Dunia Islam

Ini Alasan Perlunya Suntik Meningitis Saat Umroh

Barangkali Anda pernah mendengar bahwa sebagai calon jamaah umroh atau haji, Anda diwajibkan untuk melakukan suntik Meningitis? Meningitis yaitu radang yang terjadi pada membran pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Suntik Meningitis memang  diwajibkan sebagai syarat beribadah umroh dan haji oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Arab Saudi termasuk salah satu negara endemis penyebaran virus meningitis ini. Sedangkan Virus Meningitis  bisa  menyebabkan kematian dan cacat serius, oleh karenanya dianggap sangat berbahaya. Penyakit ini berisiko tinggi terjadi di Arab Saudi, sebagai tempat umat muslim menjalankan ibadah umroh dan haji.

Pentingnya Suntik Meningitis bagi Calon Jamaah Umroh

suntik Meningitis - hellosehat.com
suntik Meningitis – hellosehat.com

Inilah ketentuan suntik Meningitis pada calon jamaah umroh dan haji.

  • Sebelum berangkat umroh atau haji, calon jamaah harus mendapatkan suntik Meningitis ini agar terlindung dari penularan penyakit radang selaput otak antar jamaah. Vaksinasi ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit lain seperti malaria, tetanus, hepatitis, hingga aids/HIV.
  • Jika calon jamaah umroh dan haji tidak memiliki surat keterangan Vaksin Meningitis, bisa ditolak masuk ke  negara Arab Saudi. Bukan hanya calon jamaah umroh dan haji, tenaga kerja Indonesia (TKI) pun harus melakukan imunisasi Meningitis sebagai syarat mendapatkan visa ke Negara Arab Saudi.
  • Pemberian vaksin ini menjadi sangat penting, mengingat beribadah bersama dengan ribuan jamaah dari berbagai negara membuat calon peserta umroh dan haji berisiko tinggi terkena bakteri dan virus berbahaya. Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga penting dilakukan oleh para calon jamaah umroh dan haji sebelum berangkat.

Ketentuan Suntikan Meningitis

suntik Meningitis - suntik Meningitis - hellosehat.com
suntik Meningitis – suntik Meningitis – hellosehat.com

Setiap calon jamaah wajib mendapatkan satu dosis vaksin ACWY135, dengan ketentuan suntik Meningitis sebagai berikut:

  • Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan 2-3 minggu sebelum hari keberangkatan, minimal  10 hari sebelum hari H. Bagi yang pernah mendapatkan vaksin serupa,  waktu pemberian vaksin tidak lebih dari tiga tahun dengan vaksin sebelumnya.
  • Bagi orang dewasa dan anak usia di atas 5 tahun, vaksin ini bisa melindungi dari penyakit Meningitis selama 5 tahun. Sedangkan bagi anak balita, akan terlindungi selama 2-3 tahun.
  • Sedangkan pemberian vaksin pada balita usia 2 bulan hingga 3 tahun,  harus mendapatkan suntik vaksin berikutnya tiga bulan setelahnya. Bayi usia di bawah dua bulan juga tidak boleh disuntik vaksin ini.
  • Vaksin ini tidak boleh diberikan kepada orang yang pernah mengalami alergi parah terhadap vaksin ini hingga nyawanya terancam.  Mereka yang sedang sakit, juga sebaiknya menunda dulu pemberian vaksin ini. Ibu hamil juga harus lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter masalah kesehatannya.

Efek samping

suntik Meningitis - northglennews.co.za
suntik Meningitis – northglennews.co.za

Para calon jamaah ibadah umroh dan haji, tidak perlu merasa khawatir dengan efek samping pemberian vaksin ini. Meskipun efek samping dari  pemberian vaksin ACWY ini bisa ringan dan berat, namun sangat jarang terjadi efek samping yang membahayakan.

Hanya sekitar 10 persen dari penerima vaksin, yang mengalami gejala nyeri dan kemerahan di kulit bekas suntikan. Kondisi ini juga akan hilang dalam 1-2 hari. Sedangkan pada remaja sering mengalami kedutan sementara anak-anak kadang merasakan demam.

Tempat dan Biaya Imunisasi Meningitis

suntik Meningitis - 3c1703fe8d.site.internapcdn.net
suntik Meningitis – 3c1703fe8d.site.internapcdn.net

Para calon jamaah umroh dan haji bisa mengunjungi situs www.klinikvaksinasi.com yang merupakan wadah mendapatkan imunisasi meningitis, sebelum berangkat umroh dan haji.

Tidak semua rumah sakit bisa memberikan vaksin ini. Hanya rumah sakit  pemerintah di sekitar pelabuhan atau bandara yang berhak mengeluarkan sertifikat Yellow Book atau buku kuning, yang bisa digunakan 2-3 tahun. Jadi Anda bisa datang ke Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan di daerah Anda. Sedangkan untuk biaya vaksin ini bervariasi berada di kisaran Rp305.000.

Nah, setelah memahami manfaat suntik Meningitis ini bagi jamaah umroh dan haji, tentu Anda tidak perlu ragu dan takut lagi mendapatkan vaksin ini bukan?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close