TausiyahUmroh

Ustadz Dr Syafiq Reza Basalamah: Tour Umrah di Mekah

Salamualaikum salam Abang kira-kira Berapa umur Kota Mekah ini

sejak kapan ada kehidupan di kota Mekah

sejak

Nabi Ibrahim meletakkan istri dan putra putra semata wayangnya

sebelum Nabi Ishaq lahir di kota mana lengkap tayangkan di mana Nabi Ibrahim tinggal Palestina lu berangkat dari Palestina bawa istri anak sampai ketik

lalu di dekat Kakbah sih kok belum belum berdiri tapi ada ada tempat ada gundukan di sana kemudian di situ ada satu pohon namanya pohon Indo

yang itu kalau sekarang ibu kotanya kotor

ibukotanya Qatar apa namanya sudah jauh itu namanya pohon jadi kalau kita lihat lambangnya jodoh itu lambangnya pohon ada pohon di situ disebutkan di situ Nabi Ibrahim meletakkan Putra dan istrinya hajar bersama Ismail Ketika Nabi Ibrahim mau pergi

heran ya Seorang Istri sama anak bayinya dibawa ke sebuah negeri yang tidak ada penduduk maka tatkala Nabi Ibrahim mau pergi naik kendaraan nya diikutin oleh aja ditanyain Ibrahim El amante kilo wahai Ibrahim kau titipkan kita ke siapa di sini ngomong apa foto tuh ditinggal

nabi Ibrahim tidak menggubris pertanyaan istrinya dia tetap aja lah dia sedih mau melihat istrinya mau melihat anaknya gimana ini ujian buat Nabi Ibrahim Alisa ini bukan hanya ujian buat hajar dan Ismail tapi itu lebih untuk Nabi Ibrahim Bapak ujian Nabi Ibrahim dimana

letak ujian buat Nabi Ibrahim di mananya siapanya disuruh meninggalkan anak kalau istri Mungkin dia ada istri yang lain istri pertamanya salah tapi anaknya yang dia tunggu sampai umur 90 tahun sampai 100 tahun dia tunggu anak itu ketika anak itu lahir dia nggak boleh melihat anak

karena Allah telah menjadikan Nabi Ibrahim Khalil rahmat Allah tidak berubah Apabila ternyata ada cinta selain untuk Allah di diri nabi Ibrahim dan nabi Ibrahim diuji untuk membuktikan cintanya kepada Allah

maka dia tinggalkan sendiri orang Subhanallah ya kalau puluhan tahun nggak punya anak kemudian punya anak Bagaimana kegembiraan dia tapi kegembiraan itu diputus dengan perintah Allah memerintahkan agar terpisah dengannya buat hajar itu ujian Karena dia ya suami yang selama ini mendampingi dia suami yang selama ini mencukupi hidupnya kau tahu meninggalkan hajar hanya dengan sekantong kurma dan mungkin Ada sebotol air yang bersamaan

Makkah Ajyad kembali mengikuti nabi free mengatakan dia Ibrahim El amante kidung Wahyu Ibrahim titipkan kita ke siapa lebih berani tetap Jangan Sampai Tiga Kali ditanya nabi bulan juga tidak muncul sepertinya ada yang salah di pertanyaan aja

jadi beli bukan yang kalah Kalau bertanya kepada suaminya suaminya tidak jawab perlu intropeksi diri mungkin pertanyaannya yang salah sehingga tidak pantas untuk dijawab akhirnya dirubah pertanyaan itu oleh aja dia mengatakan Allah Allah biha ganti pertanyaan yg mengatakan Apakah Allah yang menyuruhmu melakukan apa kata Ibrahim ketika dapat jawaban Iya hajar mengatakan silahkan kau pergi Allah tidak akan mengantarkan kita bertanya dititipkan kepada siapa kita ditempatin Kapan fans orang yang beriman dia beriman dan kekuatan Allah rabun alami sehingga kenapa dia harus mencari gantungan selain sang pencipta

dia masih Bersandar kepada manusia kepada ciptaan yang kita tahu Semuanya bakal hancur Kullu syai’in haalikun illa Semuanya bakal hancur dan si anak kecil pergi Nabi Ibrahim setelah pergi dan tidak tampak di pandangan mata rahasia di balik gunung Nabi Ibrahim

menghadap ke Ka’bah dia berdoa Rini Allah sebutkan di dalam surat Ibrahim di dalam surat Ibrahim ayat 37 38 39 dia mengatakan Robbana udah mau nyampai kita jamaah kita putus ceritanya

cerita Jabal Tsur itu Run sedikitlah jam ya di depan jabalpur ini bukti tempat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersama Abu Bakar bersembunyi selama tiga hari tiga malam jadi pada tahun tepatnya pada tanggal 27 Safar tahun 13 kenabian Rasulullah SAW Allah telah meninggalkan rumahnya meningkatkan Ali di atas ranjangnya bersama Abu Bakar mau ke Madinah Tapi beliau tidak menuju arah Medina Medina itu berada di arah

Utara Mekkah nabi malah menuju ke arah yang mau ke Jeddah kira-kiranya Rasulullah Salallahu salam tiga malam ini belum bersembunyi kenapa tiga hari tiga malam karena biasanya orang itu emosi sampai tiga hari pencarian itu panas-panasnya tiga hari tiga malam pakai seorang kalau berantem Berapa hari kasih kesempatan untuk tidak menyapa 3 hari setelah 3 hari nggak boleh makan 3 hari itu Rasulullah SAW wassalam sembunyi di Jabal Tsur setelah 3 hari beliau meninggalkan jadwal tur menuju ke Madinah perjalanan ke Madinah ditempuh dalam waktu yang cukup panjang di Jabal Tsur ini ternyata orang-orang sampai ke situ

dia menyewa pakar-pakar apa mencari jejak Apa istilah Infinite bahasa Arabnya bahasa Indonesianya apa itu bukan detektif pelacak ya pelacak dan place to sampai ke depan jatuh sampai ke depan bahkan Abu Bakar Siddiq bersama Rasul SAW wassalam di dalam itu melihat kakinya orang-orang kafir di depan gua itu Abu Bakar mengatakannya Rasulullah kalau satu diantara pengen lihat ke bawah kakinya kelihatan kita

Rasul Shallallahu Alaihi Salam mengatakan kepada Abu Bakar nih Iman kemampuan mereka bikinin Bagaimana pendapatmu tentang dua orang yang sedang berduaan sedangkan Allah yang ketiga diantara mereka baik kita perlu untuk melihat sejenak

yang mana gunung yang sehat Bukan meja itu Jabal Nur yang gua kira itu tempat Turunnya wahyu nanti ya ini di Jabal Tsur yang disebutkan ada laba-laba ada burung dara macam-macam ya Jadi silakan ke sini semuanya merapat merapat Masya Allah dia bisa kesana

nggak biar dia Jangkung Yuk kita ke baliknya ke sini nih nih nih apa adanya yang berakhir

Oh ini adalah Bukit di masa wasallam bersembunyi setelah tinggal umur beliau 40 tahun Wahyu turun di era 13 tahun kemudian umur 53 tahun Yon mendaki gunung-gunung ini kelihatan ajak orang-orang yg berjalan putih-putih itu masih pagi

jadi Bukit aku hanya ada orang yang mengikuti nabi sampai ke atas tapi Subhanallah Rasulullah SAW ke situ kemudian pergi optimis itu aja yang menghilang

ada anaknya abu-abu pangkat tiga malam di situ kita dia marahin sabuknya disebut orang-orang Kijang dirobek satu dipakai untuk memberikan satu digunakan untuk membungkus bekal untuk Rasulullah setelah tiga hari tiga malam beliau turun ke Madinah baik buruknya faktor-faktor Sabar ya Allah Ya Rahman

Naruto Naruto Mana sandal Ustad kamu yang diri sendiri Ya Allah bismillah tinggi-tinggi 123

ya bismillah ganti ganti ganti BB ya kemudian kita Burung bertelur disebut negara yang mempunyai adanya rumah kabar Apa itu semakin jelas itu bisa itu benar atau salah salah satu dan Abu Bakar daerah Jambi untuk beli Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam Jadi kau ada Mengapa sebagian orang orang orang Syiah rafidhoh Ketika Nabi berkata kepada Abu Bakar La Tahzan

nama Facebook keutamaan yang dimiliki Abu Bakar As Siddiq Bagaimana cintanya kepada Rasul Shallallahu alaihi salam dan ketika nanti turunnya dari jabatan rujukan ke Madinah itu Abu Bakar As Siddiq kadang kalau di depan Nabi Adam kalau dia naik ke belakang Nabi sampai bingung kenapa kau melakukan itu ya Rasulullah sedang tidak aktif kartu adik mengejarmu aku ke belakang wa internet kartu Ar Rasyid kalau aku ingat mungkin ada nggak minta engkol depan aku ke depan shock breaker kalau Andaikata ada anak panah yang nyasar makanya dia Facebook Dadang arti kata di belakang aja yang lempar mata punggung

itu cinta Abu Bakar Shiddiq radhiallahu tangan kepada rasul tolong lah alasan kita

masing-masing 94 orang yang bukan pada orang betul saya sudah lengkap selamanya 123456789 10 11 12 Bapak sholeh Alhamdulillah Ana kira kesasar lagi ya si anak misalnya

jadi tadi malam Yamaha ada tamu tidak Diundang ke kamar kita karena tidak tahu Hotel Masya Allah perjuangan mencari hotel Berapa lama mencari hotel yang bagus oleh satu jam hamdulillah savemax

jadi pada zaman Rasulullah setelah Rasul Shallallahu Alaihi Wa Sallam tiga hari tiga malam di Jabal Tsur tadi kita sampaikan bahwasanya orang-orang musyrikin telah sampai ke depan gua

mereka sampai di depan istilah yang namanya tawakal kepada Allah

orang itu berusaha tapi hatinya Bersandar kepada Allah artinya Ya udah kita kita nggak punya kekuatan apa-apa

mereka sampai di depan gua tapi Kita sudah melaksanakan tugas begitu gua jalan kehidupan kita kita tugas kita berusaha dan tawakal itu amalan hati apa artinya tawakal tawakal itu artinya percaya sepenuhnya kepada Allah dan menyerahkan semuanya kepada Allah itu namanya tawa dan dari kisah hijrah Rasul Shallallahu alaihi salam kita belajar bahwa seorang muslim itu perlu berusaha dan tidak malas perlu punya strategi dalam semua urusan urusan dakwah padahal allah tuh bisa memindahkan nabinya langsung Shallallahu Alaihi Salam dari mana dari Mekkah langsung ke Madinah naik Burok bisa nggak bisa seperti kejadian Isra Miraj di mana Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam langsung dari Mekkah ke Masjidil Aqsa dari sana ke sidratul muntaha apa

tapi Allah Jalla jalaluhu ingin memberikan pelajaran kepada umat Islam bahwa kesuksesan itu diraih dengan usaha tentunya dengan bertawakal kepada Allah Rasulullah SAW wassalam pakai strategi beliau itu membawa satu penunjuk jalan

penuh jalan nih Bun Abdullah bin uraiqith disebutkan atau benar dia itu orang kafir

orang musyrik jadi penunjuk jalan Kenapa beliau butuh penduduk Jalan salah salah karena jalan yang akan dilalui menuju ke Madinah itu bukan Jalan pedagang artinya jalan mungkin kalau kita bicara jenisnya jalan tikus Jalan Setapak itu jalan yang tidak biasa dilalui oleh kafilah kafilah dagang jalan itu lebih sulit jalan itu lebih jauh Kenapa itu dilakukan karena termasuk usaha orang-orang kafir Quraisy menghubungkan sebuah sayembara Barang siapa yang bisa mendatangkan Muhammad

yang Kadang hidup atau mati dan Abu Bakar As Siddiq maka satu kepala 100 ekor unta mereka sampai akhirnya rasul salam dikejar oleh Shura pak Din adik-adik sempat mendekati Rasul Saw Saw kembali kepada tawakal dan memohon pertolongan kepada Allah usaha sudah dilaksanakan tantangan dan rintangan di jalan kembalikan kepada Allah maka tatkala mendekat dengan kudanya kita tahu kuda lebih

kencang larinya daripada itu ketika Kuda itu mendekat Rasul SAW wassalam komat-kamit berdoa memohon kepada Allah ini surat pas terjatuh 2 kaki kudanya terperosok kedalam pasir

suraqah namanya orang musyrik ketika dia jatuh dia ambil undian jadi orang-orang kafir tuh punya Azzam artinya mengundi Jadi atau tidak jadi berangkat atau tidak berangkat kalau kita melakukan itu kita termasuk orang-orang musyrikin termasuk adat-adat orang musrikin yang kita pakai ini Jun ji-hyun dia lihat ternyata yang keluar itu tidak berangkat tapi surah kok masih kepingin 100 ekor onta dia kejar lagi ternyata terperosok lagi dia keluar kan lagi undiannya ujiannya yang keluar jangan dikejar tapi dia kepingin 100 ekor unta maka dia kejar lagi dan ketiga kali dia jangan mengatakan alamat-alamat Aku akan Kasih aman kata dia kemudian suraqah bin Malik dikasih surat sama nabi Alaihi salatu Slam ditawarkan bekalnya Surabaya

Terima kasih tidak cuman abis pesan supaya tidak menginformasikan kepada orang lain kalau itu adalah Rasulullah SAW kan lewat Kampung sampai akhirnya ke Madinah sampai kembali ke kisah Apa doa Nabi Ibrahim Alaihissalam di surat Ibrahim nanti dibacain ayat 37 Nabi Ibrahim ketika melewati gunung udah tidak tampak lagi dari pandangan hajar dan Ismail dan Ibrahim bersedih Siapa yang tidak bisa ditinggalkan Amelia mengatakan Robbana inni askantu Min dzurriyyatii di Indonesia mengatakan Ya Allah wahai Rabb kami Sesungguhnya aku telah menempatkan jari anak keturunan tuh di lembah yang tidak ada tumbuhan

yang tidak ada pertanian nggak ada apa-apa di Mekah yang ada cuma gunung dari batu-batu dan tidak ada air dimakan maharam Sisi rumahmu yang mulia Robbana Optimus Allah Ya Allah semoga mereka itu bisa mendirikan salat lihat nih sama orang tua Kalau doakan anaknya Tolong akhiratnya dulu

bukan Sehatnya bukan suksesnya dunia Nabi Ibrahim mengatakan Robbana di Optimus salah ya Allah agar mereka mendirikan shalat ini doanya Nabi Ibrahim minta salat Padahal dia menceritakan dalam awal doanya kalau anaknya di sebuah lembah yang tidak ada tumbuhan

dia butuh makan anak-anaknya butuh untuk kehidupan apa yang diminta pertanggungjawaban dari Optimus salah saji determinasi tahlilan sebagian hati manusia condong ke Mekah ada orang yang mau tinggal di Mekah yang mau datang ke Mekah karena selama itu tidak ada yang Kucing terjemahkan ngapain dibuka nggak ada apa makan lagi belum berdoa agar hati sebagian manusia condong ke Mekah Wakwaw minat Camaro di sini belum Minta rezeki ya Allah berikan rezeki kepada mereka dari buah-buahan bangkai kita lihat jamaah kenapa hati orang condong ke Mekah jutaan manusia sebagian orang di negeri kita itu tidak mampu secara finansial yang tidak mampu dia menabung tiap hari Rp1.000 ada yang menabung tiap hari Rp2.000 ada yang menabung tiap hari 5000 dia hanya jualan sayur yang ada ceritanya ceritain

Dian Abang pantai di pasar kampung itu ada dagang sayur di depan toko dia numpang depan tuh punya orang itu bisa berangkat haji yang punya toko nggak berangkat haji naik angkot yang dagang sayur

ada memang hati yang condong ada magnet yang membuat orang ingin datang ke sini

bahkan ada kisah di beberapa tempat di negeri kita terjadi pemurtadan

di mana orang-orang kafir Jateng untuk memurtadkan sudah sudah kita di daerah-daerah yang miskin ya itu mereka disuruh ke tempat ibadah mereka ke gereja Mamanya di sebagian tempat Itu dikasi Indomie atau dikasih mie dikasih macam-macam aplikasi supaya mereka meninggalkan agama Islam itu ada

setelah bertahun-tahun dikasih akhirnya tokoh agama dari mereka ini memberikan hadiah besar kepada orang-orang yang lama beragama Nasrani yang baru masuk rasanya udah lama deh kalau Bapak Ibu dikasih duit sekian mau dipakai buat apa apa kata mereka mau haid

ini sudah Nasrani bertahun-tahun ditanya mau ada sesuatu yang didapat dari orang tua yang dia Pelajari tentang keutamaan Belitung puasa muharram keutamaan berhaji itu doanya Nabi Ibrahim Alaihissalam lalu warjok berminat sama orang beriman kepada mereka dari buah-buahan agar mereka bersyukur bapak-bapak ibu-ibu kalau berangkat ke pasar yang ada di Kota Mekah pasar buah dan sayuran namanya kak ya kalau berangkat ke sana akan mendapatkan sayuran sayuran buah-buahan yang tidak ada di Indonesia

tapi ada di sini Insyaallah nih semua Gua yang ada di Indonesia sampai ke sini mau apa mau durian sok rambutan ada klengkeng aja mau apa lagi

Ketik aja jengkol aja apalagi kangkung sayur apa aja yang ada buah-buah yang tidak ada di diri kita ada di sini ada salah satu buah yang Biasanya kita kalau musim dingin keluar namanya buahnya itu kakak kakak itu bahasa Inggrisnya versi Moon

versi Mod itu di Indonesia Kalau nggak salah sekilo nya Rp800.000 bisnis kilonya cuma 10 real

bayangkan negeri yang tandus seperti ini Allah berikan kepada penduduknya rezeki dari ini rasa Marahnya kan kenapa Nabi Ibrahim kok minta gua

yang dimintai Allah berikan rizki kepada mereka buah-buahan bukan yang lain kena pajak

apabila banyak buah-buahan yang lainnya kira-kira ada nggak ada buah-buahannya termasuk tumbuhan yang sulit untuk tumbuh yang sulit untuk datang ke sini itu buah Kakak datang dari dari Libanon ya dari Yordania dari Turki datang ke sini harus pakai freezer kalau kita bicara yang namanya gandum itu nggak perlu grezia disinipun tumbuh tapi Nabi Ibrahim minta khusus buah-buah juga mengatakan tentang manfaat buah-buahan buat kesehatan apalagi jadi daerah yang nantinya panas maka buah-buahan akan memberikan kekuatan kepada orang-orang yang tinggal di negeri

jangan lupa ya yang di sebelah kanan kita di jamaah ini Ummul Quro University Ummul qura University yang baru dengan Amin yang baru

Jadi kalau di Madinah itu ada Al jami’atul Islamiyah Billy Madinah Al Munawarah Islamic University of Madinah tempat Ustadzah kuliah di situ di Mekah aja Ummul Quro dan alhamdulillah tidak sedikit dari mahasiswa Indonesia dan mahasiswi itu sekolah juga ada masih yang lagi ambil S2 aja mahasiswa yang lagi ambil S3 Mini untuk yang Putra pusatnya soalnya yang putri itu banget sandi Shaheer Sheikh Shaheer Insya Allah mudah-mudahan bapak-bapak ibu-ibu apabila memiliki anak yang sudah

besar dan mau belajar tapi mau belajar

Jalan Niaga 1 putri Bapak Ansori yang insya Allah mudah-mudahan belajar di Ummul qura Amin ya Allah ibu-ibunya ada yang mau bilang ditinggal sama suaminya kalau belajarnya ya kita lebih berdoa memohon kepada Allah kalau dia mengatakan Robbana innaka ta’lamu manusia monoklin kau tahu dengan apa yang aku ucapkan terang-terangan aku lakukan terang-terangan dan apa yang aku sembunyikan

Nabi Ibrahim apa yang disembunyikan Nabi Ibrahim sedih berpisah dengan anaknya Bapak Mana Bapak meninggalkan anaknya dia mengajarkan Maya kalian setelah Nabi

Ismail remaja kira-kira umur belasan tahun itu nabi bulan datang dan di Kota Mekah udah rame

Alkitab tahu kisah Bagaimana jam itu keluarnya hajar ketika ditinggal oleh Nabi Ibrahim dia bertanya masuk ya Arafah kita kita masuk ke Arafah Jamaah ya ini batas Arafah berkaitan dengan Arafah ini nanti kita lanjutkan ceritanya Nabi Ibrahim Alaihissalam ini berkaitan dengan cerita Nabi Ibrahim ada dua riwayat Kenapa Arafah disebut Alfa atau Alfa talk Italia

Arafah itu dari asal kata mengenal atau mengetahui

riwayat pertama mengatakan ini Arafah station bahwasanya Ketika Nabi Adam dan Hawa diturunkan dari surga Nabi Adam diturunkan di India

dan Hawa diturunkan di Mekah diturunkan di sini akhirnya mereka setelah berlangsung cukup lama terjadi perjumpaan antara

antara Adam dan Hawa di Arafah

Ini diriku ini duit dari israiliyat israiliyat nggak boleh dipercayai nggak nggak boleh justru negara itu Cuma cerita aja

yang kedua Arafah itu dari ceritanya nabi ceritanya Nabi Ibrahim bersama Jibril Alaihissalam jadi ketika Nabi Ibrahim itu dihancurin tentang manasik haji haji itu sudah ada sudah ada sejak zaman Nabi dibawa Malaikat Jibril ke tempat-tempat di sini ini tempatnya ini tempatnya setiap kali menunjukkan tempatnya dan nama malaikat jibril bertanya kepada Nabi Ibrahim arah-arah tahu kalau sekarang jadi fat32 riwayat ini pun tidak

tidak sahih yang penting jamaah kita ini jangan suka bertanya hal-hal yang tidak ada aplikasinya dalam peribadatan kita

baik itu penamaan Arafah dari kisah Nabi Adam bersama atau dari kisah Nabi Ibrahim itu tidak akan berpengaruh dalam ibadah kita Karena tujuan kita berangkat ke Arafah pada tanggal sembilan Dzulhijjah adalah untuk Rasulullah nanti kita akan melihat di sebelah kanan kita kelihatan menang ya

di masjid Namira

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tanggal 8 itu mabit di mina

hari Tarwiah ini masjid Namira pada tanggal 9 Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam Dari Minal menuju ke Arafah Tapi beliau tidak masuk ke arah beliau berhenti di lembah jadi masjid ini bagian pengirimannya itu tidak masuk Arafah Kenapa karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bronkitis itu didirikan tandanya bersama

ketika matahari sudah terblokir beliau berpidato khutbah Arafah lalu sholat Dzuhur dan Ashar dijamak dan diqashar itu masih posisi di di depan sana kamu Dan setelah itu baru buku beliau menuju ke Jabal Rahmah Beliau mengatakan Sallallahu Alaihi Wasallam aku haha Aku di sini di Jabal Rahmah situ di kaki Jabal Rahmah Arafah kulluha mau ke dan panjang Arafah ini semuanya tempat ini kalau kita lihat batas tanah Arafah yang kuning itu itu akan ketahuan Bosnya bagian depan masjid nya tidak masuk

Arafah

kita sekarang melihat tidak ada satupun tenda ketika tanggal 9 tujuan semua tempat ini penuh dengan tenda

bisa dilihat batas Arafah nya diet masjidnya

ini kita masuk ke arah Kita lihat di sebelah kanan dan kiri kita ada toilet toilet yang dipersiapkan untuk

para jemaah haji dan ini adik telepon ini pohon yang dikenal dengan pohon Soekarno

pohon Limbo Limbo Apa bahasa Inggrisnya

Bapak Sugih Apa bahasa Maduranya mimbo

tembok Apa iya ini ini yang di kanan kiri kita nanti ada pohon Soekarno bukan yang ini ya

ada pohon Soekarno itu yang agak agak Rindang angin ini yang rindang iPhone Soekarno disebut HPnya hadiah dari pak karno Wallahu A’lam bishowab termasuk bahan yang tahan hidup tanpa air ya kita lihat walaupun terus disiram sebelah sini Ja mana kita akan mendekat ke Jabal Rahmah pengaman Jabal Rahmah Inipun dikritisi oleh Sebagian ulama karena seharusnya bukit ini namanya Jabal Jabal Arafah Bukit Arafah Kenapa jadi Jawa ketika itu rahmat Allah turun pada waktu hari Arafah dan kita lihat ada jemaah yang naik ke atas itu

tidak disunnahkan untuk naik ke atas Rasulullah Shallallahu salam ketika tidak di atas beliau Wukuf itu di bawah Bukit Rahma ini di batu batu besar beliau Wukuf jamaah dari kelincinya matahari berdoa sampai hampir terbenam matahari terus berdoa

Kalau jemaah haji itu Masha Allah doa 15 menit udah capek doa setengah jam udah abis doanya doanya udah abis gue baca apa lagi akhirnya ngobrol ya aku makan lagi ini itu padahal ini hari satu hari dalam kehidupan kita dimana Allah mengabulkan doa-doa orang yang datang ke Padang Arafah ini

itu lihat di atas ada Tugu

tunggu itu untuk menunjukkan ini bukit-bukit rumah aja ya tempat hukumnya Adik nggak dibawa di batu-batu mungkin di bagian depan sana ada batu-batu yang di bawah situ ya jamaah yang ingin naik ke atas kami persilahkan naiknya sebenarnya agak lama tapi turunnya lebih cepat biasanya

mereka pada selfie di atas sana ada yang bawa pilox katanya kalau bawa fotonya suami istri ke sini Insya Allah akan langgeng hidupnya nggak nggak bener dulu anak ingat anak pernah baca berita Kalau tidak salah nih Saipul Jamil sama siapa sama Dewi Persik itu ketika umroh mereka taruh tulis namanya di sini ada Tulis nama di sini pulang cerai ternyata nggak ada ini bukan termasuk salah satu sebab agar orang hidupnya hidupnya harmonis penjelas kehidupan harmonis yaitu dengan meninggalkan dosa-dosa dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Ta’ala

telepon waktu kita di sini mungkin 30 menit setiap 30 menit Jadi Para jamaah yang mau naik insya Allah akan dibimbing oleh siapa aja atas dan Isya Allah ada abu taqo yang akan menemani menunggu hibah Iya aku tak menunggu dibawah satu aja di atas nanti jadi sebagai komunikasi lancar berapa jamaah yang udah turun atau yang masih di atas

Masya Allah Masya Allah jamaah

biasanya Banyak kontak di sini jam tayang cantik-cantik ya yang pakai bunga-bunga yang kalau foto 5 yang habis saya banyak diterima kayaknya karena puasa makanya nggak tahan panas tidak hadir di tempat ini dan orang jualan Biasanya banyak sekali tapi ada penertiban dari pemerintah Arab Saudi

orang orang jualan cokelat Tangsel

terus terang sebenarnya pedagang kaki lima itu membantu para jemaah di satu sisi tapi juga merepotkan para jemaah karena biasanya telat naik bis nya dikarenakan Mereka bilang alhamdulillah ya kita udah sampai sini lihat semua lihat jamnya lihat jam jam

jam berapa nanti jam 09.00 kurang 5 sudah jadi bos siap pakai Barakallah FII ke-14

yang lain termasuk jamaah ini bisa dilihat ini di Jabal Rahmah dikatakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam ketika wukuf di bawah Jabal Rahmah di atas bantuannya Lagi duduk di sekitar batu batu besar walah walah Papa batu-batu besar yang di sebelah kita lihat sebelah sini ada batu batu besar ya hukum yang penting di bawah tidak di atas dan kalau musim Haji ini gunung semuanya akan putih dengan dengan jemaah yang sedang wukuf nah

Masya Allah Masya Allah ini tempat air biasa yang disediakan buat jemaah haji

air untuk diminum besok nggak musim Haji tapi sedang tidak ada airnya

Ayah SMA yang mau foto

Yang mau bodoh

yaelah bapak-bapak

panas sebentar kau sudah mau bertanya buka mana sini mana ya yuk Hitung 12

12 Yatsrib adalah

Nah betul itu jamaah kita lihat 8320 2010 dingin apa panas lagi pindahan pindah bandara ke RS ya iya pindah cuma kan adminnya bisa di internasional terkini internasional sana masalah jamaah kita lihat itu cuma ada di berbagai negeri yang datang ke Padang Arafah ini untuk menyaksikan disini tempat Wukuf Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam di padang Arafah ini kita di masjid namirah yang kita lihat ya dulu nggak ada masjidnya

di situ Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam yang khutbah Wada yang menge bertanya kepada mereka Ayu Yohana Hari apa ini bulan apa ini tempat apa ini kemudian Rasul salah saya mengatakan Allah indah di mataku waalaikum Waalaikum Assalamualaikum alaikum hatiku menghadapi Syahadat Rasul SAW wassalam sesungguhnya harta kalian kehormatan kalian daerah kalian itu haram haram seorang muslim untuk memunculkan daerah saudaranya mengambil harta saudaranya menghina saudaranya menjatuhkan kehormatannya itu haram sebagaimana haramnya hari Arafah bulan-bulan haram dan di negeri haram inilah Padang Arafah jamaah

Masya Allah dan Rasulullah Shallallahu salam berpesan juga ketika Haji Wada mengatakan Allah Allah Hafin bisa kalian hati-hati dengan urusan perempuan kain aku maaf atuh muhun nabi Manila wasahlan tumbuh jakun nabi kalimat Tina kata Nabi Al Ikhlas dalam kalian menjadikan mereka buat diri kalian dengan kalimat Allah dan kalian ambil mereka dengan amanah dari Allah Jalla jalaluh dan juga Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam

panas jamaah kunduran Mario biar nggak ke panas dan Ustad nyanyi ya Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam mengatakan kepada para para sahabatnya yang Haji Wada kullukum macam Ingat kalian semua Jadi Adam kalian adalah anak keturunan Adam mau orang mau orang Indonesia mau orang Cina orang Arab mau orang Eropa mau orang Afrika kullukum Minaj and kalian semua dari Adam gua jam intravena jam itu dari tanah ingat aja itu dari tanah apabila dia Robin ada aja Min tidak ada keutamaan buat orang Arab di atas orang-orang Arab walafiat Amin alfarobi orang Ajeng juga tidak lebih mulia dari orang Arab boleh liat kuota lamar Wali Ahmad Al Aswad yang hitam tidak lebih mulia daripada yang putih yang putih tidak lebih mulia daripada yang hitam kecuali dengan ketaqwaan jadi semua umat manusia

Ya ini yang mulia bukan yang lebih ganteng bukan yang lebih tinggi bukan yang lebih tegas bukan yang dari Eropa bukan ini Arab dah tapi ketakwaan lah Inna akromakum indallahi atqokum yang paling mulia Diantara Kalian ada yang paling bertakwa lanjut

Ya Allah nggak ada yang naik perasaannya udah nyampe atas faktor-faktor sholat Jumat pagi lanjutkan perjalanan Masya Allah ini suara bass Assalamualaikum ya Allah ini ini ini supaya pas kita ada di manakah Masha Allah yg dari Lampung Blog ini ini duyung ngikutin live streaming lewat HP nya beliau Insyaallah udah berapa lama disini kan

alarm jam dan berkahnya coba ya Allah ini ada orang Lampung isu terkini jemaah Lampung nimba ya karena sopir di kampung kita lanjut Kampung Bayah Bapak Boleh kita langsung kampung nih dari sini langsung ke Lampung karena supirnya di Lampung jam eiger Lampung jadi kita langsung ke Lampung bentar lagi Anyer sekolah udah balik kampung Masya Allah tabarakallah pickup ya kita lanjut jam alhamdulillah ternyata bapak sekitar daerah Lampung dan jemaah kita satu keluarga yang dari Lampung insya Allah kita melanjutkan perjalanan ke mananya set Terminal ampuh

kita akan menuju ke Mina Muzdalifah dulu lalu kita akan menuju ke mana Mainnya udah yang belum hadir tolong angkat tangan yang belum hadir tolong angkat tangan Bismilah jamaah alhamdulillah kita sudah sampai ke Arafah berarti Haji kita sudah sana haji itu adalah Arafah Al Hajj Arafah itu yang haji karena kita cuma umroh jadi kita cuma bisa melihat Padang Arafah ibadah haji itu sebenarnya tidak lama Berapa hari proses ibadah haji Coba kita itu tanggal 8 tanggal 8 Hijriyah itu jemaah haji Tarwiyah di mina

Rasulullah Shallallahu salam bermalam bermalam di mina tanggal 8 tarwiyah itu dikenal dengan artinya mengumpulkan air dikarenakan orang-orang pada hari Arafah itu akan sibuk kukus Jadi mereka tidak lagi memikirkan makan dan minum mereka Rasulullah Shallallahu salam bermalam pagi hari tanggal 9 setelah sholat subuh jadi beliau sholat 5 waktu itu di mina Dzuhur dan Ashar tanggal 8 eh maghrib di Medan

Ishaq di mina subuh tanggal 9 di Medan 5 waktu sholat di mina di qashar tanpa dijamak dzuhur 2 rakaat diwaktu dhuhur ashar 2 rakaat di waktu Ashar Maghrib 3 rakaat waktu Maghrib dan Isya dua rokaat di waktu Isya setelah itu beliau menuju ke arafah tanggal berapa tanggal 9 pagi hari sampai namirah tadi itu Rasul SAW wassalam istirahat sebelum matahari tergelincir di situ tenda nabi sudah didirikan setelah matahari tergelincir Rasulullah SAW wassalam berpidato kemudian sholat Dzuhur dan Ashar jamak qashar

jadi Dzuhur dan Ashar di waktu dzuhur 2 rakaat Ashar doa setelah selesai beli obat dia tuh beliau menuju ke Jabal Rahmah ini wukuf di bawah Bukit Rahma itu beliau mengatakan Arafah semuanya tempat Wukuf dilakukan di sini supaya orang tidak meyakini hukum itu hanya di tempat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam saja sebelum matahari tergelincir tetap tanggal 9 Rasulullah SAW wassalam bersiap-siap meninggalkan Arafah ketika matahari terbenam Rasulullah SAW menuju ke arah

dalam perjalanan tuh sudah masuk waktu maghrib uud1945 rasul salam alaika ontanya nabi siapa namanya jadi dianjurkan memberi nama kepada kendaraan dan binatang di tubuh kita kasih nama

mantannya nabi namanya Koswara beliau punya bala-bala itu hasil kawin campur antara kuda sama keledai itu namanya dul dul namanya judul itu Rasul saw memiliki tauhid di tengah jalan ketika menuju ke Muzdalifah hudzaifah ditegur ya rosulalloh Yahudi saat panas boleh Kakak nggak dia mengatakan ah salah udah masuk waktu salat maksudnya kata rasul salam salat di depan kali Nabi artinya tidak salat magrib di jalan beliau menuju ke Muzdalifah sampai Muzdalifah beliau menjamak Maghrib dan Isya di waktu Isya

Kemudian beliau setelah itu istirahat Kenapa belum istirahat sepanjang hari beliau berdoa tapi banyak jemaah haji ketika di Muzdalifah nggak istirahat begadang karena siangnya udah istirahat di Arafah Udah goblok Udah tiduran apa sampai kamu dari tadi nggak capek

sedangkan khusus tahu aku sangat cantik Musdalifah udah udah udah lama ya Kami Sepanjang Hari dari Habis dhuhur sampai matahari terbenam berdoa terus Apakah boleh istirahat di Muzdalifah mampir di situ sampai sebelum pagi beli biasa shalat witir Kalau waktu subuh salat subuh di Muzdalifah

setelah sholat subuh lengkap bergerak menunggu matahari sampai menguning ketika matahari menguning berdoa setelah itu baru menuju tanggal berapa tanggal 10 8 9 10 pagi menuju ke Mina Allah mengatakan Plaza A1 Min ala Fatin bahan dasar Ilham apabila kalian selesai wukuf di Arafah meninggalkan Arafah maka berdzikir mengingat Allah Dimas Ari Ilham nanti kita akan lewat Mas al-haram masjid Masjidil Haram itu namanya gunung yang ada gunung namanya hujan atau enggak salah di situ nabi akhir sholat sholat maghrib ketika di Muzdalifah sampai pagi tapi orang-orang yang lemak wanita-wanita itu diperbolehkan oleh Nabi ada 100 orang lewat tengah malam untuk meninggalkan Muzdalifah menuju ke Mina

jadi ada dispensasi buat mereka yang tidak mampu Masya Allah masih bangun karena sebagian udah ditahan-tahan Sudah dari tadi kepingin tidur nggak enak sama ustadz ustadzah kayaknya mau tidur juga Yang kangen ini yang pakai kacamata kacamata itu malah Dia seakan akan menikmati nusrat nya ya padahal udah separuh gitu kan tinggal lima buah rambutan kita Muzdalifah Ok dari Muzdalifah ke Mina tanggal 10 Apa yang dilakukan di mana

melempar jumroh

Berapa butir batu 7 yang ngambil di jalan harus ngambil batu pirus dari tanggapannya di jalan menuju ke jumlah ngambil 7 kemudian berangkat ke jumratul aqabah jumlah yang paling besar di situ Beliau mengatakan bismillah Allahu akbar allahu akbar allahu akbar allahu akbar allahu akbar allahu akbar allahu akbar 7 Kali takbir itu termasuk kita mengingat Allah dan ini sebuah action dari kita menunjukkan tahu kita berperang dengan setan

Emang di situ tidak ada setannya tapi itu sebuah simbol kalau kita ini nggak main-main sama setan kalau kita kelihatan sama setan kita kan lemparin juga banyak di antara kita yang menjadikan setan sebagai sohib dan temannya teman dia tidur teman dia makan teman dia usaha teman dia jalan padahal kita diperintahkan untuk menghubungkan permusuhan yang kita melempar Allahu Akbar setelah itu Rasul Shallallahu salam memotong kurban yang memotong Haji beliau ketika itu membawa 100 ekor unta dari Medina dibawa menuju ke

beliau potong 63 dengan tangannya sendiri jadi unta itu ketika disembelih

bisa duduk bisa berdiri tapi kontak tidak disembelih ditidurkan itu nggak ada seperti sapi gitu ya tidur nggak ada onta itu berdiri atau duduk ketika Berdiri kaki depan onta itu Maaf diikat lututnya itu diikat

ini diberdirikan dalam kondisi lututnya potong dengan tangannya sendiri tinggal

berapa Tinggal 37

Siapa yang melanjutkan Ali Bin Abi Thalib 3 beli motor Ali bin Abi Tholib dipotongin dikatakan Sapi dimakan unta dipotong istri rasul saw Mahalul setelah tahallul tanggal 10 Nia amalan tanggal 10 itu lempar jumroh

motor korban kemudian tahallul awal sebelum matahari terbenam nabi sudah kembali ke Minang mabit mabit malam 11.00 malam 12.00 malam 13.00 lalu Beliau hari ke-13 itu meninggalkan meninggalkan Minang untuk tawaf Wada dan melanjutkan perjalanan ke Madinah Berapa hari jadi 8 9 10 11 12 13 salah-salah aja jadi yang menyebabkan mamanya jemaah haji di Arab Saudi Ini masalahnya masalah pesawat antrian pesawat sebenarnya kalau mereka itu mau naik perahu

cepat nyampeknya yang lama itu tadi maksudnya dia tanggal 13 udah langsung pulang bisa pulang

pulang langsung ya nyampenya berapa minggu sampai Indonesianya Yamaha kita nih akan menuju ke Muzdalifah jam-jam Subhanallah kita sebentar lagi akan ngelewatin

in the biggest Zubaidah

mata air bukan mata air ya bukan selokan apa namanya itu saluran airnya karena mata airnya itu jaraknya kalau nggak salah Berapa kilo 35 kilo dari kota Mekah mata airnya itu dialirkan menuju ke Arafah ini

itu siapa istrinya Harun ar-rasyid istrinya Harun ar-rasyid atau Ibu istrinya itu yang membikin saluran air ini buat jemaah haji 35 KM bagaimana air itu bisa berjalan tanpa mesin

jadi pada masa Harun ar-rasyid itu tahun 150-an Hijriyah 160 itu bisa mengalir air tanpa mesin jadi dibikin modelnya itu turun nanti naik turun lagi jadi ketika turun bagaimana dia nanti bisa menaikkan Airnya lagi ya di sebelah kanan kita melihat itu sebelah kanan ada tembok yang di bawah bukit

ini diletakkan di situ juga untuk menampung air laut air hujan jadi ketika hujan airnya juga tertampung nanti ada penampungan air zodiaknya matahari sebenarnya kita lihat Masya Allah baik kerja umurnya ini kira-kira ya 1250 tahun ya sudah ada pengairan jarak 35 KM kok nggak sekali ini ada renovasi tentunya direnovasi perbaikin tapi awalnya ini kita lihat nih mengalir terus dia dibikin lebih turun lagi itu aja kayak model bendungannya di sana

kemudian ini sudah mulai ada yang rusak yang ini mulai agak turun lagi Masya Allah Masya Allah jadi ketika Islam Jaya Islam itu menebarkan kedamaian bukan menebarkan kekerasan berbeda dengan orang-orang di luar Islam ketika mereka Jaya yang mereka lakukan adalah penindasan kepada orang-orang yang lemah tapi agama kita hari kasih sayang agama cinta dan pembunuhan dalam Islam pun itu salah satu bentuk kasih sayang dan cinta ketika harus ada pembunuhan seperti orang-orang yang membunuh perampok dibunuh itu adalah karena kasih sayang kepada manusia sehingga mereka di mana kita lihat ini ini sudah mulai agak turun nih tambah-tambah ke bawah yang bawah ke bawah lagi

jadi bisa Bid’ah itu atau Zubaidah istrinya Harun ar-rasyid dia menginfakkan wallahualam berapa ribu Dina ada puluhan ribu Dinar emas itu untuk ini dan untuk memberikan minum kepada jemaah haji Makamhaji kita lihat orang-orang itu berlomba-lomba untuk memberikan minum dan menghargai jemaah haji cantik ada orang-orang yang kurang kurang baik yang memanfaatkan jemaah haji

Aulia di sebelah kiri kita ini stasiun kereta api stasiun kereta api yang menyambung antara Arafah Muzdalifah dan Mina baru sampai makan belum yang ingin kita lihat Muzdalifah

jamaah di

dimana di Arofah itu di dirikan tenda tenda tidak permanen di Muzdalifah tidak ada tenda Artinya mereka bermalam Alaska Bumi dan beratapkan langit itu ketika Di manakah tempat Rasul Shallallahu Alaihi Salam mabit di Muzdalifah Dimas Ariel Sharon sebelah kanan kita nih ini masjid namanya Masjidil Haram Adapun bukit yang disebutkan Bukit usah wallahualam di dekat sini mungkin tapi ini masih masalah di Muzdalifah Allah mengajarkan Said Kav 1 menara Fatin feat loha Tinggal Masa Lalu aku kan menghilang Mino body massage yang niat mau magrib di sini malam ini

nggak masalah untuk percobaan orang sebagian saudara kita berkemah di Indonesia macam-macam kita boleh berkemah di sini ada masalah Insya Allah Insya Allah kajian terlezat Hamzah dan Ditunggu oleh Abu taqo kayaknya ini Bapak sholeh perlu mabit di sini soalnya Masya Allah Masya Allah jama Iya dan sepanjang jalan itu toilet disediakan oleh pemerintah Arab Saudi dan satu toilet bisa antri 20 orang yang Anda rasakan itu ketika anti dan ujian kesabaran Ya Allah pernah melihat kejadian ada orang di toilet itu cukup lama akhirnya yang di depannya ketuk untuk terus ya Dia mungkin sakit perut yang di jalan itu sakit hati disiram pakai semprotan air

yang di luar yang di luar mengarah di depan tuh banyak Kerikil dan pasir Kerikil yang keluar dia haji haji di mana Allah mengatakan apa manfaat bersihin dan harus dilakukan jika ada orang yang niat berhaji itu nggak boleh dia ngeluarin kata-kata yang cocok nggak boleh tindakan-tindakan yang tidak benar dilakukan ama dia nggak boleh berdebat perintah melaksanakan ujian kesabaran yang ngantri makanan trigonometri dan Masya Allah pernah kita itu lewat sebuah tenda ama temen-temen tuh lagi lewat aja yang kenceng sama diantara tanda itu akhirnya lewat kenakan tinggi dan ada bapak-bapak yang kadang kaut ya udah sembuh ya orang sudah ngantri lama ketika pintu buka ada berapa Putra ini langsung masuk

pengujian bener-bener uji kesabaran semuanya dan orang yang paling paling baik hatinya dan yang paling banyak mikir jadi ketika Haji tidak banyak karena kita sudah masuk ini akhir dari mudzalifah tapi sudah masuk ke area pemekaran Mina jadi aja pemekaran Minah jadi sebagian Muzdalifah ini diambil alih oleh otoritas Mina dikuasai oleh nilainya disebut Bina baru Bina jadi ini mereka kalau malam-malam 10 nginep disini tempat Cari namanya Muzdalifah

tapi malam 11 tempat ini namanya Mina jadi bisa jadi Tuhan mereka tinggal di sini tinggal di Dyna dan tiga dimensi dari Papa Mama mengatakan seperti orang pesawat full dia sholat di luar masjid apakah dia dapet pahala shalat di masjid ih emang udah nggak dateng terus dia itu Siapa Mereka yang ada di mana Di mineral yang sangat jauh sekali sama kita lewat di bawah di bawah stasiun kereta api di atas

nyembelih Ismail di mana saat ini kan ada di tubuhnya nih kan mau bikin yang di iklan Nabi Ibrahim mau menyembelih Nabi Ismail itu aja tuh punya tulang di sebelah kiri sana sama ayah tapi tidak ada keutamaan tersendiri jangan macem-macem menyembelih anak di sini nggak boleh kita itu sekedar kenangan supaya kita lihat ini ini ujian kedua Nabi Ibrahim Ujian pertama disuruh meninggal ujian kedua ketika anaknya udah remaja disuruh sembelih pakaian ujian cinta kita kadang kala suruh sembelih kambing kari kambing yang paling murah di Cakra Cari kambing ada yang lebih murah dari insya Allah nanti bilangin anaknya jangan kita kita lihat jamak ketika

kita ada acara walimah kita beli kambing namanya berapa ekor nggak ada masalah tapi ketika kurban itu berat buat kita karena tidak ada kesenangan kita di sini ya kita lihat nih tempatnya sebelah kiri kita itu ada tuh di Gunung sebelah kiri depan kita yang gunung yang di depan kecil Ya Allah walang kebenaran itu tapi yang jelas tidak ada keutamaan tersendiri itu sekedar mengingatkan kita dengan kasih nabi kasih sayang Nabi Ibrahim kepada obat ini kita masuk udah Minang indah yang ada ac-nya ada lampunya pakai karpet Masya Allah kita lihat

gantengnya tindak ini dibagi sesuai dengan negaranya di negara Indonesia dikelompokkan di tempat tersendiri negara Pakistan sendiri

dan ada yang untuk ONH Plus

di sebelah kiri kita ini apa saja

oh ini ini publik security

Republik security itu bukan sih

mungkin polisi yang di atasnya ke istananya raja dan alhamdulillah Raja itu di atas soalnya kalau lagi dibawah repot kita setiap kali lewat harus harus diberhentikan sama orang-orang jalan ya langsung

ya marilah kita lihat di sebelah kanan kita itu jadi gunung-gunung sudah mulai dipotong sama raja Arab Saudi Kenapa untuk menambah jumlah tenda

Jadi kalau pemerintah Arab Saudi itu memberikan kuota ke setiap negara itu karena mereka tahu dengan kemampuan mereka menampung jemaah haji karena ada sebagian yang mengatakan gimana mau Haji ditahan nggak boleh dia mau ditaruh di mana Kalau mereka datang semuanya Indonesia kalau datang semua antrian indonesianya sampai 15 tahun * 200000 berapa

3 juta 3000000 juta orang Indonesia semuanya dan di sebelah kiri kita kita akan melewati masjid Voice yang dikatakan sholat di masjid ini 70 nabi masjid voice 76070 ribu enam Piala Eropa di sebelah kiri kita masjid dengan empat menara ini ini masjid hadits Rasulullah Shallallahu 5 bit di sini di sebelah kiri kita kita mungkin tidak bisa mendekat ke tempat jamarat itu tempat lempar jumroh bisa dilihat yang sudah sangat bangunannya sudah sangat sangat apa jamaah Sangat kokoh modern zaman ayah ada berapa Lantai sudah 5 lantai Sekarang jadi di setiap tenda itu sudah ada jalannya masing-masing jadi kalau kita masuk ke jalan yang aman

Ayo kita nggak bisa ke lantai satu kita masuk ke liang MP3 Ayo kita nggak bisa ke lantai 2 seperti itu dan ada eskalator juga disediakan buat orang-orang yang yang tidak mampu di jemaah haji belas gak tau setup janin di sebelah kanan ini bisa jemaah haji plus dan itu hotel-hotel saya bukan hotel Yasmin Hotel sebenarnya kan orang Jangan melihat dari luar itu susun ranjang susun jadi untuk jemaah haji yang tidak mau tinggal di tenda tinggal di situ tapi kayaknya kurang kurang nyaman Mbak jamah ya Iya di sebelah kanan kita ini ini terowongan sebelah kanan ada terowongan 2 ini dulu terowongan ini satu itu yang sebelah kanan ada dua terowongan-terowongan itu satu yang kejadian Minang yang tabrakan kimia banyak yang mati tahun 90 berapa itu ya terus kemudian dibikin 21 untuk pergi

untuk datang pendek Indonesia di belakang di belakang di belakang Terowongan itu itu yang disebut dengan musim yang bisa kita masuk ke terowongan tolong Ana ini Kalau ngapain Ini Cinta Kedua yang baru yang kita lihat kita akan menembus gunung

kemudian kita keluar sejenak lalu menembus gunung lagi Masya Allah ya Allah memberikan nikmat kepada jemaah baikan Gimana kalau jemaah harus naik gunung ini kita Alhamdulillah ini sebelah kanan tenda jamaah haji Indonesia di sebelah kanan kita nih mereka di sini nih Kalau mungkin ada yang ingin nyoba nggak ada masalah dan mereka harus jalan menuju ke lempar jumroh itu berapa kilo setengah pulang pergi 7 kilo ya kira-kira seperti itu itu ONH yang biasa tapi ingat pahala sesuai dengan kesulitan keuangan yang dicapai dalam lanjutan per jam lagi menuju ke Jabal Nur Jabal Nur

Masya Allah ini cukup panjang minimal ingat Jabal Nur itu semua lagi apa sekarang namun kemudian dikenal dengan nama sebutan Jabal Nur Jabal cahaya karena memang Nur yakni Alquran yang pertama kali turun kepada rasul SAW wassalam adalah di Gua Hira Di mana Rasulullah SAW wassalam biasa menyepi di sana sendirian selama satu bulan dan dikatakan itu pada Bulan Ramadhan yang turunlah Alquran ada yang tanggal satu Ramadhan 2017 turun surat yang pertama kali adalah

Iqro bismirobbikalladzi kholaq kholaqol insana Min Alaq ambilkan sana malam ya kalau kita lihat nih doanya Nabi Ibrohim lembah yang tidak ada

pohon-pohon yang tidak ada tumbuhan kecuali ya ini ini ditanam kali ini jam ini di tanah tapi Nabi Ibrahim berdoa memohon kepada Allah bersyukur minat sama berikan rezeki mereka dari buah-buahan Ya Masya Allah sebelah kiri kita kayaknya tempat penampungan air ini dia mah kalau anda tidak salah dalam itu kita lihat Masya Allah Masya Allah

Entah berapa

berapa tahun di atasnya tanda titik

berapa juta keyboard air yang disana

kayaknya kalo kita berenang di sana jamaah Masya Allah masa itu mau diminum sampai berapa tahun itunya

dan untuk selanjutnya diserahkan kepada Ustadzah udah udah capek ngomong terus kan ada juga nggak enak sama dia Manahan tidur jamaah Ya Abal yang mau tidur Silahkan baca doa bismika allahumma amuutu assalamualaikum warahmatullah

Sebentar lagi kita akan melewati jalan yang puncaknya terdapat dua lewat angin lewat aja kalau bisa turun jauh ke lihat nanti langsung kita lanjut lagi lanjut pulang kan itu Rasulullah menerima wahyu pertama kali

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close