HajiUmroh

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah, Lakukan Tips Haji dan Umroh Berikut

Meskipun berada di Tanah Suci di mana banyak orang datang untuk melakukan ibadah haji atau umroh, kejahatan tetap bisa saja terjadi. Karena itu, para jemaah diharapkan untuk tidak lengah. Waspadai kejahatan di Makkah dan Madinah seperti misalnya pencopetan, pencurian, penipuan penjualan kambing untuk membayar dam, atau biaya tukang cukur yang sangat tinggi ketika tahalul.

Untuk menghindari kejahatan tersebut pada diri Anda, selalu memohon keselamatan dan perlindungan pada Allah SWT. Doa tersebut tentunya harus disertai dengan usaha, misalnya dengan melakukan tips berikut ini.

Jangan terpisah dari rombongan

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - images1.prokal.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – images1.prokal.com

Untuk menghindari kejahatan terjadi pada Anda, sebisa mungkin hindari terpisah dari rombongan. Ketika bersama rombongan, apalagi ada pemimpin rombongan yang telah berpengalaman mengawal jemaah haji dan umroh, orang yang berniat jahat akan ragu-ragu untuk mendekat.

Apabila Anda hendak meninggalkan rombongan karena suatu urusan, sampaikan kepada teman serombongan ke mana Anda hendak pergi dan kapan akan kembali. Kalau bisa, pergilah dengan orang lain, jangan sampai sendirian.

Jangan panik ketika terpisah dari rombongan

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - poskotanews.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – poskotanews.com

Meskipun sudah berusaha tetap bersama rombongan, bisa saja Anda terpisah. Jika ini terjadi, jangan panik. Tetap lakukan ibadah sesuai manasik, kemudian temukan petugas haji Indonesia yang berada di pintu-pintu masjid. Di Masjid Nabawi, biasanya ada petugas haji Indonesia di Raudhah. Petugas ini mudah dikenali karena dalam seragam biru yang dikenakannya, terdapat bendera merah putih.

Jangan mudah percaya pada orang Indonesia tak dikenal

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - inovasee.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – inovasee.com

Saat sedang terpisah dari rombongan, kemudian tiba-tiba ada orang yang bisa berbahasa Indonesia mendekati Anda? Waspadai kejahatan di Makkah dan Madinah dengan cara mewaspadai orang tidak dikenal tersebut. Meskipun orang tersebut belum tentu berniat buruk dan mungkin saja tulus akan membantu, lebih baik Anda tetap waspada.

Jangan langsung mudah percaya padanya dan jaga barang-barang yang Anda bawa. Masalahnya, banyak orang yang melakukan kejahatan pada jemaah Indonesia adalah orang yang bisa berbahasa Indonesia juga.

Selalu membawa peta

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - kbihmandirisolo.files.wordpress.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – kbihmandirisolo.files.wordpress.com

Orang yang berniat jahat sering kali mendekati jemaah yang terpisah dari rombongan dan tampak bingung. Karena itu, pastikan Anda selalu membawa peta. Dengan peta tersebut, Anda bisa mencari di mana ada petugas haji Indonesia. Anda juga bisa mencari tahu di mana tempat berikutnya yang akan dituju rombongan.

Jangan membawa harta berlebihan

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - metrosulawesi.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – metrosulawesi.com

Ketika beribadah haji atau umroh, jangan membawa harta yang berlebihan, baik berupa uang atau perhiasan. Uang yang Anda bawa sebaiknya hanya secukupnya saja, sedangkan perhiasan, usahakan untuk tampil sederhana. Agar semakin aman, Anda bisa melepas perhiasan dan menyimpannya di rumah sebelum berangkat  ke Tanah Suci.

Membeli hewan dan menukar riyal di tempat tepercaya

Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah - assets.kompasiana.com
Waspadai Kejahatan di Makkah dan Madinah – assets.kompasiana.com

Hewan yang biasanya dibeli jemaah adalah kambing atau unta, biasanya dalam rangka membayar dam (denda) atau untuk kurban. Kalau ada orang tak dikenal menawarkan jasa jual beli hewan ternak, jangan langsung percaya. Lebih baik Anda memilih tempat tepercaya—misalnya di Pasar Ka’kiyah Makkah. Pembelian akan semakin mudah kalau Anda beli dengan biro perjalanan—ketua rombongan biasanya sudah mengatur proses jual beli ini.

Sama seperti membeli hewan ternak, menukar rupiah atau mata uang lain ke riyal juga harus hati-hati. Hanya tukar di tempat-tempat yang direkomendasikan oleh ketua rombongan atau kenalan tepercaya yang telah memahami Makkah dan Madinah. Dengan begitu, Anda dapat menghindari penukaran riyal dengan kurs yang terasa merugikan.

Waspadai kejahatan di Makkah dan Madinah dengan tips di atas. Semoga perjalanan ibadah Anda berjalan lancar dan menjadi haji mabrur.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: