Ustadz Firanda Andirja

  • Tausiyah

    Ustadz Firanda Andirja: Hukum Umroh Berulang dalam Sekali Safar

    orang yang berumroh dalam satu Safar berulang-ulang maka ini udah silat di kalangan para ulama kalau umroh berulang-ulang dalam Safar…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Firanda Andirja: Bolehkah Wanita Umroh/Haji Tanpa Mahram?

    Ustad Bolehkah seorang wanita pergi haji atau umroh tanpa mahram Dina wanita itu janda masalah bersafar tanpa mahram terutama Safar…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Khalid, Badrusalam, Syafiq, Firanda: Hukum Wanita Safar Umroh/Haji Tanpa Mahrom

    Bagaimana hukumnya wanita umroh dan haji tanpa mahram walaupun dalam masalah Umroh dan Haji ini ada pendapat Sebagian ulama yang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Firanda Andirja: Kapan Saatnya Mengangkat Tangan dalam Doa?

    yang udah jadi gila sama dia mengangkat kedua tangannya ke arah langit dan kondisi seorang mengadakan kedua tangan jika lagi tidur kondisi orang mengemis ini kondisi sangat menghina kan kita kalau kita tujukan kepada manusia itu kondisi yang menghinakan kita tapi kalau kita menghinakan diri kita dihadapan Allah dengan Mangga dua tangan kita menunjukkan pengharapan menunjukkan penghinaan diri kita maka ini sebab dikabulkannya doa oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak ya Day Hay Day Hay Day Hay Day Hay Day Hay Ma anjuran-anjuran ilaihi Chevron Sungguhnya Allah malu kalau ada hambanya tatkala berdoa mengangkat kedua tangan cara Allah Subhanahu Wa Ta’ala Allah kembalikan kedua tangannya dalam kondisi kosong maka diantara adab berdoa sebab dikabulkannya doa Selain Kita menghadap kiblat kita angkat kedua tangan kita amin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan ini hukum asalnya doa hajat kalau tidak punya hajat kita angkat kedua Taman kita apa kita berdua diantara adzan dan iqomat kita angkat kedua tangan dan kita Apakah tatkala sholat sunnah kita yang berupa kita angkat kedua tangan kita Apakah tatkala Kita habis sholat tahajud ingin buru angkat kedua tangan tangan kita kan ada tempat-tempat yang tidak perlu angkat tangan kanan Habis aku sudah tidak mengangkat tangan seandainya nanti mangga tanah tentunya para sahabat akan meriwayatkan contoh doa masuk wc tidak usah Anda mengatakan Allahumma inni a’udzubika Minal khubutsi wal khobar karena kalau nabi melakukannya pasti banyak sahabat yang meriwayatkan contoh juga doa setelah wudhu Rasulullah sering kali baru tetapi tidak diriwayatkan sama sekali Masa Lalu setelah berwudhu hukumnya bila berkata asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Mualimin attawabin ini juga tidak diriwayatkan nabi angkat kedua tangan jadi tidak semuanya doa angkat kedua tangan terutama dzikir dzikir dzikir sebelum tidur tidak perlu kita angkasa angkat tangan kanan tidak diriwayatkan dari nabi juga kalau ingin berhubungan dengan istri Allahumma jannibna shaitan ini sedikit ngapain Mas Batu Aji mati apa baca apa Mama janin Asia tahun ini siapa nama rozaktana Ya sudah langsung aja bismillah jadi tidak semua doa kita angkatan-angkatan tapi kalau doa hajat kita ada keperluan anda tangan bimbang hati gelisah ada masalah angkat tangan minta kepadamu jangan pernah malu kita malu sama orang kawin sama orang tapi kalau minta sama Allah jangan pernah jangan pernah malu orang kalau kita minta orang kalau kita minta lama-lama kita terhinakan dihadapannya orang sebaik apapun kalau kita minta India sekali Mungkin dia senyum senyum Ok tunggu ikannya saya bantu kamu Saya senang sekali kita menjaga kedua kali dia maksudnya maksudnya kita minta ketiga kali mulai hilang senyumnya meskipun dia kasih kita sudah minta empat kali mulai dikasih tapi dalam kondisi cemberut kita minta 5 kali dia Matikan telepon ya sudah gak dikasih itu manusia Kenapa kita malu minta sama manusia Karena manusia itu kekayaan yang terbatas finansialnya apa terbatas beda dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kekayaan yang tidak terbatas sama sekali kata dalam hadis kata-kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala ya benar Adam Lallana Allahumma jinakkan Wahidin Wahidin Adam kalau orang pertama kali dari Nabi Adam sampai orang terakhir di hari kiamat sebelum hari kiamat mungkin miliaran manusia atau triliun manusia bukan manusia jin seluruhnya dari iblis sampai hari kiamat kecil semuanya dikumpulkan semuanya Berkumpul jam 01.00 dataran semuanya minta kepada allah minta apapun Ini minta ini minta ini minta ini Yang Kau Minta macam-macam minta seluruhnya sekarang minta apa saja tanpa batas kemuakan seluruhnya kata Allah tidak akan mengurangi kekuasaannya ke Kayanya sama sama sekali Dalam Hadis Rasulullah SAW mengatakan loha loha tidak akan mengurangi kekayaan obat sedikitpun Apakah apapun pemberian Allah tidak akan berkurang Allah senantiasa Dermawan siang dan malam Nah kalau kita minta kepada manusia kita harus malu hasilnya tidak boleh kita minta minta kecuali darurat tapi kalau minta kepada Allah jangan malu Oh makasih ente tidak ada urusan sama Allah tidak berkurang tidak berkurang sama sekali kalau tidak berkurang kalau berkurang mungkin kita malu malu malu sama Allah Ya Allah kemarin saya sudah minta itu sekarang dia malu malu nggak enak nggak perlu nggak enak sama Allah tidak kekurangan sama sekali tidak dikabulkan 2nd minta triliunan Allah kasih nggak akan berkurang kekayaan Allah sama sekali oh mama udah Kun Fayakun tidak ada jadi aku tahu kalau bercanda sesuatu maka tinggal mengatakan jadi maka jadilah maka diantara doa mengangkat kedua tangan Rasulullah shalla Mengapa kedua tangannya terutama tatkala Istisqo sampai belum makan kedua tangannya sampai terlihat putih ketiak beliau meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala toys jadi diantara daftar kalau berdoa Kita mah nggak tangan orang ini angkat tangan

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Firanda Andirja: Pajak Halal atau Haram?

    Ustadz mengenai hadits Rasulullah bawa pemungut pajak di neraka makalah pajak kita dapatkan dan belum ada hasil jadinya saya sampaikan bahwasanya pajak masalah pajak ada dua pendapat secara umum serta jelaskan pada pertemuan Halo Ada pajak yang ulama sepakat haram shohibu Martin Vina penarik pajak di neraka jahanam itu pajak yang ditarik karena kau Kalimantan pada timbal balik antara timbal balik pajak tersebut ada timbal baliknya Bagaimana hukumnya Apakah ada dua pendapat udah pernah mengatakan haram secara mutlak mengatakan tidak boleh tak bersyarat Bolehkah syarat-syaratnya misalnya negara dalam kondisi miskin tidak punya harta untuk itu negara kita sudah memenuhi syarat yang banyak tadi ada salah-salah lainnya yang kemudian dikeluarkan oleh Iwan fatwa apakah sel tersebut berbunyi atau tidak itu pembahasan selanjutnya kalau tidak terpenuhi apakah bekerja itu boleh atau tidak itu Mbak San berikutnya tapi secara umum pendapat yang kita kuatkan yaitu pajak hukum asalnya haram dia dibolehkan dalam kondisi apa darurat dia boleh tapi ada persyaratan persyaratan lowongan di saat itu yang disampaikan lebih dari itu saya tidak tahu

    Read More »
  • Umroh

    Ustadz Firanda Andirja MA: Tanya Jawab Seputar Umroh

    waktu kita mengerjakan ibadah umroh Cukup Sekali Saja dikerjakan atau bisa dikerjakan berulang-ulang sampai berkali-kali selama kita di Mekah Apakah boleh mengulang ulang Imo S88 kalau beliau Keluar berapa meninggalkan kota Mekah medan perang komentar kalibalik Perang Teluk Semenanjung untuk beliau tidak sengaja untuk tinggal di daerah halal di Mekah ada yang namanya daerah halal dan daerah Karang daerah atau di luar daerah orang seperti apa kemudian Corona kemudian tas itu semua daerah-daerah halal orang yang ingin umroh bagi penduduk Mekkah dan kalau ingin umroh maka dia menggabungkan antara daerah halal dengan daerah haram karena umroh maknanya ziarah oleh karenanya mereka harus keluarkan daerah untuk kemudian apa untuk kemudian masuk ke daerah orang ini bikin penyelenggara Urusan Agama yang menyatakan bahwa saya tidak pernah sengaja melakukan ini dia sengaja untuk pergi ke daerah kalau kemudian umrah tapi dia telepon ke belakang karena dia keluar Safar kemudian balik melewati dikabarin ya OK Google find sebelum lahir dengan kisah sahabat bakalan hak yang tatkala sampai di Mekah kemudian dia ingin umroh maka Abdurrahman Bin Abi Bakar As Siddiq saudara laki-lakinya Aisyah mengantarkan untuk pergi ke melaksanakan umroh dari sini ada yang mengatakan boleh melakukan umroh meskipun berulang-ulang akan tapi dia mengatakan nabi dan para sahabatnya mereka tatkala umroh atau Haji mereka tidak pula undang-undang tersebut adapun yang dilakukan oleh Aisyah itu karena Aisyah tidak tempat menggabungkan antara umrah dengan Haji sehingga Aisyah kemudian menangis ingin punya Bagaimana sahabat sahabat wanitanya yang lain yang mereka menggabungkan antara haji dan umroh karena Aisyah setelah haid tidak bisa menggabungkan antara Haji dan umrah tidak bisa lagi radio belum gajian doang belum belum Udah itu pun ditemani oleh Abu Bakar di rumah bersama dia berkata tidak dikatakan Sunda dianjurkan untuk mengulangi umroh tatkala kita sudah di Mekah sudah ubah bentuk lagi umroh lagi menjadi tidak dianjurkan bagi siapa yang nantinya rindu ingin kau ada orang sebagai pribadi sebagai manusia itu mereka tidak mengapa hukumnya boleh tidak kalau menjelang pabriknya boleh boleh saja tidak dilarang Tadi katanya ada sunnah membaca Quran sebelum sebelum maghrib seperti terjadi katakan bahwasanya masalah ini ada masalah jika diantara para ulama ada yang mengatakan bila ada yang mengatakan hanya dianjurkan dan saya lebih cenderung pada pendapat bahwa tanya apa dengan dia mengatakan dibolehkan namun tidak dianjurkan untuk hukumnya dibolehkan namun tidak dianjurkan Alhamdulillah ibadah banyak kata-kata di Bekasi sakit apa kabar umrah kita tahu arti doa sholat di Masjidil Haram baca Al Quran dan ibadah-ibadah yang lainnya tidak perlu mengurangi lemak karena kalau laki-laki ingin mulai umroh pertama dilakukan di sini ditunda-tunda orang gundul tadi ngomong dianya cukur dari sini dia tunggu di kemudian umrah Jupe lagi daripada bisa turun tapi kalau enggak ini pertanyaan kepada Walaupun nggak mereka bagi pemula dilakukan antara daerah otonom pada hukum jadi ya ada yang mengatakan para sahabat di Madinah Mekah yang sangat jauh sayang seorang orang lain Bagaimana seorang Bolehkah menghajikan orang lain di situ tidak dikatakan sunnah tapi sekarang bukan sunnah Ada orang datang jika tidak ada tidak ada pengaturan menghajikan orang tua tapi kita sendiri apa anjuran untuk dari inisiatif vitacid untuk menghajikan orang tua ini tidak jadi masalah bentuk di rumah ini tapi tidak ada karena dalam hal ini ada ibadah yang lain seperti mendoakan orang tua kepada ke atas nama orang tua dan boleh tidak berhaji kamu tidak dikatakan sunnah ya tinggal jangan terkesan Pokoknya harus ada tanda-tanda kalau kita tidak tentram kecuali terbesar di Bali itu makanan apa yang berdua 1 sampai di dalam rongga orang aku ini kita khawatir sekali pikiran-pikiran seperti itu

    Read More »
Close