Cara Umroh Backpacker Ramadhan bersama Anak

Mengajak anak ikut umroh itu sudah biasa, tetapi bagaimana jika perjalanannya berupa umroh backpacker Ramadhan? Membawa anak di dalam rombongan agen travel saja sudah membutuhkan usaha ekstra, apalagi jika pergi sendiri. Untungnya, ada berbagai cara agar umroh tetap aman dan nyaman, walau membawa anak kecil.

Berikut beberapa tips untuk membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Siapkan Rencana Perjalanan dengan Teliti

Umroh Backpacker Ramadhan - Writing.com

Umroh Backpacker Ramadhan – Writing.com

Rencana perjalanan (itinerary) sangat penting bagi tiap orang yang bepergian sendiri tanpa agen travel, apalagi jika kamu mau mengajak anak jalan-jalan ke negara-negara di sekitar Arab Saudi. Biasanya, membuat rencana perjalanan selama 15 hari sudah cukup untuk memperhitungkan kegiatan yang dilakukan saat umroh Ramadhan. Hal ini karena perjalanan populer saat Ramadhan adalah untuk ibadah 6 hari di akhir bulan puasa dan 9 hari setelah Syawal.

Jika ingin berjalan-jalan ke negara lain, biasanya kamu harus membuat rencana perjalanan untuk 3 minggu hingga sebulan. Memang sedikit repot, tetapi ini akan mencegahmu mendapat masalah saat perjalanan.

Pesan Hotel dekat Masjidil Haram

Umroh Backpacker Ramadhan - National Geograpghic Indonesia

Umroh Backpacker Ramadhan – National Geograpghic Indonesia

Jika membawa anak, pastikan memesan hotel dekat Masjidil Haram. Bulan Ramadhan di Arab Saudi cukup panas, sehingga kamu sebaiknya mengurangi intensitas keluar, terutama jika bersama anak kecil. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa transportasi lokal seperti Uber dan taksi resmi (berwarna putih dengan tanda TAXI di atasnya). Jangan naik taksi ilegal yang menawarkan tarif lebih rumah, karena keamanannya tidak terjamin.

Oh ya, pastikan kamu membawa uang kecil yang cukup, serta tidak ragu dalam menawar. Transaksi dengan sopir taksi di Arab Saudi tidak menggunakan argometer. Pastikan tarifnya di awal sebelum naik taksi.

Pesan Bus secara Daring untuk ke Madinah

Umroh Backpacker Ramadhan - Kementrian Agama

Umroh Backpacker Ramadhan – Kementrian Agama

Peziarah yang berangkat sendiri ke Tanah Suci bisa memanfaatkan jasa Bus Saptco untuk pergi ke Madinah dari Mekah. Keuntungan memilih bus ini adalah kamu bisa memesannya secara daring. Jadi, kamu tidak perlu mengajak anak mengantre di loketnya, yang bisa cukup panjang dan melelahkan (terutama di bulan puasa!). Bus ini cukup nyaman untuk bepergian dengan anak selama Ramadhan, karena memiliki kursi empuk, AC, tirai, dan minuman.

Selama di Madinah, pelancong mandiri juga bisa memanfaatkan bus umum ber-AC (hop-on hop-off) yang bertingkat dan ber-AC. Bus ini biasanya memiliki halte dekat hotel-hotel populer di Madinah. Tarifnya lebih murah dari taksi, dan nyaman untuk bepergian bersama anak saat puasa.

Selalu Bawa Tas Serbaguna

Umroh Backpacker Ramadhan - baranguniktermurah.com

Umroh Backpacker Ramadhan – baranguniktermurah.com

Ketika bepergian bersama anak di bulan puasa, terutama untuk umroh, tas serbaguna berisi berbagai keperluan perjalanan (selain tas dokumen dan uang) menjadi penting. Pastikan membawa tas kuat tetapi nyaman, dan isi dengan barang-barang seperti handuk kecil, tisu, minuman kotak, botol air, biskuit untuk si kecil, obat standar dan minyak kayu putih, masker, kaus kaki, plester, buku bacaan anak, serta popok (jika perlu).

Manfaatkan Fasilitas Masjid Semaksimal Mungkin

Umroh Backpacker Ramadhan - Alharamtravel.co.uk

Umroh Backpacker Ramadhan – Alharamtravel.co.uk

Untuk memaksimalkan ibadah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas masjid yang tersedia bagi pengunjung selama Ramadhan. Setiap masjid di Tanah Suci biasanya menyediakan minuman dan makanan seperti kurma atau kue-kue ringan untuk berbuka puasa. Selain itu, di Masjidil Haram, ada fasilitas skuter berkursi elektrik di lantai tiga, jadi kamu tidak perlu berlelah-lelah bersama si kecil.

Akhirnya, sebaiknya kamu tidak bepergian dengan hanya bersama si kecil. Jika kamu wanita, kamu memang harus ditemani mahram. Akan tetapi, bahkan jika kamu pria, sebaiknya kamu berangkat dalam rombongan berisi setidaknya dua atau tiga orang dewasa, termasuk dirimu. Hal ini penting agar umroh backpacker Ramadhan bersama si kecil menjadi lebih aman dan nyaman.

Add Comment

%d bloggers like this: