haji

  • Tausiyah

    Ustadz Abi Makki: Makna Perjalanan Haji dan Umroh

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh innalhamdalillah nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh wa na’udzubillahi Min syururi anfusina Wamin Seiya tema Line yahdillahu pada mobil darah…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Firanda Andirja: Bolehkah Wanita Umroh/Haji Tanpa Mahram?

    Ustad Bolehkah seorang wanita pergi haji atau umroh tanpa mahram Dina wanita itu janda masalah bersafar tanpa mahram terutama Safar…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Khalid, Badrusalam, Syafiq, Firanda: Hukum Wanita Safar Umroh/Haji Tanpa Mahrom

    Bagaimana hukumnya wanita umroh dan haji tanpa mahram walaupun dalam masalah Umroh dan Haji ini ada pendapat Sebagian ulama yang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Abdul Somad: Hukum Wanita Pergi Haji Tanpa Mahram atau Suami

    apakah boleh saya berangkat haji Tanpa Suami atau tanpa mahram pak ustad pendapat Imam an-nawawi dari kalangan Mazhab Syafi’i kalau…

    Read More »
  • Tausiyah

    Kyai Prof Dr H Ahmad Zahro MA al-Chafidz: Bolehkah Dana Talangan Umroh dan Haji?

    sungguh akhir-akhir ini makin banyak semangat untuk beribadah terutama ibadah umroh dan juga Haji saking semangatnya banyak yang giriwangi utang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Kyai Prof Dr H Ahmad Zahro MA Al-Chafidz: Bolehkah Membayar Dam di Luar Mekah?

    ada persoalan yang akhir-akhir ini trend atas permintaan Bapak Wapres Bapak Yusuf Kala bukan permintaan qd beliau mikir orang Indonesia…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Erwandi Tarmizi: Hukum MLM Travel Haji dan Umroh

    Bismillahirrohmanirrohim Ya silakan yang Iwan assalamualaikum warahmatullah Assalamualaikum Dara itu apa itu namanya bayar Haji atau Umroh melalui travel yang…

    Read More »
  • Tausiyah
    Raudhah

    Mengapa Orang Berdesakan Antri di Raudhah?

    download sidak Wahyu video berikan amal jariyah terbaik anda untuk dakwah dan pendidikan Islam ada apa di roudhoh Sebenarnya ada apa di roudhoh Mengapa orang berdesakan mengantri di roudhoh terdapat beberapa hadis yang menunjukkan keutamaan roudhoh hadits dari Abdullah bin Zaid almazini radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda antara rumahku dan mimbarku adalah salah satu taman surga Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim hadits Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang semisal hanya ada tambahan redaksi dan mimbarku diatas telagaku Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim hadits Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda mimbarku ini merupakan salah satu Turah surga hadits riwayat Ahmad dan dishahihkan Syuaib al-arnauth albinsaid pernah mengatakan kami meyakini bahwa mimbar itu berada di atas Turah surga saya bertanya tahukah kalian Apa itu Turah Turah artinya pintu hadits riwayat Thabrani hadits dari Ummu Salamah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Sesungguhnya kaki-kaki mimbarku ini adalah salah satu kedudukan yang tinggi di surga hadist riwayat Nasa’i dan dishahihkan al-albani ulama berbeda pendapat dalam memahami hadis ini Ibnu Abdul barr menyatakan ulama berbeda pendapat mengenai makna hadits tentang roboh di atas sebagian berpendapat bahwa tempat itu akan diangkat pada hari kiamat dan dijadikan sebagai taman surga sebagian yang lain berpendapat bahwa hadis ini kalimat majas Ibnu Abdil barr melanjutkan Ketika Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam duduk dan para sahabat duduk di hadapan beliau mereka belajar al-quran agama dan iman itulah yang menjadi alasan tempat ini disamakan dengan taman surga karena kemuliaan pahala yang didapatkan di majelis itu dan beliau kaitkan dengan surga seperti sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Surga itu dibawah bayang-bayang pedang artinya jihad adalah amal yang mengantarkan seorang muslim menuju surga keterangan lain disampaikan an-nawawi sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam antara rumahku dan mimbar Aku adalah roudhoh para ulama menyebutkan ada dua pendapat ulama mengenai makna hadits Ini pertama tempat itu akan dipindah ke surga kedua bahwa ibadah di sana akan mengantarkan ke surga kita akan mengulang ke 2 kesimpulan perbedaan pendapat di atas pertama bahwa makna hadits ini sesuai tekstualnya Artinya bahwa tempat ini yaitu antara rumah dan mimbar nabi akan diangkat oleh Allah dan dijadikan taman surga kedua ibadah di sana akan mengantarkan seseorang menuju surga ketiga bahwa hadis ini bentuknya majas atau kiasan dalam arti tempat antara rumah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan mimbar beliau disebut sebagai roda karena di zaman Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di tempat ini Wahyu disampaikan kajian dirutinkan Iman ditumbuhkan ibadah disemarakkan semua sahabat khusuk dan tunduk dia Kapan Allah ta’ala kesimpulan ini disampaikan al-hafidz Ibnu Hajar rahimahullah dan menurut beliau mendapat ketiga paling mendekati kebenaran karena itulah kesempatan untuk mendapatkan keutamaan Raudhah tidak hanya beribadah di roudhoh Masjid Nabawi di semua tempat di mana Wahyu disampaikan Iman ditumbuhkan Alquran dan Sunnah diajarkan kajian digalakkan ibadah dan ketaatan ditegakkan di situlah rahmat Allah diturunkan nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menyebut forum kajian Islam di masjid dengan roudhoh dinyatakan dalam hadits apabila kalian melewati taman surga mendekatlah sahabat bertanya apa itu taman surga beliau bersabda Halo Koh ilmu hadits riwayat Tirmidzi Ahmad dan dishahihkan Al Hakim tidak Wahyu amal jariyah terbaik anda untuk dakwah dan pendidikan Islam

    Read More »
  • Tausiyah

    Buya Yahya: Bolehkah Mendahulukan Umroh Daripada Haji?

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Assalamualaikum Kamu doain aja ya saya mohon maaf di luar tema budaya pertanyaannya kemarin ada salah seorang agen agen travel umroh beliau sering sekali saat mengajak untuk umroh tetapi waktu itu ada yang bilang Pak Haji katanya ini Awas kalau umroh dulu tapi nggak Haji bisa kena Dam atau denda disuruh nyembelih apa gitu nah disitu seorang teks Apa itu terpenuhi tour aku jadinya ini gimana sih sebenarnya hukumnya apa boleh nggak sih umroh dulu gitu bu ya Terima kasih mohon penjelasannya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat umroh wajib seumur hidup sekali dan haji juga wajib seumur hidup sekali umumnya dan memang kalau orang haji pasti juga sudah umroh di dalamnya kalau ada orang umroh di luar bulan haji maka jatuhlah umroh wajib dan selesainya nggak ada denda kambing dan seterusnya cuman mungkin ada orang pengen ngomong masalah Haji tamattu’ kalau kamu haji umroh dulu di bulan Haji namanya tamattu’ istilah itu haji kan ada haji Iron ada Ciprut ada Haji tamattu haji tamattu itu kalau kita datang ke Mekah sana di musim Haji kemudian kita melakukan umroh dulu kita pakai baju eh keramik hot yalamlam kemudian masuk ke Mekah foto wanita sedih potong rambut kalau potong rambut itu berarti kita sudah umroh kemudian setelah itu kita melaksanakan ibadah haji di saat waktu Haji nanti waktu wukuf di Arafah Kita niatnya namanya ini tamattu’ karena kita umroh dulu kemudian dipotong bisa enak-enakan waktu itu antara umrah dengan Haji kita boleh bersenang senang bisa dipulihkan polip apa saja pakai baju wangian potong rambut menggauli istri boleh semuanya namanya tamattu’ enak jadi habis umroh potong rambut tahan utama tunggu itu bebas di saat menunggu karena ada enaknya di sini kemudian dia Anji Mike niatnya di dalam Mekkah tidak balik ke MU chord dalam lamakah Dia kena potong kena denda satu kambing karena itu mungkin bahasanya saja yang ditangkap setengah-setengah kalau umroh dulu sebelum Haji nanti beli kambing Iya namanya itu tamattu’ waktu umroh di musim haji umroh nya diluar musim Haji nggak ada masalah baik ini saja

    Read More »
  • Tausiyah
    Hukum Bisnis Badal Haji

    Ustadz Badrusalam: Hukum Berbisnis Badal Haji

    assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh pesan dari transfusi kali ini adalah bagaimana sih hukumnya bisnis Badal banyak orang ambil dari orang-orang banyak dibatalin katanya Pak Tua para ulama telah menegaskan bahwa tidak diperkenankan hal seperti ini Kenapa demikian pertama bau badan itu hanya mencukupi untuk satu orang saja seseorang membatalkan satu orang yang lain Jadi bagaimana dong yang benar yang benar adalah seseorang yang sudah Haji membadalkan saudaranya baik itu bapaknya Atau ibunya yang sudah tua dan orang yang dibatalkan pun juga orang yang memang tidak mampu untuk pergi haji tidak mampu Maksudnya bagaimana tidak punya uang bukan karena dia sakit yang tidak mungkin sembuh atau sudah sangat tua Renta maka pada waktu itu diperbolehkan makanya disebutkan dalam hadits ada seorang wanita datang ke Rasulullah Wasallam dan mengatakan Rasulullah Ayahku sudah terkena kewajiban Tania sudah sangat tua tidak mampu untuk berdiri dan duduk di kendaraan Bolehkah menghajikan Ya Rasulullah kata Rasulullah boleh haji kan Ayah ini menunjukkan bahwa saya haji itu hanyalah boleh untuk satu orang yang telah haji untuk orang yang belum atau tidak mampu untuk Haji dan ini dengan kesepakatan seluruh para ulama Adapun mengumpulkan dari beberapa orang kemudian dihajikan sendiri untuk beberapa orang makan ini dengan kesepakatan ulama perkara yang jelas melanggar syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala pakai hati-hatilah yang apa kalau ada orang yang minta-minta Badal Haji hanya pada dia berapa orang kamu aja kan banyak orang ambil dari orang-orang banyak untuk ibadah Line katanya mau apa nama kelas untuk menegaskan bahwa tidak diperkenankan hal seperti ini Kenapa demikian pertama bau badan itu hanya mencukupi untuk satu orang saja seseorang membatalkan satu orang yang lain Jadi bagaimana dong yang bener yang benar adalah seseorang yang sudah Haji membadalkan saudaranya baik itu bapaknya Atau ibunya yang sudah tua dan orang yang dibatalkan pun juga orang yang memang tidak mampu untuk pergi haji tidak mampu Maksudnya bagaimana tidak punya uang bukan karena dia sakit yang tidak mungkin sembuh atau sudah sangat tua Renta maka pada waktu itu diperbolehkan makanya disebutkan dalam hadits ada seorang wanita datang ke Rasulullah Wasallam dan mengatakan Rasulullah Ayahku sudah terkena kewajiban Haji dan ia sudah sangat tua tidak mampu untuk berdiri dan duduk di kendaraan Bolehkah menghajikan Ya Rasulullah Rasulullah boleh haji kan Ayah ini menunjukkan bahwa sahnya haji itu hanyalah boleh untuk satu orang yang telah haji untuk orang yang belum atau tidak mampu untuk Haji dan ini dengan kesepakatan seluruh para ulama Adapun mengumpulkan beberapa orang kemudian dihajikan sendiri untuk beberapa orang makan ini dengan kesepakatan ulama perkara yang jelas melanggar syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala pakai hati-hatilah ya kalau ada orang yang minta-minta Badal Haji hanya pada dia berapa orang kamu aja kan Nah ini mudah-mudahan bermanfaat buat kita selamanya

    Read More »
Close