Dunia Islam

Kriteria Seorang Wanita Saleha

Dalam Islam, wanita memiliki kedudukan yang mulia dan istimewa. Di dalamnya terdapat hukum dan aturan yang mengatur segala hal yang bertujuan untuk menjaga harkat dan martabat wanita. Wanita-wanita mulia inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan wanita saleha.

Wanita saleha adalah wanita yang tidak hanya menjadi idaman para pria, tetapi juga menjadi kesayangan Allah Swt. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang saleha”. (HR. Muslim)

Lantas, apa saja sih sifat dan karakteristik yang dimiliki seorang wanita saleha? Simak penjelasan berikut ini:

Wanita yang Beriman dan Taat

Wanita Sholeha - muslimahthai.com
Wanita Sholeha – muslimahthai.com

Sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang wanita saleha adalah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, serta menjadikan Islam sebagai pedoman hidupnya. Ketika Islam sudah dijadikan sebagai pedoman, tentu dia akan belajar lebih dalam tentang ajaran-ajaran dalam agama Islam. Hal ini penting sebagai pondasi untuk senantiasa mendapatkan rida Allah SWT.

Allah Subhaanahu wa ta’ala pun berfirman:

Maka wanita yang sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’:34)

Dari ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa wanita saleha adalah wanita yang beriman dan taat dalam melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dalam ayat lain juga dijelaskan bahwa bentuk ketaatan seorang wanita juga harus ditunjukkan dalam bentuk penjagaan terhadap dirinya.

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nur: 31)

Penjagaan terhadap anggota tubuh dan dari perbuatan dosa adalah bentuk takwa dari seorang wanita saleha.

Wanita yang Taat Kepada Suami

Wanita Sholeha - faktapers.com
Wanita Sholeha – faktapers.com

Selain taat kepada Allah Swt., wanita saleha juga harus taat kepada suami. Istri (wanita saleha) wajib melayani segala kebutuhan suami dengan penuh kasih sayang. Dia pun harus selalu menuruti perkataan suami, selama hal tersebut tidak bertentangan dengan nilai diri dan syariat agama.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”. (HR. Bukhari – Muslim)

Selain itu, seorang istri juga harus bisa menyenangkan suami, baik dalam hal sikap maupun penampilan. Dalam hal ini, Rasulullah pun bersabda,“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki? Yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud)

Wanita yang Ikhlas dan Ahli Syukur

Wanita Sholeha - perkarahati.files.wordpress.com
Wanita Sholeha – perkarahati.files.wordpress.com

Ciri lain dari wanita saleha adalah wanita yang senantiasa ikhlas dengan segala rencana terbaik dari Allah. Alih-alih meratapi nasib, kecewa, atau marah, wanita saleha justru selalu bersyukur dengan segala pemberian dan rahmat Allah SWT.

Rasulullah SAW pun pernah bersabda:

“Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian dia melihat darimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: “Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali.” (HR. Bukhari – Muslim)

Yuk, berbenah untuk menjadi wanita saleha!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: