Dunia Islam

Hal-Hal yang Harus Dilakukan dalam Menjemput Hidayah

Hidayah berarti petunjuk atau bimbingan dari Allah menuju kejalan yang lurus. Bagi umat muslim yang taat, sebenarnya, setiap hari dia sudah meminta hidayah kepada Allah melalui salat, yaitu ketika dia membaca surah Al-Fatihah, 1:6-7 yang berbunyi:

اهدِنَا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ ﴿٦﴾صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ

المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ﴿٧﴾

Artinya:

(6) Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (7) yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan (bukan pula) jalan mereka yang sesat.

Hidayah adalah bagian dari rahasia Allah Swt. Hidayah bisa saja diperoleh ketika seorang manusia melihat manusia lain yang sedang melaksanakan ibadah. Atau dalam kasus lain, bisa jadi karena dia tidak sengaja menemukan sebuah buku agama di rak lama milik orang tuanya.

Lalu, apakah hidayah ini muncul begitu saja? Kembali, ini semua adalah rahasiaTuhan Yang Maha Esa. Namun begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang hamba yang ingin menjemput hidayah.

Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.dan Rasul-Nya

Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.dan Rasul-Nya - i0.wp.com
Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.dan Rasul-Nya – i0.wp.com

Dalam hal ini, mempelajari Al-Quran dan sunah adalah langkah yang sebenarnya. Dengan mendalami pesan-pesan dan peringatan Allah melalui kitab-Nya, seorang manusia akan lebih mengenal siapaTuhan mereka. Hal serupa juga berlaku pada sunah-sunah Rasul.

Mulailah percaya dan menguatkan iman dan membuka diri kepada Allah Swt.dan Rasul-Nya.

Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan akhirat, dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (QS Ibrahim, 14:27)

Mulai Berbenah Diri

Mulai Berbenah Diri - truthrevolt.org
Mulai Berbenah Diri – truthrevolt.org

Hal ini berkaitan dengan sikap atau tingkah laku di kehidupan sehari-hari. Mulailah mengurangi (atau bahkan melenyapkan) aktivitas tidak bermanfaat yang mampu menjauhkan diri dari Allah Swt.

Dan orang-orang yang berjihad untuk mencari (keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS Al-‘Ankabut, 29:69)

Rajin Berkumpul dengan Orang-Orang Saleh dan Menuntut Ilmu

Rajin Berkumpul dengan Orang-Orang Saleh dan Menuntut Ilmu - 4.bp.blogspot.com
Rajin Berkumpul dengan Orang-Orang Saleh dan Menuntut Ilmu – 4.bp.blogspot.com

Nasihat lama mengatakan (kira-kira seperti ini), “Jika kau berteman dengan penjual parfum, maka aroma wangi akan menempel padamu. Jika kau berteman dengan seorang pandai besi, maka aroma besi pun akan menempel padamu.”

Ketika berkawan dengan mereka yang (juga) mencari atau sudah mendekatkan diri kepada Allah Swt., maka secara alami, seseorang pun mulai melakukan hal yang sama. Dalam hal ini, menghadiri majelis ilmu bisa menjadi salah satu agenda untuk mendekatkan diri dengan orang-orang saleh.

Hidayah semakin terasa ketika ilmu hidup dalam diri mereka.

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan-kelapangan di dalam majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan kepadamu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu, “ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujadalah, 58:11).

Di atas hanyalah sedikit dari banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjemput hidayah. Jika ingin memperoleh hidayah atau bimbingan Allah Swt., berusaha (dalam tindakan) dan berdoa adalah langkah yang tepat.

Saat hati sudah semakin dekat dengan Allah Swt. hingga beribadah pun sudah terasa semakin ringan, maka jagalah dengan bersikap istikamah atau konsisten.

Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepadakamu, dan rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barang siapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS Ali-Imran, 3:101).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close