Umroh Saat Mengandung? Ikuti Tips Umroh Wanita Hamil Berikut!

Hamil bukanlah alasan untuk bermalas-malasan, apalagi dalam beribadah. Sebaliknya, justru ketika sedang mengandung, seorang wanita seharusnya memperbanyak ibadah. Selain berserah diri kepada Allah SWT, dengan beribadah, wanita hamil juga dapat berdoa dan mendidik anak yang masih berada dalam kandungan.

Wanita hamil juga diperbolehkan untuk melakukan ibadah umroh. Agar proses ibadah semakin lancar, selain meminta perlindungan pada Allah SWT, lakukan tips umroh wanita hamil berikut ini.

Umroh saat hamil trisemester kedua

Tips Umroh Wanita Hamil - cdn.klimg.com

Tips Umroh Wanita Hamil – cdn.klimg.com

Untuk melakukan perjalanan jauh seperti umroh, wanita hamil sebaiknya berangkat ketika kandungan berada pada trisemester kedua, yaitu antara 14-26 minggu. Pada masa ini, wanita biasanya sudah tidak mengalami morning sickness. Janin juga telah melekat kuat pada rahim sehingga aman untuk terbang dengan pesawat.

Mendapatkan izin dokter

Tips Umroh Wanita Hamil - 4.bp.blogspot.com

Tips Umroh Wanita Hamil – 4.bp.blogspot.com

Memeriksakan kandungan ke dokter wajib untuk dilakukan sebelum umroh. Alasan pertama, Anda membutuhkan rekaman medis dari dokter. Dokumen ini dibutuhkan agar orang lain tahu kondisi kehamilan Anda cukup sehat untuk melakukan perjalanan ibadah umroh. Kedua, dokter mengetahui kondisi Anda dan janin di dalam kandungan sehingga dapat menyarankan tindakan terbaik untuk melakukan umroh dengan lancar.

Vaksin meningitis MenACWY/MPSV4

Tips Umroh Wanita Hamil - mediad.publicbroadcasting.net

Tips Umroh Wanita Hamil – mediad.publicbroadcasting.net

Untuk melakukan ibadah umroh, Anda harus melakukan vaksin meningitis. Namun, dari dua jenis vaksin meningitis, hanya satu yang boleh diberikan pada ibu hamil, yaitu MenACWY. Pemberian vaksin ini mempertimbangkan usia kehamilan dan kondisi kesehatan ibu dan janin. Kalau sudah pernah menerima vaksin meningitis, misalnya tahun sebelumnya, Anda hanya perlu menunjukkan buktinya—tidak perlu melakukan vaksinasi lagi.

Memilih penerbangan paling singkat

Tips Umroh Wanita Hamil - ummi-online.com

Tips Umroh Wanita Hamil – ummi-online.com

Tips umroh wanita hamil yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih penerbangan paling singkat. Tujuannya agar Anda tidak terlalu kelelahan berada di dalam pesawat. Atur soal penerbangan ini dengan biro perjalanan pilihan Anda. Pastikan biro tersebut tepercaya dan memiliki fasilitas memadai untuk wanita hamil.

Menginap di dekat Masjidil Haram

Tips Umroh Wanita Hamil - ahstatic.com

Tips Umroh Wanita Hamil – ahstatic.com

Untuk menghemat biaya, banyak biro perjalanan memilih tempat penginapan cukup jauh dari Masjidil Haram. Jangan lakukan hal ini ketika Anda beribadah umroh dalam keadaan mengandung. Pasalnya, menginap terlalu jauh akan membuat Anda kelelahan melakukan perjalanan dari penginapan ke Masjidil Haram. Upayakan untuk memilih hotel dekat Masjidil Haram, sekali pun biayanya menjadi lebih mahal.

Memperhatikan makanan dan minuman

Tips Umroh Wanita Hamil - organik100.com

Tips Umroh Wanita Hamil – organik100.com

Makanan dan minuman adalah dua hal sangat penting yang perlu diperhatikan oleh siapa saja, terlebih lagi oleh wanita hamil. Karena itu, pastikan Anda makan dengan cukup, termasuk selama penerbangan. Kalau khawatir makanan yang disediakan di dalam pesawat tidak cocok dengan selera dan kalau dipaksakan makan Anda akan merasa mual, coba untuk membawa bekal makan sendiri.

Anda juga perlu melakukan pengaturan soal makanan selama berada di Saudi Arabia. Kalau ada permintaan khusus, sampaikan kebutuhan makanan tersebut kepada biro perjalanan yang Anda gunakan jasanya. Selain itu, ibu hamil rawan mengalami dehidrasi, apalagi kalau banyak bergerak seperti saat umroh. Karena itu, pastikan Anda minum cukup dan bawa air minum ketika Anda bepergian.

Tawaf dan sa’i menggunakan kursi roda

Tips Umroh Wanita Hamil - i2.wp.com

Tips Umroh Wanita Hamil – i2.wp.com

Tawaf dan sa’i memang biasanya dilakukan dengan berjalan dan berlari-lari kecil. Adalah wajar kalau Anda juga ingin melakukannya. Namun, kalau sedang hamil, jangan memaksakan diri. Kalau memang kelelahan, Anda sebaiknya melakukan tawaf dan sa’i menggunakan kursi roda. Terdapat layanan kursi roda resmi yang bisa digunakan—Anda bisa mengaturnya melalui biro perjalanan.

Lakukan tips umroh wanita hamil di atas agar ibadah Anda semakin lancar. Jangan lupa, selalu berdoa untuk memohon kelancaran ibadah dan kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan.

Add Comment

%d bloggers like this: