Dunia Islam

Hukum Umroh: Wajib atau Sunah?

Umroh bertujuan untuk menjalankan serangkaian kegiatan ibadah yaitu  thawaf, sa’i, tahallul dengan mengunjungi kakbah, serta mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Alquran maupun sunah Rasulullah SAW.  Sedangkan tentang hukum umroh, beberapa ulama memiliki perbedaan pendapat apakah umroh ini wajib atau sunah.

Keutamaan menjalankan ibadah umroh ini banyak sekali di antaranya adalah:

Umroh - carmed.id
Umroh – carmed.id

1. Umroh Dapat Menghapus Dosa

Sesuai sabda Rasulullah SAW, inilah salah satu keutamaan yang sangat diharapkan bagi para jamaah ibadah umroh, yaitu dapat menghapus dosa yang pernah dilakukan.

2. Menjauhkan dari Kefakiran dan Didekatkan ke Surga

Allah menjanjikan pada seseorang yang melakukan ibadah umroh, dijauhkan dari kefakiran dan kemiskinan. Selain itu, bagi hambanya yang berdoa dan mendapatkan  ibadah umroh yang mabrur, akan didekatkan kepadanya surga.

3. Mensucikan Seorang Muslim Layaknya Bayi yang Baru Lahir

Seseorang seolah terlahir kembali, jika mendapatkan pahala ibadah umroh seperti  bayi yang baru lahir, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW.

4. Permintaannya akan Dikabulkan oleh Allah SWT

Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, doa orang yang melakukan ibadah umroh akan terkabulkan oleh Allah SWT.

5. Umroh Menjadi Jihad Bagi Wanita

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Rasulallah SAW menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah).

Hukum Melaksanakan Ibadah Umroh

Umroh - cdn2.tstatic.net
Umroh – cdn2.tstatic.net

Lalu bagaimana hukum menjalankan ibadah umroh ini, apakah wajib atau sunah? Sebenarnya bagi setiap muslim yang mampu menjalankannya, baik materi maupun non materi, hukum menjalankan ibadah umroh adalah sunah.

Namun sebagian ulama berpendapat hukum menunaikan ibadah umroh adalah wajib bagi muslim yang mampu namun belum pernah menjalankan. Sementara sebagian ulama lainnya, menganggap hukum umroh sebagai sunnah mu’akkad.

Nah, agar lebih jelas bagaimana hukum menjalankan ibadah umroh ini,  kita simak yang berikut ini.

Terdapat Dua Hukum Ibadah Umroh

Umroh - 2.bp.blogspot.com
Umroh – 2.bp.blogspot.com

1. Wajib

Umroh bisa menjadi wajib, jika baru pertama kali dilakukan dan disebut sebagai Umratul Islam. Adapun yang pernah bernazar, umroh juga menjadi hal yang wajib jika nazarnya terpenuhi.

2. Sunah

Bila umroh dilakukan bukan yang pertama kali maka hukumnya adalah sunah.

Pendapat Ulama Mengenai Hukum Ibadah Umroh

Umroh - seputarhajiumroh.com
Umroh – seputarhajiumroh.com

Nah, lalu bagaimana dengan pendapat para ulama? Beberapa ulama berbeda pendapat tentang hukum umroh ini,  sunah atau wajib. Inilah penjelasannya.

1. Sunah Mu`akkad

Pendapat para ulama ini, berdasarkan pada sabda Nabi SAW saat ditanya tentang hukum menjalankan ibadah umroh ini. Menurut Rasullulah SAW umroh itu tidak wajib. Namun jika bisa berumroh, maka itu lebih baik.  Inilah sabda Nabi SAW:

Haji adalah jihad, sementara umroh hanya tathawwu”.

Selain itu terdapat alasan lain jika ibadah umroh adalah sunah. Umroh adalah ibadah yang bisa dijalankan tanpa tergantung waktu, oleh karenanya ibadah ini tidak wajib.

2. Wajib

Sedangkan Umroh hukumnya dianggap wajib, khusus bagi mereka  yang diwajibkan Haji. Pendapat ini  datang dari sebagian besar ulama di kalangan para sahabat dan lainnya. Mereka sepakat sebagaimana ibadah haji, pelaksanaan ibadah umroh ini hanya sekali dalam seumur hidup.

Pendapat Terkuat tentang Hukum Ibadah Umroh

Umroh - Umroh - seputarhajiumroh.com
Umroh – Umroh – seputarhajiumroh.com

Pendapat yang terkuat tentang hukum ibadah umroh, umroh dianggap wajib bagi mereka yang mampu melakukannya namun hanya sekali seumur hidup. Sementara yang menganggap  hukum umroh adalah sunah (mu’akkad) dalilnya lemah. Jadi bagi yang mampu menjalankan ibadah umroh sekali seumur hidup, sangat dianjurkan agar menunaikan ibadah umroh ini. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: