Dunia Islam

Ini Dia 4 Negara dengan Peninggalan Kebudayaan Islam di Benua Eropa

Kebudayaan Islam mulai berkembang di benua Eropa beratus-ratus tahun yang lalu. Islam pertama kali masuk pada 756 Masehi hingga 1492 Masehi di wilayah Andalusia, lebih tepatnya di Semenanjung Iberia. Setelah penaklukan wilayah Andalusia, pada masa pemerintahan Utsmaniyyah umat Islam melanjutkan penaklukan ke wilayah-wilayah yang lain, misalnya Sisilia dan Balkan. Ketika perang dunia II selesai, masyarakat Islam yang awalnya bermukim di negara Islam berduyun-duyun mendatangi Andalusia. Inilah puncak perkembangan Islam di benua Eropa.

Hingga saat ini, benua Eropa merupakan salah satu tujuan favorit jika ingin berlibur ke luar negeri. Hal ini karena benua Eropa mempunyai berbagai daya pikat yang yang tidak pernah berakhir. Namun, tahukah Anda jika di benua biru ini terdapat jejak kebudayaan Islam yang patut untuk dikunjungi? Berikut adalah 4 negara yang masih mempunyai jejak Islam yang kaya dengan nilai historis.

Spanyol

Spanyol - pbs.twimg.com
Spanyol – pbs.twimg.com

Spanyol adalah negara yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah Islam di benua Eropa. Spanyol merupakan negara pertama yang dapat ditaklukkan, yang kemudian menjadi pusat peradaban Islam di benua Eropa. Selama lebih dari tujuh abad umat Islam menduduki Spanyol dan memperluas wilayahnya hingga ke negara-negara seperti Cordova, Granada, Sevilla, dan Toledo.

Saat ini, tercatat sejumlah 1,8 juta muslim berada di Spanyol. Dari keseluruhan angka tersebut, 71% merupakan warga imigran. Hal ini membuat Islam menjadi agama kedua terbanyak di Spanyol dengan total 4% dari jumlah keseluruhan warganya. Jejak peradaban Islam di negara ini dapat Anda jumpai di kota-kota seperti Cordoba, Seville, dan Granada.

Destinasi yang wajib Anda kunjungi adalah Mosque of Cordoba serta Medina Azahara. Destinasi lain yang berada di kota Granada adalah Istana Alhambra. Jadi jika Anda hendak berkunjung ke Seville, jangan lupa pula untuk berkunjung ke Alcazar of Seville dan Menara Giralda.

Prancis

Prancis - vienmuhadi.files.wordpress.com
Prancis – vienmuhadi.files.wordpress.com

Islam juga menjadi agama kedua terbesar di Prancis, yakni berjumlah 13% dari total seluruh penduduknya. Hal ini karena dahulunya Prancis menjajah negara Islam serta banyaknya imigran muslim yang berasal dari negara-negara seperti Afrika, Aljazair, dan Maroko. Di Prancis, Islam juga dikenalkan oleh para pemain sepakbola yang beragama Islam. Misalnya, Zinedine Zidane, Karim Benzema, Samir Nasiri, dan lain sebagainya.

Di negara yang terkenal sebagai pusat mode ini, Anda bisa menemukan destinasi bercorak Islam di La Grande Mosquee de Paris. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1926 ini merupakan masjid tertua yang juga berkedudukan sebagai pusat belajar agama Islam serta wadah berkumpulnya seluruh muslim yang bertempat tinggal di Prancis. Destinasi kedua adalah Musee du Louvre yang merupakan museum tempat ditampilkannya 3000 karya seni tentang sejarah peradaban Islam.

Bosnia-Herzegovina

Bosnia-Herzegovina - upload.wikimedia.org
Bosnia-Herzegovina – upload.wikimedia.org

Islam masuk ke Bosnia dan Herzegovina saat masa kekhalifahan Utsmaniyyah di abad XV hingga XVI Masehi. Mayoritas umat muslim di Bosnia menganut paham Sunni. Di negara yang terkenal dengan panorama alamnya ini juga terdapat berbagai destinasi wisata religi yang wajib Anda kunjungi.

Misalnya Gazi Husrev-beg Mosque yang dibangun pada abad XVI, yang merupakan bangunan berarsitektur megah  warisan kekaisaran Ottoman. Ada pula kota tua Bascarsija dan taman Vrelo Bosne yang cantik dan penuh nilai sejarah. Terakhir, sempatkan berkunjung ke jembatan Stari Most yang masuk ke dalam 20 jembatan paling indah di dunia.

Rusia

Rusia - 1.bp.blogspot.com
Rusia – 1.bp.blogspot.com

Warga muslim mencapai 14% dari keseluruhan populasi penduduk negeri Beruang Merah ini. Berbeda dari negara-negara sebelumnya, warga muslim di Rusia bukanlah para imigran. Umat Islam di negara ini merupakan etnis asli Rusia, di antaranya Balkar, Circassian, Kabardin, dan lain sebagainya. Terdapat tiga destinasi wisata religi yang harus dikunjungi saat ke Rusia, yaitu Saint Basils Cathedral yang berada di Red Square, Masjid Kul Sharif di kota Kazan, serta kota tua Bolghar yang masih terawat hingga sekarang.

Itulah beberapa negara Eropa dengan peninggalan kebudayaan Islam yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan Anda berikutnya. Selamat berjalan-jalan!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close