Umroh

Rincian Persiapan Umroh untuk Perempuan

Berkesempatan melakukan ibadah umroh dan mengunjungi kota suci Makkah merupakan impian setiap umat Islam di dunia. Tidak bisa dipungkiri, banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum kita berangkat supaya bisa menjalankan ibadah dengan lebih lancar dan khusyuk. Bagi wanita, persiapan umroh yang harus dilakukan sedikit lebih banyak daripada jemaah pria, yang meliputi persiapan fisik, mental, serta barang-barang keperluan sehari-hari.

Apa saja persiapan umroh untuk perempuan yang harus di bawah ke Tanah Suci?

Latihan Fisik

Persiapan umroh untuk perempuan - papanori.wordpress.com
Persiapan umroh untuk perempuan – papanori.wordpress.com

Meski singkat, namun ibadah umroh melibatkan rangkaian kegiatan yang memerlukan stamina fisik yang tangguh. Berbeda dengan laki-laki, kaum wanita kebanyakan memiliki daya tahan yang lebih lemah, meski ada juga beberapa yang fisiknya cukup prima. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa perbedaan cuaca dan kondisi alam sedikit banyak memengaruhi kesiapan kita saat berada di Tanah Suci. Untuk itulah, penting bagi wanita untuk menyiapkan kondisi tubuh supaya tetap prima sampai saat umroh selesai.

Cara yang paling mudah untuk menjaga kondisi adalah dengan rutin berolahraga. Paling tidak, lakukan lari pagi secara rutin selama 2 minggu sebelum keberangkatan, atau mengikuti kelas kebugaran.

Jaga Pola Hidup yang Sehat

persiapan umroh untuk perempuan - malang-post.com
persiapan umroh untuk perempuan – malang-post.com

Selain berolahraga, persiapan umroh untuk perempuan juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang bisa mengganggu pencernaan atau menimbulkan reaksi alergi yang bisa mengganggu selama melakukan ibadah umroh. Mengontrol asupan vitamin juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar.

Lakukan Check-Up ke Dokter untuk Tunda Haid

persiapan umroh untuk perempuan - static.republika.co.id
persiapan umroh untuk perempuan – static.republika.co.id

Apa jadinya jika sesampainya di Tanah Suci, Anda malah kedatangan “tamu” bulanan? Mengetahui siklus haid sangat penting supaya para wanita bisa mengantisipasi barang bawaan saat umroh. Memang, umroh sifatnya lebih fleksibel dan waktunya tidak terbatas seperti haji, tapi tetap saja hal itu akan membuat kita tidak bisa maksimal beribadah saat ada di Makkah dan Madinah.

Solusinya, Anda bisa melakukan check-up ke dokter untuk menunda haid pada bulan keberangkatan saja. Ada beberapa alternatif yang akan disarankan, dari mulai suntik KB sampai penggunaan pil. Jangan khawatir, dokter akan melakukan tindakan sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.

Persiapan Rohani

persiapan umroh untuk perempuan - blog.bursasajadah.com
persiapan umroh untuk perempuan – blog.bursasajadah.com

Siapa di antara kita yang hobi berfoto? Sepertinya saat ini sedang musim memajang segala aktivitas kita ke media sosial, termasuk saat beribadah. Salah satu hal yang paling utama untuk dipersiapkan adalah menata hati dan niat. Persiapan rohani ini sangat penting karena menentukan kadar keimanan kita untuk beribadah dan hanya berharap rida-Nya semata.

Perlengkapan yang Harus Dibawa

Persiapan umroh untuk perempuan - equator.co.id
Persiapan umroh untuk perempuan – equator.co.id

Jika Anda berangkat menggunakan jasa biro perjalanan, biasanya mereka akan memberikan 3 buah tas untuk digunakan mengangkut perlengkapan umroh, yaitu tas koper besar, tas jinjing, dan tas kecil. Untuk wanita sendiri, berikut adalah perlengkapan yang perlu dibawa saat umroh:

  • Sajadah dan atasan mukena 2-3 buah
  • 1 baju ihram untuk dipakai, 2-3 lainnya untuk cadangan
  • Baju atasan non-ihram 3-4 buah. Pilih yang tidak ketat dan panjangnya selutut
  • Celana panjang/rok 3-4 buah. Pilih yang tidak ketat dan membentuk lekuk tubuh
  • Pakaian dingin atau jaket 1-2 buah untuk melindungi tubuh dari angin
  • Kerudung panjang 3-4 buah
  • Pakaian dalam 6-7 setel
  • Kaos kaki 3-4 pasang
  • Kaos tangan dengan telapak terbuka 2-3 pasang
  • Panty liners 1-2 pak
  • Obat-obatan pribadi

Perlu diingat, saat melakukan rangkaian rukun umroh, jemaah tidak diperkenankan memakai cadar atau penutup wajah.

Persiapan umtoh untuk perempuan juga harus disiapkan di dalam tas kecil, tempat menyimpan paspor, dompet, serta ponsel supaya lebih mudah dijangkau saat perlu.

 

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: