Ustadz Badrusalam

  • Tausiyah

    Ustadz Khalid, Badrusalam, Syafiq, Firanda: Hukum Wanita Safar Umroh/Haji Tanpa Mahrom

    Bagaimana hukumnya wanita umroh dan haji tanpa mahram walaupun dalam masalah Umroh dan Haji ini ada pendapat Sebagian ulama yang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Adzan Subuh di Indonesia 20 Menit Lebih Cepat?

    Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustadz ini saya mau bertanya sama Ustadz Badru Saya pernah mendengar ceramah Ustaz salat subuh yang waktunya kalau di Indonesia itu lebih cepat 20 nah baiknya kita sholatnya itu di Pekan 25 atau mengikuti adzan di Masjid ini sebetulnya sudah terjadi perselisihan ini bu ya walaupun di Saudi pun ini terjadi antara pendapat yang mengatakan bahwa salat subuh yang ada di zaman sekarang ini tepat dengan yang mengatakan kecepatan 20 menit sampai 25 menit pertama tentunya dalam hal ini kita ya dalam masalah ini pertama mengamalkan sesuai yang sampai ilmunya kepada kita Saya pribadi pernah pergi ke gunung kemudian mengadakan observasi dalam masalah ini Pak masalah sholat subuh ini saya tunggu ketika Adzan berkumandang saya lihat ternyata Fajar Shodiq belum keluar saya tunggu saya tunggu saya tunggu sekitar 25 menit baru mau muncul Ya wajar kemerahan di ufuk timur Bang Heru juga pernah beliau berada di laut yang bersama apa namanya teman-teman orang angkatan laut angkatan darat angkatan laut dan daratan di hutan mangrove Iya belakang iya kita menunggu di tengah laut itu memang dari adzan terdengar kita setting adzan biasanya adzan kita tunggu malah hampir 27 menit baru kelihatan Fajar sebaiknya di laut itu pengalaman saya karena kita penasaran saya dengan 2 orang dari angkatan darat dan satu dari Angkatan Laut Numpang lewat kapal kita karena laut sambil mancing sih sebenernya Iya mau diam ternyata baru-baru ini pun dari pernyataan umum organisasi Muhammadiyah menyatakan betul mereka mengatakan bahwa secara hisab waktu subuh zaman sekarang nih kecepatan 20 menit itu Muhammadiyah mengakui ternyata dari tim ahli nya mereka Maka Coba deh saya waktu kemarin beberapa kali umroh itu Saya melihat seperti di kota Madinah mereka memberikan jeda antara adzan dan Qomat bisa sampai 30 menit kalau di Mekah Saya pernah hitung 20 menit antara adzan dan Qomat tampaknya mereka juga mengambil kehati-hatian Makanya kalau di Cileungsi di masjid saya al-barkah itu saya memberikan apa masukkan ke DKM tolong untuk waktu subuh antara adzan dan Qomat jeda 25 menit kita mengambil kehati-hatian dalam 2 sampai detik ini diamalkan sekarang kita mendengar bagaimana saya capek berbicara oke silakan set yang di tanya Ustadz Badru ceramah itu anaknya Bentar ya nggak bisa nambahin tapi kita harapkan memang ormas-ormas besar seperti Muhammadiyah Nahdlatul Ulama yang di Indonesia kita harapkan mereka mengadakan peninjauan ulang terhadap penetapan waktu subuh yang sudah ada karena memang yang ada kan waktu sholat sepanjang masa dari dulu mereka sudah Letakkan seperti itu tapi wallohu’alam mungkin terjadi terjadi perubahan sehingga perlu untuk ditinjau kembali kota di Ustadz Badru sudah menyampaikan beliau sudah mengadakan observasi dan teman-teman kita dari Malang juga ada beberapa usah bisa naik sudah makan nulis buku juga harus Aceh Singkil Hasan Bashori Sedang nulis buku tersebut new sampai sekarang Farma saya tadi masih belum ada keputusan untuk merubah hal itu sehingga yang ada adalah kehati-hatian dari kita sekarang kalau waktu sahur nya ikut adzan tetap bisa apa ikut kau maksud Kenapa sahur Katanya sih kalau saya pas adzan mereka pada adzan saya masih terus makan Ustazah Ya Allah HPku kok maksudnya tapi di rumah nggak dipakai orang disunat ya bukan berarti dengan seperti ini kemudian kita anggap Oh berarti seorang sholat subuh sekarang pada nggak usah debat kita tidak katakan begitu karena orang mengamalkan sesuai dengan keyakinannya dan Allah tentu akan mengikuti lihat apa dugaan masing-masing hamba-hambanya kalau kita misalnya Ana sudah melakukan observasi observasi dan Anna melihat ternyata sholat subuh kecepatan maka anda wajib mengamalkan sesuai dengan ilmu yang sampai kepada anak dong Iya maka dalam hal ini Anda berusaha untuk semaksimal mungkin mengundur sholat sampai ya sekitar 25 menit ya rumah marah-marah kalau sudah besar

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Badrusalam, Lc: Hukum Mengangkat Tangan dalam Berdoa

    berdoa sambil mengangkat tangan Pernahkah dicontohkan nabi atau sahabat banyak Pak hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW berdoa sambil mengangkat tangan atau lebih dari 100 hadis bahkan kota Palu termasuk Mutawatir maknawi Adapun hadits Abu Sa’id yang mengatakan Rasulullah SAW tidak pernah mengangkat dua tangannya kecuali sholat istisqo maksudnya mengangkat tangan tinggi-tinggi Adapun mengangkat tangan sejajar dengan bahu seperti yang dicontohkan di rumah Squidward Isinya banyak di antaranya hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam Jakarta ujung aspal mutu Jadi lama ya Robbi ya robb Ya Rasulullah menyebutkan tentang seorang laki-laki yang perjalanannya jauh langkah dan rambutnya kusut dan berdebu dan kedua tangannya menengadah ke langit sambil berkata Ya Robbi ya robb demikian pula dalam Perang Badar disebutkan Rasulullah mengangkat kedua tangannya demikian pula dalam beberapa keadaan yang lainnya ada sekitar 100 hadis menyebutkan Rasulullah mengangkat dua tangannya dalam berdoa Walaupun demikian Pak kata para ulama di saat-saat Rasulullah shalla Sallam berdoa dan para sahabat banyak yang menyaksikan tapi ternyata tidak ada satupun sahabat yang mengatakan bahwa Rasul mangga tangan di situ tidak disyariatkan juga sebab kalau lah gitu mau beli mengangkat tangan tentu para sahabat akan menukil nya bukan Amerika hadir dengan jumlah yang banyak contoh Imam syatibi memberikan contoh yaitu doa setelah sholat fardhu yang menyaksikan salat bersama para rasul para sahabat yang banyak tapi tidak ada satupun riwayat mereka menukil Bawaslu mengangkat tangan setelah sholat fardhu contoh lagi berdoa di saat khutbah Jumat banyak sekali para sahabat yang ikut khotbah Jumat tapi tidak ada satupun so sahabat yang menyebutkan rasa mangga tua bahkan ada riwayat Muslim seorang sahabat yang mengingkari imam yang ketika khotbah Jumat berdoa dengan mengangkat dua tangan download muslim back back sampai sahabat itu berkat taqoballahu atau ini lihat lain Semoga Allah memburukkan dua tanganmu itu rasulullah tidak pernah mengangkat kedua tangannya di saat khotbah Jumat beliau tidak lebih hanya dari isyarat saja Iya sampai di ingkari oleh sahabat maka dari itu kalau ada khotbah khotib Jumat mengangkat tangan ketika berdoa masuk termasuk perkara yang diada-adakan karena apa Karena ada sahabat yang mengingkari kok kan ketika sahabat mengingkari ini di depan sahabat yang lain para sahabat yang lain nggak mengingkari sahabat Ini udah ditunggu download Imam Syafi’i Berapa banyak mah khotib khotib Jumat ketika berkhotbah angkat dua tangan kan ada atau tidak disyariatkan

    Read More »
Close