muslimah

  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Untukmu Wahai Ukhti, Inilah Sebaik-baik Perempuan

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim sebaik-baik perempuan adalah yang paling ringan maharnya ringan itu bukan murah ya ringan itu memudahkan sebaik-baik perempuan yang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Kisah Maryam Binti Imran, Wanita Terpilih, Teladan bagi Muslimah

    ini adalah sepenggal kisah teman-teman tentang limbah livegoals bahwa disini dikisahkan hikmah atau keinginannya Ibu Maryam istrinya Imron dan By the way Imron ini adalah salah satu simbol keluarga paling keren yang Allah rekomendasikan di dalam Alquran selain keluarga Nabi Muhammad itu ada dua keluarga lagi keluarga Ibrahim dan keluarga Imron jadi kalau kita pengen niru pengen jadi rumah kita itu seperti apa sih seperti rumah Nabi Muhammad bayi buah atau rumahnya Ibrahim atau rumahnya Imron salah satu dari 3 itu kalau bisa tiga-tiganya lebih keren Allah rekomendasi itu di dalam al-qur’an Allah telah Innallaha Stafa ada malahan Wali brahim wala Imron al amin Allah menjadikan mereka lebih daripada semua yang ada di dunia 2 keluarga ini keluarga Ibrahim dan keluarga Imron bahkan Sebagian ulama sampai berdebat umroh ini nabi atau bukan sebagian mengatakan Imron ini orang Shalih dan sebagian lagi mengatakan hal ini termasuk salah satu diantara nabi walaupun bukan Rasul karena Sebagian ulama mengatakan nabi itu ada 124000 banyak dan salah satunya ada Imron terlepas dari perdebatan status Imron yang jelas dia adalah hamba terpilih dan Allah menikahkan Imron dengan seorang perempuan yang sangat soleha perempuan yang nggak sembarangan perempuan yang dari bibit yang luar biasa ini nanti muncullah keturunan-keturunan yang luar biasa hebat menyejarah sampai Alquran menyebut mereka nyebut namanya nyebut kisahnya nyebut keutamaannya itu keren banget dan tadi saya bilang By the way nya apa istri Imron itu adalah adik kakak dengan istri Zakaria jadi Imron nama Zakaria apaan di Pare karena istri Imron itu adik kakak sama istri Zakaria jadi ini orang-orang Soleh Semua yang tinggal di Palace di Palestina atau tinggal di dekat Masjid Al Aqsa Imran nggak punya anak Zakaria juga nggak punya anak dua dua juga punya anak my Imron nggak punya anak Sampai usia Tua Jakarta juga nggak punya anak Sampai usia 2 sampai kemudian istri Imron bernazar dulu Nazar itu masih sesuatu yang wajar di zaman Nabi Muhammad sampai kita sekarang Nazar itu boleh tapi agak kurang disukai tapi boleh-boleh aja dulu istrimu bernazar ini Nazar tuh saya bernazar kalau saya hamil saya pengen punya anak laki-laki kalau dia jadi anak laki-laki yang akan saya Jadikan Dia sebagai Marbot Masjid Al Aqsa sebagai Hakim atau merebut Masjidil Aqsa ini live bosnya istri pengen punya anak yang nggak Makmur in rumah Allah pengen punya anak yang kerjanya ngapain jaga rumah Allah supaya Allah jaga dia nanti di akhirat dia kerjaannya tuh bersih-bersih masjid dan itu bukan kerjaan orang yang pengangguran lo ya walaupun istilah di kita itu Marbot itu istilah yang mungkin terjadi kemudian Terkesan di masyarakat sesuatu yang nggak-nggak keren biasa aja padahal itu pekerjaan paling mulia loh kalau ada orang yang sebagai Mungkin dia yang bertanggung jawab di sebuah bangunan sejarah perpustakaan museum kayak gitu gitu ada yang lebih keren ngejaga rumah Allah Subhanahu Wa Ta’ala ngejaga di sini bukan berarti kalau nggak bisa dijaga Allah ngasih kita bagian supaya kita dapat kebaikan karena kehormatan Tolong jagain sendiri terus nggak ada peluang kita untuk dapat kehormatan dari Allah Justru karena Allah kasih kesempatan ini bukan karena Allah kurang mampu nggak tapi Allah pengen kita dapat kehormatan dengan menjaga rumah Allah memakmurkan rumah Allah itu live gua lesnya istri Imron pengen banget punya anak laki-laki bakalan jadi seperti Zakaria jadi istri Imron ngefans berat sama zakariya ya Allah saya pengen punya anak laki-laki kayak gitu tuh kayak ipar saya kaya Zakaria mudah-mudahan anaknya laki-laki Nazar sampai kata gombal Mini Arab terima Ya Allah terima lu kan nggak dikasih ya ketawanya Pak sudah lahir Pak sudah lahir tagihan listrik bulan Robi ini Waktunya Tuhan Ya Allah gimana nih anaknya perempuan sementara wales aja kamu kalau misal ini perlu kita garis bawahin laki-laki tidak sama seperti perempuan ini bukan bank emansipasi bukan islam anti kesatuan maksudnya adalah dulu tradisi orang Bani Israil tradisi orang Yahudi yang ada di Palestina perempuan itu nggak boleh menjadi Marbot di masjid perempuan itu nggak boleh belajar di dalam masjid perempuan itu nggak boleh bahkan masuk ke mesjid kecuali terbatas kali gitu Jadi maksud laki-laki tidak sama dengan perempuan maksudnya tradisi yang berlaku waktu itu tidak sama laki-laki dan perempuan ini bukan doktrin bahwa islam itu enggak mengakui perempuan bukan kita harus balik lagi ayat itu kembalikan lagi kepada konteks sejarahnya makanya saya sering bilang jangan mencet sejarah dengan Angel kekinian pasti jadi salah paham kalau kita menilai sejarah tapi pakai persepsi kekinian kita akan sering salah paham terhadap kok gini sih Kok gitu sih Kenapa karena kita ngelihatnya benturan dengan kacer kekinian kan Makanya kalau pengen ngerti sejarah pake lain gak usah jadi yang dilihat bukan cuma adegannya sampai persepsi sejarah emosional sejarah lengkap gitu jadi sejarah tuh sampai baper jangan cuman ada Gan Tapi persepsinya kekinian gak nyambung Nah Pada masa itu laki-laki dan perempuan itu dibedain tentang masjid laki-laki boleh masuk ke masjid bebas boleh berkhidmat di masjid boleh belajar di masjid boleh jadi masjid perempuan nggak boleh beda dengan diislamkan kalau di Islam justru sebaliknya sama laki-laki dengan perempuan dalam masjid Cuman beda Siti Hawa perempuan lagi nanti ada batasannya tapi kalau perannya di dalam mesjid Boleh banget Buktinya apa Aisyah itu nggak Jalan Haji Slamet loh dan muridnya laki-laki muridnya aja itu juga banyak laki-laki laki-laki walaupun berdua ngajarnya tuh Abu Hurairah sama Aisyah tapi banyak hadis-hadis yang Aisyah tahu Abu Hurairah nggak tahu atau hadis-hadisnya Abu Hurairah tahu aja nggak tahu sehingga mereka saling mention gitu saling broadcast asal broadcasting dong harusnya gua nggak tahu dipake sama aja nanti aja saya juga apa minta tidak bergerak saling transfer hadis bukan untuk mentahdzir ya mereka mentransfer hajat bukan untuk Nyalahin nyalahin aku salah mentransfer ditunggu tulis jaring kebaikan motivasi sifatnya waduh gitu ya Iya ya gitu jadi dalam Islam bunga dari Aisyah ngajar di masjid nanti ada tokoh-tokoh perempuan yang luar biasa banyaknya termasuk yang paling Legend itu kan Khadijah yang paling berpengaruh dalam dakwah nabi dan Khadijah dan Khadijah itu enggak Tinggal diam di rumah nungguin kamu mau ke mana ya udah jam segini belum pulang ditelepon gak diangkat aja kayaknya abis ba gitu gitu nggak ada jatuh nggak pasir di rumah lo ya nggak bantu doa Nabi dia artis cuman tetap ada ada etikanya Adam oralit moralnya di masa itu justru Allah pengen mengubah tradisi orang Bani Israil yang menganggap perempuan itu kelas kedua di antara masyarakat pakaian diri ini sebetulnya bahasa sindiran wanita zakat menurut orang Bani Israil perempuan itu nggak sama dengan laki-laki tapi dia ya berikutnya batako balahu Habil kabulin Hasan tapi Allah sendiri menerima perempuan itu dengan penerimaan yang baik jadi Allah tuh pengen mengubah tradisi sebetulnya biar kita nggak salah paham terhadap ayat ini kayaknya tuh enggak sama laki-laki perempuan yang nggak sama itu bukan dalam persepsi ayat bukan dalam persepsi Allah dalam persepsi masyarakat dan Allah mengubahnya dengan kalimat fakta cobalah Arabia kabulin Hasan ini justru Allah nerima perempuan itu dengan penerimaan yang sangat istimewa dan sediakan khusus My Hero buat dia diberikan keutamaan buat dia sampai turun makanan aja dari langit coba kurang apa perlakuan alat olahraga Maryam tuh lebih istimewa daripada cowok-cowok yang udah lama disitu banyak tuh cowok-cowok ada yang jomblo ada udah nikah i’tikaf di masjid pertama yang jomblo ya masih punya banyak waktu lagu Ari tingkatkan kalau udah nikah kalau keseringan etika belum juga ama istrinya kan ya kalo udah ini kamu dijadwal in seminggu sekali tapi kalau masih sendiri itikaf aja setiap hari kos-kosan nggak sempet bayar udah gimana Jadi udah lama di masjid kayak gitu tetep aja lah nggak ngasih hidangan dari langit sedangkan cewek malah Kasih Jangan lagi ini menunjukkan bahwa islam itu menghargai perempuan banget loh bisa dibilang jarang banget ada orang yang dapat hidangan Slank datang dari Langit Itu udah buah yang segar yang mudah kualitasnya luar biasa di depan Maryam Zakaria aja sampai terheran-heran padahal Jakarta itu jelas-jelas sepatu di atas Nabi Zakaria aja terheran-heran dengan perlakuan treatment langit kepada Maryam sedangkan Bani Israil melecehkan Maryam yang dimaksud Malaysia karena tidak sama laki-laki dan perempuan di sini adalah lagi nyindir tradisi Bani Israil gitu maksudnya bukan dalam Islam itu laki-laki dan perempuan itu dibelain buka udah gitu Ya udah deh kalau gitu udah terlanjur Wahidin anak cewek masa mau digimanain lagi gitu Mas Adi operasi segala macam nggak susah akhirnya Ibu Maryam menamakan anaknya ini sama itu ha Maryam Apa arti Maria di Maria batu secara bahasa artinya Marbot cewek cari arti Maryam itu Kak Limah yang bersifat itu bahasa dulunya adalah Maryam kemudian jadi bahasa Arab ini sama itu hari yang saya pengen ngasih Diana mawar buat perempuan bahasa singkatannya Maryam mudah-mudahan engkau menerima dia ya Allah akhirnya dia adalah meriam dari kecil bayangin teman-teman Maryam usia 3 tahun udah nanya-nanya ke ibunya Mah kapan aku ke Al Aqsa Kapan apa-apa beribadah di sana kapan aku disantenin kapan aku dimasukin ke pesantren itu 3 tahun dan minta-minta kayak gitu malah ibunya nggak tega Ma aku kangen dengan orang karena belum waktunya Karena ada waktunya nanti dia Bolehkah lacto Maryam setiap hari naik ke atas bukit Mengapa menghadap ke arah al-aqsa dan berbicara dengan Allah ya Allah gue kangen dengan al-aqsa Ya Allah aku pengen ke sana ya Allah ini daya tariknya al-aqsa jadi salah satu ciri orang beriman mencintai Al Aqsa itu salah satu bagian dari keimanan mencintai Al Aqsa bukan karena konfliknya bukan karena sentimen terhadap Israel nya bukan karena emang kayak gitu turun temurun dari zaman dulu ini tradisi-tradisi spiritual namanya dari zaman Nabi Sulaiman udah kayak gitu zaman sebelumnya juga kayak gitu zaman Musa juga kayak gitu tradisi spiritual yang di turun temurun kan dan Maryam kecil anak usia 3 tahun udah cinta pengen ke sana mah kapan Ma kapan Ma kapan Kenapa bisa punya anak kayak gini livegoals ibunya ibunya jadi kalau salah satu rahasia dari last goal situ kalau benar-benar kuat jadinya mah nanti kita belajar apa bedanya sama dengan sekedar basa-basi kalau bener bener aja di ini mah temen-temen itu akan jadi kenyataan Lho gimana kita jadiin live goal kita jadi kenyataan last goal kita jadi keajaiban Walaupun rintangan ada aja kayak istri merokok lahirnya anak perempuan justru kalau pengen ngasih banyak hikmah banyak luar biasa pelajarannya lewat skenario kayak gitu nah ini pembahasan yang luar biasa penting buat kita sendiri termasuk bagian dari yang paling sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari kita pengen ini kita pengen itu gimana kepengen nya kita itu direstui sama Allah terus jadi kenyataan salah satu keinginan besar ibunda Maryam adalah punya anak yang kelak jadi seperti Zakaria berkhidmat untuk Masjidil Aqsa lalu Beliau bernazar kemudian hamil yang tadinya nggak hamil-hamil tapi gara-gara punya Nazar gini ya Allah berilah rezeki hamil cuman sedikit berbeda dengan harapan beliau bahwa yang diharapkan lahir anak laki-laki soalnya tak bukan nggak mau anak perempuan bukan karena tradisinya nggak boleh anak perempuan berkhidmat di masjid al-aqsa jadi masih pakai mindset tradisi Bani Israil tapi Allah pengen mematahkan main Sari tuh pengen mengganti tradisi itu dengan cara setengah jalalah setting lahirnya anak perempuan dan anak perempuannya juga bukan anak perempuan biasa menurut saya tuh perempuan nomor satu di dunia yang paling istimewa da4 Asia Maryam Khadijah Fatimah yang sempurna Tapi kalau buat saya tuh cerita-cerita Maryam ke luar biasa walaupun kita tidak mengecilkan Khadijah dan Fatimah dan itu luar biasa juga cuman kalau Mariam sampai nama surat AlQuran jadi nama dia gitu kan Ya kisahnya ada di surat Ali Imron bapaknya juga jadi nama surat sakit istimewanya ini Allah saya tinggal gitu lahir anak perempuan Mariam dari kecil sudah sholehah sholeh hanya tuh kayak give bakat bukan soalnya hasil didikan Tapi emang banyak akan ada orang yang bakat Soleh ada yang di Dikti lirik jadi orang Soalnya kalau yang banget soalnya tuh keluarganya nggak ada yang soleh justru keluarganya soalnya gara-gara dia lahir terus tuh dia lahir berubahlah keluarganya ada yang kayak itu kan gif dari Allah Ya mungkin doa-doa dari kakek buyut tak kesepian Nah pas Maryam cukup umur usia masih anak-anak juga tapi udah cukup umur bukan lagi dalam asuhan maka Maryam dibawa ke Masjidil Aqsa awalnya ditentang sama apa rahim Rabi Rabi Yahudi yang ada di sana karena mending menyelisihi tradisi mereka gimana wajah karya kamu masukin anak perempuan ini buat kita ini nggak boleh dan seterusnya selesai akhirnya Zakaria Mama meyakinkan mereka membujuk mereka sampai di Jakarta bikin es sop udah tenang aja dia nggak akan ganggu kalian dia akan kita berikan merek sendiri dia nanti ada jadwal sendiri dia tidak akan ikut dengan jadi ada Taklim di masjid cewek gak boleh ikut kalau kita akan menyediakan cewek justru diatas kita ya masalahnya saking Mulianya jatuh di atas kita di bawah cuman nggak boleh lihat ke belakang ya doain aja yang di belakang mudah-mudahan tahu akun kita jadi cewek-cewek pada di atas kalau di zaman dulu Bani Israil justru Jawa itu nggak boleh ikut Alim loh kalau ada yang bilang Islam itu nanti apa perempuan kesetaraan gender emansipasi segala macam nggak justru Maryam itu nggak Boleh Ikut paling parah laki-laki mereka buat Taklim tafsir Taurat hadis-hadis Nabi Musa kan dulu tuh ada tafsir ada hari juga ya tafsirnya Kitab Taurat haditsnya nabi Musa basiroh bahasa fiqih itu semuanya buat cowok cowok cowoknya nggak boleh kalau Maryam dibolehin tinggal di sebuah mirip dengan cara dia nggak boleh ikut dengerin ta’lim dia murni cuman kata-kata indah untuk orang berwudhu terus ngebersihin mesjid pas orang udah pada bubar gitu doang…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Cara Menjadi Wanita Sholehah - Muslim Travel Girl

    5 Tips untuk Menjadi Wanita Sholehah Zaman Sekarang

    Wanita dalam agama Islam sangat dimuliakan kedudukannya. Bahkan disebutkan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu, sebagai seorang wanita.…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Pandai Memasak - boldsky.com

    Wahai Wanita Muslimah, Lakukan 10 Hal Ini Bila Ingin Selalu Disayang Suami

    Semua wanita tentu ingin selalu disayang oleh sang belahan jiwa. Namun, terkadang usia pernikahan yang sudah cukup lama dan kesibukan…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Wanita Bercadar - i1.wp.com

    Muslimah Bercadar, Bagaimana Hukum dan Ketentuannya?

    Wanita adalah makhluk yang sangat dimuliakan dalam Islam. Saking mulianya, Allah SWT bahkan mewajibkan muslimah yang sudah balig agar menjaga…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Sholawat - Islamnusantara.com

    Inilah Bacaan Sholawat Nabi yang Umum Dibaca oleh Kaum Muslimin

    Ada banyak bentuk sholawat baik yang berasal dari hadis atau yang ditulis oleh ulama. Berikut ini adalah beberapa macam sholawat…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Cara Mendaftarkan haji - Vox.com

    Cara Mudah untuk Mendaftar Haji

    Ibadah haji wajib dilaksanakan oleh muslim yang mampu secara finansial dan mental, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Hanya saja, kendalanya…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Rahmatan Lil Alamin - La-croix.com

    Makna Islam Rahmatan Lil Alamin dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat

    Rahmatan lil alamin merupakan rasa kasih sayang, karunia, dan nikmat yang Allah SWT berikan kepada makhluknya dan seluruh alam semesta.…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Umroh April - Hajj And Umrah Express

    5 Alasan Bulan April adalah Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Ibadah Umroh

    Disebut juga sebagai haji kecil, umroh kerap dianggap jihad bagi pria dan wanita muslim. Jika dilakukan dengan ikhlas karena Allah…

    Read More »
  • Dunia Islam
    Maqam Ibrahim - Bukanmanasikbiasa.com

    Benarkah Nabi Ibrahim Dikuburkan di Maqam Ibrahim?

    Selama ini kita sering mendengar kabar yang menyebutkan bahwa makam Nabi Ibrahim berada di Masjidil Haram, yakni Maqam Ibrahim di…

    Read More »
Close