Umroh

Persiapan Umroh 9 Hari untuk Wanita yang Wajib Dilakukan

Iklim di Tanah Suci dan Indonesia berbeda cukup jauh. Suhu tertinggi di kawasan ini bisa mencapai 40 derajat Celsius dan membuat siapa saja khususnya wanita mengalami dehidrasi yang akut saat melakukan umroh 9 hari.

Agar wanita bisa beradaptasi dengan suhu yang cukup ekstrem ini, mereka harus mempersiapkan umroh dengan baik. Berikut persiapan umroh 9 hari untuk wanita.

Menjaga Kebugaran

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - masirul.com
persiapan umroh 9 hari untuk wanita – masirul.com

Ibadah umroh cukup melelahkan meski jadwalnya tidak sepadat haji. Meski demikian, wanita harus tetap menjaga kebugarannya. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, mereka dianjurkan untuk tidak sedang sakit dan kondisi badannya sedang prima.

Berada di Arab Saudi ketika badan dengan drop akan membuat semua rencana jadi gagal. Anda akan lebih banyak istirahat di dalam hotel ketimbang berada di luar untuk mengunjungi situs suci dan bersejarah bagi umat Islam di seluruh Dunia.

Untuk menjaga kebugaran, Anda bisa melakukan olahraga rutin minimal seminggu 3 kali. Olahraga bisa dilakukan di dalam gym atau di alam terbuka. Anda bisa mulai jalan kaki setiap pagi, lari kecil, hingga lari jarak jauh.

Oh ya, dengan menjaga kebugaran, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga risiko terkena penyakit akan menurun. Selanjutnya, kesehatan organ pernapasan akan meningkat sehingga kuat berada di lingkungan yang panas.

Diet dan Menurunkan Berat Badan

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - ruangsehat.net
persiapan umroh 9 hari untuk wanita – ruangsehat.net

Poin ini dikhususkan untuk Anda yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Saat akan pergi ke Tanah Suci, usahakan untuk menjaga pola makan selama beberapa bulan agar berat badan menurun.

Dengan berat badan yang ideal, kesehatan Anda akan semakin membaik. Anda bisa bergerak dengan bebas dari satu tempat ke tempat lain. Dengan tubuh yang lebih kecil, Anda juga tidak gampang capai dan berkeringat sehingga harus sering ganti baju.

Mengurus Perizinan

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - haji.kemenag.go.id
persiapan umroh 9 hari untuk wanita – haji.kemenag.go.id

Pihak Arab Saudi tidak mengizinkan wanita datang ke Tanah Suci sendirian saja tanpa ada wali atau suaminya. Kalau Anda pergi sendiri, biasanya ada kepengurusan surat wali sebelum mendapatkan visa. Kalau Anda berasa wali atau suami, surat itu tidak diperlukan lagi.

Perizinan ini biasanya diurus langsung oleh agen travel yang Anda gunakan. Jadi, bereskan terlebih dahulu masalah perizinan sebelum akhirnya berangkat ke Tanah Suci untuk melakukan umroh.

Periksa ke Dokter

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - static.republika.co.id

    persiapan umroh 9 hari untuk wanita – static.republika.co.id

Katakanlah Anda sudah berolahraga setiap hari dan tubuh semakin bugar, tapi yakin Anda baik-baik saja? Agar lebih yakin dengan masalah kesehatan dan tidak berujung penyesalan, jangan lupa untuk mengunjungi dokter guna melakukan pengecekan kesehatan.

Kalau semua kondisi tubuh berjalan dengan baik, mintalah dokter untuk memberikan vaksin. Calon jemaah yang akan ke Tanah Suci biasanya diberi vaksin untuk mencegah meningitis dan hepatitis.

Bawa Obat-obatan Pribadi

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - www.daftarhajiumroh.com
persiapan umroh 9 hari untuk wanita – www.daftarhajiumroh.com

Kalau Anda memiliki penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Untuk jaga-jaga hal buruk datang, taruh obat di tempat khusus, misal tas kecil. Jangan lupa beritahu rekan jemaah perihal letak obat agar mereka bisa mengambilkannya saat keadaan darurat.

Bawa Baju yang Cukup

persiapan umroh 9 hari untuk wanita - hijabina.com
persiapan umroh 9 hari untuk wanita – hijabina.com

Bawa baju ganti terutama pakaian dalam yang cukup. Udara di Tanah Suci sangat panas dan bisa membuat Anda gampang berkeringat. Kalau tidak sering ganti pakaian dalam, sanitasi akan menurun dan kemungkinan Anda jatuh sakit jadi lebih besar.

Inilah beberapa persiapan umroh 9 hari untuk wanita yang wajib dilakukan. Dengan melaksanakan persiapan di atas, ibadah umroh yang Anda jalankan bisa berjalan degan lancar dan khusyuk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: