Tata Cara Melakukan Badal Haji yang Harus Dipenuhi

Islam bukan agama yang memberatkan. Ketika seseorang tidak bisa melakukan ibadah seperti lainnya, ada cara lain untuk tetap menunaikan ibadah. Untuk ibadah haji, cara lain yang bisa dilakukan adalah badal haji. Orang lain yang sehat akan mewakili orang lain yang tidak mampu (secara fisik) untuk beribadah haji atau orang yang telah meninggal dunia.

Secara umum, badal harus melakukan tata cara haji yang sama dengan haji biasa. Namun, ada cara dan syarat tertentu yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

Mewakili orang yang hajinya boleh diwakilkan

Tata Cara Haji - cdns.yournewswire.com

Tata Cara Haji – cdns.yournewswire.com

Badal yang berarti “pengganti” hanya bisa melakukan badal haji apabila ia mewakili orang yang hajinya boleh diwakilkan, yaitu orang yang sakit dan meninggal dunia. Kalau orang sakit dan tidak bisa diharapkan kesembuhannya, keluarganya boleh melakukan badal haji untuknya.

Kalau yang diwakili sudah meninggal dunia, syaratnya orang tersebut harus meninggal dalam keadaan Islam dan mampu secara finansial dan fisik selama hidupnya. Badal boleh laki-laki dan perempuan; laki-laki boleh mewakili perempuan atau sebaliknya. Orang yang menjadi badal diutamakan adalah ahli waris atau keluarga. Jika tidak ada, Anda bisa menyewa orang lain yang bersedia untuk melakukan badal haji.

Badal harus berhaji sendiri terlebih dahulu

Tata Cara Haji - 4.bp.blogspot.com

Tata Cara Haji – 4.bp.blogspot.com

Untuk bisa mewakili orang lain melakukan ibadah haji, orang tersebut harus sudah pernah melakukan ibadah haji sebelumnya. Disampaikan dalam hadis, “lakukan dulu haji untuk dirimu baru kemudian berhajilah untuk Syubrumah” (HR. Bukhari). Hadis ini disampaikan kepada seseorang yang hendak melakukan badal haji untuk saudaranya yang bernama Syubrumah.

Badal memenuhi syarat sah melakukan haji

Tata Cara Haji - 2.bp.blogspot.com

Tata Cara Haji – 2.bp.blogspot.com

Saat akan mewakili orang lain, badal juga harus memenuhi syarat sah untuk beribadah haji, yaitu beragama Islam dan berakal sehat. Selain itu, untuk perempuan, terdapat syarat tambahan seperti adanya izin dari mahram atau suami dan tidak berada dalam masa iddah.

Badal melakukan niat untuk orang yang diwakilinya

Tata Cara Haji - cdn.passporthealthglobal.com

Tata Cara Haji – cdn.passporthealthglobal.com

Badal harus melakukan niat berhaji untuk orang diwakilinya, bukan untuk dirinya sendiri. Selain niat (ihram) tersebut, tata cara haji yang perlu dilakukan sama dengan haji biasa. Yaitu, melakukan tawaf (mengelilingi Ka’bah), sai (berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwah), dan wukuf di Arafah.

Selain rukun haji di atas, badal juga harus melakukan ibadah wajib lain seperti mabit di Muzdalifah, melempar jamrah, mabit di Mina, mencukur atau memendekkan rambut, dan melakukan tawaf wadak. Dari tata cara ini, terlihat kalau perbedaan badal haji dan haji adalah pada niatnya.

Hanya mewakili satu orang saja

Tata Cara Haji - elhasana.files.wordpress.com

Tata Cara Haji – elhasana.files.wordpress.com

Ketika melakukan badal haji, Anda tidak dapat mewakili beberapa orang sekaligus, melainkan hanya satu. Dalam satu tahun, Anda hanya bisa melakukan badal haji satu kali. Karena itu, kalau Anda ingin mewakili beberapa orang, Anda harus menunggu waktu haji tahun-tahun berikutnya.

Tidak mengharapkan upah

Tata Cara Haji - i1.wp.com

Tata Cara Haji – i1.wp.com

Badal tidak seharusnya mengharapkan upah dari kegiatannya mewakili orang lain, kecuali jika ia tidak memiliki cukup biaya untuk berangkat badal haji sendiri. Jika memang ia tidak mampu, ia diperbolehkan untuk menerima biaya haji dari orang lain, misalnya iuran dari keluarga orang yang diwakilkan.

Beribadah haji adalah amalan saleh sehingga siapa pun sebaiknya melakukannya dengan ikhlas. Karena itu, menjadikan badal haji sebagai bisnis adalah sesuatu yang dilarang dalam Islam. Anda boleh membantu orang lain dengan menjadi badal, tetapi jangan berniat untuk menjadikan jasa Anda sebagai bisnis.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui tentang badal haji. Meskipun tata cara haji yang dilakukan hampir sama, syarat-syarat badal harus dipenuhi agar ibadah menjadi sah.

Add Comment

%d bloggers like this: