Dunia Islam

4 Hikmah Utama Shalat Sunnah Berjemaah

Dalam materi macam-macam shalat sunnah, telah dijelaskan bahwa jika dilihat dari cara pelaksanaannya, terdapat beberapa shalat sunnah yang dilakukannya secara berjemaah. Misalnya, shalat hari raya (Idulfitri dan Iduladha), shalat tarawih, shalat istisqa’, dan shalat gerhana (Kusuf dan Khusuf). Dan sama halnya seperti shalat fardu berjemaah, shalat sunnah berjemaah ini umumnya juga dilakukan di tempat-tempat seperti masjid, tanah lapang (lapangan), dan rumah.

Kemudian, jika pada shalat fardu berjemaah terdapat berbagai hikmah dan keutamaan, apakah dalam shalat sunnah berjemaah juga berlaku hal yang serupa? Tentu saja. Setidaknya, ada beberapa hikmah shalat sunnah berjemaah yang bisa Anda dapatkan. Yaitu:

Mendapatkan pahala keutamaan shalat berjemaah

Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah - Ihram Asia
Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah – Ihram Asia

Salah satu hikmah utama dari pelaksanaan shalat ini adalah mendapatkan pahala keutamaan shalat berjemaah. Seperti yang kita tahu, orang-orang yang berjemaah telah dijanjikan dengan pahala yang besar, yakni 27 kali lebih besar dibandingkan dengan shalat sendirian (munfarid).

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi’ dari ‘Abdullah bin ‘Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda, “salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat”.  (H.R. Bukhari).

Meninggikan Derajat dan Menghapus Dosa

Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah - Faatih.com
Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah – Faatih.com

Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, melaksanakan shalat sunnah berjemaah juga bisa menjadi sebab terampuninya sebuah dosa. Hal ini mengacu pada sabda Rasulullah, “Barang siapa yang berwudhu untuk shalat dan menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan untuk menunaikan sholat, dan ia shalat bersama manusia atau berjamaah atau di dalam masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya”. (HR. Muslim)

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa orang-orang yang mengerjakan shalat sunnah berjemaah akan mendapatkan pahala yang besar dan ditinggikan derajatnya. Hal itu tertuang dalam hadis Rasulullah berikut:
“Oleh karena itu, jika salah seorang di antara mereka berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya kemudian mendatangi masjid, tidaklah mendorong melakukan hal ini selain untuk melaksanakan shalat; maka salah satu langkahnya akan meninggikan derajatnya, sedangkah langkah lainnya akan menghapus kesalahannya.

Ganjaran ini semua diperoleh sampai dia memasuki masjid. Jika dia memasuki masjid, dia berarti dalam keadaan shalat selama dia menunggu shalat. Malaikat pun akan mendoakan salah seorang di antara mereka selama dia berada di tempat dia shalat. Malaikat tersebut nantinya akan mengatakan. “Ya Allah, rahmatilah dia. Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, terimalah taubatnya”. Hal ini akan berlangsung selama dia tidak menyakiti orang lain (dengan perkataan atau perbuatan) dan selama dia tidak berhadas.” (HR. Muslim)

Sarana untuk Pembelajaran

Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah - Muslim.or.id
Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah – Muslim.or.id

Dilangsungkannya shalat sunnah berjemaah, juga bisa menjadi sarana dan media pembelajaran bagi umat Islam. Hal ini mengingat, umumnya pada beberapa aktivitas shalat berjemaah –seperti pada saat salat Idulfitri, salat Tarawih, dan salat Gerhana—kerap disisipi dengan penyampaian khotbah atau ceramah keagamaan. Tentunya, ceramah/khotbah tersebut berisi banyak ilmu agama dan pengetahuan yang bermanfaat, bukan?

Menumbuhkan Rasa Persaudaraan dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah

Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah - SorKat
Hikmah Shalat Sunnah Berjamaah – SorKat

Hikmah shalat sunnah berjemaah  lainnya adalah menjadi sarana tumbuhnya rasa persaudaraan antar sesama umat muslim. Shalat sunnah berjemaah bisa menjadi momentum untuk bisa saling mengenal secara lebih dekat satu sama lain. Hal ini juga penting untuk menyambung tali silaturahmi antar kerabat, tetangga, atau teman. Ketika tali silaturahmi telah tersambung secara baik, tentunya akan tercipta rasa persaudaraan dan kasih sayang antar sesama.

Selain itu, dengan melangsungkan shalat sunnah berjemaah, kita juga akan diajarkan tentang arti persamaan. Bahwa apa pun status sosial kita, kita tetaplah sama di hadapan Allah SWT. Jadi, tak pantas rasanya jika kita terlalu menyombongkan diri dengan hal-hal yang sifatnya duniawi semata.

Nah, itulah beberapa hikmah shalat sunnah berjemaah yang bisa Anda dapatkan. Yuk, petik hikmah-hikmat tersebut dari sekarang!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close