Islam

Hitung Rincian Biaya Umroh yang Harus Anda Keluarkan

Membludaknya minat masyarakat untuk melakukan ibadah umroh turut membuat pasar biro perjalanan umroh dan haji khusus mengalami kenaikan drastis. Meskipun tergolong ibadah sunah, namun mampu menjalankan ibadah umroh memberi ketenangan tersendiri bagi para jemaah, terutama karena panjangnya antrean kuota untuk berhaji. Untuk itulah, mengunjungi Tanah Suci dengan berumroh bisa menyembuhkan kerinduan kita akan kota suci bagi umat muslim tersebut.

Tentu saja, untuk berangkat ke Arab Saudi diperlukan biaya yang tidak sedikit. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan, ada baiknya untuk menghitung besaran rincian biaya umroh yang harus dikeluarkan.

Rincian Biaya Umroh dan Pengeluarannya

rincian biaya umroh - pandjiharsanto.files.wordpress.com
rincian biaya umroh – pandjiharsanto.files.wordpress.com

Kisaran biaya untuk melakukan umroh biasanya ada di angka Rp25.000.000. Itu sudah merupakan yang termurah. Ada juga beberapa biro perjalanan yang menawarkan harga sedikit lebih mahal, namun menjamin kualitas kenyamanan ibadah Anda. Lalu, apa saja rincian biaya umroh dan pengeluarannya? Mari kita simak ulasannya.

  1. Biaya tiket pesawat kelas ekonomi pulang-pergi rute Jakarta-Jeddah: Rp14.500.000
  2. Biaya hotel di Madinah: Rp2.100.000 per jemaah
  3. Biaya hotel di Makkah: Rp3.200.000 per jemaah
  4. Biaya konsumsi di Madinah dan Makkah: Rp900.000
  5. Biaya visa: Rp1.250.000 per jemaah
  6. Biaya transportasi bus: Rp500.000 per 20 jemaah
  7. Ziarah/tur: Rp640.000
  8. Air zam-zam: Rp60.000
  9. Pajak Bandara rute Jakarta-Jeddah/Madinah: Rp150.000
  10. Biaya handling, porter, dan perlengkapan: Rp250.000
  11. Pembimbing umroh: Rp500.000 per 20 jemaah
  12. Biaya manasik umroh: Rp250.000
  13. Biaya administrasi oleh biro perjalanan: Rp700.000

Jika dihitung, kira-kira itulah rincian biaya umroh dan alokasi pengeluarannya. Namun, perlu diingat bahwa kisaran harga tersebut adalah perkiraan yang paling murah. Jika Anda ingin memperoleh tiket pesawat kelas satu, atau hotel bintang lima, dan akomodasi lainnya yang lebih baik, biaya yang harus dikeluarkan juga semakin besar.

Terlebih lagi, rincian biaya umroh yang disetorkan kepada pihak biro perjalanan biasanya tidak mencakup biaya berikut ini:

  1. Biaya pembuatan dan pengurusan paspor
  2. Biaya vaksin meningitis

Jika calon jemaah telah memiliki paspor sebelumnya, Anda bisa langsung menyerahkan fotokopi dokumen tersebut kepada pihak biro perjalanan. Namun bagi yang belum pernah membuat paspor, biaya yang diperlukan adalah sekitar Rp100.000 untuk paspor 24 halaman, dan Rp300.000 untuk paspor 48 halaman.

Sementara untuk vaksin meningitis, biaya yang dikeluarkan adalah sekitar Rp500.000 dan bisa digunakan sampai 2 tahun. Ada baiknya, Anda melakukan pemeriksaan lain seperti vaksin influenza, supaya terhindar dari penyakit yang mungkin menjangkit selama di Arab Saudi.

Lakukan Hal Ini untuk Mengecek Rincian Biaya Umroh

rincian biaya umroh - cdn0-a.production.images.static6.com
rincian biaya umroh – cdn0-a.production.images.static6.com

Di tengah persaingan usaha biro perjalanan umroh, sering kali calon jemaah hanya membandingkan faktor biaya. Tentu saja biaya yang murah jadi daya tarik tersendiri, namun apakah hal itu bisa menjadi jaminan?

Cara pertama untuk memastikan apakah layanan biro perjalanan tersebut tepercaya atau tidak adalah dengan mencari tahu tentang ulasan para jemaah terdahulu. Tidak ada salahnya mencari referensi agar kita bisa lebih bijak dalam melakukan perbandingan.

Selain itu, mengecek rincian biaya umroh dari tahun ke tahun juga bisa membantu Anda mendapatkan harga yang lebih murah. Tapi jangan melihat biayanya saja, ya. Cek juga fasilitas yang ditawarkan atau yang tercakup ke dalam biaya tersebut. Bisa jadi, biaya yang murah itu bisa timbul karena fasilitas yang ditawarkan tidak mencakup pajak Bandara, biaya handling, dan lain sebagainya.

Rincian biaya umroh memang berbeda antara satu biro perjalanan dengan yang lainnya. Anda sebagai calon jemaah memiliki hak untuk bertanya perihal detail pembayaran dan fasilitas dari paket yang akan diambil.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: