FikihTausiyah

Ustadz Erwandi Tarmizi: Solusi Halal Transaksi Pinjaman dan Kredit

yuk dukung yufid TV dengan belanja di yufid store www.yufidstore.com alaikum warahmatullahi wabarakatuh

hamdulillah bilang alamin Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan Fih Kama FM 2016 tahun 2005 bariklana bikin umpan mancing Abdillah mana California menit adalah Dik udah Waduh ini bentuk interaktif kan ya interaktif bentuknya atau saya yang cara mengajar jam adalah dengan

eh kalimah kopi langsung masihlah berarti kalimat pendek kemudian pertanyaan interaktif Insya Allah tanggal yang ditangkap solusi halal untuk akad pinjaman dan kredit kalau nggak salah tuh kan ya inovatif adalah

pinjaman dan kredit sama aja sama-sama hutang kalau pinjaman penampakan yang lengkap

dalam bahasa Arabnya kalau kredit dinamakan ngerjain artinya apa hutang dua-duanya dalam bahasa Indonesia dari bahasa Arab cahaya

kalau com

adalah Azusa Iin waktu badan Lee Hee

mengambil sesuatu kemudian diserahkan gantinya Anda berikan uang lembaran pecahan umpamanya 100010 lembar dari teman anda catat Nomor serinya Nomor serinya kan ada tuh kan serial numbernya dicatat ketika uangnya dia ndak pakai nanti anda kembalikan Apakah dengan nomor seri yang sama atau berbeda berbeda dinamakan office in word the bad alihi kalau uang itu yang dikembalikan langsung dengan nomor seri yang sama ini betul buat Diah namanya nitip

Kalau anda di lembaga keuangan syariah non Syariah Anda serahkan uang anda mereka kan punya namanya program tabungan wadiah titipan sesuaikan dengan definisi Arini tidak bukan mudiah namanya ini karena bila anda katakan Pak saya serahkan sekarang pecahan Rp100.000 10 lembar saya catat serial numbernya ya Nomor serinya ya nanti diambil diterima di atau tidak

Maudy Ayunda di mata tidak pasti tidak mau dia apa-apaan ini karena aku akan diputar dia ketika akan diputar dia dikembalikan lagi nantinya Mungkin Nanti Anda ambil dari pecahan 50 atau pecahan 100 dengan serial number yang berbeda ini berarti dan makannya chord bukan media

lalu apa kau suka isinya Ustad kisi-kisinya jelas kalau kau tidak ada pertambahan

kode pertambahan namanya riba oleh karena itulah Ketika anda menabung di bank konvensional ada tambahan bunga riba namanya karena akan nyakot jelas ketika di bank syariah wadiah yang sehat adalah kota dan pertamanan tidak

ada pertambahan mereka makan bagi hasil sesungguhnya bagi hasilnya tidak sama tidak berbeda dengan apa yang di bank konvensional tadi karena tak ngepot

kalaulah dia tidak boleh diganggu gugat

kalau code bule dengan setan pada pertambahan masa Ustad kita nabung tanpa dapat Taman Ada Dan Tiada

sebelah saya pernah buka rekening tabungan salah satu negara Islam

kalau satu kebutuhan sehingga menitipkan dana lebih dari 10000 real sekitar 35 juta rupiah

sebutan tanpa daftar

sebelah kita lanjutkan

sebulan tanpa ada pertambahan walaupun satu realfood

Saya tawarkan Konsep ini kepada salah satu bank syariah di Indonesia uang itu bagus

bagus itu singa kita tidak dibebani tidak dibebani untuk membayar bonus atau apa namanya dalam rekening tabungan tadi bukan bagus di situ saja bukan keuntungan bagi bank saja yang penting bagi kita syariah murni sudah

karena adanya pinjaman tanpa ada pertaman walau atas nama apapun juga jelas ini syariah murni namanya

tetapi mereka mengatakan juga Apa ada orang yang mau nabung ke kita kalau tidak ada pertambahan

Kalau Anda itung-itungan kan Anda mengatakan bahwa bangsa Indonesia sudah ada sejak selembut 2092 tapi perkembangannya sangat tidak signifikan berbeda dengan sebagian negara India seperti Saudi Arabia itu bank Citibank itu itu punya yang punya Pangeran Saudi

52 trillion lebih Dollar US

dolar ke rupiah Indonesia Triliun Rupiah saham dia di Citibank itu diatur dengan cara hibah dan di Saudi ada cabang-cabangnya tapi mati kalah dengan Bank Islam milik keluarga dinamakan kembang rezeki

ya padahal diberi tidak ada pertambahan di sini ada pertambahan sekarang saya katakan kepada Bang masih ada kepada teman-teman yang dengan cara di bank syariah ketika diskusi ilmiah katakan pada dia kalau anda murni tanpa ada pertambahan ini butuh jadi solusi Kalau Anda pertambahan juga Anda tidak murni Syariah sama aja di bank konven ada pertambahan di sini juga ada tambahan Apa bedanya sekarang

ya kalau sama-sama ribet mending sekalian ya hari ini lebih Kediri banyak

makan di sisi bisnis Anda rugi juga

jawa-indonesia Ria anda menjadi solusi orang muslim

orang yang non muslim tidak akan ke bank syariah karena Sisi materi pasti rugi dia jelas yang muslim ngapain dia juga ke bank syariah karena macet Adibah juga mana solusinya lagi tapi kalau anda buat tanpa pertambahan ini menjadi solusi benar dan jangan takut Masalah demikian ini masyarakat kota dia akan berusaha untuk semua barang bukan uang saja

pinjam beras kepada B

sekilo

lalu kemudian dikembalikannya kepada beras sekilo juga beras yang sama atau berbeda berbeda jenisnya sama tapi berbeda Ini anaknya apa kok boleh-boleh dengan sehat tanpa pertambahan

social mengatakan saya butuh beras 10 kilo untuk ada kebutuhan selama seminggu ini yang ada acara walimatul macam-macam butuh 40 kilo untuk saya kembaliin boleh kamu kembaliin tapi 45 kilo beribadah tidak namanya nih riba karena tambahan dari Pop

spam sampai di sini ini namanya anaknya Pak

yang kedua Kakaknya dan hutang juga dalam bahasa Indonesianya cuman ini lebih luas kalau tadi ya hanya penukaran dari barang kalian dikembalikan gantinya kalau ini tidak apapun hutang akibat apapun juga Anda beli dengan tidak tunai

utang namanya utang ini menyetir lu kan kan kan yang anda terima rumahnya barang yang diserahkan kepada dia uang jelas kau tadi kota Anda serahkan uang dan terima uang dengan sejenis Jelaskan yg Anda serahkan uang nanti dalam tanggungan kemudian ada terima sekarang barang yg namanya utang beli barang dengan cara tidak tunai boleh boleh

dengan dua syarat

jelas persyaratan pertama Anda boleh berhutang tadi yang dilakukan Rasulullah SAW wassalam Dia pernah berhutang Rasulullah SAW wassalam chord juga pernah kok boleh berhutang istana mandi ahli Wahana Hudi tahu sehingga Anda saja nama Haitami mengatakan dalam kitab Azza Wa Jalla yang terakhir kabair serat mineral tidak terpenuhi dalam utang piutang maka utang piutang tadi menjadi dosa besar persyaratan pertama

bahwa dia berhutang untuk kebutuhan pokok

bukan untuk kebutuhan lux tahu kan yang pokok kan Ya kalau tidak terpenuhi akan susah hidup anda tidak punya tempat tinggal tidak punya rumah bedakan tidak punya rumah dengan tidak punya tempat tinggal

tidak punya tempat tinggal

susah hidup anda

tidak punya rumah susah atau tidak

tidak terlalu susah bisa ngontrak bisa numpang mertua bisa numpang barang Tuhan tidak ada susah tapi tidak punya tempat tinggal tinggal tinggal di mertua nggak tinggal di mau tinggal dimana anda punya saya maksud dengan tidak punya tempat tinggal tadi

ini kebutuhan pokok

ya tidak punya tidak harus beli bila tidak terpenuhi ini ini boleh ndak berhutang tapi dengan terpenuhi syarat kedua

syarat yang kedua adalah mampu membayar

Ustad Kalau memperbanyak pengen ngutang

Google

mampu membayar pada waktu itu pada waktu saatnya itu Anda perkirakan mempunyai harta atau ada harta sekarang tapi nyata ini tidak likuid tidak itu tidak bisa dicairkan artinya Anda membeli per 100 kg beras kepunduhan sesuatu bisa ditukar dengan mobil nggak Liquid mobilnya kan

kan butuh minjam juga kalau nggak punya uang untuk itu kan ya maka syarat keduanya terpenuhi pertama tadi kebutuhan pokok yang kedua memungkinkan pada waktunya Anda bayar Rasulullah ketika membeli dengan tidak merasakan perasaan makanan pokoknya belinya Rosululloh salam untuk keluarganya kemudian Wahana Hudi lagu pujian beliau gadaikan baju besinya yang harga baju besinya lebih mahal daripada makanan yang dibelinya dengan tidak tunai tadi nantinya perasaan dia tidak mampu bayar silakan itu dikuasai

dijual dan disitu piutangnya jelas tidak terpenuhi dua ini maka berdosa Anda berhutang kebutuhan anda mungkin sebelum motor

tidak mampu di sini ini boleh berhutang

berhutang tersebut bukan saja pinjam uang beli makan Beli dengan tidak tunai ke orangnya

lebih mahal tidak ada masalah tapi jangan ada persyaratan denda keterlambatan yang merupakan riba

ya tidak Mesir sekeliling anda dengan siapa

datangi orangnya langsung dan sampai kelihatan ingin membeli dengan cara tidak tunai Mau nggak dia oh semua orang mau bangkes ustad

sabar

Emang sebuah nama uang cash kalau dengan nominal yang sama tentu ndak mau dia dengan yang lain berbeda Mau nggak dia akan berpikir nantinya kalau saya beli barang ini cash biasa harganya umpan umpamanya 10 juta kalau saya beli dengan tidak tunai nyicil 10 tambah Nggak dia nggak mau gimana caranya

tanyakan ke dia kalau saya beli 12 juta tidak tunai selama tahun Gimana mau nggak dia

dikirim baik dia Bang aja mau apa lagi Anda Lembaga keuangan bukan keuntungannya juta ini dan ini suatu hal yang kauniyah naluri manusia adanya masa jahiliyah

kolinlamil becomes peribahasa mengatakan agama Islam mengharamkan riba

Bukankah jual beli Kalian juga sama dengan lebih baik jomblo yang dimaksud ini yang tidak tunai ini jual beli tidak tunai besok lebih mahal memang boleh boleh single wajib Allah Allahu akbar Allah halalkan jual bidang olahraga kan riba yang jual beli boleh walaupun umpamanya hasil akhirnya sama coba saya anggap ini rumah

kalau ingin saya beli harga 100000000 Saya nggak punya uang saya pinjam ke bapak 100 juta

Ustad tapi kan pertambahan nilai segala segala macam Sudah saya bayar 120 deh nanti setelah tahun

Diam dia kan nggak dapet Nambah lagi udah ini boleh

boleh atau tidak haram

riba pinjam 111-120 pada untuk beli rumah kalau Saya tawarkan kepada yang punya rumah ini

kalau saya beli rumah Anda ini dengan nyicil selama tahun Anda kan tadi mau ke 100 kan Ya saya beli 120 kecil selama tahun dan bagi perbulannya sekian Mau nggak dia mungkin mungkin tidak ada gak mau ketika mau halal atau tidak halal dengan syarat dia tidak mengatakan Pak kalau terlambat dikenakan denda ya ndak ada riba lagi tidak ada itu lalu bagaimana mengamankan tasnya ini balik nama nanti gampang pertambahan di sini berapa jual beli 20 di sini berapa sama atau tidak 20 sama tapi ini

malam ini salah mengatakan bahwa jadi permasalahannya belakang ini itu masalah pinjaman dan kredit Bagaimana mengatasi adalah atau tidak Ketika anda mengerti halal

Yang satu pergi ke lembaga haram yang satu langsung ke orangnya halal dan bisa lebih murah ini bisa tahu tawar ini bisanya iya kan bisa masih bisa nego ke orang langsung

banyak kasus pribadi sekarang banyak umumnya orang mulai menjual menjual produk pelopor sebagian di Cirebon ditabrak menjual rumah mereka kreditnya langsung ke nasabah

dibuatnya rumah dijual dengan tidak tunai kepada nasabah untungnya besar kalau saja lembaga keuangan bisa membiayai biaya operasionalnya yang begitu besar dan mengatakan dapat keuntungan bangsa yang mempunyai Syariah bisa untuk itu Kenapa Anda Pribadi tidak mau jual dengan tidak Ternyata di ini yang namanya kutang boleh-boleh dengan saya tidak ada denda keterlambatan tidak dari bata di komen KapanLagi pada perut yang tadi untuk kebutuhan pokok dan memungkinkan untuk membayarnya pada waktunya bila tidak jadi nggak nggak yakin dia bisa membayar

Saya butuh di rumah tapi khawatir Saya nggak bisa bayar kemampuan saya mungkin uang pensiunan Nggak cukup segala macam ya atau biaya hidup saya kurang segala macam orang yang seperti ini tidak ada solusi kredit dan pinjaman begini apa solusi itu dia

suruh mandi dia zakat

Susi zakat

dan kalau lah zakat kaum muslimin saya membina beberapa lembaga zakat di Jakarta salah satu masjid itu ketika saya baru awal membina lembaga zakat baznas namanya basisnya terkumpul Berapa dana zakat kalian sekitar 1,5 miliar saat ada uangnya ada

Terus kata fakir miskin di sini ada kenapa belum paham hak orang

Iya kita kita sadar kalau setelah kita bagi sembako bukan begitu cara menyerahkan zakat bukan bagi-bagi sembako bukan sembako itu lain halnya itu ditaruh kampanye sembako Kalau sakit kan begitu zakat datangnya data Kabupaten miskin di sekitar sini

gatal ambil database mereka berapa kekurangan mereka pemasukannya ada ada kekurangannya mamanya kekurangan dengan suami istri dengan anak ukuran kebutuhan pokok mereka bersekolah makan dikontrakkan segala macam gajinya ada Mamanya juta kekurangan juta sebulan

orang ini berhak mendapat juta dikali 12 berapa itu 48 yang berhak dia terima 44000000 berikan langsung

Setelah itu saya pun sekarang udah terima zakat haram bagi dia

ini dikatakan manfaatnya apa itu Mbak aku mau ambil akan memberikan zakat kaya akan mendekatinya tutup status kemiskinan mereka menjadi kaya mereka sudah Nanti kompak walaupun kita habis di ini ini

Kenapa itu season dengan fakir miskin

ya kalau ngomongnya dia belum bisa mengendalikan dananya ajarkan cara mengendalikan mengelola dana angka sekian dan ada salah satu lembaga masjid yang saya bisa ikut dengan cara seperti ini saya akan mencoba seperti to start Alhamdulillah dari dapat dilakukan untuk keluarga saja dari harga ini ya semuanya sekarang Cukup Mandiri punya usaha sendiri kalau 48 juta bisa modal kan ya

modal bikin usaha besar ini handphonenya dia nggak bakat rumah sakit lagi dia udah itu bagian tidak mampu tadi jangan masakan paksakan pinjam juga kalau memang tidak mampu akan anda karena dia tidak mampu bayar ke mendapatkan pinjam juga beli dengan cara ngutang juga Anda akan menghilangkan harta kaum muslimin

usaha dan niat Ustad Adanya bagaimana sekarang udah tidak apa maksudnya masukkan maka sampaikan meminta zakat dan keluar zakat dengan baik Cukup Insya Allah bagi para Rumah Sakit tersebut sebagai pengantar padahal diskusikan silakan

stand di kampung ada arisan warga dengan syarat yang mendapat arisan harus menyediakan makanan atau snack pada pertemuan berikutnya Apakah ini termasuk riba kok tahu jawabannya Iya riba karena ada tari saman adalah pinjam meminjam

yang dapat berarti minjam dari anggota yang belum dapat

jelas

ketika yang dapat bersatu sebagai peminjam

diharuskan Memberikan manfaat kepada teman-teman yang pemberi pinjaman

dia maka ini adalah riba

ini tesis atau disertasi

jelas ini maka cermat ini dengan baik sering keluhan yang seperti itu sudah begitu ya atur dengan baik arisan suatu akad yang bagus menjamin jam ya tujuannya mengumpulkan dana untuk kebutuhan salah satu kebutuhan mendadak tetapi jangan dengan cara yang haram Lalu bagaimana caranya sediakan sisihkan dana dari setiap yang dikumpulkan sekian persennya adalah untuk dikonsumsi sehingga dia konsumsi tidak ditanggung sendirian oleh si yang menerima pinjaman itu yang mendapatkan giliran paham ini

start bagi hasil present presentasinya apa harus fifty-fifty Mohon penjelasan

ya tidak harus fifty-fifty bagi hasil tersebut tidak resmi TV Sesuai dengan kesepakatan bagi hasil tidak harus fifty-fifty sesuai kesepakatan tapi kerugian ditanggung harus besar modal

bahan dan masing-masing menyerahkan dana 100000100 juta ya

untuk membuat sebuah usaha Muhammadiyah jual beli material bangunan

yang saya punya pengalaman di bidang ini CB tidak terlalu banyak pengalamannya

ya singgah bagi hasilnya dia minta karena saya punya pengalaman banyak ikut mengelola si juga ikut mengelola Asia Minta kata dia keuntungan saya 60 ya kan si mengatakan nggak masalah saya 40 nggak masalah

dangdut bila CB mengatakan dengan syarat

bila kerugian kamu tanggung 60 saya 40 kan adil

bila ini yang terjadi riba

Dari mana aja kisah ribanya

kisah hari banyak adalah

harusnya bila rugi 5050 kalau yang carinya keuntungan boleh 6040 karena yang 60 tadi punya pengalaman

kerugian tetap 5050 dia masih masih menjalankan salat 100 di akhir tahun sampai 400 berarti Rahmanda 200 sampai 200 naik betul nggak kan 6040 kan

ya berarti 120 pertambahan yang mengelola 80 pertambahan yang

pihak yang tidak ikut mengelola yang ahli bila rugi status 100 tadi menjadi umpamanya angkanya 100 juta lagi rugi 20% tetap 5050 ditanggung berarti modal masing-masing menjadi 50 juta 50 jutaan Enggak ini

masalahnya adalah di sini keadilan

galau lah rugi sama besarnya dengan kesepakatan tadi maka ada modal sebagian yang terjamin paham ini indah pikir itu Masalahnya sangat ditaleni permasalahannya sedikit saja bisa menjadi halal jadi haram haram jadi halal dari mana sih sirih banyak

karena kerugian masih masih level 50 Harusnya kan ya ketika yang menanggung 60 karena didapat untuk 60 berarti 10% dari modal 40 keuntungan terjamin atau tidak

terjamin atau tidak

terjamin

ruginya nanti dia 40 ruginya yang 10 nya terjamin harusnya diduduki 50 bila modal terjamin ini memakannya riba bila ada pertambahan

karena kakaknya masuk kok jadinya bukan investasi lagi

saya menyerahkan meminjamkan dana ke b

Jakarta kan

assalamualaikum warahmatullah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Angela masalah masalah masalah Wanda diasah bimanual Ahok baju muslimin muslimat jumlahkan adalah kita lanjutkan interaktifnya yang selanjutnya stand Apabila ada seseorang pinjam uang di bank lalu orang tersebut meninggal dunia lalu hitungan hutangnya dibayarkan oleh pihak asuransi karena pihak bank telah mengasuransikan ya Apakah hutang yang dilunasi dari pihak asuransi tersebut sudah mewakili Hutang orang yang telah meninggal bila sudah dibayar asuransi sudah tidak perlu Anda band pun ada band tidak akan diterima oleh mereka

Apakah menjual barang dengan sistem nyicil boleh harga barangnya berbeda dengan sistem kontan dengan syarat pada waktu akad jelas Anda tawarkan ini rumah ini saya jual kalau ke 100 juta anda maunya berapa kalau satu tahun saya jual 110 juta

yaitu penawaran bukan jual beli baru penawaran belum ada akad Ini baru namanya Ijab satu pihak

bila kemudian dia menjawab udah saya pilih yang tahun pembayaran dengan harga 110000000 sekarang berapa harganya satu berapa kakaknya satu itu menjual rumah ini dengan cara tidak tunai selama tahun seharga 110 juta tadi penawaran Iya tapi akan terjadi sekarang satu karena kau punya pada salah satunya

nenek tua kita jelaskan tadi dari awal tadi bahwa orang-orang kafir pun tahu bahwa harga yang tidak tunai lebih mahal daripada yang tunai Oleh karena itu mereka katakan bahwasanya riba sama dengan jual beli katalog tidak paham Anda itu perbedaannya start Barakallah FII kalau berisik Bagaimana hukumnya dengan pembayaran listrik padam yang bila terlambat bayar dari tanggal yang ditentukan di hidden dari bahkah dari bakatnya

sudah hari bekerja pekerjaan lah yang listrik prabayar yang pasca bayar ubah ke prabayar karena ada solusi YouTube Adam ada solusi ada yang PDM prabayar tidak ada maka akan pemasangannya adat riba jelas kalau tidak darurat jangan dipasang kalau masih punya air panas jangan dipasang pada hari ini karena adanya riba ini sama aja dengan BPJS tadi dan denda keterlambatan sama juga dengan pinjaman di bank konvensional ada denda keterlambatan karena keterlambatan pembayaran pelunasan angsuran hutang

Assalamualaikum Waalaikumsalam Bagaimana hukumnya Kalau kita

apa ini pada orang pengusaha bekerja pada orang pengusaha yang didapatkan yang mudah didapatkan dari pinjaman riba nya bila anda bekerja di perusahaan yang modalnya dari riba yaitu perusahaan

Kalau anda inginkan bekerja di perusahaan yang modalnya tanpa pinjaman riba jangan bekerja di PLN jangan dipikirin Telkom jangan bekerja di perusahaan multinasional Lu kerja di mana Ustad kerja teman punya usaha jual warung ada kerja di dia tapi kerjanya perusahaan besar full Timur secara nasional walaupun walaupun mereka dalam akte pendiriannya ada klausul pasal biasa aja yang menyatakan bahwa perusahaan bisa menambah dana dengan cara pinjaman ke bank konvensional ini close sendiri baik Kalau anda beli sahamnya nggak boleh karena anda berarti menyetujui saham ribu tapi kalau bekerja dengan dia kalau ada yang disuruh untuk mengatur bagian keuangan yang mengatur pinjaman riba nya mengajukan dan segala macam Anda termasuk Disini

penulis akad riba dan saksi riba ini pekerjaan dan haram Kalau Anda bekerja di sih di bagian yang lain aja sana halal tidak ada hubungan dengan riba tadi tapi modalnya dengan riba

tidak ada masalah kok nggak masalah 10.000 dia sih sekarang ini Kalau anda ingin semua uangnya tidak ada di majalah hidup di Indonesia Bukankah negara Anda KPP nya juga pinjam uang dengan cara riba

nomor bank di mana mmf Di mana negara anda jangan pakai jalanan itu jangan pakai prestasi umum bisa hidup ok Kita pindah ke mana kita pindah ke Arab Saudi tidak jauh beda Saya tidak jauh bedanya untuk beberapa hal karena peraturannya di Batam dunia tribal inilah indikator yang Rasulullah Shallallahu alaihi salam Yudha Fahrudin Adiba Khanza Nabila walhasil yang sangat jelas anda bukan di bagian dari banyaknya berita jasa yang halal halal Honda Halo gimana ustadz karena angkat pinjamannya hal-hal yang haram nya dari bahaya Sebut dan jelaskan tadi anda di rumah ke developer kurang uang

pinjam uang bank konvensional dengan akar di Batam bukan tribal lalu beli rumah bayarkan kemari

Apakah halal rumah ini bagi anda

halal karena pinjaman Anda hal-hal yang haram akan Anda Demang bank konvensional yang pernah mandi banyak hentikan dari banyak selesai sudah Masa ketika rumah sudah lunas Halo bagian dada sudah ada ada tribal lagi di mana Manfaat bank konven tadi jelas ini

jelas ini di kelas Wali Oki tentang penggunaan kartu kredit juga bahwasanya kartu Tri diterbitkan dengan cara yang haram tadi uangnya adalah hal ini melihat berita separuh lama 757 Iya bahwa pinjamannya sah dengan demikian uangnya sah yang haram adalah pertambahan ribanya paham ini maka boleh digunakan untuk semua kebutuhan pokok dari sih minjam

Open Ustad jika kita sudah terlanjur terjerat listing Apakah harus diteruskan sampai yang sudah lunas atau berhenti langsung kemudian motor dijual dan hasilnya untuk menutup cicilan jazakallah ya aku mau foto Melody cinta padamu masalah bahwa Amrullah moment ada fauna Australi Siapa yang datang ke pabrik kepadanya peringatan Allah mengharamkan riba lalu berhenti tahu anda bahwa kau bahwa transaksi anda per hari ini adalah riba langsung hentikan

penulisan dari pekerjaan desain-desain kata masalah rezeki Anda Bukan dari yang tempat haram itu

plus kantor ya Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Tapi tentu untuk resign dari perusahaan BUMN yang haram nggak secepat itu butuh waktu selama itu semoga dimaafkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala bila terlanjur KPR di bank segala macam usahakan mulai hari ini tutupi hutang riba Anda bagaimana caranya mungkin dengan jual aset kalau ada pinjaman tanpa riba dari teman atau saudara mungkin bisa bagus kalau tidak jual kaset yang ada

tutup hutang riba ada selisihnya mulai dari yang halal ini hidup anda

ya tidak wajib Anda beli rumah kontrakan boleh ya nggak ada masalah

apa ini bagaimana solusinya kalau anak terlanjur hutang dengan cara yang

terlanjur hutan dengan cara yang syar’i

mampu membayar tapi bukan termasuk kebutuhan pokok dia berhutang secara syar’i mampu bayar tapi tidak pokok ini tidak bagus dalam Islam

anda mampu beli Muhammad nya motor ya laptop Beli dengan cara nyicil berutang atau tidak namanya terutang tidak bagus dalam Islam seperti ini ya

Rasulullah setiap hari berlindung dari hal maksimal makrom belum dari dosa dan hutang-hutang setiap hari Pada lampu tidak boleh seperti

mampu beli rumah

dengan tanah dahulu kemudian dibangun pelan-pelan atau belum Bu bahkan mampu cash langsung beli dengan cash

jelas ini jangan dengan berhutang kalau sudah berlindung dari hutang

saya bikin rumah 70%

abang uangnya Pinjam 7% uangnya Pinjam ke bank bagaimana hukumnya Terima kasih hukumnya seperti jelaskan tadi uangnya digunakan adalah untuk rumah saya di rumah halal milik anda tetapi selesaikan hutang riba anda dengan dia secepatnya

ini kecil sekali yang ini

Ustad Apa hukumnya asuransi swasta komersial dan didalamnya tidak terdapat

unsur denda riba bila terjadi pembayaran premi yang terlambat asuransi adalah tukar menukar uang dengan uang

anda serahkan uang Jumlahnya sekian waktu sekarang nanti kemudian dah terima uang dengan berlebih tahu sama sekali selamat tetap namanya di mana sih ah kalau tukar uang dengan uang dengan tidak tunai kemudian kalau berlebih dan biasanya berlebih maka menjadi riba kemudian terkadang di sini ada klausul bahwasanya baru bayar premi dua kali terjadi resiko dipertanggungkan dapat dia uang yang banyak ketika dia celaka terjadi kecelakaan Untung dia dapat uang klaim asuransi ketika dia tidak celaka untung atau rugi dia

bagi dia karena habis uangnya banyak dapat apa-apa maka ini adalah tetap mengandung unsur riba dan diharamkan dalam syariat Islam

saya membangun rumah tetapi saya belum cukup uang untuk membangun Saya punya teman punya toko bangunan bersedia menghutangkan ini membangunkan rumah seharga 70 juta Saya berjanji tiap bulan mengangsur juta di akhir pelunasan kami sepakat

bahwa saya membeli dua setengah persen untuk amal

bagi teman saya tersebut infaq shadaqah Karena saya tidak suka pinjam pada Bang Boleh Anda punya tanah umpamanya tidak mampu membangun sendiri punya teman usaha toko material atau nggak mesti punya stok toko material di asal punya dan Nadia atau Kapas punya dan asal diketahui dan dikenal baik oleh mitokondria bisa diambil dengan cara Ngutang nih nggak seperti yang tadi saya katakan ya untuk malam tadi

bahwasanya katakan guradian bangunkan di atas tanah saya ini bangunkan sana saya ini rumah dengan spek seperti ini dinamakan Istishna

berapa berapa rencana anggaran biaya 7070 saya beli dari anda dengan cara bayar 100 dengan cara nyicil perbulan sekian rumah banyak tentu ada keuntungan zodiak Anda boleh ini

sistem akad yang dibolehkan ini dan bagus untuk sebagian yang tidak yang punya tanah strategis Tapi nggak mampu bangun bagus sedikit lebih bagus lagi di bagus lagi bikin akad dengan cara biotik di Unnes transfer

seperti yang dibikin di Grand zamzam di Mekah itu dan Samsam itu di atas tanah wakaf Malik Abdul Aziz Aziz rahimahullah ketika menjadi raja pertama beliau ada tanah di sana dan diwakafkan wakafnya untuk Haramain Mekkah dan Madinah tetapi badan wakaf yang tidak punya dana untuk bangun hotel yang mahal yang bagus dibangun oleh perusahaan terbesar di Saudi Arabia dengan makanan seperti ini selama 25 tahun perusahaan yang bangun Ini menggunakan tempat ini gratis setelah itu semuanya menjadi milik badan wakaf ini sama dengan Apa artinya sewa sewa 25 tahun dengan pembayaran bukan dengan uang perbandingan gedung yang sudah ada ini sehingga apa yang terjadi setelah 25 tahun itu sudah jalan sekitar 85 tahun ajaran setidaknya 20 tahun lagi tutupan Negara Saudi Mekkah Madinah aman pembiayaan operasionalnya

Tahun berapa sampai tahun berapa saya nggak tahu juga Teh Gelas tempatnya ke lantai atau tangan termahal di sini kirim Zamzam cukup ke Mekah Madinah disholatkan Saudi ke depannya minyak berkurang nggak ada masalah

ini bisa akad ini bisa anda gunakan bila anda memiliki tanah strategis dan tidak mampu membangun ruko atau tempat yang gedung yang layak untuk tempat yang strategis tadi

tawarkan Google investor bangun oleh anda selama 10 tahun gunakan Belanda setelah itu menjadi milik saya ini buat gedung bisa buat kolam bisa buat macam-macam juga bisa

jelasin investasi di bidang ini nama kakaknya dibilang transfer

Apakah Bank Syariah di Indonesia Betul betul dikelola berdasarkan syariah tidak Bagaimana halnya dengan bank konvensional Tetapi dia tipe-tipe dalamnya juga mengadakan bank syariah saya katakan sudah tidak tadi

sesama pedagang kadang terjadi pertukaran barang dagangan umpamanya pedagang sayur dengan pedagang ikan dengan harga tertentu bila ikan Rp10.000 maka dapat sayur senilai Rp10.000 Apakah itu dibolehkan oleh Soekarno mamanya 10 ikat sayur kangkung dengan setengah kg ikan jenis tertentu

perbankan bareng boleh jelas

Haruskah dikonversi dengan nilai uang tidak

Garskin polisi dengan nilai uang langsung boleh stan mohon solusi Bagaimana bagaimana Apabila ada suami istri yang ingin membangun rumah namun berbeda prinsip itu istri tidak mau bersinggungan dengan riba sementara sang suami hanya mau membangun rumah jika Pinjam ke bank Bagaimana mencari jalan keluarnya sementara kebutuhan untuk memiliki rumah sudah mendesak Syukron jazakumullah khairon seperti

apa saja kata-kata sedih sampaikan jangan ke bank

sambiloto disampaikan ada teman atau ada tukang material atau ada kontraktor suruh dia bangun kecil ke dia lebih murah

lebih aman dari riba

jelas

Cilongok

Ustad saya di

minta apa ini di MI

belanja barang oleh perusahaan saya diminta Banjarbaru Saya bekerja saya sama-sama penjualan saya dikasih bonus apakah musik itu halal untuk saya Anda diminta oleh perusahaan untuk belanja barang lalu penjual memberikan bonus halalkah buat saya haram yang beli perusahaan Kenapa Ente dapat untung 

kan sudah di gajian untuk usah ini kan Ya ini semua mamanya ini

sampaikan ke perusahaan kalau perusahaan setuju Ya udah Ambillah 11 gitu doang Ya udah nggak masalah

bismillah ustadz mau tanya Mana yang lebih baik ikut Peserta BPJS atau lebih baik tidak tergantung Kalau Anda sehat jangan ikut Kalau anda sakit dan mampu berobat sendiri berobat dengan biaya sendiri karena tadi saya katakan masih ada denda keterlambatannya riba tadi ini sebelum diwajibkan 2019

kalau Kemudian Anda sakit dan tidak mampu dan penyakitnya butuh penanganan cepat dan biaya yang mahal wajib ikut BPJS Emang mau mati anda

obat durian sakit parah jelasin jelasin sekarang ini yang mandiri saya maksudnya kalian peserta yang diberikan oleh negara atau yang dimiliki oleh perusahaan yang gak ada masalah

dikatakan ada kumpulan simpan pinjam meminjam mengembalikan uang pinjamannya lebih besar dari uang yang dipinjam mereka katakan usahaku

karena usaha dibagi untuk mereka juga maka itu bukan bunga tapi tahu gimana Subhan Iniesta yaitu sebuah Koperasi koperasi mengatakan simpan pinjam ya saya simpan pinjam nya memang berlebih pinjam juta bayar sejuta 50 ada pertambahannya riba atau tidak riba

contoh biasanya dari kita oleh kita untuk kita Mana ada orang sebodoh ini pinjam ke dirinya sendiri untuk dirinya sendiri untuk diri sendiri ada

itu hanya sekedar Clans aja intinya Pinjam ke teman juga uang orang yang dipinjam anggota lagi atau tidak nggak ada duitnya dia dengan bank konvensional itu cuman di buat teks lainnya menjadi memperoleh kita untuk kita tapi kalau di bank gak ada yang bagus jelas ini

Saya bekerja di perusahaan dengan tugas utama sebagai kurir akhir-akhir ini

perusahaan

bekerjasama dengan perusahaan apa ini penyaluran kredit KPR dan kami sebagai petugas yang menerima pembayaran angsuran petugas angsuran

pantai apa apakah perusahaan saya termasuk menjalankan riba

tidak dengan syarat perusahaan anda hanya terima pokok hutangnya ketika ada tambahan bunganya jangan ke kami ke sana ke tempat riba bila Anda terima semuanya menjadi pusat tribal juga ini bagaimana tesis ini kita baca atau Masya Allah luar biasa hikmahnya aja Ya sih tapi waktunya Cobalah kita baca satwa anak sering kali melakukan akad-akad yang lazim dilakukan oleh pedagang-pedagang pada umumnya tapi anak tidak tahu apakah akar akar tersebut sesuai syar’i atau tidak mohon Raja Ustad konsinyasi menitipkan barang untuk dijual simulasi seseorang supplier menitipkan barang kepada anak seharga 4

Ibu rupiah per pieces orang dengan barang Rp4.000 per fisis dan disarankan menjualnya dengan harga Rp5.000 per pieces Terkadang juga hanya menitipkan dengan menyebutkan harga dasar dan tidak menyarankan Berapa harga jualnya Bagaimanakah hukumnya ini penting yang satu ini sering terjadi memang bukan saja konsinyasi 5000 pisis Rp5.000 sampai ratusan juta kan tolong jualkan sana saya tolong bukakan rumah saya ini kan rangkanya besar

ya kalau akadnya dia mengatakan tolong jualkan ini tanah dan rumah saya 100000000 untuk kamu 2% jelas

berapa Berarti untuk dia the Dinosaurus kita udah bantu dia

dua juta kan ya dua juta

Karena dia pintar terjual oleh dia 110000000 berapa tuh dia

dua juta juga

Jelaskan sudah dibilang Maulidia Untuk kamu 2% dari juta bukan dari 2% dari harga terjual lalu kelebihannya ada sedekah ke diambillah paham ini

tujuan anda katakan kepada dia saya nggak mau seperti itu Anda kan yang penting bagi anda angka 98 kan Ya ya gan sini harga sudah 48 terserah saya berapa jualin terjual oleh saya 100 saya dapat juta terjual lesnya 105 saya dapat juta terjual 110 saya dapat kita dan seterusnya setuju setuju nggak kirimnya tanah

kok nggak sih dinaikin angka Anda saya jangan salahkan saya terjual di A110 Berapa untuk yang menjual kan tadi 10 boleh halo

ini berkata jam 16.00 Taufik Alamat toko jual pakaian yg dari saya sekian terserah berapa engkau jual kan Tapi kan kesepakatan dari 2% atau angka yang tertentu nominal yang jelas Sudah dari harga yang ditetapkan kalau ada kelebihan cara membuat anda buat yang pemilik barang kalau dia dengan rela memberikan tambahan hamil atau tidak Rizky dia jelas ini tapi kalau ingin untuk beli besar seperti tadi penawarannya ketika disampaikan ada dia jual

ya 2% untuk anda udah nggak sayang kamu udah percaya mantan yang penting 98 terserah saya jual berapa

gantian Ayah gantian sudah kita sampaikan satu

ini apa

apakah bekerja di OJK Otoritas Jasa Keuangan halal-haram

Iya karena dia mengatur bank bank riba itu tanpa dia bank riba hidup atau mati mati karena ada dia hidup dia makanya menghidupkan riba

Bagaimanakah hasil harta yang diperoleh dari orang yang bekerja di bank karena langsung dibawa ke hatimu Saidah hukum sawah masalah mengutuk yang makan riba

dalam hal ini bila memberikan pinjaman dan dapat pertambahan

bunga ini adalah riba dan ini yang digunakan oleh bangun sebagai perusahaan keuntungan dan gaji karyawannya

kemudian pemukiman memberikan makan di American taman bunga juga kepada nasabah kemasan diberikan-nya juga bunga kan ya dua kutukan kemudian dua kali bohong yang nulis karyawannya semuanya Nulis akad ini usah ini pasti mereka saksinya sudah 44 nya kena dia hamil baik makan yang Anda bekerja di tempat yang haram ini banyak tempat yang halal Yaki pasar

tempat yang halal

Abdurrahman bin Auf ketika beliau datang ke Madinah ia memulai usahanya langsung tanya dunia lesu tunjukin aku pasar bukan mana Ketemu kerja di bank mana yang bagus nggak

pasar di sana ada rezeki Allah Subhanahu Wa Ta’ala

ya

mulai dengan cara apa Cara modal beli barang dengan tidak tunai kita hendak Abdurrahman bin Auf model kepercayaan saya beli barang Besok saya bayar jual case masih untuk anak Damri dari pasar pusat dari pusat perbelanjaan nya pusat perkulakan ya pasti untung anda itu jelas

kalau ini apa

Ustad Saya punya usaha di bidang makanan kering makanan kering ketika usaha mulai berkembang saya menawarkan investasi kepada saudara saya besarannya kurang lebih 35 juta saya sampaikan syarat dan ketentuannya

kepada saudara saya sebagai berikut

bahwa bagi hasilnya

Rp500 per bungkus setiap bulan dibagi

dibagi dibagi sama omset perbulan kalau ingin umpamanya Anda ya ada salah seorang teman yang bisnis di Tanah Abang dia jual beli pakaian pakaian muslim ada keluarganya yang masih investasi 700 juta tapi kata dia sayang atau akad nyamper aja lah

Ya udah nanya gimana Kan naisa Dede nggak mau tahu akan yang beristirahat jatuh arti penting penting bagi dia tentu bertambah

suruh dia beli barang anda dulu

Ih nggak mau beli sate di nggak mau beli nggak mau jual-jual nggak mau ya udah ente jualin tapi pisahkan dengan barang Anda bagaimana caranya mamanya 77 tadi menit 1000 lusin baju muslim tersebut Biasanya kalau beli satuan mungkin ini bisa harganya menjadi miliar Tapi kan ada berikut akan dijual juta

tapi kan dia nggak mau jualin nggak masalah sekarang suruh dia setelah terima barangnya suruh dia buat akan kepada Anda tolong jualkan Barang saya

persamaan Padang sayang balakanda yang lain ya udah dapet itu terjual dapat keuntungan diasumsikan semuanya kalau nggak terjual rugi-rugi satus bisa nggak rugi susah Tapi pas bisa di juga bisa kayak gitu nggak masalah jelas lebih aman daripada 500 menit per pieces

ya

sama ASUS Indonesia Ustaz sistem gadai yang benar Sesuai ajaran agama bagaimana mau dijelaskan

gadai adalah barang penjamin dari hutang-hutangnya motor ataupun utang yang bukan kode

namanya Allah maka Allah mengatakan

Wing kuntum mana safari malam tadi Ducati bavarian mengubah bilangan dalam perjalanan dan tidak ada yang nulis akad kalian maka ambil barang jaminan maka ini bagus setiap anda menjual barang tidak tunai dan tidak berhutang ya atau di meminjam uang kepada Anda ambil barang jaminan tujuannya apa adalah sebagai penutup utang dia kalau dia tidak mempersatu tidak mampu membayar Anda jual kepada dia punya motor dengan tidak terinstal pada pertambangan riba Halo minta jaminan kepada dia nyanyi cilkan ya entar jaminan-jaminan apa terserah yang seharga atau di mahal daripada itu umpamanya jaminannya adalah surat kebunnya dia seharga mamanya 50000000 akar 20 juta seharga itu dijaminkan ketika dia tidak mampu membayar

lagi ya jualkan tanah kebun tadi terjual 54 mana yang sudah dicicil nya dari hutang motor tadi sudah terkecil harganya 12 dolar 75 tinggal berapa terjual 50 ambil juta uang anda yang sisanya sekitar 43 juta kembaliin buat dia karena dia bukan menjadi halal semuanya milik anda haram

jelas ini

enak kalau gitu jangan bayar aja ya dapat 23 juta kalau diambil semuanya nih haramnya sih karena milik di atas bagi penjaminan saja

Ustad saya PNS ketika jam dinas diberi tugas di luar dan diberi uang transport serta uang makan

boleh diterima tidak uang tersebut kali memberikan tugas memang adalah instansi anda

apa ini

diberi tugas di luar di luar kantor maksudnya kan ya bukan di luar jam kerja kan ya

malam bro kota ke luar negeri saya nggak tahu di luar aja di rumah juga di luar namanya di luar kantor penting di luar keluar Central Park ke luar kota Banjar diberikan uang dinar segala macam Memang halal untuk Anda memang sudah ada anggarannya jelas Emang Halo Tante Ini menggunakan uang makan tersebut

bila ada kembaliannya bagaimana untuk menyamakan segala macam dibalikin nggak mau kan dia kan repot pembukuannya balikin aja kalau nggak belikan pada bagian mesin kakak tidak halal bagi anda ini anda hanya uang makan mau nginep segala macam ini sudah nginep Dah makan masih ada sisa

bilang Negara apa Dik anu ada kalau ada rekening negara tapi nggak ada rekening barang bisa dikirim oleh rakyat nggak ada tapi ada sebagian negara ada seperti Arab Saudi dan name is about her maksud itu ada kementerian keuangan buka rekening apa rekening pembersihan jadi bila ada warga negara yang ingin bertobat ingin membersihkan harta harta hanya bisa dikirimkan ke rekening Kementerian itu

gimana buka Indonesia

banyak di rekening edisinya Bagaimana hukumnya jika sepasang suami istri sama-sama bekerja namun kebutuhan pokok rumah tangga dibebankan ke gaji istri sementara gaji suami dipakai untuk membeli barang-barang keinginan suami

ini tanyakan ke Pengadilan Negeri tangkap Suaminya Santi nafkahkanlah laki-laki gak tau lah kata-kata arrijalu qowwamuna alannisa Di mana foto Muhammad dah malam laki-laki itu menjadi pemimpin karena mereka yang memberikan nafkah kepada istrinya semuanya ada yang nanggung

bahkan kalau tidak ikut bekerja kalau istri anda ikut bekerja uang yang jelas ini

banyak orang tua anak membeli mobil

yang apa ini yang mana harga aslinya

Apa arti aslinya

16 juta ada mobil 11 juta

aduh

bannya 24

Bagaimana negara bisa bertahan tanpa pajak sudah saya jelaskan tadi begitu negara-negara Islam yang bisa begitu dengan negara dengan pajak tidak Satu sen pajak diambil pajak itu uang uang palak itu ya bener Males kerja tinggal Mandala Yana restoran

padahal negara memiliki minyak yang banyak sumber daya alam yang banyak subur bisa diatur dengan baik tinggal pengaturan dengan cara yang baik insya Allah selamat

ini sudah saya sampaikan langsung ke Baik saya beberapa saat diminta oleh kementerian keuangan Republik Indonesia untuk berikan pelatihan kepada para pegawai mereka untuk dengan pelatihan di bidang distribusi Syariah sudah tiga kali pelatihan Kalau tidak salah juga pernah seminar nasional tentang pajak vulcan seluruh pajak Pajak Pratama se-jabodetabek di sebuah tempat sebuah Sekolah Tinggi atas permintaan dari dewan pengawas pajak nasional beli udah ngaji beliau karena itu si ustad ceramah namanya Ustad Ya udah jam 06.00 jam 09.00 jam awal Sebenarnya saya bukan hadis rasul dari Kali Blok d20 dan Natasha mesin tidak masuk surga pemungut pajak

kena pajak Pajak yang membuat biaya hidup mahal tinggi inflasi terhadap

biaya hidup di Indonesia mahal barang mahal kali sana ada masukan unsur pajak di sana

tempat nyaman Gaara bisa bisa bisa

bisa negara itu dibangun tanpa pajak di masa Rasulullah dibangun dengan tanpa pajak banyak pemasukan negara itu saya sampaikan beberapa Mawa Arit Malia Daulah Islamiyah sumber daya alam bukan karena undang-undang semuanya sudah milik negara yaitu tanah air hutan apalagi milik negara ya kan masih Mumut pajak lagi di luar nggak uang palak lagi masih ngambil udah banyak deh tinggal diperbaiki kontraknya dengan asing cukup sudah

Saya mau tanya mengenai bisnis bursa valas atau foreks Bagaimana pandangan ustad haram atau halal Karena setelah karena stok yang memperbolehkan bisnis tersebut bisnis forex forex bisa atau tidak dengan cara cash diterima langsung karena persyaratan Restu Neng

harus tunai ya dan Biarin dia termasuk dari emas dan perak yang di masa Rasulullah sebagai alat tukar dan sekarang untuk adalah uang Uang kartal Nabila menukar uang kartal yang sejenis persyaratannya harus dua agar tidak terjadi badai Dan sama nominalnya dari Alhamdulilah ada di mana-mana di Indonesia berkembang pecahan yang jelek dengan perca yang bagus tidak ada pertambahan sama tapi berbeda mata uang persyaratannya satu Anda tukar dolar dengan rupiah mau dia 121 rupiah

dia nggak mau anda mau mau hamdulillah cuman satu yaitu harus tunai boleh satu banding Rp13.000 boleh dolar Rp13.000 boleh tapi harus tunai harus tuna itu kalau umpamanya menggunakan rekening harus masuk ke rekening Anda dulu karena tuna itu pada dasarnya dengan diterima dengan tangan Bilbao login email dengan tangan bila tidak ada namanya Captain hope My hope My termasuk dalam sifat laki-laki adalah Alisa pesawat terbang kiyah yaitu rekening akun Anda di bank Anda memiliki rekening satu rekening dollar Sadikin rupiah

dollar kayaknya lagi murah Anda beli dollar ada kirim rupiah pada saat itu pada saat transaksi rupiah berkurang dan dangdut Kerinduan langsung bertambah kamu bisa seperti itu tunai namanya seperti Anda menarik ke mana anda pergi Umroh diserahkan menggunakan mata uang real bila anda hanya di Indonesia mempunyai rekening tabungan di bank syariah rekening rupiah kau di sana Ndak bisa kan ya bisa atau tidak bisa digesek keluar apa Rupiah ke real real tukar menukar tidak ini

tukar menukar

terinfeksi namanya itu tukar menukar mata uang tunai atau tidak tunai buktinya cek langsung rekening rufiana berkurang jelas dan anda langsung terima disini real

jelas ini yang ini terakhir Ustaz ya orang tua membelikan

orang tua memberikan memberi harta

yang mana harga minta dia 16 juta mobil tadi Taylor cukup

yang mana Selayar

Bank Syariah di Arab Saudi yang ustadz sampai

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close