Dunia IslamWisata Halal

Nikmati Kuliner Lezat di 6 Tempat Makan Halal di Tokyo

Jika mau berlibur ke Jepang, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan konsumsi selama di sana. Meskipun secara sekilas tidak ada bahan makanan haram dalam sebuah makanan, sebagai seorang Muslim, sebaiknya Anda tetap memilih restoran dengan sertifikat halal. Meski Islam merupakan agama minoritas di Jepang, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena penyebaran restoran halal di Jepang sudah lebih baik. Sebagai rekomendasi, inilah empat tempat makan halal di Jepang.

1. Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Ramen Halal di Shinjuku Jepang
Ramen Ouka by Anggakasi Saini

Jika Anda sedang berada di Tokyo, kujungilah Shinjuku Gyoen Ramen Ouka. Kedai ramen ini menawarkan ramen lezat dengan label halal. Porsinya pun cukup banyak bagi Anda yang sedang kelaparan sehabis berjalan-jalan di sekitar Tokyo. Jika masih kurang puas, seporsi ramen di sini akan didampingi dengan sepiring nasi. Selain ramen, Anda juga bisa mencicipi makanan lain seperti yakitori, ayam panggang, dan berbagai macam makanan Jepang lainnya.

2. Sushiken Asakusa

Tempat Makan Halal di Tokyo Asakusa
tabelog.com

Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Sushi biasanya terbuat dari nasi, ikan dan hewan laut lainnya, serta campuran mirin atau cuka beras. Nah, mirin inilah yang membuat kebanyakan sushi menjadi tidak halal.

Tetapi, jika Anda benar-benar ingin mencicipi sushi langsung dari negara asalnya, kunjungilah Sushiken Asakusa, restoran sushi dengan sertifikat halal pertama di Tokyo. Rasanya juga tidak kalah dengan sushi-sushi tradisional dari restoran Jepang lainnya—meskipun ada substitusi bahan makanan dengan bahan yang halal.

3. Sumiyaki-ya

Tempat Makan Halal di Tokyo Sumiyakiya
Sumiyakiya by ExKey Inc.

Salah satu makanan khas Jepang lainnya yang bisa langsung membuat perut keroncongan adalah yakiniku. Jika Anda ingin mencicipi yakiniku yang halal di Tokyo, Sumiyaki-ya bisa menjadi pilihan Anda. Berlokasi di Roppongi, Tokyo, kedai ini memang ingin menyajikan yakiniku khas Jepang yang bisa dinikmati oleh para umat muslim. Menu utamanya tentu daging sapi panggang atau yakiniku yang diolah secara halal. Kedai ini juga memiliki dekorasi khas Jepang yang hampir sama dengan kedai yakiniku nonhalal di Jepang.

4. Sekai Café Asakusa

Tempat Makan Halal di Tokyo Sekai Cafe

Sekai Café Asakusa cocok untuk Anda yang ingin menongkrong ditemani kopi. Memang tempat ini bukan restoran, tetapi Sekai Café bisa menambah daftar rekomendasi kafe halal bagi Anda. Menu utama kafe ini adalah makanan halal dan vegan. Jika Anda memang seorang vegetarian atau vegan dan ingin menongkrong di tempat yang tidak menyediakan alkohol, tempat ini sangat tepat bagi Anda. Karena kafe ini cukup populer, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke sini.

5. The Manhattan Fish Market

Tempat Makan Halal di Tokyo Manhattan Fish Market
The Manhattan Fish Market by Abdulaziz Alnasery

The Manhattan Fish Market adalah sebuah restoran yang menjadi tempat nongkrong favorit orang Indonesia yang sedang menetap di Jepang. Restoran ini menawarkan menu halal dengan cita rasa makanan barat. Restoran ini memiliki konsep pasar ikan retro di Manhattan, Amerika Serikat. Itulah sebabnya, restoran ini kental dengan suasana baratnya. Salah satu menu populer di sini adalah Manhattan Fish n’ Chips. Saat Ramadan tiba, restoran ini memiliki menu khusus untuk Anda nikmati.

6. Hanasakajisan

Tempat Makan Halal di Tokyo Hanasakajisan

Shabu-shabu juga merupakan makanan khas Jepang yang sudah tidak asing ditemukan di Indoensia. Jika ingin mencobanya langsung di Tokyo, Anda bisa datang ke restoran Hanasakajisan yang berada di Shibuya. Restoran ini adalah salah satu restoran halal di Tokyo dengan shabu-shabu sebagai menu andalannya. Perlu Anda ketahui bahwa restoran shabu-shabu halal di Jepang masih sedikit jumlahnya. Di sini, Anda bisa merasakan nikmatnya daging sapi Jepang yang tak perlu diragukan lagi kehalalannya.

Itulah tadi enam rekomendasi tempat makan halal di Jepang. Jika Anda ingin mengeksplorasi sendiri restoran-restoran halal lainnya di Jepang, jangan ragu untuk selalu bertanya kepada pegawai restoran apakah ada bahan-bahan yang tidak halal di menu makanannya. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk berwisata kuliner di Tokyo.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close