahaya wanitaku…. Dahulu aku mempunyai pakaian pada masa Rasulullah saw., tidaklah seorang wanita dirias untuk pernikahan di Madinah, melainkan dia datang kepadaku untuk meminjamnya.”

Ada beberapa adab lain mengenai pernikahan dalam islam. Semoga kedua adab di atas bisa memberi gambaran mengenai pernikahan yang biasanya dilakukan dalam tradisi Islami. Selamat melangsungkan pernikahan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close