Dunia Islam

Serba-Serbi Doa Qunut dan Keutamaannya

Bagi sebagian kalangan muslim, doa qunut selalu menjadi penyelaras yang dibaca pada saat salat dan waktu tertentu, seperti pada waktu subuh, salat witir, atau pada salat tarawih di pertengahan bulan Ramadan. Namun seperti apakah doa qunut itu? Dan apakah keutamaan yang didapat saat membaca doa qunut? Berikut ulasannya:

Arti dan Istilah Qunut

Serba-Serbi Doa Qunut - Huffingtonpost.com
Serba-Serbi Doa Qunut – Huffingtonpost.com

Kata qunut berasal dari bahasa Arab, qanata yang bermakna patuh, taat atau tunduk. Selain itu, kata qunut juga memiliki beberapa arti lainnya, di antaranya: tegak, taat berbakti, berdoa sambil berdiri, berlaku ikhlas dan berdiam diri dalam sholat.

Di samping itu, istilah qunut menurut syara’ (aturan) Islam adalah zikir-zikir khusus yang meliputi doa dan pujian kepada Allah SWT.

Macam-Macam Doa Qunut

Serba-Serbi Doa Qunut - Thoughtco
Serba-Serbi Doa Qunut – Thoughtco

Terdapat berbagai jenis qunut yang berbeda secara fungsi dan bacaan. Apa sajakah itu? Berikut pemaparannya:

  • Qunut Subuh

Sesuai dengan namanya, doa qunut ini dipanjatkan pada saat setiap salat subuh pada rakaat terakhir setelah bangun dari ruku’ atau pada saat berdiri (i’tidal).

  • Qunut Nazilah

Untuk doa qunut yang satu ini dibaca saat terjadi sesuatu yang besar dan darurat, seperti: perang atau bencana alam yang melanda suatu daerah. Bila qunut subuh hanya dilakukan saat salat subuh saja, lain halnya dengan qunut nazilah yang dibaca pada rakaat terakhir setiap salat fardu.

  • Qunut Witir

Disebut qunut witir karena doa qunut ini dipanjatkan pada waktu i’tidal setiap akhir rakaat salat witir di pertengahan akhir Ramadan, yakni pada malam 15 bulan Ramadan hingga akhir.

Hukum Membaca Qunut

Serba-Serbi Doa Qunut - Movenoticias.com
Serba-Serbi Doa Qunut – Movenoticias.com

Berdasarkan tiga macam doa qunut di atas, terdapat pendapat empat golongan ulama yang dijadikan sebagai acuan berbagai kalangan umat Islam di seluruh penjuru dunia, di antaranya:

  • Ulama Malikiyyah

Menurut ulama  malikiyyah, yakni ulama yang cenderung mengambil pendapat dari Imam Malik berpendapat bahwa doa qunut sunnah dikerjakan pada waktu salat subuh yaitu pada saat sebelum ruku’ dengan suara perlahan.

  • Ulama Syafi’iyyah

Sementara itu, para ulama syafi’iyyah, ulama yang mengambil pendapat imam Syafi’i, doa qunut hanya sunnah dibaca pada pertengahan hingga akhir bulan Ramadan dan salat subuh dalam berbagai keadaan (baik dalam keadaan tertimpa musibah atau tidak).

  • Ulama Hanafiyyah

Sebagian ulama yang mengambil pendapat Abu Hanifah ini berpendapat bahwa doa qunut khusus dibaca hanya pada saat salat witir. Utamanya dilakukan pada saat sebelum ruku’.

  • Ulama Hanabilah (Hambali)

Para ulama Hanabilah yang mengikuti pendapat imam Hambali berpendapat bahwa doa qunut hanya dibaca pada salat witir dan saat terjadi musibah besar yang menimpa sesama umat muslim.

Manfaat Membaca Doa Qunut

Serba-Serbi Doa Qunut - Animals In Islam
Serba-Serbi Doa Qunut – Animals In Islam

Tahukah Anda apa saja manfaat yang akan didapat saat kita memanjatkan doa qunut? Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat kita membacanya:

  • Mendapat Petunjuk

Memanjatkan doa qunut secara rutin pada salat subuh akan dianugerahi petunjuk dari Allah SWT. Petunjuk tersebut dapat berupa ilmu yang bermanfaat atau amal saleh .

  • Mendapatkan Perlindungan

Terdapat kalimat “aa’aafinii fii man ‘afaiit” dalam doa qunut yang memiliki arti, ‘berilah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang telah Kau Anugerahi keselamatan”. Dengan kata lain, bagi siapa pun yang memanjatkan doa qunut akan selalu diberi perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT. Selain itu, perlindungan yang diberikan tidak hanya terbatas di dunia saja tetapi juga di akhirat kelak.

  • Menghindarkan dari Berbagai Penyakit

Siapa sangka sering melafalkan doa qunut akan mencegah setiap pelafalnya dari berbagai jenis penyakit? Hal ini tertulis dalam kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang berarti mohon perlindungan dari berbagai penyakit, baik penyakit hati atau penyakit yang bersarang pada badan. Sehingga raga tidak mudah terjangkit penyakit.

Tentu tidak rugi bukan memanjatkan doa qunut di sela-sela ibadah Anda?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close