HajiUmroh

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Umroh Sebelum Berangkat Haji

Beberapa tahun belakangan, pergi umroh bukanlah sebuah hal yang bisa dikategorikan “mewah” lagi. Saat ini banyak umat Islam di Indonesia yang menjadikan umroh sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Selain berlibur, umroh dianggap sebagai salah satu alternatif favorit untuk melupakan sejenak segala penat sekaligus mendekatkan diri kepada Allah.

Kenapa umroh? Kenapa tidak langsung haji saja? Selain karena kuota haji di Indonesia semakin terbatas dan antriannya cukup lama, ada beberapa alasan lain yang membuat kita perlu untuk berumroh terlebih dahulu sebelum menunaikan ibadah haji. Apa saja alasan tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Menabung untuk haji sambil berangkat umroh

Umroh Sebelum Haji - Infoperbankan.com
Umroh Sebelum Haji – Infoperbankan.com

Jika kita sudah sangat rindu dengan Tanah Suci tetapi belum memiliki cukup materi dan kesempatan untuk menunaikan haji, cobalah untuk pergi umroh terlebih dahulu. Setelah umroh dan melepaskan kerinduan kita di Baitullah, kita bisa menabung untuk menunaikan ibadah haji di masa yang akan datang.

Mempelajari situasi dan tempat

Umroh Sebelum Haji - Panoramio.com
Umroh Sebelum Haji – Panoramio.com

Agar saat haji kita tidak terlalu kaget dengan cuaca dan kondisi sosial di Tanah Suci, berangkat umroh terlebih dahulu sebelum berhaji akan memberi kita kesempatan untuk mempelajari banyak hal tentang ibadah di Tanah Suci.

Kita jadi tahu mana yang harus atau tidak boleh dibawa, apa yang harus atau tidak boleh dilakukan, dan dapat beradaptasi dengan kondisi cuaca maupun masyarakat di Tanah Suci. Sehingga ketika benar-benar berangkat haji, kita tidak lagi merasa asing dengan keadaan di sana.

Mumpung masih muda

Umroh Sebelum Haji - Anotherorion.com
Umroh Sebelum Haji – Anotherorion.com

Selagi umur masih muda dan kondisi badan masih fit, manfaatkan ini untuk melakukan ibadah umroh sebelum nantinya bisa benar-benar menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Umroh bisa dilakukan kapan saja

Umroh Sebelum Haji - Flickr.com
Umroh Sebelum Haji – Flickr.com

Tidak seperti haji yang bisa dilakukan saat bulan Dzulhijah saja. Umroh bisa dilakukan kapan saja begitu kita memiliki cukup materi dan kesempatan. Bahkan jika mau, kita bisa menikmati ibadah umroh sambil berpuasa, salat Tarawih, dan i’tikaf di Tanah Suci saat bulan Ramadhan.

Umroh merupakan penyempurna haji

Umroh Sebelum Haji - Commons.wikimedia.org
Umroh Sebelum Haji – Commons.wikimedia.org

Karena kita tidak tahu suatu saat nanti bisa berangkat haji ke Tanah Suci atau tidak, begitu memiliki materi dan kesempatan berangkatlah umroh terlebih dahulu. Meskipun pahala umroh tidak sebanyak dan seistimewa ibadah haji, tetapi umroh merupakan salah satu ibadah yang dapat menyempurnakan haji. Sebagaimana hadis yang berbunyi,

تَابِعُوا بين الحجِّ والعمرةِ ، فإنَّهما ينفيانِ الفقرَ والذنوبَ ، كما يَنفي الكيرُ خَبَثَ الحديدِ والذهبِ والفضةِ ، وليس للحجةِ المبرورةِ ثوابٌ إلا الجنةُ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, “Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga” (HR. Tirmidzi, Nasa’i, dan Ahmad)

Umroh dapat mengurangi kefakiran

Umroh Sebelum Haji - Flickr.com
Umroh Sebelum Haji – Flickr.com

Salah satu manfaat umroh adalah untuk mengurangi segala kefakiran dalam hidup. Kefakiran di sini artinya adalah kekurangan yang berkaitan dengan rezeki, ilmu, kesehatan, maupun keberkahan hidup. Dengan melakukan umroh, hidup kita akan bisa menjadi lebih berkah. Rezeki juga bisa lebih lancar sehingga kita dapat sedikit demi sedikit menabung untuk menunaikan ibadah haji di masa yang akan datang, wallahu ‘alam bish shawwab.

Umroh sama pentingnya dengan haji

Umroh Sebelum Haji - Kemenag.go.id
Umroh Sebelum Haji – Kemenag.go.id

Banyak orang yang berpendapat bahwa haji lebih penting daripada umroh. Padahal ibadah umroh dan haji sama-sama penting dan merupakan hal yang pernah dilakukan Rasulullah. Pentingnya ibadah umroh berdasarkan hadis yang artinya,

“Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma berkata: “Tiada seorang pun (dari kaum muslimin yg mampu) melainkan wajib atasnya menunaikan Haji dan Umroh.” (HR. Bukhari)Wallahu a’alam bish shawwab.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: