Haji

Profil Katering Haji yang Melayani Jemaah Pada Musim Haji 2017

Pemerintah memiliki kewajiban untuk memastikan pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya berjalan dengan lancar. Selain persiapan administratif jemaah, akomodasi, serta transportasi, ada satu hal yang menjamin kelancaran ibadah haji para jemaah Indonesia, yakni makanan. Beberapa tahun lalu mungkin kita pernah mendengar kasus jemaah haji Indonesia yang mendapatkan makanan katering basi.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pemerintah bertekad untuk memperbaiki sistem penyeleksian katering dan menjamin kualitas makanan yang diberikan pada jemaah haji. Berikut ini kita akan membahas profil katering haji yang dipercaya pemerintah Indonesia untuk melayani kebutuhan konsumsi jemaah pada musim haji 2017.

Al Hussam

Profil Katering Haji - AL Hussam Catering
Profil Katering Haji – AL Hussam Catering

Al Hussam merupakan pemain lama di bidang katering haji. Sejak didirikan sekitar 30 tahun lalu, Al Hussam sudah sering dipercaya pemerintah Indonesia untuk melayani kebutuhan konsumsi jemaah haji tanah air. Al Hussam sebelumnya lebih sering menggunakan metode dan resep tradisional dalam proses memasaknya. Hanya saja, dua tahun belakangan, Al Hussam meningkatkan fasilitas dapur mereka menggunakan peralatan yang jauh lebih canggih demi menjamin kebersihan dan kualitas makanan yang disajikan.

Pada musim haji tahun ini, Al Hussam bertugas menyediakan sekitar 25.000 paket konsumsi pada puncak kedatangan jemaah haji Indonesia di Mekkah. Tahun ini Al Hussam juga menambah jumlah koki asal Indonesia demi menyajikan hidangan yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Selain melayani kebutuhan konsumsi jemaah haji Indonesia, Al Hussam pun melayani jemaah haji asal Maroko, Pakistan, Turki, dan beberapa negara lainnya. Al Hussam tak hanya sibuk saat musim haji. Katering haji legendaris satu ini pun kerap dipercaya menangani kebutuhan perut jemaah setiap high season umrah. Berkat dedikasi dan pelayanan terbaiknya, pemerintah sempat beberapa kali memberikan penghargaan sebagai perusahaan katering haji terbaik pada Al Hussam.

Al Yasirah Al Arabiyyah

Profil Katering Haji - Poskota News
Profil Katering Haji – Poskota News

Al Yasirah Al Arabiyyah pun sudah beberapa tahun menangani konsumsi jemaah haji Indonesia. Perusahaan katering yang memiliki luas dapur sekitar 8.000 meter persegi ini juga merupakan katering langganan Raja Salman. Menurut direktur operasional katering Al Yasirah Al Arabiyyah, Raja Salman biasanya memesan 15.000 paket makanan untuk disedekahkan kepada fakir miskin.

Untuk menjamin kepuasan jemaah haji Indonesia, Al Yasirah Al Arabiyyah turut mempekerjakan enam juru masak asal Indonesia. Selama musim haji 2017, Al Yasirah Al Arabiyyah mendistribusikan sekitar 50.000 paket konsumsi untuk jemaah haji yang berada di Madinah. Beberapa menu andalan khas Indonesia yang kerap disajikan Al Yasirah antara lain rendang kacang merah, terong balado, ikan kakap goreng saus asam manis, sambal goreng kentang, serta semur daging.

Tasnim

Profil Katering Haji - Toko Almishbah
Profil Katering Haji – Toko Almishbah

Tasnim merupakan perusahaan katering yang menangani kebutuhan konsumsi jemaah haji Indonesia yang tiba di Armina. Perusahaan katering yang didirikan sejak 2007 ini sudah sering menangani order dalam skala besar. Katering Tasnim dipimpin seorang pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat bernama Husni Almahdali.

Modal utama Tasnim untuk mendapatkan kepercayaan dalam menangani konsumsi jemaah haji adalah komitmen terhadap peningkatan kualitas makanan serta penggunaan alat-alat masak canggih demi menjaga kebersihan bahan makanan yang diolah. Bagi pemilik Tasnim, bisnis yang dijalankannya ini bukan semata-mata bertujuan mencari untung, tapi juga mencari rida Allah dengan memuliakan tamu-Nya.

Perusahaan katering yang dipilih pemerintah tentu layak untuk dipercaya sebab mampu memenuhi standar ketat dalam segi kesehatan, kebersihan, dan cita rasa. Setiap tahunnya, pemerintah memastikan setiap perusahaan katering yang diajak bekerja sama mampu menyajikan makanan khas Indonesia agar sesuai dengan lidah para jemaah haji.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close