Inilah Persiapan Menghadapi Musim Dingin saat Umroh

Umroh ke Arab Saudi tidak hanya identik dengan cuaca panas menyengat. Kamu harus melakukan persiapan umroh yang berbeda jika jadwalmu ternyata bertepatan dengan musim dingin. Jika kamu sudah terbiasa dengan iklim tropis, dinginnya cuaca di negara gurun seperti Arab Saudi bisa menyiksa, terutama karena perbedaan panas dan dinginnya bisa ekstrem (suhu musim dingin bisa mencapai 0 hingga minus 15 derajat Celsius).

Hanya karena jadwalmu bertepatan dengan musim dingin, bukan berarti kamu sebaiknya batal pergi! Inilah beberapa cara menghadapi musim dingin saat melakukan umroh.

Jangan “Pelit” Soal Pakaian Hangat

Persiapan Umroh - Stuffmydogtaughtme.com

Persiapan Umroh – Stuffmydogtaughtme.com

Ketika jadwal umroh jatuh pada musim dingin, hal ini tidak main-main. Pastikan membawa pakaian penangkal dingin seperti jilbab lebar tebal, jaket, masker, baju lengan panjang, kaus dalam ekstra, kaus kaki, sarung tangan, dan penutup kepala seperti topi kupluk. Celana dalaman yang panjang seperti legging tidak hanya bisa dikenakan di bawah mukena untuk perlindungan, tetapi juga mencegah kedinginan.

Bagi jemaah pria yang rambutnya nanti harus dicukur, bawalah penutup kepala dari kain tebal yang menutupi leher dan seluruh kepala, tetapi hanya menyisakan sedikit bagian wajah. Kulit kepala yang habis dicukur akan sangat menderita saat musim dingin.

Ketika memakai masker, basahi dulu maskernya dengan air bersih. Hal ini untuk mengurangi tingkat kekeringan udara di sekitar hidung, yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Setiap kali masker mengering, gunakan yang baru atau siram dengan air dari botol minum.

Lindungi Kulit dan Bibir dari Kekeringan

Persiapan Umroh - Blog.lucilleroberts.com

Persiapan Umroh – Blog.lucilleroberts.com

Musim dingin di Arab Saudi membawa embusan angin dingin yang kering, dan membuat banyak jemaah mengalami kulit kering serta bibir pecah-pecah. Jika kamu sudah memiliki kulit kering, kondisi angin dingin dan musim ini bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti gatal-gatal dan kulit bersisik.

Untuk mencegah kekeringan ini, pastikan membawa losion untuk wajah dan tubuh. Oleskan setiap setelah mandi untuk mencegah hilangnya kelembaban, dan kapan saja saat kamu merasa udara kering mulai menyiksa kulit. Minyak zaitun juga bisa menjadi solusi yang baik untuk bibir kering.

Jika bibir mengalami “bencana,” seperti kering, mengelupas dan gatal-gatal, gunakan lip balm atau bahkan minyak zaitun di bibir sebagai pencegahan. kamu juga bisa menggunakan madu sebagai metode tradisional untuk memulihkan kondisi kulit.

Waspada di Area yang Lebih Dingin

Persiapan Umroh - CBC.ca

Persiapan Umroh – CBC.ca

Cuaca dingin di Madinah cenderung lebih menantang bagi para jemaah, karena adanya angin kencang yang berhembus membawa hawa dingin. Angin ini semakin menyiksa pada waktu sebelum fajar serta sore menjelang malam. Jika ingin salat di Masjid Nabawi yang terkenal, kamu baiknya datang awal, agar bisa mendapat tempat yang lebih hangat di bagian dalam masjid.

Area lain yang sebaiknya kamu terkait musim dingin adalah Muzdalifah, Arafah, dan Mina. Berbagai daerah ini banyak diterpa angin dingin keras, karena areanya berupa medan terbuka. Persiapan Anda juga harus bagus di sini.

Makan dan Minum Teratur

Persiapan Umroh - Santa Barbara

Persiapan Umroh – Santa Barbara

Pihak penyelenggara ibadah haji dan umroh sudah menyiapkan makanan yang disesuaikan dengan jumlah dan kondisi di lapangan. Pastikan kamu makan secara teratur, terutama makanan bergizi yang meningkatkan daya tahan tubuh, seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa banyak minum dalam sehari, karena udara yang kering akan membuatmu mengalami dehidrasi.

Kebiasaan makan sehat ini juga sebaiknya diterapkan setiap saat. Jangan sampai melupakan hal ini hanya demi berbelanja barang atau jalan-jalan, misalnya.

Umroh pada musim dingin sangat menantang, tetapi bisa diatasi. Pastikan melakukan persiapan umroh semaksimal mungkin demi kelancaran ibadahmu.

Add Comment

%d bloggers like this: