Ustadz Hanan Attaki

  • Keluarga

    Ustadz Hanan Attaki: Bersabarlah, Jodohmu Pasti Akan Datang

    pernah nggak gara-gara mikirin satu sosok wanita yang kita banget terus jadi nggak kalau saya sih pernah malah sering gara-gara…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Untukmu Wahai Ukhti, Inilah Sebaik-baik Perempuan

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim sebaik-baik perempuan adalah yang paling ringan maharnya ringan itu bukan murah ya ringan itu memudahkan sebaik-baik perempuan yang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Kisah Maryam Binti Imran, Wanita Terpilih, Teladan bagi Muslimah

    ini adalah sepenggal kisah teman-teman tentang limbah livegoals bahwa disini dikisahkan hikmah atau keinginannya Ibu Maryam istrinya Imron dan By the way Imron ini adalah salah satu simbol keluarga paling keren yang Allah rekomendasikan di dalam Alquran selain keluarga Nabi Muhammad itu ada dua keluarga lagi keluarga Ibrahim dan keluarga Imron jadi kalau kita pengen niru pengen jadi rumah kita itu seperti apa sih seperti rumah Nabi Muhammad bayi buah atau rumahnya Ibrahim atau rumahnya Imron salah satu dari 3 itu kalau bisa tiga-tiganya lebih keren Allah rekomendasi itu di dalam al-qur’an Allah telah Innallaha Stafa ada malahan Wali brahim wala Imron al amin Allah menjadikan mereka lebih daripada semua yang ada di dunia 2 keluarga ini keluarga Ibrahim dan keluarga Imron bahkan Sebagian ulama sampai berdebat umroh ini nabi atau bukan sebagian mengatakan Imron ini orang Shalih dan sebagian lagi mengatakan hal ini termasuk salah satu diantara nabi walaupun bukan Rasul karena Sebagian ulama mengatakan nabi itu ada 124000 banyak dan salah satunya ada Imron terlepas dari perdebatan status Imron yang jelas dia adalah hamba terpilih dan Allah menikahkan Imron dengan seorang perempuan yang sangat soleha perempuan yang nggak sembarangan perempuan yang dari bibit yang luar biasa ini nanti muncullah keturunan-keturunan yang luar biasa hebat menyejarah sampai Alquran menyebut mereka nyebut namanya nyebut kisahnya nyebut keutamaannya itu keren banget dan tadi saya bilang By the way nya apa istri Imron itu adalah adik kakak dengan istri Zakaria jadi Imron nama Zakaria apaan di Pare karena istri Imron itu adik kakak sama istri Zakaria jadi ini orang-orang Soleh Semua yang tinggal di Palace di Palestina atau tinggal di dekat Masjid Al Aqsa Imran nggak punya anak Zakaria juga nggak punya anak dua dua juga punya anak my Imron nggak punya anak Sampai usia Tua Jakarta juga nggak punya anak Sampai usia 2 sampai kemudian istri Imron bernazar dulu Nazar itu masih sesuatu yang wajar di zaman Nabi Muhammad sampai kita sekarang Nazar itu boleh tapi agak kurang disukai tapi boleh-boleh aja dulu istrimu bernazar ini Nazar tuh saya bernazar kalau saya hamil saya pengen punya anak laki-laki kalau dia jadi anak laki-laki yang akan saya Jadikan Dia sebagai Marbot Masjid Al Aqsa sebagai Hakim atau merebut Masjidil Aqsa ini live bosnya istri pengen punya anak yang nggak Makmur in rumah Allah pengen punya anak yang kerjanya ngapain jaga rumah Allah supaya Allah jaga dia nanti di akhirat dia kerjaannya tuh bersih-bersih masjid dan itu bukan kerjaan orang yang pengangguran lo ya walaupun istilah di kita itu Marbot itu istilah yang mungkin terjadi kemudian Terkesan di masyarakat sesuatu yang nggak-nggak keren biasa aja padahal itu pekerjaan paling mulia loh kalau ada orang yang sebagai Mungkin dia yang bertanggung jawab di sebuah bangunan sejarah perpustakaan museum kayak gitu gitu ada yang lebih keren ngejaga rumah Allah Subhanahu Wa Ta’ala ngejaga di sini bukan berarti kalau nggak bisa dijaga Allah ngasih kita bagian supaya kita dapat kebaikan karena kehormatan Tolong jagain sendiri terus nggak ada peluang kita untuk dapat kehormatan dari Allah Justru karena Allah kasih kesempatan ini bukan karena Allah kurang mampu nggak tapi Allah pengen kita dapat kehormatan dengan menjaga rumah Allah memakmurkan rumah Allah itu live gua lesnya istri Imron pengen banget punya anak laki-laki bakalan jadi seperti Zakaria jadi istri Imron ngefans berat sama zakariya ya Allah saya pengen punya anak laki-laki kayak gitu tuh kayak ipar saya kaya Zakaria mudah-mudahan anaknya laki-laki Nazar sampai kata gombal Mini Arab terima Ya Allah terima lu kan nggak dikasih ya ketawanya Pak sudah lahir Pak sudah lahir tagihan listrik bulan Robi ini Waktunya Tuhan Ya Allah gimana nih anaknya perempuan sementara wales aja kamu kalau misal ini perlu kita garis bawahin laki-laki tidak sama seperti perempuan ini bukan bank emansipasi bukan islam anti kesatuan maksudnya adalah dulu tradisi orang Bani Israil tradisi orang Yahudi yang ada di Palestina perempuan itu nggak boleh menjadi Marbot di masjid perempuan itu nggak boleh belajar di dalam masjid perempuan itu nggak boleh bahkan masuk ke mesjid kecuali terbatas kali gitu Jadi maksud laki-laki tidak sama dengan perempuan maksudnya tradisi yang berlaku waktu itu tidak sama laki-laki dan perempuan ini bukan doktrin bahwa islam itu enggak mengakui perempuan bukan kita harus balik lagi ayat itu kembalikan lagi kepada konteks sejarahnya makanya saya sering bilang jangan mencet sejarah dengan Angel kekinian pasti jadi salah paham kalau kita menilai sejarah tapi pakai persepsi kekinian kita akan sering salah paham terhadap kok gini sih Kok gitu sih Kenapa karena kita ngelihatnya benturan dengan kacer kekinian kan Makanya kalau pengen ngerti sejarah pake lain gak usah jadi yang dilihat bukan cuma adegannya sampai persepsi sejarah emosional sejarah lengkap gitu jadi sejarah tuh sampai baper jangan cuman ada Gan Tapi persepsinya kekinian gak nyambung Nah Pada masa itu laki-laki dan perempuan itu dibedain tentang masjid laki-laki boleh masuk ke masjid bebas boleh berkhidmat di masjid boleh belajar di masjid boleh jadi masjid perempuan nggak boleh beda dengan diislamkan kalau di Islam justru sebaliknya sama laki-laki dengan perempuan dalam masjid Cuman beda Siti Hawa perempuan lagi nanti ada batasannya tapi kalau perannya di dalam mesjid Boleh banget Buktinya apa Aisyah itu nggak Jalan Haji Slamet loh dan muridnya laki-laki muridnya aja itu juga banyak laki-laki laki-laki walaupun berdua ngajarnya tuh Abu Hurairah sama Aisyah tapi banyak hadis-hadis yang Aisyah tahu Abu Hurairah nggak tahu atau hadis-hadisnya Abu Hurairah tahu aja nggak tahu sehingga mereka saling mention gitu saling broadcast asal broadcasting dong harusnya gua nggak tahu dipake sama aja nanti aja saya juga apa minta tidak bergerak saling transfer hadis bukan untuk mentahdzir ya mereka mentransfer hajat bukan untuk Nyalahin nyalahin aku salah mentransfer ditunggu tulis jaring kebaikan motivasi sifatnya waduh gitu ya Iya ya gitu jadi dalam Islam bunga dari Aisyah ngajar di masjid nanti ada tokoh-tokoh perempuan yang luar biasa banyaknya termasuk yang paling Legend itu kan Khadijah yang paling berpengaruh dalam dakwah nabi dan Khadijah dan Khadijah itu enggak Tinggal diam di rumah nungguin kamu mau ke mana ya udah jam segini belum pulang ditelepon gak diangkat aja kayaknya abis ba gitu gitu nggak ada jatuh nggak pasir di rumah lo ya nggak bantu doa Nabi dia artis cuman tetap ada ada etikanya Adam oralit moralnya di masa itu justru Allah pengen mengubah tradisi orang Bani Israil yang menganggap perempuan itu kelas kedua di antara masyarakat pakaian diri ini sebetulnya bahasa sindiran wanita zakat menurut orang Bani Israil perempuan itu nggak sama dengan laki-laki tapi dia ya berikutnya batako balahu Habil kabulin Hasan tapi Allah sendiri menerima perempuan itu dengan penerimaan yang baik jadi Allah tuh pengen mengubah tradisi sebetulnya biar kita nggak salah paham terhadap ayat ini kayaknya tuh enggak sama laki-laki perempuan yang nggak sama itu bukan dalam persepsi ayat bukan dalam persepsi Allah dalam persepsi masyarakat dan Allah mengubahnya dengan kalimat fakta cobalah Arabia kabulin Hasan ini justru Allah nerima perempuan itu dengan penerimaan yang sangat istimewa dan sediakan khusus My Hero buat dia diberikan keutamaan buat dia sampai turun makanan aja dari langit coba kurang apa perlakuan alat olahraga Maryam tuh lebih istimewa daripada cowok-cowok yang udah lama disitu banyak tuh cowok-cowok ada yang jomblo ada udah nikah i’tikaf di masjid pertama yang jomblo ya masih punya banyak waktu lagu Ari tingkatkan kalau udah nikah kalau keseringan etika belum juga ama istrinya kan ya kalo udah ini kamu dijadwal in seminggu sekali tapi kalau masih sendiri itikaf aja setiap hari kos-kosan nggak sempet bayar udah gimana Jadi udah lama di masjid kayak gitu tetep aja lah nggak ngasih hidangan dari langit sedangkan cewek malah Kasih Jangan lagi ini menunjukkan bahwa islam itu menghargai perempuan banget loh bisa dibilang jarang banget ada orang yang dapat hidangan Slank datang dari Langit Itu udah buah yang segar yang mudah kualitasnya luar biasa di depan Maryam Zakaria aja sampai terheran-heran padahal Jakarta itu jelas-jelas sepatu di atas Nabi Zakaria aja terheran-heran dengan perlakuan treatment langit kepada Maryam sedangkan Bani Israil melecehkan Maryam yang dimaksud Malaysia karena tidak sama laki-laki dan perempuan di sini adalah lagi nyindir tradisi Bani Israil gitu maksudnya bukan dalam Islam itu laki-laki dan perempuan itu dibelain buka udah gitu Ya udah deh kalau gitu udah terlanjur Wahidin anak cewek masa mau digimanain lagi gitu Mas Adi operasi segala macam nggak susah akhirnya Ibu Maryam menamakan anaknya ini sama itu ha Maryam Apa arti Maria di Maria batu secara bahasa artinya Marbot cewek cari arti Maryam itu Kak Limah yang bersifat itu bahasa dulunya adalah Maryam kemudian jadi bahasa Arab ini sama itu hari yang saya pengen ngasih Diana mawar buat perempuan bahasa singkatannya Maryam mudah-mudahan engkau menerima dia ya Allah akhirnya dia adalah meriam dari kecil bayangin teman-teman Maryam usia 3 tahun udah nanya-nanya ke ibunya Mah kapan aku ke Al Aqsa Kapan apa-apa beribadah di sana kapan aku disantenin kapan aku dimasukin ke pesantren itu 3 tahun dan minta-minta kayak gitu malah ibunya nggak tega Ma aku kangen dengan orang karena belum waktunya Karena ada waktunya nanti dia Bolehkah lacto Maryam setiap hari naik ke atas bukit Mengapa menghadap ke arah al-aqsa dan berbicara dengan Allah ya Allah gue kangen dengan al-aqsa Ya Allah aku pengen ke sana ya Allah ini daya tariknya al-aqsa jadi salah satu ciri orang beriman mencintai Al Aqsa itu salah satu bagian dari keimanan mencintai Al Aqsa bukan karena konfliknya bukan karena sentimen terhadap Israel nya bukan karena emang kayak gitu turun temurun dari zaman dulu ini tradisi-tradisi spiritual namanya dari zaman Nabi Sulaiman udah kayak gitu zaman sebelumnya juga kayak gitu zaman Musa juga kayak gitu tradisi spiritual yang di turun temurun kan dan Maryam kecil anak usia 3 tahun udah cinta pengen ke sana mah kapan Ma kapan Ma kapan Kenapa bisa punya anak kayak gini livegoals ibunya ibunya jadi kalau salah satu rahasia dari last goal situ kalau benar-benar kuat jadinya mah nanti kita belajar apa bedanya sama dengan sekedar basa-basi kalau bener bener aja di ini mah temen-temen itu akan jadi kenyataan Lho gimana kita jadiin live goal kita jadi kenyataan last goal kita jadi keajaiban Walaupun rintangan ada aja kayak istri merokok lahirnya anak perempuan justru kalau pengen ngasih banyak hikmah banyak luar biasa pelajarannya lewat skenario kayak gitu nah ini pembahasan yang luar biasa penting buat kita sendiri termasuk bagian dari yang paling sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari kita pengen ini kita pengen itu gimana kepengen nya kita itu direstui sama Allah terus jadi kenyataan salah satu keinginan besar ibunda Maryam adalah punya anak yang kelak jadi seperti Zakaria berkhidmat untuk Masjidil Aqsa lalu Beliau bernazar kemudian hamil yang tadinya nggak hamil-hamil tapi gara-gara punya Nazar gini ya Allah berilah rezeki hamil cuman sedikit berbeda dengan harapan beliau bahwa yang diharapkan lahir anak laki-laki soalnya tak bukan nggak mau anak perempuan bukan karena tradisinya nggak boleh anak perempuan berkhidmat di masjid al-aqsa jadi masih pakai mindset tradisi Bani Israil tapi Allah pengen mematahkan main Sari tuh pengen mengganti tradisi itu dengan cara setengah jalalah setting lahirnya anak perempuan dan anak perempuannya juga bukan anak perempuan biasa menurut saya tuh perempuan nomor satu di dunia yang paling istimewa da4 Asia Maryam Khadijah Fatimah yang sempurna Tapi kalau buat saya tuh cerita-cerita Maryam ke luar biasa walaupun kita tidak mengecilkan Khadijah dan Fatimah dan itu luar biasa juga cuman kalau Mariam sampai nama surat AlQuran jadi nama dia gitu kan Ya kisahnya ada di surat Ali Imron bapaknya juga jadi nama surat sakit istimewanya ini Allah saya tinggal gitu lahir anak perempuan Mariam dari kecil sudah sholehah sholeh hanya tuh kayak give bakat bukan soalnya hasil didikan Tapi emang banyak akan ada orang yang bakat Soleh ada yang di Dikti lirik jadi orang Soalnya kalau yang banget soalnya tuh keluarganya nggak ada yang soleh justru keluarganya soalnya gara-gara dia lahir terus tuh dia lahir berubahlah keluarganya ada yang kayak itu kan gif dari Allah Ya mungkin doa-doa dari kakek buyut tak kesepian Nah pas Maryam cukup umur usia masih anak-anak juga tapi udah cukup umur bukan lagi dalam asuhan maka Maryam dibawa ke Masjidil Aqsa awalnya ditentang sama apa rahim Rabi Rabi Yahudi yang ada di sana karena mending menyelisihi tradisi mereka gimana wajah karya kamu masukin anak perempuan ini buat kita ini nggak boleh dan seterusnya selesai akhirnya Zakaria Mama meyakinkan mereka membujuk mereka sampai di Jakarta bikin es sop udah tenang aja dia nggak akan ganggu kalian dia akan kita berikan merek sendiri dia nanti ada jadwal sendiri dia tidak akan ikut dengan jadi ada Taklim di masjid cewek gak boleh ikut kalau kita akan menyediakan cewek justru diatas kita ya masalahnya saking Mulianya jatuh di atas kita di bawah cuman nggak boleh lihat ke belakang ya doain aja yang di belakang mudah-mudahan tahu akun kita jadi cewek-cewek pada di atas kalau di zaman dulu Bani Israil justru Jawa itu nggak boleh ikut Alim loh kalau ada yang bilang Islam itu nanti apa perempuan kesetaraan gender emansipasi segala macam nggak justru Maryam itu nggak Boleh Ikut paling parah laki-laki mereka buat Taklim tafsir Taurat hadis-hadis Nabi Musa kan dulu tuh ada tafsir ada hari juga ya tafsirnya Kitab Taurat haditsnya nabi Musa basiroh bahasa fiqih itu semuanya buat cowok cowok cowoknya nggak boleh kalau Maryam dibolehin tinggal di sebuah mirip dengan cara dia nggak boleh ikut dengerin ta’lim dia murni cuman kata-kata indah untuk orang berwudhu terus ngebersihin mesjid pas orang udah pada bubar gitu doang…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Sempatkan ‘Melompat’ Sebelum Terlambat

    bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh alhamdulillahirobbilalamin nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh al-falah hadiahlah asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syai-in Qadir wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Allahuma Shali wasalim wabarik Ala Sayyidina Muhammadin wa ala alihi wasohbihi ajmain teman-teman yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala puji syukur kepada Allah yang pada malam ini kita bisa ngumpul bareng lagi untuk sama-sama belajar belajar meneladani Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam banyak hal karena Rasulullah Shallallahu salam adalah orang yang paling sukses dalam semua contoh kebaikan terutama dalam urusan akhlak sampai Allah aja kagum sama nabi Ini luar biasa Allah yang Maha istimewa yang maha Mulia kagum kepada nabi jadi Allah itu berhak dikagumi tapi Allah sendiri kagum kepada nabi sehingga bentuk decak kagum Ya Allah kepada nabi itu adalah wa inna kalau khuluqin adzim Allah jemput engkau wahai Muhammad bener ya emang akhlakmu itu luar biasa kata Allah jadi Allah sendiri nggak Muji nabi Allah sendiri men testimoni tentang nabi Allah sendiri membuat apa menyebutkan keistimewaan Nabi dengan kalimat kalimat penegasan benar engkau Muhammad benar-benar akhlak mutu luar biasa jadi Allah mengatakan kalimat penegasan berkali-kali untuk Rasulullah dan cuman nabi satu-satunya manusia bahkan makhluk yang disandingkan namanya Dengan nama Allah kalau yang lain Allah nggak rela disanding yg namanya Dengan nama Allah sampai kita aja bilang dananya lu nggak rela nggak ada yang tahu isi hati saya kecuali Allah dan saya itu apa nggak suka kalimat dan ajalah nggak Nggak suka karena lebih tepatnya bukan Allah dan saya Allah kemudian saya jadi kita tahu karena Allah yang ngasih tahu ngasih tahu padahal isi hati kita sendiri jadi nggak sembarangan orang boleh menyematkan namanya Dengan nama Allah itu nggak sih bahkan nggak ada yang layak kecuali Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam langsung disematkan belum ada orangnya belum lahir kedunia udah ada namanya ada di langit namanya terkenal di antara para malaikat bahkan cahayanya udah ada termasuk yang pertama Allah ciptakan para nabi semuanya udah mention mention at Muhammad Muhammad di setiap postingan mereka semua nabi itu kalau posting pasti nggak mencret nabi itu makanya jadi hashtag para Anbiya tuh nabi terakhir nabi terakhir nabi terakhir kan jadi nabi Translate kakek dari Nabi Muhammad dari Nabi Adam Lebih ramai lagi sejak Nabi Nuh Nabi Ibrahim Razak itu dipakai terus dan Allah selalu mengatakan muson di akun yang membenarkan nabi-nabi sebelumnya jadi rasa-rasanya nggak ada yang lebih layak kita pelajari tentang kehidupannya kita teladani akhlak dan karakternya daripada Rasulullah Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam kalau kita nggak terlalu kagum sama nabi itu kan emang kita nggak kenal kali kalau kita kenal pasti kita akan kagum banget saking kagumnya kita sama nabi kayaknya kalo di sebut nama nabi itu kayak disebut nama pacar gitu eh saya nggak tahu ya gimana rasanya Maaf ya saya tahunnya nama istri tuh kalau di sebut nama nabi itu rasanya tuh kayak gimana gitu kita juga ya jadi orang yang apa baper sendiri terjadi senyum-senyum sendiri saking istimewanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam malaikat aja udah seneng banget lama Nabi udah seandainya malaikat Nggak ada kerjaan tugas yang lain pengen nyate bareng pengennya tuh turun ke bumi berdesak-desakan pengen ngikutin nabi cuman kan nggak boleh Karena malaikat itu masing-masing punya tugas jangankan malaikat lain yang punya tugas berbeda di blog aja yang tugasnya nggak dampingin nabi juga nggak boleh turun kalau nggak diperintah ini lho kan walaupun secara pribadi juga itu kangen sama Nabi Nuh kangen nih pengen ketemu Muhammad tapi belum diperintah in Muhammad juga di bumi kangen sama Jemput ke mana ya gimana kok nggak datang-datang udah beberapa hari Biasanya suka nongol biasanya suka ngajak ngopi ngapain gitu ngobrol gitu kan Ya udah lama nggak ngopi bareng zebra tuh buat nabi itu kangen banget saking kangennya nabi setiap hari keluaran ngeliatin manajemen kok gak ada tanda-tanda muncul gitu lho Bro juga pengen pengen turun pengen turun nggak bisa ketika Jibril turun ketemu nabi-nabi nanya ya Jibril Dari mana aja kok nggak datang-datang Saya nungguin kata Jibril Paman Datang asal usul Habib Rizieq Surat Maryam kami tidak turun wahai Muhammad kecuali karena perintah Allah saya juga kangen cuma ndak bisa turun kalau nggak diperintah Insya Allah dari malaikat cinta banget sama Jibril dan Malaikat itu standarnya tinggi banget loh kriteria layak dicintai malaikat tertinggi jadi nggak sembarangan orang malaikat sayang dan cinta sama dia dan Nabi Muhammad SAW wassalam itu adalah idola semua malaikat karena akhlaknya luar biasa saya kalau sudah ngebahas tentang nabi itu seneng gitu ah Masya Allah Nabi Tulis aja bahas kisah-kisah detail nabi itu luar biasa loh kayak gimana Yang Dulu saya sering cerita nabi itu orangnya Sari rohnya perasaanya tuh halus banget lebih halus daripada perasaan perempuan tapi lebih pemberani daripada 10 orang laki-laki kan ini deal ya kalau kita mungkin sok pemberani tapi nggak punya perasaan dong beraninya Bukan ini bukan hati sok sok pemberani tapi nggak berperasaan atau perasaannya peka banget tapi nggak berani nabi itu ideal perasaan yang halus lebih daripada seorang anak gadis tapi pemberani nya dan kuat diatas 10 orang laki-laki jadi ideal banget lah saking halusnya perasaan nabi peka terus kayak ngejagain banget perasaan orang lain yang ada kisah baru nih mudah-mudahan jadi renungan buat kita nabi itu kan Rofah ya jaga perasaan orang pernah suatu malam nabi bermimpi melihat surga dan mimpi seorang nabi itu adalah wahyu artinya nabi itu benar-benar Melihat Surga dari nabi masuk ke surga dalam mimpinya terus tiba-tiba di surga itu nabi melihat sebuah istana sebuah rumah yang bagus banget lagi ngelihat rumah yang bagus banget menoleh sedikit ke sebelah rumahnya melihat seorang gadis lagi main ayunan di sebelah tuh cewek lagi main ayunan nggak tahu bentuk ayunannya kayak gimana Kayak di taman lalu lintas Apakah gimana pokoknya main ayunan lagi main ayunan nabi ngeliat trus Nabila kecilkan api didampingi nama Jibril Jibril itu istana siapa ya berarti ini ya Bukan itu cewek siapa bukan ini bahasa apa elegan Ya Rasulullah itu istana siapa artinya perempuan itu pasti istri pemilik kita adakan gitu ya nggak mau nanya itu si istri siapa nggak etis nanya kayak gitu Tapi nanya itu mobil siapa yang ditumpangi sama perempuan itu berarti dia istri yang punya mobil dia leganya bahasa Rasulullah dan ini kan gitu banget ya kalau kita kan dengan polosnya dengan sederhananya nanya itu siapa ceweknya yang dimaksud kalau nggak itu istana siapa berarti artinya nanti ini adalah istri yang punya yang punya istana wajib yaitu istana siapa kata nabi kata juga itu istana Umar Bin Khattab langsung nabi balik arah pergi Kenapa malu nggak sengaja ngeliat istri orang besok setelah bangun dari tidur paginya nabi ketemu kemarin aku senyum-senyum aja terus nanti bilang ya Umar aku semalam mimpi Ada apa ya Rasulullah kan udah seneng banget kalo lagi udah mau ngasih sesuatu yang gaib aku semalam mimpi mimpi apa ya Rasulullah aku melihat surga Masya Allah Masya Allah aku melihat istana-istana mewahyukan Beneran ya Rasulullah beneran Alhamdulillah ya Allah udah segitu aja tapi nggak mau ngejelasin coba saking menjaga perasaan cuman cuman mimpi doang nggak chatting menjaga perasaan umat Nabi nggak mau jelasin udah segitu aja ya Rasulullah jelasin dong yang ditekan tapi kalau dijelasin surga biasa untuk detail banget makanannya minumannya gelas gelasnya kau ini cuman istana doang pasti ada yang disembunyiin nih langsung aja sih Nggak nggak segitu doang biar semua jelas tak akan berhenti bertanya Maaf ya nggak minta maaf dulu coba masih sayang lihat istana itu terus tiba-tiba saya melihat seorang perempuan yang lagi main ayunan di sebelah istana saya nggak tahu rumah istana Siapa pemilik Umar Akhirnya saya langsung balik arah dan gak mau melihat perempuan itu Maaf ya Umar Ya Rasulallah kata gombal bagaimana mungkin saya akan cemburu kepada engkau Ya Rasullah nggak apa-apa kata umat tapi saya nggak enak lihat Rasulullah salah salah menjaga perasaan orang lain sampai istri orang aja di dalam mimpi nggak mau melihat di dalam mimpi itu kita ini bukan jatahnya cuman mimpi doang mimpikan kata-kata imajinasi kalau kita mau ya Rasulullah dalam mimpi aja nggak jaga perasaan orang apalagi dalam kehidupan nyata kita dalam kehidupan nyata yang jagain orang gila mimpi malah ditikung Saya pernah nikung temen saya dalam mimpi soalnya mimpikan nggak dianggap sebagai kesalahan dimaafin pokoknya kalau udah cerita tentang Nabi Subhanallah Masya Allah tuh cowok keren banget lah pokoknya dan banyak banget untuk kita sering-sering bershalawat kepada beliau Allah ala sayyidina muhammad Saya cuman pengen doang nggak intro tentang ini walaupun judulnya bukan ini sebetulnya Nah kita malam ini bakalan ngebahas tentang analoginya lompatannya sebetulnya itu ngebahas tentang mengambil sebuah keputusan besar dalam hidup mengambil sebuah keputusan besar dalam hidup yang kadang mungkin berhasil kadang penuh dengan jembling kayak gitu gitu Dan makin cepat harusnya makin bagus kayak mengambil keputusan untuk berhijrah ambil keputusan untuk berhenti di sebuah pekerjaan yang syubhat dan haram mengambil keputusan untuk putus dari ini nggak gampang loh lebih enak ngambil keputusan nggak jadi ngedeketin daripada udah deket terus putuskan berat banget kan kalau nggak jadi nggak deketin ah Ya emang belum ada rasa terlalu dalam nih Apalagi kita ngelihat kayaknya sayanya berat-berat Ya udah deh Mundur aja ini masih lebih penting daripada udah dapet udah dapat hatinya nih Maaf udah jadi pacar Terus diputusin itu pasti nggak gampang dan tentunya saya nggak nyuruh orang pada putus ya nyuruh orang-orang untuk menghalalkan kalau nggak bisa halal ya istikharah bisa Allah dialah agar si Ilham untuk putus…

    Read More »
  • Tausiyah

    Ustadz Hanan Attaki: Mustajab Doa di Sepertiga Malam

    audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Coba Kita Renungkan kalau dalam hidup kita selama ini kita punya masalah Sepertinya kita masih kurang baik karena kalau kita ada masalah pasti masalah itu muncul dari keburukan-keburukan kita bisa keburukan hari ini bisa keburukan kita yang di masa lalu nggak mungkin karena kebaikan pasti keburukan-keburukan hari ini atau keburukan kita di masa lalu tinggal kita mengevaluasi keburukan itu list kesalahan kita yang harus kita perhatikan bukan list kebaikan lalu kita coba renungkan kayaknya Saya masih kurang baik nih tingkatkan lagi kebaikan kita hubungan dengan Allah perbaikin lagi datang ke rumah Allah saya ingin lagi terutama di perantauan apa subuh itu waktu favorit mengangkat kedua tangan lebih lama lagi terutama di waktu yang salah sendiri turun kelangit dunia udah gitu Allah bertanya hal mimpi saja hal mintain ada nggak hambaku yang butuh sesuatu biar aku kasih ya Allah butuh kamu tahu kan butuhnya apa ya tahu kamu kalau kalau kamu mau ngasih jodoh yang mungkin yang lain engkaulah tahu jomblo apa sih masalah jomblo yang paling utama Selain itu kan kita mah boleh kapan kita boleh Lapar perut kita boleh nggak apa nggak jelas hidupnya tapi hati harus terisi kalau itu udah ada nggak makan juga nggak masalah yang penting yang nya makan pagi nya doang yang nggak Nah ini teman-teman artinya kita Coba perbaiki lagi hubungan kita dengan Allah dan jangan pernah ragu bahwa hubungan kita kalau semakin baik dengan Allah hidup kita susah itu nggak ada nggak ada pasangannya kayak gitu tuh Nggak makin baik hubungan kita dengan Allah hidup kita makin mudah makanya ini sekedar inspirasi aja saya baru juga dapat sharing dari seorang teman tadi melihat cerita dulu sebelum hijrah di sebuah pekerjaan yang nggak Halo beliu ngerasa hidup beliau penghasilannya tuh kayak lancar gitu banyak untung besar segala macam  tapi setelah beliau hijrah bagi yang merasa sekarang kenapa kok penghasilan saya jadi berkurang Ustad jadi masalah malah susah financial saya itu bermasalah Ustad saya tanya dulu sebelum hijrah Emang ada masalah apa masalahnya sih Saya punya hutang 47 melihat makanya saya hijrah Tapi setelah saya kok saya tanya jadi susah nggak kayak dulu dulu antar saya balik tanya emang nya dulu bapak bagaimana disebut penghasilan lancar sementara hutangnya 47 miliar itu bukan penghasilan itu bukan Rizky itu bukan keberlimpahan itu minus minus 47 miliar sejak hijrah berasa penghasilannya susah nggak justru sejak hijrah penghasilan beliau mungkin nggak pertama Timnas jam segitu aja jangan nambah lagi gitu pelan-pelan berkurang dinasnya jadi misalnya 20 miliar 10 miliar hari ini uang semua ini jadi Hokage 7 miliar langsung terhitung gitu beli kerupuk berapa misalnya beli bakso lumayan banyak kan ya orang sering salah paham dia ngerasa bahwa dulu sebelum hijrah lancar padahal nggak lancar penghasilan yang lancar hutangnya setelah pergi tidak mungkin setengah gitu tapi hutangnya juga seret penghasilannya Allah akan perbaiki secara bertahap kayak orang sembuh-sembuh nya pelan-pelan pertama mungkin hilang dulu panasnya kemudian mulai hilang radangnya kemudian mulai lemes nya ilang udah ada sehat bertahap artinya teman-teman nggak mungkin bersilangan sehingga kita coba belajar yakin wamayatakilaha pasti Ya iyalah Ubah Wajah jadi kalau kita berbuat baik gak usah kuatir kebaikan kita tuh nggak bakalan siap ya nggak bakalan berdoa nggak bakalan sia-sia adanya organisasi apa nggak ada hasilnya gak ada tulisannya rugi aja nih Saya selalu berdoa ternyata nggak ada perubahan nggak mungkin doa itu ibadah dan nggak mungkin ibadah itu merugikan kita itu nggak mungkin terus mana hasilnya mungkin kita belum paham tentang fiqih doa belum paham bukan tentang tata cara doanya hikmah Bagaimana cara Allah mengabulkan doa dikabulkan pasti kalau nggak ada penghalang mungkin salah satu penghalang doa dikabulkan makanan yang tidak halal kan ya salah satunya nih atau silaturahim terputus kalau nggak ada pengawas 2 kita pasti dikabulkan Allah cuma kita kadang terlalu memaksakan Allah mengabulkan seperti yang kita pengen nih Padahal bisa aja lah nggak boleh nya sesuatu yang lebih baik dari apa yang kita pengenin atau Allah mengabulkan doa kita dengan memberikan kebaikan yang sama nanti di akhirat kalau kita hidup tunggal sekali kita hidup di dua kali dunia dan akhirat dan bahkan dunia itu kita cuma hidup sebentar enam puluhan tahun dan itu pendek banget loh kita nggak pernah bandingin sih Makanya nggak kayak usianya panjang 60 tahun coba bandingkan dengan umat kaum Nabi Shalih kaum Ad dan tsamud Berapa usianya 1500 tahun 2000 tahun Nabi Nuh dakwahnya doang 950 tahun usianya lebih dari itu sehingga dulu ada ibu-ibu yang lagi nangis di atas kuburan anaknya anaknya meninggal ABG gitu ABG meninggal SMA lulus gitu meninggal tabrakan entah apa gitu meninggal ibunya nangis di atas kuburan nah kasihan kamu yang meninggal muda belum sempat menikmati hidup bahagia gitu deh merintih Mbak meratap lewat seorang ulama di zaman itu umat Nabi Shaleh Ibu kenapa menangis Ini anak saya meninggal muda kasihan emang usia berapa dia meninggal masih ABG berapa 300 tahun 300 tahun ABG coba Terus selama ini bilang ah Ibu bersyukurlah dikasih usia 300 tahun karena nanti akan muncul suatu generasi suatu umat yang usianya hanya 60 tahun Ibu ini kaget manusia 60 tahun nggak salah tuh di dalam peta untuk dalam Al Bagaimanakah 60 tahun itu nggak ada apa-apanya sampai Ibu itu mengatakan kalau saya cuma dikasih usia 60 tahun bakalan saya pakai itu seumur hidup hanya dengan satu kali sujud tayangin sudutnya 60 tahun keatas wujud panjang dikit nggak bangun-bangun ketiduran Kan sholat imamnya baca ada panjang dikit berdiri sebelah kaki pegal sebelah gantian gitu orang salat tarawih agak panjang dikit kan mulai batuk pojok sana bersin Pondok saladah tiba-tiba banyak sakitnya umat Nabi Shalih ibadahnya sudutnya 2 60 tahun bahkan Allah menciptakan malaikat setiap saat setiap hari khusus tugasnya untuk kepada Allah jadi diciptain langsung sujud dan tidak Bangkit Dari Sujud nya sampai hari kiamat Berapa jumlahnya sehari 70.000 malaikat setiap hari Allah menciptakan 70.000 malaikat yang tugasnya itu untuk sujud memenuhi Baitul Makmur memenuhi langit dunia sehingga Baitul Makmur itu kata nabi suster luar biasa saking susahnya seandainya Baitul Makmur itu retak gara-gara dipenuhi malaikat maka ratakan dari Baitul Makmur itu akan jatuh ke atas Ka’bah tepat penuh dengan para malaikat bayangin sehari Rp70.000 dan 1 malaikat itu ukurannya lebih besar daripada Bu bumi bumi di hadapan para malaikat Kayak bola apa kayak bola tim jadwal 21 Jibril ketika menyampaikan wahyu kepada Rasulullah itu kan Jibril dengan wujud aslinya tuh ke mana Nabi Melihat Langit Itu ada wajah juga di situ di situ juga semuanya dipenuhi oleh di benari dipanggil sama judulnya Muhammad Jangan lari saya Jibril kamu Rasulullah Nabi takut Kena nggak Kena nama Jibril tiba-tiba di-follow sama di bawah ini siapa nih Tolong kalau harus nyari lagi followers-nya Jibril bayangin Allah menciptakan 70.000 malaikat yang tugasnya cuma untuk sujud jadi Artinya kita hidup itu nggak cuma di dunia kita hidup dua kali dunia dan akhirat dan adegan kehidupan akhirat yang kita tahu itu terlalu disingkat oleh kita padahal satu ayat itu kalau dibedah bisa sampai 100 bahkan 1000 tahun ada banyak sekali adegan-adegan di akhirat yang kita jarang memikirkannya dan adegan itu pasti akan kita lalui kita jalani saya enggak kalau dulu kita enggak dikabulkan di dunia nama salah satu kebaikan nanti kita dapatkan ketika di padang mahsyar misalnya ya Allah mudah-mudahan saya bisa punya kendaraan masa naik angkot Masa jalan kaki Terus pengen punya motor juga nggak papa Ya Allah Makanya kalau minta jangan tanggung-tanggung mobil ya Allah atau nggak usah mobil roda tiga juga nggak masalah demo ya Ya Allah saya pengen punya kendaraan doa pengen punya kendaraan ternyata qodarullah dalam sekian lama dia berdoa Nggak punya kendaraan meninggal masih jalan kaki atau paling-paling sepeda onthel udah punya kendaraan bermotor Apakah doa dia sia-sia berarti kalau nggak di kamu kan sejak dia hidup di dunia nanti dia di surga tuh atau di pada masa nggak punya kendaraan kok tiba-tiba datang kayak gitu kan di padang mahsyar itu dijemput gitu Silakan Mas Ninggal padang mahsyar gitu kan Toyota Kenapa ini kalau ada apa di padang mahsyar kan dulu Mas berdoa pengen punya Alphard yang udah kamu nggak dikabulkan di dunia dikabulkan disurga kami berjalan lancar tuh yang pasti dia dapat apa yang dia minta terus kenapa kita ragu-ragu minta sama Allah yang terbaik kalau nggak dapat di dunia yang dapat di akhirat sama aja kan sama-sama hidup kok malah disana lebih butuh dari apa yang kita dapatkan di dunia

    Read More »
Close