Mau Umroh Nyaman dan Hemat Biaya? Simak 5 Tips Umroh Backpacker Berikut Ini

Siapa sih yang tidak ingin berkunjung ke Baitullah? Setiap muslim tentunya sangat mendambakan kesempatan berkunjung ke Tanah Suci Mekkah meski hanya sekali seumur hidup. Seiring dengan banyaknya agen travel umroh yang menawarkan paket umroh dengan tarif menarik, setiap orang pun kini dapat dengan mudah melancong ke Tanah Suci untuk beribadah.

Selain mengandalkan penawaran menarik dari agen travel, Anda pun dapat merancang sendiri proses keberangkatan umroh ala backpacker yang tentunya jauh lebih hemat. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan? 5 tips umroh backpacker ini mungkin dapat membantu Anda merancang keberangkatan ibadah Anda ke Tanah Suci.

Cari Tiket Pesawat Murah

Tips Umroh Backpacker - Trivia.id

Tips Umroh Backpacker – Trivia.id

Kunci pertama memangkas biaya perjalanan umroh ada pada pemilihan harga tiket yang pas dengan bujet umroh backpacker Anda. Mencari tiket pesawat menuju Jeddah dengan harga terjangkau kini bisa jauh lebih mudah berkat diskon dan promo dari maskapai. Cobalah cari tiket pesawat beberapa bulan atau minggu sebelum keberangkatan. Biasanya, tiket pesawat murah banyak disiapkan untuk rute Kuala Lumpur-Jeddah. Jangan khawatir, Anda pun masih dapat menemukan tiket langsung rute Jakarta-Jeddah dengan harga menarik, asalkan Anda tahu triknya. Salah satu trik yang mungkin lumayan efektif adalah dengan berburu tiket pada jam-jam tengah malam hingga menjelang subuh.

Minta Bantuan Agen Travel untuk Mengurus Visa

Tips Umroh Backpacker - Visa

Tips Umroh Backpacker – Visa

Hingga saat ini, Kerajaan Arab Saudi belum menerapkan sistem visa-on-arrival baik untuk haji, umroh, maupun kunjungan biasa. Mengurus visa umroh pun hanya bisa dilakukan secara kolektif oleh biro perjalanan umroh yang sudah terdaftar di Kementerian Agama. Jangan khawatir, Anda masih tetap dapat meminta bantuan biro perjalanan untuk ikut mengurus visa bersama para jemaah umroh lainnya. Biayanya pun variatif, biasanya berkisar antara 75-150 USD, tergantung musim. Low season umroh sendiri biasanya berlangsung dari bulan Februari-Maret, sedangkan waktu paling padat dan ramai atau high season berlangsung dari bulan Mei-Agustus.

Pergi Berkelompok

Tips Umroh Backpacker - Faculty Focus

Tips Umroh Backpacker – Faculty Focus

Trik ini bisa jadi paling efektif untuk memangkas biaya umroh Anda. Dengan pergi berkelompok, Anda dan rekan-rekan dapat berbagi biaya makan, transportasi, dan penginapan. Anda bisa mengajak teman-teman dekat atau kenalan yang bisa Anda temukan di komunitas backpacker atau traveling. Jika kelompok umroh Anda terdiri dari 20 orang, Anda bisa menggunakan Land Arrangement (LA) untuk mempermudah akomodasi dan transportasi selama di Tanah Suci. Meski memerlukan biaya ekstra, adanya LA juga dapat membuat perjalanan umroh Anda semakin nyaman.

Pilih Penginapan Murah

Tips Umroh Backpacker - Mas Jamal

Tips Umroh Backpacker – Mas Jamal

Biasanya, tarif penginapan akan semakin mahal jika lokasinya semakin dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Nah, kalau Anda ingin berumroh ala backpacker, Anda harus memilih penginapan dengan harga murah yang letaknya sedikit lebih jauh dari kedua masjid suci tersebut. Meski murah, pastikan penginapan yang dipilih bersih dan aman.

Manfaatkan Fasilitas Umum

Tips Umroh Backpacker - Blogs.seattletimes.com

Tips Umroh Backpacker – Blogs.seattletimes.com

Sebagai seorang backpacker, Anda tentunya sudah terlatih untuk dapat memaksimalkan fasilitas umum dengan sebaik mungkin. Saat di Tanah Suci, Anda bisa saja, lo, memanfaatkan masjid sebagai tempat beristirahat dan mandi, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga etika dan kebersihan, ya. Tak hanya itu, Anda pun dituntut agar dapat mandiri dan cermat dalam menggunakan sarana transportasi lokal. Baik di Jeddah, Mekkah, maupun Madinah, ada beragam transportasi umum yang dapat Anda manfaatkan mulai dari bus umum, bus eksekutif, serta taksi. Jika mengendarai taksi, jangan sungkan untuk menawar tarif taksi semurah mungkin.

Nah, itulah lima tips umroh backpacker yang dapat Anda terapkan dalam perjalanan umroh Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: