Dunia Islam

16 Kata Mutiara Islam tentang Kehidupan sebagai Pembangkit Semangat Umat Muslim

Dalam hidup kadang kala kita dihadapkan pada kesulitan maupun hambatan yang membuat putus asa. Untuk memberikan semangat dan motivasi menjalani hidup, kita bisa mendengarkan kata mutiara Islam tentang kehidupan yang terdapat pada buku maupun media lainnya.

Dua pedoman Islam yakni Alquran dan hadits merupakan karya-karya yang telah termasyhur akan keindahan bahasanya.  Di dalamnya terdapat banyak motivasi bagi umat Islam serta anjuran untuk selalu mencintai Allah SWT, alam, serta sesama manusia. Kata mutiara yang dijadikan sebagai nasihat hidup bukanlah sekadar kata kiasan, tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana bagi Anda untuk memahami keindahan Islam dari segi bahasa.

Berikut adalah beberapa kata mutiara dalam Islam yang bisa dijadikan motivasi dalam menjalani kehidupan ini.

  • “Ketika Anda mendapatkan sedikit, Anda akan menginginkan lebih. Ketika Anda mendapatkan lebih, Anda menginginkan yang lebih banyak lagi. Namun, ketika Anda kehilangannya, Anda kemudian menyadari bahwa sedikit pun ternyata sudah sangat cukup.”
  • “Jika masalah yang Anda jalani sebesar kapal, maka jangan pernah lupa bahwa kasih sayang Allah SWT seluas”
  • “Ketika Anda berada di bawah sorot cahaya, maka segala sesuatu akan mengikuti Anda. Namun saat Anda berada dalam kegelapan, bahkan bayangan pun akan meninggalkan Anda.”
  • “Saat Anda mempunyai masalah hidup yang amat berat, jangan katakan, ‘wahai Tuhan masalahku amatlah besar’, tapi katakanlah wahai masalah aku mempunyai Tuhan Yang Maha Besar.”
  • “Hidup terkadang tak seindah yang diharapakan, tapi janji Allah SWT adalah pasti.”
  • Dalam Alquran surat At Taubah ayat 40 terdapat kata mutiara pembangkit motivasi:

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”

  • “Banyak orang yang bahkan tidak dapat menyelesaikan satu pekerjaan dengan baik dalam satu hari, bukan karena Tuhan tidak memberinya cukup waktu, melainkan orang tersebut terbius pada fatamorgana dunia.”
  • Dalam Alquran surat Al Ankabut ayat 64 terdapat kata mutiara yang mengingatkan Anda bahwa dunia hanyalah sementara:

“Dan tiadalah kehidupan ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui.”

  • Hasan Al Bashri seorang ulama memiliki kata mutiara mengenai kehidupan:

“Dunia ini hanya mempunyai tiga hari, yakni hari kemarin yang telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok yang kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini yang kamu miliki, maka beramallah hari ini.”

  • “Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini amatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan balasan terbaik di akhirat kelak.”
  • “Kehidupan adalah sebuah perjalanan, yaitu perjalanan dari Allah SWT dan kembali menuju Allah SWT.”
  • “Kehidupan ini sangatlah singkat. Kita tidak bisa menjamin tetap hidup sampai waktu salat berikutnya. Maka, mulai sekarang berdoalah dalam setiap salatmu seolah-olah itu adalah salatmu yang terakhir.”
  • “Saat bayi lahir, dikumandangkan azan di telinganya. Ketika orang mati, ia disalatkan. Betapa sesungguhnya hidup ini sangatlah singkat, hanya berjarak antara azan dan salat.”
  • “Wahai anakku, dunia ini bagaikan samudera tempat banyak ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nakhoda perjalananmu, dan sabar sebagai jangkar dalam setiap badai dan cobaan.” (Ali bin Abi Thalib RA)

Semoga beberapa kata mutiara Islam tentang kehidupan tersebut mampu membuat Anda memahami arti kehidupan yang sesungguhnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close