Dunia Islam

Islam sebagai Agama Mayoritas Kedua di Rusia

Islam di Rusia merupakan agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks. Kehidupan muslim di Rusia saat ini lebih baik dibandingkan dengan masa kekuasaan komunis dulu. Pada masa pemerintahan Vladimir Putin saat ini, untuk pertama kalinya, terdapat menteri muslim dalam kabinet dan negara mengakui eksistensi muslim di Rusia.

Keberadaan Islam di Rusia tercatat dalam sejarah awal negara tersebut. Dalam buku The State and Stakes of Islam from Rusia karya Xavier Le Torrivellec disebutkan bahwa sejarah Islam di Rusia telah berusia kurang lebih 1.300 tahun.

Pertengahan abad ke-7, Islam telah melakukan ekspansi hingga ke Kaukasus. Kota Derbent di Dagestan telah ditaklukkan pada 642 M. Setelah menaklukkan Persia dan Yerussalem, di bawah pimpinan Abdurrahman bin Rabiah. Pasukan beliau berhasil menaklukkan Kerajaan Kazar yang berkuasa di wilayah ini selama masa pemerintahan Bani Umayyah.

Oleh penduduk setempat, Islam diterima dengan tangan terbuka karena ide-ide universal yang diajarkan seperti keadilan, persaudaraan, anti terhadap kezaliman, memuliakan wanita, dan sebagainya.

Bila membaca biografi salah seorang imam besar Islam, Imam Bukhari, kita akan mendapati fakta bahwa beliau lahir di wilayah Rusia, yakni Bukhara, Uzbekistan. Rusia memang pernah menjadi pusat kebudayaan Islam terbesar setelah Madinah.

Islam di Rusia sudah diadopsi secara resmi oleh negara Volga Bulgar (sekarang bernama Tatarstan) pada tahun 922 M, sementara Kristen Ortodoks baru diadopsi pada tahun 988 M. Islam di Rusia berusia lebih tua dibandingkan gereja Ortodoks. Rusia baru menganut agama Kristen Ortodoks saat masa Pangeran Agung Vladimir berkuasa pada akhir abad ke-10.

Pengaruh Islam di Rusia mulai turun saat komunisme merajai negara tersebut. Hampir seluruh kebudayaan muslim Rusia mengalami keruntuhan karena banyak karya sastra dibakar, ulama dibunuh, dan masjid-masjid ditutup.

Saat ini, jumlah muslim di Rusia mencapai 29-41% dari seluruh jumlah penduduk negara ini. Selain berasal dari muslim keturunan, banyak di antara mereka merupakan muslim mualaf. Bisa dikatakan, 60% pemeluk baru berasal dari etnis Rusia yang sebelumnya tidak beragama.

Masyarakat muslim mayoritas di Rusia merupakan warga negara minoritas  yang berpusat di daerah-daerah antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, yakni Avar, Adyghe, Balkar, Nogai, Checnya, Circassian, Ingush, Kabardin, dan Karachay. Banyak pula muslim yang tinggal di Prem Krai, Ulyanocsk, Samara, Nizhny Novgorod, Moscow, Tyumen, dan Leningrad Oblast.

Jumlah masjid yang berdiri di Rusia juga semakin bertambah. Saat ini terdapat 6.790 masjid yang resmi tercatat. Namun, pakar data Rusia memperkirakan jumlah masjid yang sebenarnya kurang lebih mencapai 9.000. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya organisasi keagamaan Islam lokal di Rusia. Jumlah organisasi keagamaan terbesar di Rusia terdapat di daerah Volga, Kaukasus Utara, dan Urat.

Mayoritas umat Islam di Rusia adalah Sunni. Terdapat dua mazhab yakni mazhab Syafii di Kaukasus Utara dan Mazhab Hanafi di wilayah negara lainnya. Masyarakat muslim di Rusia dipimpin oleh mufti yang ditunjuk oleh dewan federal pusat. Selain mengurus soal pendidikan berbasis Islam dan pembangunan masjid, dewan federal ini juga mengeluarkan sertifikat halal, menyelenggarakan kegiatan keagamaan Islam, dan mengawasi aktivitas bisnis.

Jumlah jemaah haji dari Rusia pun kian bertambah jumlahnya bahkan melebihi kuota negara tersebut yakni sekitar 35.000 jamaah. Terdapat pula 4 universitas Islam di Rusia. Aktivitas belajar di madrasah dan masjid sudah bisa dilakukan tanpa sembunyi-sembunyi. beberapa tahun terakhir, hubungan antara muslim Rusia dan Indonesia juga telah meningkat dalam hal pendidikan maupun bisnis.

Bertahannya Islam di Rusia serta perkembangannya hingga saat ini membuktikan bahwa Islam adalah agama kedamaian dan merupakan rahmat bagi seluruh manusia. Kondisi ini menjadi kabar gembira bagi umat Islam di seluruh dunia karena seorang muslim merupakan saudara bagi muslim lainnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close