Umroh

Plus Minus untuk Menentukan Pilihan Antara Umroh Reguler dan I’tikaf

Beberapa tahun belakangan, umroh menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat Islam di Indonesia. Tidak heran jika banyak biro dan jasa perjalanan umroh bermunculan dengan ragam paket umrohnya yang menarik.
Apalagi sejak tahun 2012 kuota haji semakin terbatas dan antriannya pun semakin lama sehingga umroh seringkali dijadikan alternatif bagi mereka yang sudah rindu untuk beribadah di Tanah Suci.
Dari berbagai paket yang ditawarkan para biro perjalanan umroh tersebut, ada dua paket populer yang sering dipilih orang. Yaitu paket umroh reguler dan umroh i’tikaf.
Kedua paket ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang membuat orang tertarik dan memilih paket tersebut. Nah, jika Anda ingin berangkat umroh dan ragu memilih paket umroh yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih paket umroh reguler atau i’tikaf.

Paket Umroh Reguler

Perbandingan Umroh Reguler & I'tikaf - Menata Hidup
Perbandingan Umroh Reguler & I’tikaf – Menata Hidup

Paket umroh reguler merupakan paket umroh biasa yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Disebut biasa karena paket ini hanya menjadwalkan kegiatan ibadah umroh tanpa embel-embel lain seperti mengunjungi tempat wisata di Arab Saudi atau berlibur di Dubai dan Turki.

Karena hanya fokus pada ritual ibadah umroh inilah, paket umroh reguler biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari di Tanah Suci. Akomodasi, pesawat, bus, makanan, hingga fasilitas yang diberikan pun bisa dikategorikan standar dan tidak terlalu mewah.

Untuk Anda yang ingin berhaji tetapi belum memiliki cukup dana, paket umroh reguler bisa dijadikan pilihan. Harga paket umroh ini berkisar antara Rp17.000.000 sampai Rp21.000.000. Harga tersebut biasanya sudah termasuk biaya pembuatan visa dan tiket pesawat.

Salah satu kelebihan paket umroh ini adalah, jamaah umroh reguler bisa berangkat kapan saja tanpa harus menunggu bulan Ramadhan seperti umroh i’tikaf.

Umroh I’tikaf

Perbandingan Umroh Reguler & I'tikaf - Saibah.com
Perbandingan Umroh Reguler & I’tikaf – Saibah.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, umroh i’tikaf hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadhan. Karena selain ritual umroh, paket umroh i’tikaf juga menawarkan keleluasaan kepada para jamaah umroh untuk melakukan i’tikaf di malam-malam ganjil bulan Ramadhan.

Jika umroh reguler menghabiskan waktu sekitar 7-10 hari, umroh i’tikaf akan membuat kita tinggal di tanah suci selama 10-14 hari. Karena berangkat saat high season, biaya paket umroh i’tikaf cenderung lebih mahal. Meskipun begitu masih banyak orang yang tertarik untuk mengambil paket umroh ini.

Pendaftaran dan pembayaran paket umroh i’tikaf biasanya dilakukan jauh sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi atau keterlambatan visa.

Selain bisa berumroh dan i’tikaf di Baitullah, jamaah umroh i’tikaf juga bisa merasakan suasana syahdu berpuasa di Tanah Suci. Mulai dari sahur dengan makanan khas Timur Tengah, berbuka bersama di pelataran Masjidil Haram, hingga salat Tarawih di depan Kakbah.

Plus Minus Umroh Reguler dan I’tikaf

Perbandingan Umroh Reguler & I'tikaf - Britishhajtravel.com
Perbandingan Umroh Reguler & I’tikaf – Britishhajtravel.com

# Umroh Reguler
Plus :
– Lebih terjangkau
– Bisa berangkat kapan saja tanpa harus menunggu Ramadhan
Minus :
– Hanya umroh tanpa i’tikaf atau kegiatan tambahan lainnya
# Umroh I’tikaf
Plus :
– Umroh di bulan Ramadhan
– Bisa menikmati suasana i’tikaf dan berpuasa di Tanah Suci
Minus:
– Harga paketnya cenderung mahal
– Hanya bisa berangkat saat bulan Ramadhan atau high season

Jadi, paket umroh apakah yang akan Anda pilih setelah menimbang plus dan minus paket umroh reguler dan i’tikaf di atas? Apapun pilihannya, tujuan umroh pada dasarnya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengunjungi Tanah Suci dan beribadah di tempat yang penuh keberkahan. Insya Allah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: