Tausiyah

Ustadz Hanan Attaki: Untukmu Wahai Ukhti, Inilah Sebaik-baik Perempuan

audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim sebaik-baik perempuan adalah yang paling ringan maharnya ringan itu bukan murah ya ringan itu memudahkan

sebaik-baik perempuan yang paling ringan maharnya itu Islam yuridullahu bikumul Yusro Allah pengen memudahkan kalian Allah nggak pengen menyusahkan kalian dari mulai Maharaja udah ringan sebaik-baik perempuan yang maharnya paling ringan dan saya dulu ketika nikah mahar istri saya itu paling ringan untuk saya

apa maharnya saya ketika nikahkan masih berstatus mahasiswa di Kairo

Jadi ceritanya ayat-ayat cinta gitu Walaupun saya anak tukang pangkas tapi alhamdulillah Allah kasih banyak kemudahan saya nikahnya tuh di Masjidil Haram loh

Nikahnya di Masjidil Haram cuman kita nikahnya itu apa video call gitu

makanya pakai video video call saya lagi haji calon mertua Alhamdulillah kabar rumah Haji juga istri saya di Mesir eh waktu itu belum jadi istri calon istri saya di Mesir Kita video call cuman kalau dulu kan video callnya tuh Mahal nggak sekarang nelpon Saya terima nikahnya terus saya udah selesai akad eh kita suami istri Oh iya sih Nah pas mau nikah saya akan berangkat ke Mesir Itu modalnya Mungkin teman-teman ada yang pernah nonton di Youtube lah Cerita Saya berangkat ke Mesir lulus Pesantren pengen ke Mesir tapi nggak punya duit ikut tes beasiswa Nggak lulus

soalnya nggak pinter lagi pas ikut tes beasiswa disuruh apa saya ngomong apa dia ngomong apa ya Ngomong apa ya Nggak lulus aja akhirnya pas lihat daftar yang lulus saya nggak ada di situ Oh nggak lulus Ya udah deh saya kuliah di sini aja

terus tapi saya setiap nonton dulu tuh ada Dunia Dalam Berita ya nggak kaya sekarang belum ada dunia dan berita terus di akhir dunia berita kan suka ada perkiraan cuaca gitu suka duka Hiro penasaran Pengen banget ke Kairo terus ustad-ustad saya juga banyak yang pulang dari Kairo cerita Hero Tuh keren segala macam pengen pokoknya kekayaan walaupun gak kuliah juga pokoknya ke Kairo Alhamdulillah sejak kecil beberapa kali saya juara Musabaqah akhirnya ngumpulin ada 10 juta model berangkat ke Kairo Mas daftar travel ternyata biaya ke kairo itu emang 10 juta Triton soalnya sisanya saya itu visa turis

dan nggak ada biaya hidup untuk tinggal di Kairo Akhirnya saya mulai kalau berangkat nggak ya saya nanya ke ustad ustad

saya Kayaknya nggak jadi ke Kairo deh kenapa biayanya Nggak cukup berapa emang adanya cuma untuk ongkos tiket doang nggak ada biaya hidup nggak kenal siapa-siapa nggak ada beasiswa Ustad saya cuma ngasih satu nasehat yang sampai hari ini saya ingat apa kata usah Saya dan kamu percaya nggak Allah di Indonesia sama Allah di Mesir itu sama

Ya iya dong Ustadz masalahnya beda

Nah sekarang saya tanya yang ngasih kamu makan di Indonesia siapa

kan gak mungkin kalau udah gitu saya bilang orang kan ya atau orang tua Halo dong Ustad Ya udah kalo maunya sama mama yang ngasih kamu makan di Indonesia kamu juga yang ngasih kamu makan di Mesir ya juga ya

kamu di Indonesia punya keluarga punya orang tua keluarga semuanya cuma satu doang yang belum punya dia sih cuman saya ngomong kayak gitu Terus kata saya udah berarti nanti Allah juga yang akan ngasih kamu keluarga di Mesir alami aja deh kaya di Mempawah wawajadaka dallan fahada wawajadaka hilangkanlah yang kasih Allah yang memberikan perlindungan Allah yang ngasih kecukupan Allah yang ngasih keluarga bernaung berangkat aja Allahnya sama Koh ya ya Daftarlah Saya berangkat ke masjid uang sama sekali di kantong 10

sampai di masjid Alhamdulillah hari pertama saya daftar di al-azhar dites kalau gitu

coba kamu dari mana Indonesia oh Indonesia kamu bisa ngaji soalnya baju orang Mesir orang selain Arab kayaknya susah kalau mau ngaji dites bisa ngaji nggak dikit-dikit coba kamu ngaji Alhamdulillah saya baca sebaik yang saya bisa dia nangis baper

jadi yang ke-1 baper langsung nangis Pak maaf Ayah maaf saya gak ada maksud bikin baper gitu nggak nggak nggak baca Allah Masya Allah Barakallah dia senang banget dengan tilawah saya akhirnya Ya udah kamu dapat beasiswa saya curang di situ oh enak gini dapat beasiswa daftar lagi tuh ke lembaga-lembaga pemberi beasiswa di tempat lain Akhirnya saya dapat beasiswa tiga lembaga sekaligus Coba bayangin teman-teman yang lulus beasiswa di Rusia cuma dapat 1 saya yang lulus nya disana dapatnya tidak saya akhirnya tinggal di tiga tempat tinggal satu di asrama satu lagi di dekat sungai Nil biar bisa ngelamun di depan sungai itu apa nih oh gitu ya terus Satu lagi tinggal di pedesaan biasanya dapat suasana Arab pedalaman

dan di pedesaan itu saya adalah apa pengalaman unik banget di dekat rumah saya tuh ada kandang keledai dan kita tahu kan habis kata nabi kalau kalian mendengar suara apa anjing atau suara keledai maka berta’awudz lah karena itu ada setannya anjing sama keledai kali ini saya nggak populer Kalau dianya karena nggak ada jadi populernya and anjing kalau kalian suara mendengar suara ayam berarti tu male malaikat

jadi setiap kali ada keledai di sebelah rumah saya bersuara panjang saya langsung tahun Zombie Train to busan gitu kan Ah jangan ada setan ternyata si kerjanya teh nggak berhenti-berhenti suaranya terus aja gitu makanya saya bosan kan keganggu ama suara keledai keledai Saya pergi ke pasar pergi dia berhenti Coba tanya tanya tanya Siapa ini kok bisa ya udah nggak pernah tidak berhenti-berhenti dia ini artinya saya punya tempat tinggal 3 di Mesir alamat hidupnya tapi namanya mahasiswa kadang-kadang masih jomblo gitu hidup nggak jelas makan sehari tiga kali makan di restoran foya-foya awal bulan pas pertengahan bulan ke sana makanya Cuma minum air putih sama kurma yang kering harus direndam dulu baru bisa dimakan

kurma kering tuh direndam 2 jam kemudian baru dimakan Jadi kalau misalnya sarapannya jam 08.00 jam 06.00 habis subuh orang dankormar jam 08.00 baru bisa dimakan itu makanan kesukaan Nabila kurma keras direndam dengan air namanya a Swadaya 2 yang warna hitam kurma dan air

Coba usaha jual beli jual bakso

yang bikin bakso bukan saya sih temen bikin bakso saya jual dan saya kalau jual bakso itu nasinya pakai mulut kalau saya lagi mood maksudnya banyak kalau lagi bete nasinya dikit jadi nggak ada standar satu mangkok misalnya 5 butir nggak yang banyak belanja pasukan saya itu mahasiswa dari Malaysia macet macet gitu 5C betul betul betul Gitu ya Masih belanja kalau dia senyum-senyum je kasih banyak uang nih bisa nih Siapa tau dari sini bakso cinta jadinya ya masih banyak teman-temannya yang cocok saya kasih 23 banget gitu Alhamdulillah lagunya banyak dan menghasilkan jual kayak money changer keliling gitu dollar buat adek-adek baru yang baru datang pak saya udah jadi senior gitu Eh gua masih punya dolar kan dulu gua kan senior punya hak Veto kan eh

Udah dulu ya Ya kak Ya kak berapa lu punya Cuma segini Kak 1000 dolar udah ambil aja semuanya daripada lu tukar berkali-kali udah akhirnya kayak setengah malah gitu jadilah jual dollar pernah juga bisnis catering Alhamdulillah bertahan di Mesir bayangin teman-teman kulkas pertama ada di rumah saya di Aceh itu saya dari Aceh itu Pasha di Mesir saking Kita memprihatinkan keluarga miskin layar kulkas pertama banget ada di rumah saya itu Pak saya di rumah saya saya telepon Ibu saya mah butuh apa Abang lagi ada duit nih oh ya kata mami lagi bulan Ramadhan di rumah Kita kan nggak ada kulkas dari dulu kalau mau beli es ke tetangga bisa nggak beli kulkas tuh siapa kirim duit beli kulkas

Mbah bayangin pasang telepon rumah aja itu ketika saya di Mesir daripada mak Saya selalu ke tetangga ya kalau saya telepon akan habis pulsa saya juga dari luar negeri dia pasang telepon ternyata benar kata usaha yang memberi kita Rizki di Indonesia itu juga yang ngasih Rizki ketika di tempat yang lain bahkan lebih daripada yang saya bayangkan cuman qodarullah Allah uji Saya justru Pak saya pengen nikah lagi nggak ada duit

yang tadinya kayak foya-foya gitu setiap malam ngasih setiap malam nongkrong sama temen-temen eh nggak sih kalau teman-teman mungkin pada cucak Alhamdulillah saya nggak pernah nyoba sisa nggak pernah merokok anak baik alhamdulillah gak pernah narkoba nggak pernah rokok nggak pernah sia-sia walaupun rokok sisa mungkin sebagian masih anggap biasa aja tapi saya nggak nyoba gitu cuma ngopi doang nah

setiap malam Kak Vina Vina Vina sampai akhirnya karena mungkin manajemennya nggak bagus lulus kuliah Saya pengen pulang saya bilang ke usah saya di Mesir Ustad Saya pengen pulang kenapa pengen nikah nggak ada calon belum udah tenang aja Tunggu aja Nanti Allah kasih di sini aja biar kamu lebih lama di masjid ternyata bener suatu hari sore hari hujan hujan gerimis gitu dah film lama ke apa Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk lagi gerimis-gerimis gitu Saya lagi beli kebab turki di depan asrama

tiba-tiba ada cewek-cewek datang pesan ke Babeh bukanlah orang muslimah saya gituin orang Bandung Mah Mah Mah pesan kebab kebab saya udah jadi itu nggak dibungkus plastik kebab dia jadi saya pergi sengaja ngambil ke banknya dia dipanggil dan pastikan y15 itu mah kebab saya bukan ini punya saya jadikan sinetron pura-pura rame gitu bukan punya saya nggak punya saya coba periksa aja kalau enggak percaya pas dibuka Emang saya tahu itu punya dia tuh kan bener punya saya punya Mas kan nggak pakai yang ini Ini sudah segala macam Oya ya maaf Mas saya nggak sengaja Tadi dari mana kenalan Oh ya dari Jawa Timur katanya Jawa Timurnya Di manakah saya belum pernah ke Jawa Timur masih nanya di mana Jawa Timur dia jawab yang mana juga saya nggak ngerti nggak Jawa Timur

Jawa Timur yang banyak ya disana walaupun basa-basi akhirnya waktu itu belum musim HP cuman nanya di asramanya di mana Itu di seberang Oh ya udah namanya siapa Nama dia Maria Maria Qomariyah gitu nyari ya Oh ya udah Sejak saat itu saya cari-cari itu ke temen-temen eh ada yang kamarnya nggak ada Jawa Timur cari kekeluargaan mahasiswa Indonesia Jawa Timur saya point kekeluargaan dia ke komunitasnya Alhamdulillah dari situ Selama 2 bulan saya langsung nembak

pakai kaktus nggak nembak langsung datang eh

kayaknya Saya udah mau serius terus kapan nih nikah yuk Kita nikah yuk Saya pengen menyempurnakan agama pokoknya udah gak klik terus di Pancing dikit dengan lagu Ari Lasso gitu udah bilang dia bilang saya mah terserah orang tua saya di mana ya di Jawa Timur ya udah kita telepon you telepon telepon ibunya qodarullah ibunya tuh nggak banyak tanya Assalamualaikum Waalaikumsalam Bu saya Hanan Oh ya ini siapa temennya Maria Oh ya Kenapa Dek Kenapa nak gitu Bu Saya mau melamar anak ibu untuk jadi istri saya langsung dia bilang saya terserah anaknya kok anaknya udah Setuju Bu anaknya udah Setuju Bu Oh ya udah kalau gitu ya Bisa ya Bu siap ya Bu boleh ya Bu terus aja Dit odong-odong

akhirnya bilang iya alhamdulillah saya lupa pula saya bilang salamualaikum langsung tutup aja teleponnya dia juga kaget pastinya Alhamdulillah beres di situ saya Haji tapi maharnya saya pinjem

pas udah diem baru saya bilang ke dia tapi saya nggak punya modal udah dia udah ntar gua mah udah Kadung jatuh cinta baru saya bilangnya nggak punya modal saya nggak punya modal boleh pinjam dulu nggak Maunya Maunya berapa terserah aja katanya perempuan yang luar biasa mahalnya terserah terserah Ya udah deh maharnya saya kasih cincin segala macam seukuran 500 dolar Bisa pinjam tapi dari 500 dolar gemblung nih berangkat haji di Haji itu saya kerja sebagai joki Hajar Aswad

Jadi kalau ada yang pengen hajar hajar aswad saya bantuin Terus pengen tahu aku karena nggak mampu berdiri tahunya pakai dorongan saya dorongnya jadi kayak tukang becak gitu di depan Ka’bah Allah lu dapat Rizki bantuin jamaah haji pulang pulang nih nikah nikah di Mesir Punya anak sampai kita sempat istri saya S2 saya kan nggak terlalu ini dengan fredika nih Saya mau main-main aja itu saya S2 saya bagian mainnya jadi kayak apa film-film yang di Eropa gitu tentang Muslim seni rupa yang satu kuliah yang satu jalan-jalan istri saya kuliah saya ternyata di mudah in banget sama Allah kenapa karena menggunakan cara-cara Allah Coba kalau kita gunakan cara-cara yang lain itu susah

nikah itu syariat paling mudah tuh yang mempersulit nikah itu bukan syariatnya pertimbangan manusianya Ngitung dulu ini harinya cocok nggak nih namanya sesuai nggak jangan-jangan pasti itu nggak main nama-nama ini kayaknya kalo nggak cocok saya juga sama istri saya ditakut-takuti gitu kata teman saya Eh lu nggak cocok sama dia Kalau dipaksa Inikah kali nggak akan bertahan lebih dari 1 tahun saya makin digituin Makin penasaran ya udah gua nikah aja kita lihat aja nanti bisa bertahan nggak lebih dari 1 tahun ternyata sekarang udah lebih dari 10 tahun jadi yang mempersulit sehari-hari itu bukan justru kita hanya dengan pertimbangan-pertimbangan kita mikirin hari jadi apa hari nikahnya mikirin kadang-kadang kan kalau datang ke calon mertua suka ditanya kerja di mana Dek gitu kan ya padahal

betapa banyak orang yang menikah itu nggak punya modal tapi Allah mudahkan justru setelah menikah menikah karena kalau kita belum nikah Rizky kita itu cuma jatah kita doang tapi kalau udah nikah Jadi dua orang yang punya jatah Rizki sehingga memudahkan habis saya nikah saya ditawarin ngambil rekaman di TV Mesir jadi saya ikut audisi gitu ya nganter cerita masa lalu gitu biar baper segitunya Udah selesai gitu ikut audisi dari sekian ratus yang ikut audisi Alhamdulillah diambil 10 orang terbaik dan saya masuk 10 besar ambil rekaman di TV itu semuanya terjadi setelah menikah ada aja rizki dari Allah Subhanahu ta’ala sebetulnya ini penting buat calon calon mertua nggak usah kuatir karena Allah nggak bakalan mengecewakan hamba yang pengen menjalankan syariat Allah

nggak ada orang yang gara-gara pengen beribadah kepada Allah terus hidupnya jadi susah itu nggak ada termasuk menikah itu adalah ibadah syariat nggak mungkin jadi susah gara-gara pernikahan nggak mungkin

jadi kalau kita ngomongin nikah itu jangan cuma yang dibicarain bayar listrik bayar air tunggakan sekolah anak bukan itu kalau nikah itu banyak yang lebih seru daripada sekedar bayar listrik bel listrik bulan sekali sedangkan 29 hari selama sebulan itu ngapain Cinta

nikah itu Syariat Yang udah selain mudah nyaman pahalanya to luar biasa memandang wajah istri aja berapa hal apa yang makanya orang udah menikah lihat wajah istrinya bagi orang yang masih jomblo itu kayak sholat 2 rakaat loh kalau masih jomblo Eh lu lagi ngapain Lagi sholat di masjid dua rakaat terus lu lagi ngapain Lagi apa Lagi nongkrong doang sama istri nggak salat duha lo nggak udah ngeliat wajah istri cie melihat wajah istri juga pahalanya kayak sholat 2 rakaat walaupun tetap tidak menggugurkan perintah untuk sholat dhuha tapi tutup pahalanya luar biasa nikah

ucapannya juga berpahala ya saya lagi jalan sama istri atau lagi makan berdua saya kalau lagi makan sama istri itu suka satu piring nggak mau dua piring

jelas juga satu jadi kalau udah nikah tuh di rumah gelasnya cuma satu aja karena Nabi Shallallahu salam kalau minum itu pasti bekas dari bibirnya Aisyah Jadi kalau ada gelas minum Rasulullah SAW dulu pernah minum tapi perhatiin Oh itu bagian bibirnya dicari ama nabi-nabi minum dari bagian Bekas Bibirnya sekarang udah bisa ne bana di rumah gelasnya ada dua Papa Mama itu minum bit ah kalau minum yang sunat tidak ada gelas Papa Mama yang ada gelas kita nggak ada Papa ma mama adanya jelas sakit tadi tuh dan satu kalau lagi makan satu piring satu gelas istri saya duluan makan saya perhatiin aja ngeliatin terus dia bilang eh ngapain sih melihat orang kayak gitu nggak saya lagi heran heran kenapa Iya saya kayak ngelihat

tahu ada bidadari makan makanan manusia dengan segala macam gombal gombal yang beda dengan Andre Taulany ya kalau yang standard maneh ayah kamu tukang las ya Kok tahu nyasar gitu lagi nyetir mobil nih kita kita jalan deh ya ya saya jalan ya ya kalau saya mau kamu aku suka jalan-jalan aja kenapa emang lonya pengennya ke hati kamu kalau udah nikah bisa kayak gitu kalau belum nikah kayak gitu nggak nambah pahala nambah musik musibah tapi kalau udah nikah kayak gitu dan kita mengatakannya dengan hati itu nggak perlu dihafal dari Google ya nggak perlu Googling udah aja improvisasi sesuai dengan apa yang kita rasa ini ada itu pahala yang luar biasa syariat buat saya pernikahan itu menjadi bukti bahwa syarat Allah itu mudah banget

Begitu juga dengan Sari Ada yang lain temu Assalamualaikum udah salah satunya adalah pernikahan pernikahan bayangin

sesederhana akad nikah itu bisa mengubah status orang yang tadinya bersentuhan aja nggak boleh tiba-tiba boleh ngapa ngapain aja boleh bayangin Cuma akan doang tuh dan akar itu di mudah Insya Allah kalau nggak bisa pakai Bahasa Arab boleh pakai bahasa Indonesia kalau takut lupa boleh baca teks kan

kerajaan di Kabupaten Kenapa nggak mau dua kali daripada nggak seru Apaan Akarnya dua kali menit saya pakai paket Youtube baca teksnya Saya terima nikahnya segala macam diem udah itu mah begitu kita selesai mengatakan saya terima nikahnya sampai salah maka berubahlah status yang tadi hampir semuanya haram menjadi hampir semuanya halal mudah kan Coba yang mempersulit itu siapa kita sendiri walaupun nggak salah kesulitan ini karena Emang ada kewajiban lain kayak kewajiban harus menyelesaikan birokrasi negara atau mungkin karena sebagian daerah itu harus mengikuti kacer kebiasaan masyarakat setempat tapi di situ menjadi bukti yang paling memudahkan itu bukan kejar Bukan undang-undang tapi yang paling memudahkan itu adalah cari cari apa itu bukan cuma dengan pernikahan dalam segala hal sehari-hari itu memudahkan yuridullahu bikumul Yusro Allah pengen memudahkan kalian

berita teman-teman makna dari Indahnya hidup di dalam naungan syariat analoginya cuma satu aja Ya itu Pernikahan mudah-mudahan kita semakin jadi Booster dan jadi spirit buat kita belajar syariat Islam belajar lagi agama Allah belajar lagi fiqih Yakinlah makin kita tahu agar mah kita makin melihat kemudahan justru kalau kita menemukan agama ini ribet itu kan kita belum tahu karena kita belum kenal semakin kita kenal semakin kita melihat mudah banget agama Allah ini

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close