Umroh

Cara Cerdas dan Aman Mendapatkan Paket Umroh Hemat dari Travel Umroh

Masih lekat dalam ingatan kita bersama, kisah tentang 35.000 calon jemaah umroh yang gagal berangkat ke Tanah Suci akibat ulah dari sebuah jasa travel atau biro perjalanan umroh. Penipuan dengan kerugian lebih dari 500 miliar tersebut, mampu menggaet calon jemaah dengan iming-iming umroh murah yang memang menggiurkan. Bahkan, harga yang ditawarkan tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan batas minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Meski kasus penipuan jenis ini bukan yang pertama kalinya, rasanya masyarakat tetap harus belajar dari kasus ini agar kasus serupa tidak kembali terulang. Boleh saja kita berharap bisa mendapatkan paket umroh hemat, asalkan kita juga harus cerdas dalam memilih jasa travel perjalanan umroh. Tentunya, agar kita tidak terjebak dalam iming-iming yang ditawarkan oleh travel umroh abal-abal.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan memilih jasa travel umroh murah, agar terhindar dari jebakan penipuan travel umroh abal-abal.

Memiliki Izin atau Lisensi

Umroh hemat - 2.bp.blogspot.com
Umroh hemat – 2.bp.blogspot.com

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan memilih jasa travel umroh adalah perhatikan kepemilikan izin atau lisensi. Meski dalam beberapa kasus, travel umroh yang sudah memiliki izin resmi pun berpotensi untuk melakukan penipuan. Namun setidaknya, langkah ini adalah langkah pembuka yang harus Anda lakukan, untuk kemudian disertai dengan langkah-langkah selanjutnya. Anda bisa memeriksanya melalui website resmi Kementerian Agama melalui tautan http://haji.kemenag.go.id/v2/content/direktori-provider-visa-ppiu. Anda pun bisa mencari tahu rekam jejak dari biro perjalanan umroh tersebut melalui internet atau media sosial.

Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Umroh hemat - wordpress.com
Umroh hemat – wordpress.com

Meski Anda ingin mendapatkan paket umroh hemat, Anda jangan mudah tergiur begitu saja pada iming-iming harga yang sangat miring. Anda tetap harus bersikap logis dan rasional ketika akan memilih jasa travel umroh ini. Perhatikan harga-harga yang ditawarkan beserta jaminan fasilitas yang akan Anda terima.

Umumnya, setiap travel pasti menyediakan pilihan paket umroh kelas ekonomi, yang bisa Anda bandingkan dan perhatikan. Pertama, perhatikan harga yang ditawarkan. Jika harga berada di bawah nilai minimum –sekitar 18-20 juta untuk kelas ekonomi–, Anda wajib berhati-hati. Logikanya, bagaimana mungkin sebuah perusahaan bisa memenuhi segala kebutuhan perjalanan umroh Anda, jika harga yang ditawarkan berada di bawah nilai minimum yang ditetapkan pemerintah.

Kemudian, perhatikan kesesuaian antara harga yang ditawarkan dengan jaminan fasilitas yang akan Anda terima. Anda patut curiga dan berhati-hati, jika dengan harga semurah itu, sebuah jasa travel menjanjikan fasilitas yang mewah, nyaman, dan semuanya serba mudah. Bagaimanapun, kesesuaian antara harga dengan kualitas fasilitas tetaplah sebuah hukum mutlak. Dengan harga paket umroh murah, setidaknya fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah penerbangan kelas ekonomi, serta hotel bintang 3 yang lokasinya terkadang juga cukup jauh dari Masjidil Haram.

Pastikan Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan

Umroh hemat - 2.bp.blogspot.com
Umroh hemat – 2.bp.blogspot.com

Kepastian jadwal pemberangkatan juga penting untuk Anda perhatikan. Jangan percaya pada alasan jasa travel yang mengatakan bahwa karena Anda memilih paket umroh hemat maka jadwal keberangkatannya juga jauh lebih lama. Apalagi, jika Anda sampai dijanjikan jadwal keberangkatan lebih dari enam bulan atau bahkan satu tahun. Hal ini bisa jadi adalah salah satu indikasi, bahwa travel tersebut adalah umroh abal-abal yang dapat dengan mudah menghilang serta akan sulit dimintai pertanggungjawaban.

Usahakan, pastikan jadwal keberangkatan tidak berselang lama dari waktu pembayaran yang Anda lakukan. Setidaknya, ketika Anda melakukan pembayaran di bulan ini, maka bulan depan Anda telah diberangkatkan ke Tanah Suci.

Selain kepastian jadwal keberangkatan, jadwal dan tiket kepulangan juga patut Anda perhatikan. Karena dalam beberapa kasus umroh murah, jemaah sering kali dihadapkan pada berbagai masalah ketika mereka akan pulang ke tanah air. Entah itu berkaitan dengan tiket pulang atau semacamnya. Jadi, jangan lupa untuk mengecek tiket, waktu dan tanggal, serta keabsahan reservasinya.

Nah, itulah cara cerdas dan aman yang bisa dilakukan agar Anda tidak terjebak dalam penipuan umroh murah abal-abal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close