Dunia Islam

Seluk-Beluk Pernikahan yang Berkah dan Islami

Anda sedang mempersiapkan hari bahagia? Ya, pernikahan adalah hari bahagia yang menjadi perwujudan tanggung jawab dan hasrat saling mengasihi antar dua insan, yang diatur oleh agama dan juga negara. Ingin tahu seluk-beluk pernikahan yang berkah dan Islami? Yuk, simak di sini.

Pernikahan yang Islami

Pernikahan - Youtube.com
Pernikahan – Youtube.com

Ketika merencanakan pernikahan, kedua pasang mempelai tentu ingin melaksanakan dengan cara yang terbaik. Namun, kemewahan dan pesta bukan jawabannya. Jika ingin mengadakan walimah atau resepsi yang berkesan tapi tetap islami, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Adakan walimah agar berkah

Walimah adalah resepsi setelah akad nikah yang berfungsi untuk mengumumkan pernikahan untuk menghindari fitnah atas kedua mempelai. Walimah sebaiknya diadakan di lokasi yang dekat dengan kediaman. Bisa diselenggarakan di rumah salah satu keluarga mempelai, di masjid, atau di gedung yang telah disewa untuk keperluan tersebut.

Pilih lokasi yang mudah terjangkau para tamu undangan. Jangan lupa pula, sebaiknya persiapkan hari dan waktu yang memudahkan banyak karib kerabat untuk datang. Contohnya setelah jam salat, di hari libur atau hari yang berkah seperti hari Jumat.

Walimah mengundang keberkahan karena masyarakat jadi mengetahui mengenai status baru kedua pasangan tersebut. Kemudian dalam walimah pasangan suami istri baru itu akan didoakan oleh banyak orang.

  • Perhatikan tamu undangan

Menentukan tamu undangan dalam walimah juga harus memperhatikan adab. Jangan sampai hanya orang kaya atau berkuasa dan punya jabatan saja yang diundang. Walimah perlu dihadiri oleh anak yatim, fakir miskin atau golongan yang kurang mampu. Bisa dari karib kerabat atau tetangga. Hal ini sangat dianjurkan dalam Islam, agar tidak terjadi kecemburuan sosial. Selain itu bisa merekatkan ukhuwah islamiyah antar golongan.

Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa, “Seburuk-buruknya hidangan adalah makanan walimah, yang diundang untuk menghadirinya hanyalah orang-orang kaya, sedangkan orang-orang fakir tidak diundang.” (HR Bukhari dan Muslim).

  • Memperhatikan tata cara walimah

Dalam walimah, ada rangkaian acara yang bisa diatur. Perlu diingat bahwa rangkaian acara tersebut tidak boleh melanggar syariah. Dalam mengatur posisi tamu undangan misalnya sebaiknya dipisahkan antara kaum lelaki dan perempuan agar tidak tercampur (khalwat).

Makanan dan minuman yang tersedia halal dan baik untuk dikonsumsi. Hidangan tersebut tidak boleh berlebihan agar tidak mubazir. Lalu sebaiknya disediakan tempat duduk agar tamu undangan bisa makan dan minum sesuai sunah nabi.

Jika ingin mengadakan sesi hiburan, sebaiknya pilih yang sesuai dengan ada Islam. Nasyid atau pertunjukan musik rebana bisa menjadi pilihan tepat.

Hal ini sesuai dengan hadis Bukhari yang meriwayatkan dari Khalid bin Dzakwan dia berkata; Ar Rubayyi berkata, “Suatu ketika nabi Muhammad saw. masuk saat aku membangun mahligai rumah tangga (menikah). Lalu beliau duduk di atas kasurku, sebagaimana posisi dudukmu dariku. Kemudian para budak wanita pun memukul rebana dan mengenang keistimewaan-keistimewaan prajurit yang gugur pada saat perang Badar”.

Keberkahan dalam Pernikahan

Pernikahan - Youtube.com
Pernikahan – Youtube.com

Apabila walimah diadakan sesuai tuntunan nabi maka diharapkan pernikahan tersebut mengundang keberkahan. Menurut Imam Ghazali, berkah artinya bertambah kebaikan. Berkah termasuk tujuan utama dalam pernikahan.

Coba perhatikan doa ini: “Barakallahu laka wa baraka’alaika wa jama’a bainakuma fii khair”. Doa yang kerap kali disampaikan ketika menghadiri walimah ini mengandung arti yang indah. Semoga Allah memberkahi kamu dan mudah-mudahan mengekalkan berkah atasmu serta menghimpun kalian berdua dalam kebaikan.

Ciri pernikahan yang berkah itu minimal terlihat dalam lima hal, yaitu bertambahnya kualitas keimanan serta ketaatan pasangan, ada potensi amal kebaikan pasangan, rezeki yang bermanfaat bagi keluarga, kebahagiaan yang terus berlanjut, dan hadirnya buah hati yang saleh. Tentu kebahagiaan yang diharapkan adalah kebahagiaan dunia dan akhirat.
Itulah seluk-beluk pernikahan yang dapat diterapkan oleh para calon pengantin. Semoga bermanfaat, ya

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close