Dunia Islam

Selain Minum Obat, Baca Amalan Doa Sakit Kepala Berikut untuk Meredakannya

Sakit kepala mungkin sakit yang paling sering datang tiba-tiba. Penyebabnya banyak, dari mulai hipertensi, hipotensi, migrain, hingga kekurangan oksigen. Sakit kepala juga menjadi indikasi bahwa ada salah satu organ yang bermasalah di dalam tubuh. Maka dari itu, sakit kepala tidak bisa dianggap sepele. Bahkan kalau bisa, sakit kepala harus ditangani dengan segera.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, Anda harus menemukan di mana masalah sebenarnya. Coba berkonsultasi dengan dokter dan ceritakan tentang pola makan dan riwayat penyakit yang pernah Anda alami. Biasanya, dokter bisa memberikan saran apakah Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut atau cukup dengan obat saja.

Di rumah, Anda juga bisa mencoba beberapa cara untuk meredakan sakit kepala jika Anda merasa belum perlu pergi ke dokter. Cara pertama untuk meredakannya adalah dengan meminum air putih. Kemungkinan, sakit kepala Anda disebabkan oleh kekurangan cairan atau oksigen, dan hal tersebut bisa Anda dapatkan dari minum air putih yang cukup.

Selain air putih yang cukup, Anda juga bisa membuat teh hangat yang dicampur dengan madu. Minuman tersebut akan memberikan efek relaksasi untuk tubuh sekaligus memberikan cairan dan energi.

Barengi Minum Obat dengan Membaca Doa yang Mustajab

Barengi Minum Obat dengan Membaca Doa yang Mustajab - doktersehat.com
Barengi Minum Obat dengan Membaca Doa yang Mustajab – doktersehat.com

Terkadang, kalau sudah sakit kepala, aktivitas sehari-hari pun rasanya terganggu. Tampaknya, hal yang sama pernah terjadi pada siapa pun, termasuk juga Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.

Untuk mengatasi sakit kepala, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mencontohkan amalan doa yang perlu dibaca. Ketika diamalkan, doa tersebut dipercaya bisa meringankan sakit kepala serta melindungi kita dari penyakit lain yang datang tiba-tiba. Doa tersebut berbunyi sebagai berikut:

حَرّالنَّارِشَرّنَعَّارٍوَمِنْشَرّعِرْقٍ مِنْ الْعَظِيْمِ بِاللهِنَعُوْذُالْكَبِيْرِاللهِ بِسْمِ

“Bismillahi kabiiri na’uudzu billahil  ‘adzimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari”

Doa tersebut memiliki arti, “Dengan nama Allah Yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah Yang Maha Luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.” (HR. Ibnu Sunni)

Dalam riwayatnya, doa tersebut dibaca sendiri oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ketika beliau sedang mengalami sakit kepala atau demam. Doa ini bisa dibaca setiap saat atau ketika sakit terasa hebat.

Selain doa sakit kepala tersebut, beliau juga sering menganjurkan orang yang mengalami sakit kepala untuk berbekam.

Bekam, Pengobatan Sakit Kepala Manjur ala Islam

Bekam, Pengobatan Sakit Kepala Manjur ala Islam - i0.wp.com
Bekam, Pengobatan Sakit Kepala Manjur ala Islam – i0.wp.com

Praktik bekam telah dikenal Islam sejak ribuan tahun yang lalu. Walaupun dari segi medis masih banyak yang meragukan khasiatnya, bekam sudah terbukti efektif dalam mencegah beberapa penyakit dan memelihara kesehatan.

Konsep yang ditawarkan dalam bekam sebenarnya mengeluarkan darah kotor dari tubuh menggunakan gelas atau mangkuk kecil yang sudah dihangatkan. Ketika darah kotor keluar, darah sehat yang ada di dalam tubuh akan melakukan regenerasi sehingga tubuh kembali segar dan fit. Titik-titik bekam untuk sakit kepala biasanya ada di daerah leher dan punggung. Untuk memelihara kesehatan, sebaiknya bekam dilakukan secara rutin.

Bekam, berobat, dan membaca doa sakit kepala hanyalah sebagian dari ikhtiar yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesembuhan. Sesungguhnya, yang menentukan hanyalah rida Allah Subhanahu Wa Taala.

Maka dari itu, percayalah bahwa penyakit apa pun bisa sembuh jika Allah menghendaki termasuk sakit kepala yang datang tiba-tiba atau bahkan rutin dan mengarah ke penyakit yang serius.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close