Dunia Islam

5 Aplikasi Islami yang Berguna Meningkatkan Keimanan di Kehidupan Sehari-hari

Di era modern seperti sekarang, melakukan berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk di antaranya adalah aktivitas keagamaan yang berguna untuk meningkatkan keimanan. Tersedia banyak aplikasi islami smartphone yang mampu membantu.
Namun, tidak semua aplikasi tersebut memiliki kegunaan yang sesuai dengan keinginan. Dari sekian banyak aplikasi, berikut ini rekomendasi 5 software islami yang bisa Anda pertimbangkan:

Learn Quran

Aplikasi Islami - APK.Dl.com
Aplikasi Islami – APK.Dl.com

Aplikasi islami yang pertama bernama Learn Quran. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengajak para penggunanya untuk belajar membaca Alquran. Anda pun diajak untuk mengucapkan ayat-ayat suci secara bertahap. Mulai dari level pemula hingga tingkat yang lebih tinggi.

Aplikasi yang dibuat oleh startup asal Depok ini memiliki fitur yang lengkap dalam mendukung proses belajar baca Alquran. Termasuk di antaranya adalah pemberian teori, praktik, tes, ataupun monitoring pencapaian yang telah dilakukan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa merekam bacaan dan selanjutnya membandingkannya dengan bacaan dari suara rekaman.

Muslim Pro

Aplikasi Islami - Angin Segar
Aplikasi Islami – Angin Segar

Muslim Pro merupakan aplikasi islami terpopuler saat ini. Aplikasi yang dibuat oleh startup asal Singapura ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali oleh umat Islam dari berbagai penjuru dunia. Tersedia aplikasi Muslim Pro untuk smartphone Android dan iPhone secara gratis.

Aplikasi ini memberikan solusi lengkap untuk umat Islam. Menyediakan berbagai informasi, termasuk di antaranya adalah arah kiblat, waktu sholat, penunjuk lokasi masjid, Alquran yang disertai dengan tajwid dan cara pengucapannya, ataupun kutipan ayat yang bisa dibagikan ke media sosial. Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan bacaan Alquran yang telah diterjemahkan ke 15 bahasa dunia. Termasuk di antaranya bahasa Indonesia.

Bayan Quran

Aplikasi Islami - Bayan.io
Aplikasi Islami – Bayan.io

Bayan Quran menyediakan solusi untuk membaca sekaligus mendengarkan ayat-ayat suci Alquran melalui tablet dan smartphone. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang cantik serta didesain interaktif. Membuat para penggunanya betah berlama-lama di depan ponsel.

Selain itu, aplikasi islami ini juga dilengkapi dengan fitur translasi. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal memilih pada kata tertentu, maka artinya akan dimunculkan. Semua fitur yang ada di dalamnya, memungkinkan Anda untuk membiasakan diri membaca Alquran di mana saja dan kapan saja.

Islamic GPS

Aplikasi Islami - Ummah Sprout
Aplikasi Islami – Ummah Sprout

Aplikasi islami berikutnya adalah sebuah aplikasi navigasi yang unik bernama Islamic GPS. Aplikasi ini bukanlah aplikasi navigasi biasa. Namun, aplikasi ini didesain menggunakan teknologi augmented reality.

Teknologi augmented reality tersebut berguna seperti halnya ketika bermain game Pokemon Go. Hanya saja, saat mengarahkan kamera ke sebuah tempat bersejarah, yang muncul bukan pokemon. Namun, informasi mengenai tempat bersejarah tersebut. Cocok saat digunakan oleh umat Islam yang gemar bepergian ke tempat-tempat bersejarah.

The Seerah App

Aplikasi Islami - Ummah Wide
Aplikasi Islami – Ummah Wide

The Seerah App merupakan aplikasi yang berisi tentang perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW yang diceritakan secara interaktif. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Dubai bernama Alpha Apps ini mengisahkan kehidupan Nabi Muhammad SAW selama di Mekah, mulai dari lahir hingga hijrah.

The Seerah App menawarkan metode yang menarik dalam menceritakan kisah tersebut. Termasuk dengan penggunaan animasi, permainan, serta storytelling. Dengan desain serta penampilan yang menarik tersebut, aplikasi islami ini sangat cocok dipakai sebagai sarana pembelajaran anak.

Dengan memanfaatkan 5 aplikasi islami tersebut, Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet dengan cara yang positif. Tidak hanya dipakai untuk aktivitas duniawi, tapi juga kepentingan akhirat. Apalagi, sebagai umat Islam, kita wajib mempersiapkan bekal yang ditujukan untuk mengarungi kehidupan setelah kematian. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close