Dunia IslamFikihKeluargaTausiyah

5 Keutamaan Sabar dalam Islam yang Harus Diketahui Umat Muslim

Dalam hidup, segala masalah, kesulitan, dan ujian memang sering kali tak terhindarkan. Bahkan tidak jarang, banyak masalah datang sekaligus, menguji kesabaran seseorang. Namun, dalam situasi sulit tersebut, Anda tetap perlu untuk melatih kesabaran. Penyebabnya, sabar dalam Islam memiliki banyak hikmah atau keutamaan, di antaranya lima poin berikut ini.

Pahala tak terbatas bagi orang yang sabar

Pahala tak terbatas bagi orang yang sabar - cdn.thechurchinmalta.org.com
Pahala tak terbatas bagi orang yang sabar – cdn.thechurchinmalta.org.com

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering melakukan salah dan khilaf yang membuatnya menumpuk dosa-dosa. Karena itu, umat muslim perlu melakukan kebaikan agar ia juga bisa mendapatkan pahala. Selain berdoa untuk memohon agar dosa-dosanya diampuni, memupuk rasa kesabaran dalam diri adalah cara lainnya. Ada balasan besar untuk orang-orang yang sabar, yaitu pahala yang tak terhingga.

Tentang kesabaran dan pahala yang tak terhingga, disebutkan dalam firman-Nya,“sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya” (QS. Az Zumar: 10). Allah SWT juga berfirman dalam QS. Al Baqarah: 115 bahwa “sesungguhnya Kami akan memberikan cobaan sedikit kepadamu semua seperti ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, kemudian sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.

Surga bagi orang yang sabar

Surga bagi orang yang sabar - fccstpaul.com
Surga bagi orang yang sabar – fccstpaul.com

Selain mendapatkan pahala, orang-orang yang bersabar selama hidupnya, termasuk ketika menghadapi masa-masa yang sulit, akan mendapatkan surga di alam akhirat kelak. Hal ini disebutkan melalui firman-Nya, “sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang” (QS. Al Mu’minun: 111). Dalam hadits riwayat Bukhari juga disebutkan tentang janji surga bagi orang-orang yang bersabar ketika mengalami musibah (kehilangan).

Sabar merupakan tanda keimanan seorang muslim

Sabar merupakan tanda keimanan seorang muslim - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Sabar merupakan tanda keimanan seorang muslim – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Sabar dalam Islam merupakan tanda keimanan seorang muslim. Seseorang yang beriman percaya bahwa di balik setiap kesulitan ada hikmah besar yang bisa dipetik. Ia juga percaya bahwa Allah SWT adalah sebaik-baiknya penolong sehingga Dia akan mengangkat semua kesulitannya. Apa pun yang terjadi pada hidup merupakan kehendak dari Allah SWT. Karena percaya akan hal tersebut, seorang muslim yang beriman akan bersabar menghadapi segala ujian.

Allah SWT bersama orang-orang yang sabar

Allah SWT bersama orang-orang yang sabar - 3.bp.blogspot.com
Allah SWT bersama orang-orang yang sabar – 3.bp.blogspot.com

Ketika kaum muslim menghadapi banyak ujian kemudian orang bersabar, Allah SWT ada bersama mereka, sebagaimana dalam firman-Nya,“mintalah pertolongan dengan sabar dan mengerjakan salat, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah: 153). Jadi, ketika Anda menghadapi kesulitan, asalkan Anda sabar dan menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya pertolongan, Allah SWT akan memberikan pertolongan dan pahala untuk Anda.

Allah SWT juga mencintai hamba-Nya yang sabar, seperti tertulis dalam QS. Ali Imran: 146 yang berbunyi “dan sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang sabar”. Bagi umat muslim, bukankah tidak ada yang lebih didambakan daripada menjadi orang yang dicintai oleh Allah SWT?

Orang-orang yang sabar adalah mulia

Orang-orang yang sabar adalah mulia - 3.bp.blogspot.com
Orang-orang yang sabar adalah mulia – 3.bp.blogspot.com

Orang-orang yang sabar merupakan orang mulia karena ia dapat mengambil hikmah. Ketika ada peristiwa tidak mengenakkan terjadi, orang-orang sabar dapat mengambil pelajaran darinya. Alih-alih berfokus pada hal buruk, orang sabar dapat melihat hal baik yang tersembunyi di balik peristiwa tersebut.

Selain itu, kesabaran merupakan sifat yang harus dimiliki para pemimpin, terutama dalam soal agama. Disebutkan di dalam QS. As-Sajdah: 24,“dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.

Itulah keutamaan sabar dalam Islam yang perlu diketahui umat muslim. Kalau sudah tahu betapa besar keutamaan tersebut, kaum muslim pun diharapkan dapat belajar untuk melatih kesabaran mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: