FikihHajiTausiyahUmroh

Ustadz Khalid Basalamah: Bab Haji dan Umroh Kitab Bulughul Marom

hamdulillah Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam kita sekarang masuk ke alfafa-universal di halaman 311

baik sudah Ibu ngobrolnya setengah jam saya terlambat sudah cukup ya baris 798 bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam pahala for Asahi wajah Anisa warna-warna Aura Haji Abdurrahman Al Bidayah Al Buchori

Ibnu Abbas berkata radhiallahu anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah terhalang lalu Beliau mencukur rambut kepalanya bercampur dengan istrinya menyembelih qurbannya hingga umroh tahun depan riwayat Imam Bukhari Sebelum saya Terangkan hal ini Dilihat nomor satu dulu hal ini terjadi dalam ruang hudaybiah pada tahun 6 inchi yang waktu itu penduduk Mekah melarang kaum muslimin menyempurnakan umroh pada tahun itu dan mereka mengikat janji yang disebut dengan perdamaian hudaibiyah maka Rasulullah Shallallahu salam kembali lagi ke Mekah untuk melaksanakan umroh pada tahun berikutnya kembali kepada Hadits Ibnu Abbas radhiallahu menjelaskan kepada kita bahwasanya nabi

Muhammad shallallahu alaihi wasallam pada tahun 6 Hijriyah sudah keluar dari Madinah menggunakan kain ihram sudah niat demi chord tiba di wilayah hudaybiyah beberapa kilometer dari kota Mekah tiba-tiba saja orang-orang Mekah menahan Nabi Shallallahu Alaihi Salam gak boleh masuk pokoknya dengan alasan apapun muslimin gak boleh masuk terjadilah Solo kesepakatan antara nabi salam dengan orang-orang Mekah bahwasanya mereka gak boleh masuk goyang muslimin tahun ini pulang ke Madinah nanti tahun depan boleh umroh dan pada saat itu juga terjadi kesepakatan tidak boleh ada Peperangan antara kaum muslimin dengan orang-orang kafir Mekah 10 tahun maka Nabi Shallallahu alaihi wasallam pada saat itu sempat

menerima wahyu bahwasanya disuruh pulang disuruh pulang ke Madinah dan perintah nabi selalu perintah Jibril kepada Nabi Shallallahu salam untuk mencukur rambutnya dan memotong hewan kurban karena orang batal umroh sudah terlanjur diingat ada dan ada kurban yang harus disembelih maka yang terjadi adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam sempat berkata kepada para sahabat Allah telah memerintahkan saya untuk kembali ke Madinah waktu itu ibu-ibu sekalian sahabat-sahabat ini semuanya jengkel dengan orang-orang Quraisy jumlah mereka sekitar 700 orang semuanya pakai baju ihram dan semua siap berperang maka mereka berkata Ya Rasulullah terutama dipimpin oleh Umar Bin Khattab lebih baik kita lawan aja ya Rosulullah ngotot aja masuk ke Mekah kalau mereka melawan mobil coba membunuhku

tapi Nabi Shallallahu salam tidak mendengarnya tidak tidak mengikuti pendapat Umar Kenapa Nabi SAW mendapat wahyu kepada para sahabat Ayo sekarang kita diperintahkan cukur rambut kita udah disuruh tahallul belum umroh ya maka ini hukum pertama pada saat orang sudah terlanjur keluar kayak misal ibu ibu dan bapak Sekalian berangkat ke umroh tidak akan terulang paste lewat di MI Cloud dengan di Jeddah kemudian contoh sekitar berapa menit sebelum turun di jeda sudah mau umroh tiba-tiba terjadi misal ada peperangan misal kemudian harus balik ke Indonesia ngga bisa masuk ke Saudi pada saat itu yang paling pertama dilakukan adalah kita bertahan Lul mencukur rambut kemudian yang

kita berkurban hewan kurban mungkin nanti dengan cara menyerahkan kepada pihak-pihak yang bisa dikenal di sana dengan cara pada saat itu kalau terjadi tentunya berkurban di Saudi nya kemudian pulang-pulang ke negara kita sudah selesai buka baju ihrom nya kembali Nabi Shallallahu salam waktu itu bilang kepada para sahabat Ayo cukur rambut karena Allah sudah memerintahkan itu ternyata para sahabat ini masih pada duduk karena mereka Berharap ada pergantian berita disuruh ngaji Mekah waktu itu dan Ummu Salamah istri nabi yang kebetulan ikut bersama nabi pada perjalanan itu melihat nabi salam sedih duduk berpikir dalam kemah kata Ummu Salamah kenapa ya Rasulullah ya nabi salam ada Wahyu turun memerintahkan untuk memotong rambut halus tapi panas

ini masih pada duduk mereka masih berharap ada perubahan untuk bisa masuk ke Mekah maka kata Ummu Salamah galinha ini termasuk pelajaran besar juga Bagaimana seorang istri yang bijaksana menuntun suaminya untuk bisa menjalankan atau menyempurnakan perintah agama Ummu Salamah mengatakan nabi Allah Ya Rasulullah Coba Anda mulai dulu Anda sendirian cukur di depan mereka Insya Allah dengan begitu Mereka akan ikut makan Nabi Shallallahu salam tersenyum dan mengatakan inilah pendapat lalu Beliau keluar beli Panggil tukang cukur Jalu mencukur rambutnya gundul semua namish Alaihi Wasallam maka para sahabat untuk melihat nabi salam sudah gundul mereka segera mencukur kepala mereka sampai dalam beberapa riwayat dikatakan ada beberapa orang ter mereka yang kepalanya luka karena takutnya jangan sampai mereka tidak mencontoh apa yang Nabi Shallallahu Alaihi Salam perintahkan atau jalankan setelah selesai itu mereka balik ke jadian kita

sambil daripada Hadi 798 adalah orang kalau pergi perjalanan umroh dan sudah niat sudah lewat miqot sudah pakai baju ihram kemudian terhalang ada halangan apa saja kalau tadi kasus Nabi Shallallahu sekarang ditahan oleh orang-orang kafir mungkin terjadi peperangan mungkin terjadi badai mungkin terjadi apa saja banjir besar kita ngga tahu misal kalau sampai terhalang maka berarti tahallul kemudian berkurban Dalu Bali dan semua yang berurusan dengan ihram sudah lepas pada saat itu Hadits 799 hadits kedua dalam hal ini Wahana Aisyah radhiallahu anha Khalid Dahlan Nabi Yusuf Alaihi Wasallam bahasa bikin Zubair bin Abdul Muthalib chocolate Ya Rasulallah ini uridu Najwa Kana Zakia pokok dan Nabi Rasulullah Wasallam Puji Astuti

nama ahli Hai Mohabbatein muttafaqun alaih bin Zubair bin Abdul Malik disini untuk penulisan bahasa Indonesia dan beberapa diperbaikin ya di sini 2 itu yang l nya diganti dengan ha jadi kangen Bos dalam bahasa Arab ke rumah kalau DL itu susah dibaca Pelni diganti dengan ha Coba gimana cara bacanya kalau di sama LTE Susah kalau buat itu dalam bahasa Indonesia tulisannya dia itu diganti kemudian ubah ini bukan pintu tapi binti punya diganti dengan kemudian Bin az-zubair

kemudian ini dibunuhnya diganti jadi bin diganti jadi bin di dalam bahasa Arab ibu-ibu sekalian kalau kita menulis nama misal Nama saya Khalid bin Zaid kalau perempuan Aisyah masanya binti Muhammad misalnya kalau dia 1 baris 1 baris bersambung antara nama anak dengan ayah ditulisnya bin kalau laki-laki binti kalau perempuan tapi kalau dia bisa paragraf bisa baris misal Nama saya Halid ditulis di ujung baris ketikan misal telah keluar dari rumah Khalid pas ditulis bandnya anak ayah saya dibawa nyambungnya di baris yang kedua maka ini tulisnya Ibnu Khalid Ibnu Zaid Jadi bukan lagi bin karena nama

dan nama anak terpisah baris dalam grammar bahasa Arab Begitu cara nulisnya Nah kalau seperti ini gak bisa nama ayah sama nama anak-anak sama ayah satu baris Musia bukan yg bunuh ya tapi bin ya walaupun disini Az Zubair ini halnya itu ada di atas sebenarnya Tapi mustinya memang dia az-zubair itu sudah nyambung kenal sama sopir terus bersambung semestinya satu nama ya kan nama India Zubair sama juga dengan perempuan kalau misalnya setelah keluar dari rumah Aisyah binti Muhammad misal 1 baris ya tapi ternyata pas di ujung Aisyah terus nama Muhammad yang harus dibales kedua diganti bintinya menjadi indah ya kalau laki-laki Ibnu perempuan yg benar-benar dunia ini contohnya sama

juga kalau namanya ayah namanya anak dihapus misal Abdullah IBN Umar Abdullah bin Umar kalau Abdullah nya dihilangkan maka dibilang Ibnu Umar itu juga menggunakan Ibnu bukan bin jelas ya begini cara penulisan saja

dikatakan disini berkata waktu Nabi Salam ada di rumahnya ubah ini berkatalah digubah tadi wahai Rasulullah Sesungguhnya aku ini ingin menunaikan Haji namun aku sakit Nabi Shallallahu salam bersabda berhak namun aku sakit sakit kasih titik yang telah sakit itu tidak ada di dikasih titik Nabi Shallallahu salam bersabda berhaji LAN dan tetapkanlah syarat mosi dalam diri kamu sendiri kasih syaratnya apa itu dengan mengucapkan mustinya bahwa tempat tahan dulu Bu ialah dimana Aku terhalang muttafaqun Alaihi baik kita tahu dulu suatu hal atau beberapa pelajaran dari hadits ini yang pertama diubah ini adalah sepupu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sepupu nabi Dubai ini anaknya Zubair Zubair ini saudara kandungnya

ayahnya Nabi

Dedi sepupu langsung nabi anak pamannya Nabi Shallallahu salam satu kali begitu ketemu dengan nabi mau Haji perempuan ini bilang sepupu Nabi bilang saya mau Haji Rasulullah baik ajaran yang kedua ini sepupu nabi juga Dubai ini memberikan pelajaran kepada kita Dia kebetulan sakit Sebagian ulama hadis mengatakan sakitnya ini memang sakit yang agak parah sehingga dia khawatir kalau dia pergi haji di tengah jalan kambuh parah nggak bisa lanjutin dia harus pulang Jadi bukan cuma sekedar sakit flu demam Bukan tapi sakit-sakit yang parah ya memang dia khawatirkan di tengah jalan dia ngga bisa lanjutin harus pulang ini yang kedua berarti termasuk penghalang selain perang badai orang Anan termasuk orang yang sakit dia sudah niat udah pakai ihram keluar udah lewat Mi Cloud ternyata sakit bagaimana caranya seperti ini hukumnya ada orang

pergi haji misalnya pas sampai disana sakit parah udah harus dipulangkan misal contoh Ya udah berarti kasusnya sama tahallul kurban 1 ekor kambing pulang gak ada masalah dipulangkan seperti itu sudah dia tapi dia sudah tidak jadi Haji bisa Biasanya dibatalkan dibatalkan Haji diri dengan cara dikasih apa namanya uang itu kan ke uang misalnya perbekalan G berapa Kalau travel-travel bisnis udara kerjasama itu kalau misalnya ada orang pas pergi haji ke sana sudah umroh misal di Haji tamattu’ Ya udah dia meninggal anggaran umroh dia itu biasanya sama travel dikasih ke mahasiswa di sana ada mahasiswa dipanggil Kamu mau gak haji kan orang ini sudah meninggal anggaran biaya dibayar telepon Setia ini kamu ambil

jadi bisa di Badal Haji gak bisa dibatalkan jika ini memang dibolehkan dalam agama Islam ya kan sudah pernah saya kelak saya sampaikan saya kelamin juga ke ibu-ibu sekalian ya kalau ada yang mau batalkan orang tuanya terus kenapa sudah meninggal bisa melalui saya nanti jadi kalau haji itu sekitar 1500 dolar 1500 kadang-kadang sampai 2000 Dolar maksimal itu nanti dikasih ke mahasiswa di sana untuk biaya dia selama Haji nanti dia Haji atas nama kerabat kita yang sudah meninggal itu itu bisa dilakukan lebih kalau kita tidak bisa pergi haji bisa kita Siapin uang sekitar 15 sampai 20 juta Kalau harusnya Rp10.000 ya gitu insya Allah sudah bisa disajikan

baik ini pelajaran yang kedua bahwasanya kalau terhalang termasuk dengan sakit boleh pulang yang ketiga ini yang penting ibu-ibu sekalian Jadi kalau Ibu berangkat umroh atau Haji kemudian khawatir ada kekhawatiran kan kalau sekarang kita umur Alhamdulillah tidak ada kekhawatiran ya Kenapa kondisi aman lain kalau aja lain tapi kalau misalnya Emang kita sakit keras Asalnya aku seperti kasus tahun 1990 waktu Irak menyerang Saudi itu kan banyak pesawat yang sudah berangkat balik karena khawatir kena rudal BBM maka mereka kembali kalau ada hal-hal yang sifatnya nanti kita kayaknya ada kemungkinan berangkat sampai Ada kegiatan tidak nih maka kita dianjurkan membaca doa ini Sebagian ulama bilang bisa bahasa Arab bisa di bahasa Indonesiakan kalau tidak hafal tapi bahasa Arabnya begini seperti disebutkan di sini ah and lee hi hu ha Bastari

tempat tahallul ku di tempat yang aku terhalang jadi kita Bahasakan begitu wanna mahalli Hai sahabat sejati dalam hati Jadi kalau sampai terhalang langsung bisa tahallul di tempat itu

nomor 800 dan ini bab terakhir dalam masalah haji

one kirim ada aneh aja Jimmy Amri Amri radio vokal Halo Rasulullah Sallallahu senam mampu mengusir Arizal alaihim ajmain Qabil Iqlima soal penmaba Shinhwa Abah hurairata Anda jika vakuola sodaqollahul Hamzah bahasa Nahwu At Tirmidzi dari ikrimah dari Al hajjaj IBN Amr Al Anshari radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah Wasallam bersabda barangsiapa yang patah kakinya atau pincang di sini Sebenarnya bukan patah kaki ya Siapa yang terjadi patah tulang lebih tepatnya jadi bisa patah tangan bisa patah kaki ya pokoknya tulangnya bermasalah mungkin karena tabrakan

lagu Mungkin karena jatuh bisa terjadi atau dia tiba-tiba pincang

Jadi bukan dasarnya pincang yang sudah bisa jalan tidak tiba-tiba dia kakinya tadi misal kasus diinjak mobil apa-apa saja terus jadi ngga bisa begitu patah tulang atau memang jadi pincang maka ia boleh tahallul pada saat itu kalau sudah niat sudah pakai baju ihram dan ia wajib haji tahun depan kalau tidak bisa ngelanjutin kalau masih bisa ngelanjutin Alhamdulilah tentu lama juga mengatakan disini ibu-ibu sekalian di zaman sekarang sama zaman dulu agak beda kena zaman dulu kan masih susah sekali untuk penanganan Sekarang orang kalau keseleo misalnya bisa saja orang sudah pakai beragam macam obat balsem bisa di apalagi bungkus ya diperban segala macam cara bisa dilakukan karena orang itu bisa saja pergi haji kalau sampean dulu tuh kerepotan Memang mereka gak bisa apalagi perjalanannya susah pakai unta Siapa yang mengurus dia gitu belum ngurus kendaraannya belum mengurus

diri sendiri belum Urus orang yang sakit gak ada tim medis khusus masing-masing orang pergi haji pada zaman dulu dia pergi haji sendiri nggak ya kita sekarang jemaah haji sudah disiapin sama dokternya ada pimpinan Purwo ternyata sekali tuh zaman dulu ngga Mana ada begitu orangnya haji haji sendiri maka juga dia urus dirinya sendiri tentu saja keadaan seperti ini itu sudah selesai memang dianjurkan untuk tidak ikut Haji dia pulang aja dia berobat di kota di atas Negeri dia gitu kan bisa dikatakan malu tapi dia wajib haji tahun depan ada konser Iqlima berkata aku bertanya kepada Ibnu Abbas dan Abu Hurairah tentang hadis tersebut mereka berdua menjawab Benar diriwayatkan Imam 5 hadits Hasan menurut Tirmidzi hadits Hasan menurut Tirmidzi baik alhamdulillah sampai sini Bang Haji sudah selesai sebelum pindah ke kitab baru jual beli ada yang mau bertanya masalah Umroh dan Haji

sudah hafal semua hamdulillah soalnya dua Kamis yang lalu ini sambil saya jelasin habis panjangnya sambil ada yang suntuk ada yang ngantuk ada bapaknya panjang kemarin

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close