shalat di pesawat

  • Tausiyah
    Sholat di Pesawat

    Panduan Wudhu dan Sholat Dalam Pesawat Terbang

    Bismillahirohmanirohim rukun-rukun wudhu ialah berniat membasuh muka membasuh kedua tangan hingga ke siku menyapu sebahagian kepala membasuh kedua kaki hingga ke buku lali dan tertib berikut adalah cara cara berwudhu semasa dalam penerbangan dengan melakukan yang rukun syahadat berniat hendaklah pada awal membasuh bagian muka nawaitu raf’al hadatsil Akbari lillahi ta’ala sahaja aku mengangkat hadas kecil karena Allah Ta’ala perlu diingat basuhan anggota wudhu hendaklah meliputi keseluruhan anggota dengan mengalirkan air atasnya kaidah semburan terus ke anggota wudhu boleh digunakan dengan syarat air mengalir atasnya dalam keadaan ketiadaan air atau air diperlukan karena hajat lain atau takut mudharat karena menggunakan air maka penggunaan kaidah tayamum dibolehkan sebagai rukhsah atau keringanan untuk membolehkan penumpang menunaikan sembahyang rukun-rukun tayamum ialah berniat memindahkan debu tanah ke anggota tayamum menyapu seluruh muka dengan debu tanah menyapu kedua tangan hingga ke siku dan tertib niat tayamum nawaitu tayamum alis tiba hati fardu sholat Sengaja aku bertayamum untuk menghaluskan sembahyang fardhu Berikut adalah contoh niat beserta sembahyang Kautsar usholli fardhol Hasri luka hati ini kau selalu ada lillahi ta’ala terhadap aku sembahyang fardhu Ashar 2 rakaat dinaikkan Allah ta’ala antara keringanan hukum atau rukhsah yang diberikan kepada orang musafir Diana meng-qashar dan menjama’ sembahyang fardhu sembahyang jamak ialah mengerjakan dua sembahyang fardhu di dalam satu waktu  sembahyang kasar ialah memendekkan sembahyang fardhu 4 rakaat yaitu sembahyang zuhur ashar dan Isya menjadi 2 rakaat dalam keadaan aman dan ada ruang untuk sembahyang semasa dalam penerbangan jika penumpang mampu berdiri dan tidak takut berlaku keberatan kepadanya apabila berdiri maka hendaklah menunaikan sembahyang seperti biasa dengan menghadap kiblat kedudukan kiblat bolehlah dirujuk kepada petugas kapal terbang yakni cabin Crew berikut adalah sembahyang dalam 2 keadaan dan menghadap kiblat pada rakaat pertama menerangkan dalam keadaan aman akan tetapi ada ruang sembahyang melainkan tempat duduknya…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Ammi Nur Baits: Tata Cara Shalat di Pesawat

    yuk Jokowi yufid TV dengan belanja di yufid store www.yufidstore.com Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillah kita berjumpa lagi dalam rubrik konsultasi syariah bersama Ustadz ammi Nur baits kita akan memulai kembali sebuah pertanyaan Assalamualaikum Ustadz pertanyaannya jika kita naik kendaraan misal pesawat sebelum maghrib sementara Pesawat tiba setelah Isya sekitar jam 08.00 malam Bagaimana cara sholat di pesawat hamdulillah ketika ada orang yang dia melakukan perjalanan kemudian dia tidak bisa singgah di tempat salat atau dia tidak bisa berhenti dari kendaraan sementara harus nabrak waktu sholat Apa yang harus dilakukan baik yang pertama yang perlu kita perhatikan bahasanya bagian dari rukun salat wajib rukun salat fardu harus dilakukan dalam posisi berdiri orang tidak boleh cara sengaja Padahal dia mampu untuk salat wajib dalam kondisi duduk jika itu dilakukan maka Sholatnya batal sebagaimana dalam hadis dari Imron Bin Husein radhiyallahu Beliau pernah menceritakan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda iman Islam kustati fucoidan penyesalan band shalatlah kalian dengan berdiri kalau nggak bisa silakan dengan duduk kalau nggak bisa silakan sambil tidur dalam kondisi berbaring Ini tadi bahasanya sholat harus dilakukan dalam posisi berdiri Jika dia mampu kalau nggak mampu baru boleh duduk sementara kita bisa pastikan orang yang sholat di kendaraan pasti dia salah dalam kondisi duduk apalagi di pesawat karena tidak mungkin dia salah dalam posisi berdiri paling tidak dia akan mendapatkan peringatan dari awak kabin untuk duduk dan mengenakan sabuk pengaman kemudian Bagaimana kalau kondisi seperti tadi kita bisa lihat apa yang dilakukan Rasulullah shalla Sallam ada satu keterangan dari kemarin rumah puasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah sholat wajib di atas kendaraan Nabi Salam kenal Umar radhiallahu anhuma mengatakan kanan nabiyu Shallallahu Alaihi wasallama Safari darah tinggi hai ketawa jahat di rohill atuhu nabi salam ketika Safar please shalat diatas kendaraan nya dan beliau menghadap searah dengan arah kendaraannya artinya belum tentu menghadap kiblat kemudian kata beliau you mimpi makan buah kana usholli Laila I love you too Wahyu tiruan darah illatihi melakukan isyarat ketika shalat diatas kendaraan artinya tidak sujud dengan sempurna tidak ruko dengan sempurna sudutnya lebih rendah dibandingkan pokoknya hanya sebatas isyarat kemudian kata ibu Umar warga nahdliyin dan Prilly lakukan ini ketika salat malam ketika salat tahajud email kecuali sholat wajib artinya Maghrib dan isya dan shalat wajib yang lainnya Rasulullah shalla Sallam tidak lakukan di atas kendaraan tali beli turunkan Ayu jeroan rohilah tinggi dan besar salah melakukan shalat witir juga di atas kendaraan dijadikan dalil oleh para ulama bahasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah melaksanakan salat wajib di atas kendaraan karena jika itu dilakukan maka posisi beli harus duduk nggak mungkin orang salat wajib di atas onta sambil berdiri sirkus nanti jadinya sehingga dia soalnya harus sambil duduk karena itu pada saat orang yang melakukan Safar yang sifatnya syair-syair artinya Saver di perjalanan kemudian tidak memungkinkan bagi dia untuk salat di darat maka ada dua pilihan yang bisa dilakukan dan yang pertama adalah menunggu sampai kendaraan tiba sehingga dia bisa salah di daerah misalnya dia di atas pesawat tunggu sampai di tujuan sehingga nanti bisa salat di bandara atau sholat di masjid sekitar bandara dan bisa dilakukan jamak kalaupun berangkat sebelum maghrib sampainya setelah isya nanti bisa jamak takhir shalat maghrib kemudian dilanjut dengan salat Isya kemudian pilihan yang kedua jika tidak memungkinkan baginya untuk salat kecuali harus di atas kendaraan karena kendaraan akan tiba setelah selesainya waktu salat yang kedua misalnya ada kendaraan yang berangkat sebelum Dhuhur komedian pesawat berangkat ke arah yang sangat jauh tibanya setelah maghrib sampai malam apa harus dilakukan dia nggak mungkin menunggu pesawat mendarat kemudian sholat nanti di darat nih karena waktunya sudah habis sehingga mau tidak mau dia harus shalat diatas kendaraan biasanya yang terjadi untuk orang yang naik kereta kereta berangkat misalnya sebelum Dhuhur kereta jam 11.00 tiba di tujuan misalnya malam terus gimana ini anda bisa salat di atas kereta karena kalau tidak nunggu kereta sampai tiba di tujuan Anda akan keluar waktu sholat atau seperti yang dialami oleh jamaah haji misalnya ada pesawat yang berangkat ke Saudi misalnya jam 10.00 pagi Mungkin jam 11.00 baru take off Dia tiba di sana magrib misalnya atau bahkan mendekati Isya maka dalam kondisi ini dia tidak boleh salat di tujuan nanti keluar waktu salat Hal apa yang dia bisa lakukan jawabannya adalah shalat diatas kendaraan mau tidak mau dia harus shalat diatas kendaraan itu pilihan yang dia bisa lakukan silakan dijamak boleh dibawa dalam pesawat karena posisi dia musafir dan musafir untuk jam apalagi di dalam pesawat tidak mungkin kah bagi dia untuk untuk misalnya atau kalaupun butuh terbatas sehingga dia hanya bisa wudhu sekali kalau dia tunggu sampai masuk waktu sholat berikutnya Anda harus mulai untuk muka lebar jadi jam Kanada dan ini diperbolehkan karena dia butuh kebijakan pemerintah jawaban dari Ustadz Armen Okta ini mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaatnya kurang lebihnya mohon maaf Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Read More »
  • Tausiyah
    Shalat di Pesawat

    Syeikh Ahmad Al Misry: Tata Cara Shalat di Pesawat

    9 Pon Rohim salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh one station Audzubillah Islami syururi anfusina asiati Amalina hayati rouh alamat adalah Wahyudin Fala hadiyalah ashaduala ilaha illallah wahdahula syarikalah wa satuan nasi dan Anna muhammadan abduhu warasuluh Allahumma sholli wasallim wabarik Alaihi Wa alihi wa ashabihi wa menteri Om biasanya Lahir Batin Wali nama Muhammad semangat para guru yang dibolehkan Allah hukumnya adalah Saya cinta kalian semua karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala Semoga Allah senantiasa kumpulkan kita di dunia dalam doa dan di akhirat di surganya Allah Subhanahu Wa Ta’ala kami masih membahas sebut masalah yang berkaitan dengan salat dan puasa pembahasan kali ini Insya Allah akan dibahas seputar salat di pesawat salat di pesawat kita sering membutuhkannya ketika kita ke luar kota atau ke luar negeri kebanyakan diantara kita membutuhkan atau membutuhkan hukum tersebut bagi dirinya keluarganya dan kerabatnya pesona to head pokeraladin salat di pesawat itu ada dua macam dibagi dua sama ulama yang pertama salat nafilah total sunnah yang kedua adalah salat fardu kita akan membahasnya satu persatu kalau kita sholat di pesawat Nabilah tokoh World atau sunah atau sedang di pesawat ingin sholat malam dan lain sebagainya chord Ada ulama nusantara di wilayah Alinco Iman aqidah seorang penumpang tersebut pesawat penumpang pesawat beliau itu salat nafilah Sunnah sesuai Dalam keadaan apa saja berdiri atau duduk Mio 2007 berisi erat dengan kepalanya dengan rukunnya dan sudutnya Jika dia melaksanakan salat tersebut dalam keadaan duduk ini termasuk sepakat para ulama yang disukai oleh Imam Ibnu Kapan waktu itu adalah dan tidak ada syarat harus kita menghadap kiblat kalau untuk salat sunah atau tatawa itu namanya sholat di kendaraan atau di atas kendaraan paketnya habis saiyaara dan begitu pula dalam mobil di hati Islami dipenuhinya Arab ya Allah Mandarinnya hadits dari Ibnu rotinya Beliau berkata Wahai Rasulullah Hijjaz online Yuliana Rohit hati-hati saya pernah melihat nabi sosial dalam shalat diatas kendaraan dengan kemanapun kendaraan tersebut pergi artinya beliau tidak harus menghadap kiblat posisi riwayat ini dan dalam ruwet lain Yumeiro Sisi beliau itu berbicara dengan kepalanya ruku dan sujud nyaruko kemudian sudutnya lebih A1 Min rukoh Ricky sujud itu lebih harus lebih rendah dibanding kerupuknya walam Yakun news narkoba dan aku tidak pernah melihat Rasulullah salat di atas kendaraan dan isyarat dengan kepalanya dalam sholat 5 waktu atau fardhu movie riwayat in you Irwansyah dan dalam sebuah riwayat dikatakan beliau Shallallahu Alaihi Wassalam melaksanakan shalat witir di atas dan darahnya Tapi menurut ulama on off dulu istighfar adalah belati Anda Takbiratul Ihram lebih afdol harus menghadap kiblat ketika kita Memulai Dengan Takbiratul Takbiratul Ihram bahwa kelonin dan hanabilah dan ini salah satu pendapat dalam madzhab Hambali warna Shaheer Sheikh Walid jawaban hadirin dan menjawab hadis yang tadi kan Shallallahu Alaihi Wasallam zona Daratista kepada ulama menjawab hadist yang mengatakan bahwa rumah kalau shalat diatas kendaraan itu beliau harus menghadap kiblat bokep berwawasan Nah itu tau Ace Hardware beliau takbir kemudian salat kemanapun kendaraan tersebut per video tidak harus fokus ke kiblatnya ulama membawa Rasulullah itu mulai dengan takbir dan menghadap kiblat bahwa itu mustahab Malaysia wajib itu dianjurkan bukan diwajibkan dan ini adalah madzhab jumhur ulama mazhab nya mayoritas ulama dan dikatakan Athena 10 agar rohilah bis Safari Prigen ambil pasir ibadah salat nafilah salat Sunnah tathawwu itu di atas kendaraan boleh dalam Safar yang panjang kalau Safari yang pendek cover Falah tidak Dan ini pendapat ya Imam Malik radhiyallahu’anhu ini yang pertama adalah salat sunat di atas pesawat maka kita salat berdiri atau duduk dalam kondisi apa saja boleh lebih baik menghadap kiblat atau tidak lebih afdol menghadap kiblat ketika Takbiratul Ihram tapi kalau tidak tidak mengapa kata ulama itu yang bicara afdolnya Australia keutamaannya yang kedua adalah salat fardu tadi kita bahasa Sunda sekarang kita membahas sholat fardhu salat lima waktu ada beberapa keadaan yang pertama datang ini stop for a n t h goblok koplo ruku Riau badan Uso Live Action Nah Jika dia mampu melaksanakan salat salat subuh sebelum dia naik pesawat atau sesudah diet turun dari pesawat waktiha pada waktunya Sunda maka hendaklah ia sholat Jawa jamaat jama taqdim dan takhir itu sama saja dia jamak taqdim contohnya Dzuhur dan Ashar dia mau naik pesawat kira-kira ini jam 12.00 Adzan Dzuhur pesawat itu laptopnya dengan 1 berarti masih ada setengah jam maka kota lemak lebih afdhol Walaupun dia jama taqdim dia salat dulu siapa Dzuhur dan Ashar di waktu dzuhur dan ashar di waktu dzuhur didahulukan karena orang penumpang tersebut tidak tahu apa yang dihadapi nanti apakah dia akan tetap masih hidup Apakah dia 24 kan kita tidak tahu maka itu harus dibayar lebih awal hutang kepada Alloh subhanahu wa ta’ala atau jama takhir Dia tiba di sana sebelum Ashar atau pasar maka di sana sampai ke sudah mendarat pesawatnya dia salat jamak takhir Dzuhur dan Ashar di waktu Ashar itu jamak takhir Jamak taqdim itu didahulukan Dzuhur dan Ashar di waktu dzuhur kalau jamak takhir zuhur ashar di waktu Ashar tapi mulai tertib zuhur dulu baru Ashar jamak takdim takhir didahulukan dulu salat yang pertama dhuhur dulu baru Ashar itu kalau kita salat takdim kalau takdir Walaupun waktu Ashar mulai dengan zuhur dulu baru kita sholat ashar Wahana wajibun dan ini hukumnya wajib tidak ada Rani tiada bis urutan organ tubuh apabila dia susah untuk melaksanakan rukun rukun dan syaratnya waktu pemahaman yang ada pada rokok Sebagian ulama menu kiri bahwa sepakat para ulama shalat diatas kendaraan itu tambah alasan Udur di atas kendaraan disebut Ada apa itu artinya kendaraan seperti onta kuda zaman Rasulullah SAW Maka kalau tidak ada udzur nya itu dilarang makan ini yang pertama laksanakan sholat dulu jama taqdim atau jamak takhir sebelum Anda naik pesawat yang kedua gitar akibat perokok Bledug Kuwu rindu arti Wagon A Wagon R a n d i n d r a ra Tara itu laba rugi waktu itu udah bagian jama takhir inginkan atuh cuma obat buah Rima Al ashri wallpaper Malaysia apabila dia sudah naik pesawat kok Bila 22 dia naik pesawat = 12 dan sudah masuk waktunya ketika dia berada di pesawat sudah masuk waktu dzuhur kata ulama dua kali apa kalaupun nih dia diperkirakan bahwa pesawat ini tetap Itu Indah Pada kurun waktu itulah dia akan mendarat di sana pas waktu Ashar atau sesudah Ashar berarti sholat dzuhur nya udah ini berarti sholat dzuhur nya sudah dalam perjalanan bagian we jama takhir dia niatkan jamak takhir dzuhur sama Ashar nanti karena dia dalam perjalanan sudah dapat dzuhur maka dia niatkan jamak takhir ketika dia mendarat pesawatnya boleh dilakukan dengan salat yang boleh kita dijamak seperti dzuhur Ashar Maghrib Isya naik sebelum maghrib tiba-tiba sampai di sana kita niatkan bahwa anda jamak takhir shalat maghrib dan Isya di waktu Isya itu jamak takhir kemudian yang ketiga interaktif Bentoel tablet Dhuhur diwaktu makanan on you waktu sholat ini majemuk atau dia naik pesawat dan waktu yang pertama dan kedua nanti akan keluar masuk ke waktu salat yang ke tiga contoh niana jam 11.30 kita Jamak taqdim itu Dzuhur dan Ashar dan dia tiba di sana Pas magrib bayi kalau jaraknya lumayan jauh kalau kita santan ya akan keluar waktu dzuhur dan ashar dan termasuk waktu magrib juga nggak mungkin Gama 3 waktu maka ketahuilah Maaf aku sholatin lagu Cuma atau nanti dia naik Sebelum sholat subuh sampai ke sana udah dzuhur gimana mau dijamak subuh sama dzuhur nggak bisa karena Dzuhur dan Ashar Maghrib dan Isya bayi bayi Ayu adalah wajib melaksanakan salat di pesawat simulator pesawat itu ada tempat mushola ada sebagian pesawat Alhamdulillah di Timur Tengah mulai kasih tempat mushola salah kecil di belakang orang bisa melaksanakan sholat itu berdiri enak tapi seandainya kalau kita di pesawat pesawat yang tidak ada musholanya apa yang kita lakukan saya Ciwalini kata-kata ulama wajib dia salat di pesawat induk Uchida mustaqbilal qiblati tak usahakan untuk dia menghadap kiblat karena itu kita bicara salat wajib fardhu ain dan kalau dia tidak bisa di jalanan pesawat itu di dalam pesawat itu tapi itu ada pertanyaan lagi apakah akan mengganggu orang tidak ada yang mau ke WC ada apa nunggu belum selesai salat udah kepala sapi pakai itu jadi susah benar kan lah yukallifullahu nafsan illa wus’aha maka akan kita menyusahkan orang lain kita pernah lihat di pesawat orang-orang pada salat di kartu Axis itu ada di jalanan itu dekat orang tempat yang masuk UI setelah itu menjadi menyusahkan orang lain kalau ada yang lagi mulus Ada apa repot juga kan kalau di sini sholat di sebelah sana sholat Dia mondar mandir kok nggak ada yang keluar gitu apalagi kalau salat 4 gitu salatnya Lama Maka itu akan menyusahkan orang orang lain bernama shop Solo The Man Who you my Uber ruku dan sujud Kalau tidak dia salat berdiri ditengah di kursinya Dia Pertiwi gitu tapi pas pas suruh ku sujud dia duduk kemudian berisyarat dengan kepalanya yang kita bilang ruko kemudian sudutnya lebih rendah daripada rukunnya tadi bahwa jalisun alal kursi dan dalam keadaan duduk atau dia berdiri dulu kemudian Siapa suruh ku sujud diamati syarat dengan kepalanya kalau tidak sholatnya duduk tapi dia berbicara dengan kepalanya Walah ya judul lagu tashiru sholat ya tanya jawab tua tidak boleh dia menunda waktu salat sampai keluar dari pada waktunya wa inna Mustofa kok Iman Solihin aja di sana kalau dia tidak mampu sholat berdiri maka dia boleh duduk salatnya boleh duduk Halil jamu mustika kepala Apakah wajib menghadap kiblat ketika Takbiratul Ihram untuk menyusun dia itu DJ Al Kursi lalu dia menghadap Kursi ini kita tutup kursinya lurus benarkan kamu dia mengharapkan dahulu kemudian baru lihat kursinya gitu baru hidup benar contohnya clubnya ke kanan sehat kiblat kemudian saya duduk benar lagi hamil muda hendaklah dia melakukan hal tersebut menghadap kiblat Ida Ida Ida aja jangan apabila kalau dia tidak mampu melakukan hal tersebut mulai Asri Villa penampilan…

    Read More »
Close