Dunia Islam

Ini Tata Cara Minum Air Zam-Zam yang Perlu Anda Ketahui

Tata cara minum air zam-zam - ebayimg.com
Tata cara minum air zam-zam – ebayimg.com

Air Zam-Zam dianggap sebagai rahmat dari Allah SWT di tanah suci Mekah. Zam-Zam berarti melimpah, oleh karenanya akan tetap berlimpah meski telah diambil dan dibawa oleh umat muslim dari seluruh dunia. Saat berada di tanah suci, jamaah memang dianjurkan untuk banyak minum air Zam-Zam.

Hal ini disebabkan selain air Zam- Zam bisa menghilangkan rasa haus saat berada di Kota Mekah dan Medinah yang panas. Selain itu, bila Anda minum banyak air Zam-Zam, akan mendapatkan berkah. Lihat saja Kota Mekah dan Medinah yang berupa gurun pasir yang tandus, namun buah kurma tumbuh subur.

Selain itu air Zam-Zam yang menghiasi Baitullah itu, diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit atas izin Allah SWT, serta meningkatkan intelektual dan spiritual.

Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya kita minum air Zam-Zam ini di waktu mustajabah, yaitu di antara dua azan, sesudah melakukan tawaf atau setelah berdoa di Multazam.

Terdapat tata cara minum air Zam-Zam yang harus Anda perhatikan. Berikut ulasannya.

Tata Cara Minum Air Zam-Zam

Tata cara minum air zam-zam - 4.bp.blogspot.com
Tata cara minum air zam-zam – 4.bp.blogspot.com
  1. Membaca Basmalah

Seperti dalam ajaran agama Islam umumnya, sebelum minum air Zam-Zam hendaknya membaca basmalah serta disunahkan juga menghadap kiblat. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir).

  1. Mengambil dengan Tangan Kanan

Seperti sabda Rasulullah SAW, saat makan dan minum selalu menggunakan tangan kanan. Jika memakai tangan kiri, dikatakan kita meniru kebiasaan setan.

“Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

  1. Tidak Boleh Minum Air Zam-Zam sambil Berdiri

Tata cara minum air Zam-Zam selanjutnya sesuai sabda Rasulullah SAW, adalah kita harus meminum air Zam-Zam dalam posisi duduk.

“Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad 8135)

  1. Cara Minum dengan Bernapas Tiga Kali

Selanjutnya kita tidak boleh minum air Zam-Zam ini sekali teguk langsung habis. Sebaiknya kita minum dengan bernapas hingga tiga kali di luar tempat minum. Rasulullah SAW bersabda:

“Ketika Rasulullah SAW minum beliau mengambil napas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.” Anas mengatakan, “Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernapas tiga kali.” (HR. Bukhari Muslim).

  1. Minum Air Zam-Zam hingga Kenyang (At-tadhallu)

Sesuai sabda Rasulullah SAW, bahwa sebaiknya kita meminum air Zam-Zam ini hingga terasa kenyang.

“Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dengan orang-orang munafik. Sesungguhnya mereka tidak minum air zam-zam itu sehingga kenyang.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Memperbanyak Doa saat Minum Air Zam-Zam Sesuai Hajat

Air Zam-Zam mengandung begitu banyak keberkahan. Jadi bila kita minum air Zam-Zam sambil berdoa sesuai hajat kita, akan dikabulkan Allah SWT. Inilah sebabnya kita dianjurkan memperbanyak doa saat minum air Zam-Zam. Salah satu doa saat meminum air Zam-Zam:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah, dan kesembuhan dari segala penyakit, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

  1. Diakhiri dengan Hamdalah

Bacaan hamdalah ini sebagai rasa syukur kita, kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada kita.

 

Demikianlah tata cara minum air Zam-Zam, yang bila kita maknai sesungguhnya di dalamnya telah terhimpun segala hajat kita. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: