Umroh Nyaman Selama Ramadan dengan 9 Tips Ini

Dari sekian banyak waktu, Ramadan merupakan bulan yang paling banyak disukai umat muslim untuk mengerjakan ibadah umroh. Salah satu alasannya adalah ingin merasakan suasana puasa di Tanah Suci.

Nah, buat Anda yang berencana untuk menunaikan umroh saat bulan Ramadan, jangan lupa perhatikan 9 tips dan hal berikut agar rangkaian ibadah umroh Anda berjalan dengan aman dan nyaman sampai kembali lagi ke Tanah Air.

Mengatur Waktu Umroh

Mengatur Waktu Umroh - umroh.travel.com

Mengatur Waktu Umroh – umroh.travel.com

Suhu Arab Saudi yang sangat panas, terutama pada siang hari, tentu sedikit banyak akan mengurangi kenyamanan beribadah. Karena Anda berumroh pada bulan Ramadan, usahakan mengatur waktu sebaik mungkin agar bisa menjalankan kegiatan ibadah pada malam hari. Untuk hal ini, komunikasikan dengan pihak travel umroh atau muthowif Anda.

Perhatikan Asupan Makanan

Perhatikan Asupan Makanan - cdn2.tstatic.net

Perhatikan Asupan Makanan – cdn2.tstatic.net

Hal kedua yang wajib diperhatikan betul ketika Anda memutuskan untuk berumroh di bulan puasa adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Saat berbuka puasa, usahakan makan kurma dan minum air putih yang cukup. Sedangkan susu bisa menjadi menu selingan saat sahur.

Jangan sampai Anda melewatkan waktu sahur atau berbuka karena terlalu fokus pada ibadah, sebab bagaimanapun kesehatan Anda juga penting diperhatikan.

Istirahat Cukup

Istirahat Cukup - cdn2.tstatic.net

Istirahat Cukup – cdn2.tstatic.net

Bonus poin untuk jemaah yang melaksanakan umroh pada malam hari; selain hawa lebih sejuk, Anda juga bisa memanfaatkan siang hari untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh terasa lebih bugar.

Siapkan Obat-Obatan

Siapkan obat-obatan - BreakingNews.co.id

Siapkan obat-obatan – BreakingNews.co.id

Cuaca ekstrem tak jarang membuat daya tahan tubuh menurun dan akhirnya membuat kita sakit. Sebelum keberangkatan, pastikan Anda sudah menyiapkan obat-obatan di dalam tas, baik obat pribadi maupun obat ringan seperti pilek dan batuk. Jangan lupa mengonsumsi vitamin C secara rutin agar tidak gampang sakit ketika sudah berada di Tanah Suci.

Buka Puasa di Mana?

Buka Puasa di Mana? - umarat.files.wordpress.com

Buka Puasa di Mana? – umarat.files.wordpress.com

Salah satu keistimewaan yang didapat jemaah umroh selama Ramadan adalah tersedianya takjil (makanan dan minuman) gratis di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi saat waktu berbuka tiba. Jadi Anda tidak perlu pusing mencari makanan sendiri.

Di dua tempat tersebut, Anda bisa merasakan nikmatnya berbuka puasa dengan ribuan, bahkan ratusan ribu jemaah umroh lain. Suasana kekeluargaan akan sangat terasa di sini.

Tarawih

Tarawih - gomuslim.co.id

Tarawih – gomuslim.co.id

Nah, setelah membatalkan puasa dengan menikmati takjil yang disediakan panitia masjid, jangan lewatkan untuk mengikuti salat tarawih berjamaah di sana. Satu hal yang menarik dari tarawih di Tanah Suci adalah bacaan salatnya yang kadang mencapai 1 juz dalam satu rakaat. Siapkan fisik sebaik mungkin, ya!

Jangan Malu Bertanya

Jangan Malu Bertanya - blogkarirdotcom.files.wordpress.com

Jangan Malu Bertanya – blogkarirdotcom.files.wordpress.com

Berada di lingkungan baru sering kali membuat kita jadi tersesat. Kuncinya, jangan panik saat Anda tersesat atau terpisah dari rombongan. Tanyalah kepada petugas atau siapa pun yang ada di sekitar Anda, sehingga mereka bisa menunjukkan jalan pulang menuju hotel.

Gunakan Masker

Gunakan Masker - s2.bukalapak.com

Gunakan Masker – s2.bukalapak.com

Saat beraktivitas di siang hari, gunakan masker penutup hidung agar tubuh terhindar dari virus berbahaya yang mungkin menular melalui udara, dan gantilah masker sesering mungkin.

Berdoa

Berdoa - cdn2.tstatic.net

Berdoa – cdn2.tstatic.net

Jika semua persiapan sudah matang, hal terakhir yang tak boleh dilupakan adalah berdoa. Mintalah kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kesehatan, keselamatan, dan kelancaran saat beribadah umroh nanti.

Itu dia 9 tips umroh saat bulan Ramadan yang wajib dipraktikkan. Semoga bermanfaat!

Add Comment

%d bloggers like this: